interview user

Interview user merupakan tahap penentuan bagi pelamar apakah nantinya akan diterima ataupun tidak. Banyak kandidat yang sering gagal di tahap ini karena kurang mempersiapkan diri dan juga materi. Maka dari itu, Sedulur harus berhati-hati dan juga mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh user

Interview user ini bertujuan untuk mengetahui karakter dan kemampuan kandidat sehingga pertanyaan yang diajukan biasanya akan lebih detail. Nah, berikut bocoran pertanyaan interview user dan jawabannya yang dapat Sedulur perlajari. 

BACA JUGA : Contoh Surat Paklaring yang Tepat dan Cara Membuatnya

Interview user adalah

interview user
Freepik

Interview user merupakan tahap wawancara kerja dengan calon atasan ketika Sedulur akan bekerja nantinya. Bisa seorang associate, manajer, atau bahkan VP. Umumnya, interview user dilakukan setelah Sedulur sudah berhasil lolos interview HRD atau technical test.

Interview user ini bertujuan untuk mendalami kemampuan secara teknis kandidat yang ada di dalam CV. Maka dari itu, biasanya pertanyaan dari user juga akan lebih detail dan juga banyak. Biasanya user juga akan memberikan test untuk mengukur kemampuan dari kandidat.

Perbedaan interview user dan HRD

motivasi melamar kerja
Freepik

Hingga kini, masih banyak job seeker yang belum memahami perbedaan antara interview HRD dengan user.Hal ini cukup berbahaya. Sebab, dengan tidak mengetahui perbedaannya, kandidat akan kurang memperisapkan untuk masing-masing interview.  Meski terkesan kedua jenis wawancara ini ternyata memiliki beberapa perbedaan. 

Sebagai contoh, interview user adalah sesi wawancara yang akan dipandu oleh calon atasan langsung untuk lebih mengenal kepribadian dan kompetensi kandidat. Sementara itu, interview HRD akan dipimpin oleh pihak human resources perusahaan untuk lebih memahami kecocokan kandidat dengan budaya di kantor.

Perbedaan selanjutnya dari kedua jenis interview ini terletak pada tahap pelaksanannya. Interview dengan calon atasan biasanya akan diadakan di tahap akhir dalam proses rekrutmen. Jadi interview user  ini dapat dikatakan sebagai momen penentu bagi kandidat apakah akan diterima atau tidak untuk bergabung dalam perusahaan tersebut.  Sedangkan, interview dengan HRD akan dilaksanakan pada tahap awal rekrutmen. Sesi wawancara ini menjadi pintu utama untuk mengenal calon perusahaan dengan lebih mendalam.

12 Contoh Jawaban Motivasi Melamar Kerja Agar Diterima HRD

Persiapan interview user

interview user
Freepik

Berikut beberapa hal yang harus Sedulur persiapkan sebelum interview dengan user

1. Kenali user

Hal pertama yang harus disiapkan dalam sesi interview user adalah mencari tahu tentang user. Mengapa demikian? Sebab, dengan mengetahui latar belakang user, kandidat akan berkesempatan untuk membangun hubungan yang baik dengannya selama wawancara berlangsung.

Bahkan, menurut Indeed, membangun relasi yang baik dengan interviewer dapat meningkatkan peluang kandidat untuk dapat diterima perusahaan. Orang cenderung mempekerjakan kandidat yang mereka sukai dan yang tampaknya cocok dengan budaya perusahaan.

2. Datang tepat waktu

Poin kedua yang harus diperhatikan adalah ketepatan waktu. Sebenarnya, aspek satu ini juga penting saat Sedulur melamar kerja mulai dari tahap tes hingga proses-proses selanjutnya interview user. Jika interview dilaksanakan secara online, pastikan juga Sedulur untuk bergabung tepat waktu.

3. Sopan santun

Sebelum berkecimpung dalam dunia kerja, tentu saja tidak akan bisa menerka lingkungan seperti apa yang akan dimasuki. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai lingkungan yang friendly, akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Sedulur akan menemukan tempat kerja yang kurang menyenangkan. Entah dari atasan maupun rekan kerja yang toxic.  Meski demikian, sebagai pekerja profesional, Sedulur dituntut untuk memiliki sikap sopan santun di lingkungan kerja.

4. Tunjukkan sisi unik

Sekarang ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit. Bahkan, meskipun sudah tiba ke tahap interview user pun tidak menjamin Sedulur pasti lolos. Jangan pikirkan jika kadang ada perusahaan yang langsung memercayakan pada HRD dan menjadikan interview user sebagai formalitas belaka. Sebagai kandidat, Sedulur tetap harus mempersiapkan diri dengan baik. Tahap wawancara user merupakan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan secara langsung. Sedulur tidak hanya harus menunjukkan keahlian, tapi juga keunikan diri dengan baik.

5. Jangan ragu untuk bertanya

Hal yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan ketika interview user adalah bagaimana dan kapan Sedulur harus berbicara. Mungkin hal ini terlihat sepele, akan tetapi, cara bicara dapat menggambarkan karakter seseorang. Sebagai contoh, Sedulur perlu menghindari berbicara sebelum dipersilahkan, atau mulai membicarakan hal-hal di luar konteks dalam interview user. Saat interview,  kandidat juga memiliki kesempatan untuk bertanya. Biasanya, interviewer akan memberikan kesempatan untuk bertanya di sesi akhir wawancara.

