apa itu side hustle

Sedulur ingin punya pendapatan tambahan? Side hustel bisa menjadi solusi. Namun, ketika mendengar kata tersebut, Sedulur pasti bingung apa itu side hustle? Apakah sama dengan pekerjaan sampingan atau berbeda? Dilansir dari laman Business Insider, side hustle memiliki pengertian pekerjaan yang berjalan bersamaan dengan pekerjaan utama.

Umumnya, side hustle digunakan orang-orang ketika memiliki banyak waktu luang setelah pekerjaan utamanya selesai. Waktu luang tersebutlah yang dimanfaatkan untuk mendapatkan tambahan pendapatan. Nah, jika Sedulur ingin mencari tahu lebih dalam tentang side hustle mulai dari pengertian dan contohnya. Mari kita simak penjelasannya dengan lengkap di dalam artikel kali ini!

BACA JUGA: Tugas, Jenjang Karir dan Gaji Receptionist Hotel Terbaru 2023

Definisi Side Hustle

apa itu side hustle
Startup Nation

Apa itu Side hustle? Side hustle adalah pekerjaan sampingan yang Sedulur ambil untuk menambah penghasilan di luar penghasilan utama Sedulur. Biasanya Sedulur yang memiliki side hustle ini ingin menambah penghasilan untuk tambahan investasi atau untuk memnuhi kebutuhan sehari hari.

-->

Biasanya aktivitas side hustle ini tidak bbeda jauh dengan jam kerja yang Sedulur lakukan untuk pekerjaan utama. Namun pada beberapa Sedulur yang mengambil side hustle biasanya tidak ada kaitannya dengan pekerjaan utama meraka contohnya adalah jika Sedulur seorang pekerja kantoran, side hustle yang bisa dilakukan adalah berjualan online atau kegiatan yang berhubungan dengan hobi.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Perbedaan Side Hustle dengan Kerja Sampingan?

apa itu side hustle
Forbes

Dari pengertian dan definisi di atas, tentu Sedulur kini sudah paham apa itu side hustle . Namun, jika dari pengertian di atas Sedulur masih bingung membedakan side hustle dengan kerja sampingan, berarti ada beberapa poin yang harus Sedulur pahami. Ada beberapa point yang perlu Sedulur ketahui tentang perbedaan side hustle dengan kerja sampingan. Berikut ini adalah beberapa poin yang dimaksud.

1. Lebih fleksibel

Side hustle memungkinkan Sedulur untuk memiliki kebebasan kensali dalam mengatur apa yang Sedulur lakukan. Seperti waktu yang akan Sedulur lakukan atau seberapa banyak side hustle ini akan Sedulur kerjakan. Sedulur bahkan tidak perlu terikat dengan sebuah perjanjian kerja karena biasanya side hustle memiliki presentase pengambilan keputusan yang Sedulur miliki lebih banyak atas pekerjaan yang Sedulur lakukan. Contohnya freelancer.

Sedangkan pekerjaan sampingan ini lebih dari Sedulur yang membutuhkan pekerjaan ini sehingga membuat presentasi pengambil keputusan nya akan lebih sedikit karena Sedulur harus mengikuti peraturan atasan yang memberi Sedulur pekerjaan sampingan.

2. Pekerjaan sesuai minat

Side hustle merupakan kesempatan bagi Sedulur untuk mengejar pekerjaan yang sesuai passion Sedulur. Side hustle ini merupakan jalan Sedulur untuk bekerja sesuai passion tanpa harus resign dari pekerjaan Sedulur. Sedangkan pekerjaan sampingan memang menambah pendapatan Sedulur, tetapi kebanyakan pekerjaan sampingan tidak sesuai dengan minat atau bahkan jauh dari kemampuan dasar yang Sedulur miliki.

Jadi bisa dibilang, perbedaan kedua pada side hustle dan pekerjaan sampingan ini ada pada kemampuan yang dibutuhkan. Side hustle adalah kesempatan bagi orang orang yang ingin mengembangkan minat dan kemampuannya. Di lain hal pekerjaan sampingan adalah pekerjaan yang memberikan tambahan penghasilan Sedulur tanpa memikirkan passion Sedulur.