Akan tetapi, karena bingung dan gugup, banyak kandidat yang memilih untuk tidak bertanya. Padahal bertanya saat sesi interview penting agar kandidat mengenal flow pekerjaan nantinya. Maka dari itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk bertanya dengan sebaik mungkin dan ketahui momen terbaik untuk berbicara.

BACA JUGA : 9 Cara Melamar Pekerjaan via Email agar Lolos Fase Berikutnya

Tips interview dengan user

interview user
Freepik

Berikut tips yang dapat Sedulur lakukan sebelum melakukan interview user. 

  • Cari informasi dan pahami profil perusahaan yang akan dilamar tersebut secara mendalam sejak awal.
  • Ceritakan tentang diri dengan jelas dan singkat, tetapi pastikan penjelasan ini tetap profesional dan berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilamar.
  • Pahami dengan baik semua tugas yang akan dilakukan untuk posisi yang sedang dilamar, pastikan posisi ini sesuai dengan kemampuan kerjamu.
  • Kenali diri dan kemampuan kerja yang dimiliki, agar lebih mudah untuk menjawab berbagai pertanyaan dalam interview user.
  • Siapkan dan bawa semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses interview, termasuk alat tulis dan yang lainnya.
  • Berlatihlah untuk menjawab berbagai pertanyaan umum yang biasanya akan muncul dalam sesi interview.
  • Siapkan dan kenakan pakaian dan perlengkapan pendukungnya yang tepat, nyaman dan sopan saat interview.
  • Persiapkan diri dan datanglah tepat waktu atau setidaknya 15-30 menit sebelum interview dimulai dan jangan pernah terlambat saat akan menjalani interview.
  • Bersikaplah tenang dan profesional selama menjalani interview.

BACA JUGA : Helper: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji dan Syaratnya

Contoh pertanyaan interview user

Berikut beberapa contoh pertanyaan interview user beserta jawabannya. 

1. Bisa ceritakan tentang diri kamu?

interview user
Freepik

Pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh user ketika sedang wawancara dengan kandidat. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui tentang latar belakang kandidat, seperti pendidikan bahkan. 

Contoh jawaban

“Perkenalkan, nama saya Karina Putri. Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas TOP. Saya memiliki minat yang tinggi pada bidang pemasaran. Selama kuliah, saya berhasil memenangkan beberapa kompetisi pemasaran. Selain itu, saya aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa dan Klub Pemasaran. Saya juga bergabung dalam komunitas bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menambah relasi. Hal-hal tersebut saya lakukan dengan tetap fokus pada akademis, sehingga saya dapat lulus tepat waktu. Saya senang belajar dan mencoba hal baru. Dengan bekal pengalaman dan kemampuan yang saya miliki, saya harap dapat berkontribusi untuk perusahaan ini.”

2. Apa motivasi kamu melamar kerja di perusahaan ini?

Ketika mendapat pertanyaan ini dari user jawablah yang sesuai dengan posisi yang dilamar, riwayat pendidikan maupun pengalaman sebelumnya. Terdapat beberapa jawaban yang dapat Sedulur gunakan ketika user bertanya tentang hal ini.

“Motivasi saya melamar pada pekerjaan ini karena sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan saya. Seperti yang diketahui, Copy Writer adalah posisi yang bertugas memproduksi konten dan tulisan-tulisan untuk kemajuan perusahaan. Hal tersebut sesuai dengan jurusan saya, yakni Bahasa dan Sastra Indonesia. Oleh karena itu, saya merasa dapat bekerja maksimal ketika saya diterima dan ditempatkan dalam posisi ini.”

Jawaban lainnya.

“Saya adalah pribadi yang disiplin, pekerja keras, memiliki manajemen waktu yang baik, dan menyukai tantangan. Saya yakin kemampuan tersebut menjadi poin lebih yang dapat membantu mencapai tujuan perusahaan”.

3. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Freepik

Sebelum menjawab pertanyaan diri, Sedulur perlu melakukan riset tentang perusahaan dan juga posisi yang dilamar. Adapun alternatif jawaban yang dapat Sedulur jadikan refrensi yaitu sebagai berikut. 

“Posisi yang saya lamar adalah sebagai Content Writer, yang mana tugas utamanya adalah membuat artikel atau tulisan yang panjang dan detail untuk blog atau website. Saya juga sempat bertanya kepada teman saya yang bekerja sebagai Content Writer terkait skill yang perlu dikuasai. Oleh karena itu saya mengikuti kursus Content Writing dan SEO untuk meningkatkan skill untuk posisi yang saya lamar.”

4. Bagaimana rencana karirmu selanjutnya?

Biasanya perusahaan juga ingin mengetahui rencana Sedulur ke depannya dalam hitungan lima tahun selanjutnya. Untuk menjawab pertanyaan ini, Sedulur bisa menjawab yang sesuai dengan pengalaman, kemampuan, motivasi dan hal-hal yang Sedulur ingin dapatkan di perusahaan tersebut.