BACA JUGA: Pahami Pentingnya Manajemen Waktu untuk Bisnis dan Karir

Tips Memulai Side Hustle

bisnis wifi rumahan
Unsplash

Setelah mengetahui apa itu side hustle. Sedulur juga perlu mengetahui tips memulai atau memilih side hustle. Untuk bisa menjalankan side hustle, Sedulur harus mengedepankan pada penjiwaan atau memilihnya sesuai minat, disertai dengan waktu kerja yang fleksibel. Bagi Sedulur yang tertarik untuk menjalankan side hustle, berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan untuk menjalankan pekerjaan ini. Yuk kita simak!

1. Perencanaan matang

Perlu Sedulur ketahui bahwa side hustle memerlukan modal di awal. Misalnya jika Sedulur ingin memulai side hustle dengan sebagai freelance fotografer Sedulur harus menyiapkan skill dan kamera juga peralatan yang memadai untuk menunjang side hustle Sedulur.

2. Pertimbangkan keuntungan

Mengejar passion memang menyenangkan tetapi pastikan Sedulur tidak membuang waktu dan tenaga secara percuma. Kecuali Sedulur melakukan nya hanya ingin bersenang senang tetapi ini tidak bisa di katakan sebagai side hustle . Pada akhirnya saide hustle haruslah yang menghasilkan juga untuk Sedulur jadi Sedulur harus memastikan dan meriset kembali apakah bidang yang Sedulur pilih menghasilkan atau tidak

3. Lihat kebutuhan waktu

Perancanaan waktu kapan Sedulur akan memulai side hustle yang Sedulur ingunkan agar semuanya berjalan sesuai kemampuan dan waktu Sedulur tidak terbuang sia sia. Selain itu perencanaan waktu tidak membuat Sedulur menjadi blunder kedepannya dan tidak membuat Sedulur stress akan semua kerjaan inti dan side hustle. Pada akhirnya side hustle adalah opsi yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Jangan lupa untuk menyeimbangkan waktu dengan pekerjaan utama Sedulur.

4. Memulai dari kecil

Cara selanjutnya adalah Sedulur bisa memulainya dari hal hal kecil. Memulai dari hal-hal kecil tidak akan merugikanmu. Malah dengan mengambil langkah-langkah kecil memungkinkan kamu menginvestasikan kemampuanmu dengan bijak di awal. Hal ini dapat mencegahmu dari risiko yang merugikan. Selain itu, kamu juga bisa menyusun rencana secara matang sebelum benar-benar memutuskan menjalankannya secara maksimal.

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

Rekomendasi Side Hustle Kekinian

tips foto produk dengan hp
Unsplash

Jika Sedulur masih bingung memilih atau membayangkan pekerjaan side hustle untuk dilakukan, berikut ini beberapa contoh pekerjaan side hustle kekinian dan cukup populer di era sekarang ini.

1. Beauty vlogger

Beauty Vlogger  tidak hanya di lakukan oleh para wanita para pria juga bisa menjadi beauty vlogger. Menjadi beauty vlogger merupakan impian banyak orang saat ini, terutama bagi kaum wanita. Jika Sedulur memiliki skill make-up yang keren, dan make-up Sedulur  selalu dipuji, juga Sedulur suka mendandani dan memberikan tips make-up untuk banyak orang. Beauty vlogger merupakan kesempatan yang dapat Sedulur coba sebagai side hustle.

Sedulur bisa memulainya dengan membuat video pendek di reels Instagram, atau membuat konten video di Youtube dan Tiktok. Sedulur juga bisa memulai dengan mencoba make-up dengan style yang berbeda-beda, review produk kecantikan, hingga memberikan tips-tips makeup. Jika Sedulur enjoy menjalaninya, mungkin suatu saat nanti minat Sedulur sebagai beauty vlogger ini memberikan banyak peluang kedepannya. Sedulur bisa mendapatkan penghasilan, atau kamu mendapat tawaran endorser dari salah satu brand kecantikan.

2. Food vlogger

Sama seperti beauty vlogger, menjadi food vlogger saat ini juga sedang banyak diminati oleh generasi milenial. Mengambil side hustle sebagai food vlogger cocok untuk Sedulur yang memiliki minat dan ketertarikan dalam dunia kuliner. Sedulur yang suka mencoba makanan dari berbagai tempat, suka mereview berbagai tempat makan, dan suka memberikan rekomendasi makanan ke banyak orang, food vlogger cocok untuk Sedulur.

Sedulur juga bisa memulainya dengan meng-upload sebuah gambar makanan di Instagram lalu diberi review, atau Sedulur juga bisa membuat video di reels Instagram, Tiktok, dan  Youtube dengan merekomendasikan salah satu tempat makan. Sedulur bisa banget mencobanya. Berbagai peluang juga bisa Sedulur dapatkan dengan menjadi seorang food vlogger. Salah satunya bisa bekerja sama dengan brand brand makanan.

3. Personal shopper

Personal shopper atau yang kita ketahui dengan sebutan Jasa titip (Jastip) cocok banget sebagai side hustle buat Sedulur yang suka berbelanja atau sekedar jalan-jalan di Mall atau event tertentu. Banyak loh saat ini orang-orang yang nggak bisa pergi ke Mall. Mungkin bertempat tinggal yang jauh dari Mall, atau ibu yang baru melahirkan dan tidak memiliki waktu ke Mall. Biasanya mereka akan memanfaatkan jasa titip untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Cara yang dapat Sedulur lakukan bisa dengan membuat akun resmi di Instagram, lalu Sedulur mulai meng-upload beberapa produk yang tersedia di Mall atau beberapa pameran. Dari sini, calon pembeli pun dapat melihat berbagai produk dan akan memakai jasa titip kamu. Jasa titip juga bukan sebatas di Mall saja ya, bisa juga jasa titip di sebuah event pameran buku, tas, dan lain sebagainya.

Peluang yang bisa Sedulur dapatkan sebagai jasa titip pun sangat menarik, bahkan hingga jutaan rupiah bila Sedulur serius menjalaninya. Waktunya pun dapat Sedulur tentukan sendiri seperti pada weekend saja, jadi tidak akan mengganggu aktivitas pekerjaan utama kamu. Hasrat belanja dan jalan-jalan terpenuhi, dompet juga semakin tebal. Namun selain itu Sedulur juga harus sabar mengantri saat event event pameran yang banyak brand besar dan sangat di minati.

4. Fotografer

Mengambil side hustle sebagai seorang fotografer cocok buat Sedulur yang memiliki skill, dan minat dalam mengambil gambar. Sedulur dapat memulainya dari proyek kecil, seperti foto untuk wisuda teman atau keluarga terdekat untuk portofolio awal. Setelah itu Sedulur bisa mengikuti beberapa komunitas fotografi untuk menambah koneksi pertemanan sesame fotografer. Dari situ mungkin Sedulur bisa mendapatkan beberapa job untuk foto.

Setiap hasil jepretan Sedulur jangan lupa mengupload beberapa hasil terbaik di social media agar orang tau bahwa Sedulur memiliki minat di bidang fotografi danmulai melirik Sedulur untuk mengabadikan momen penting.

5. Youtuber

Yang terakhir yaitu seorang yutuber.  Siapa sih saat ini yang tidak mengetahui profesi youtuber. menjadi Youtuber sekarang sudah menjadi sebuah profesi. Bahkan ada beberapa generasi jaman sekarang yang bercita cita menjadi seorang youtuber.

Bagi Sedulur yang suka membuat video seputar kegiatan sehari-hari, membagikan beberapa kegiatan yang jaman sekarang banyak di minati orang atau pun membuat video olahraga bahkan tips tips yang menarik. Menjadi seorang Youtuber sebagai side hustle pun patut untuk dicoba. Sedulur memiliki waktu yang bebas dan tidak terikat untuk menentukan kapan membuat dan meng-upload video di Youtube.

Demikian tadi penjelasan tentang apa itu side hustle dan contohnya. Semoga penjelasan di atas bisa membantu dalam memeberikan gambaran dan pandangan untukmu. Jika Sedulur tertarik dengan side hustle, maka bisa pelajari artikel terkait di atas untuk memudahkan Sedulur dalam mempersipakannya lebih matang. Semoga penjelasan di atas cukup sebagai motivitasi dan dapat membantu  ya. Selamat mencoba dan good luck!