Sedulur juga wajib mengaitkan pertimbangan kebijakan perusahaan dan menyampaikan achievment yang ingin Sedulur berikan bagi perusahaan dalam lima tahun ke depan.

5. Apakah kamu sedang melamar di perusahaan lain?

Freepik

Pertanyaan interview kerja ini bisa dijawab dengan jujur namun tidak terlalu detail. Contohnya adalah dengan tidak menyebutkan nama perusahaan lain. Sebutkan jika perusahaan yang Sedulur lamar saat ini merupakan tujuan dan pilihan utama dari pencarian karir.

Sedulur bisa menjawab pertanyaan di atas dengan menjawab seperti ini: “Benar, Pak/Bu, saya juga melamar ke perusahaan lain di bidang yang sama, yaitu otomotif. Namun, lamaran saya ke perusahaan lain itu hanya sebagai pilihan. Jadi, besar harapan saya untuk bisa diterima di perusahaan ini.”

6. Proyek apa saja yang sudah kamu kerjakan?

Ketika mendapat pertanyaan di atas, Sedulur dapat menjawab dengan pencapaian dan juga proyek yang sudah dikerjakan. Berikut contoh jawabannya.  

“Salah satu kesuksesan terbesar saya di pekerjaan saya saat ini adalah memimpin instalasi dan implementasi software baru di kantor. Sebagai office manager, saya dengan cepat mempelajari software yang akan digunakan sebelum diinstal untuk kemudian memimpin sebuah seminar untuk menginstruksikan semua karyawan cara menggunakannya. Dalam lima hari, semua orang merasa nyaman dan percaya diri menggunakannya. Atasan saya mengatakan ini adalah transisi teknologi paling mulus yang pernah kami alami di tempat kerja. Saya tahu saya dapat membawa pengetahuan teknis dan kemampuan kepemimpinan ini ke perusahaan Anda.”

7. Apa skill kamu untuk perusahaan ini?

Freepik

Berikut referensi jawaban yang dapat Sedulur gunakan. 

“Saya pernah mengikuti sertifikasi brevet AB pada tahun 2021 untuk mendukung karier saya di bidang perpajakan. Saya juga mahir menggunakan Microsoft Excel seperti Pivot, Vlookup, dan Hlookup. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman magang di bidang terkait selama 3 bulan semasa kuliah.”

8. Apa alasan kamu meninggalkan perusahaan yang sebelumnya ?

Jika Sedulur sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, hindari kalimat-kalimat yang membicarakan keburukan dari  perusahaan sebelumnya. Jika Sedulur memiliki masalah pribadi dengan atasan maupun rekan kerja dari perusahaan sebelumnya, sebaiknya tidak perlu diceritakan dalam sesi ini.

Sampaikan alasan-alasan yang logis, seperti ingin meningkatkan kemampuan di perusahaan baru, lalu sekarang serta ceritakan ketertarikan Sedulur mengenai hal-hal yang tidak bisa dipenuhi di perusahaan sebelumnya, akan tetapi dimiliki oleh perusahaan yang saat ini dilamar.

9. Berapa gaji yang kamu harapkan?

Dalam menjawab pertanyaan ini, Sedulur harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai gaji di posisi yang dilamar. Setelah itu sesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan yang Sedulur miliki. 

Berikut contoh jawabannya. 

“Tentu saja saya ingin mendapatkan kompensasi yang adil atas pengalaman saya selama dua tahun bekerja di bidang ini dan rekor penjualan yang pernah saya raih. Namun, range gaji saya masih fleksibel dan saya terbuka untuk mendiskusikan nilai tersebut setelah kita membahas mengenai detail posisi pekerjaan ini.”

Jawaban lainnya.

“Saya terbuka untuk mendiskusikan gaji yang adil untuk posisi tersebut. Namun, berdasarkan dengan gaji yang saya terima sebelumnya, beserta riset yang saya lakukan mengenai range gaji untuk posisi ini, saya mengharapkan gaji dalam kisaran umum Rp5.000.0000 sampai Rp7.000.000. Sekali lagi, saya terbuka untuk mendiskusikan mengenai gaji dan kompensasi lainnya.”

10. Apa pertanyaan kamu dalam sesi interview ini?

Freepik

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat Sedulur tanyakan dalam sesi interview dengan user.

  • Apa rutinitas yang akan dijalani oleh posisi ini?
  • Hal apa yang harus dimiliki seseorang agar dapat sukses di posisi ini?
  • Bagaimana matriks atau aspek penilaian keberhasilan saya dalam posisi ini?
  • Bagaimana pendapat Anda mengenai pengaruh kebijakan XX terhadap perusahaan Anda

Nah, itulah beberapa pertanyaan interview user dan juga jawabannnya. Perlu Sedulur perhatikan, sebelum melakukan interview dengan user, Sedulur harus mempersiapkan diri dengan baik agar interview berjalan dengan lancar dan Sedulur dapat diterima untuk bergabung dalam perusahaan tersebut.