motivasi melamar kerja

Ketika melakukan wawancara kerja dengan HRD, biasanya akan ditanyakan tentang apa motivasi melamar kerja. Perlu Sedulur pahami, bahwa saat menjawab pertanyaan ini, Sedulur haus hati-hati. Hal ini dikarenakan HRD sangat mempertimbangkan jawaban yang akan Sedulur sampaikan.

Nah, jika Sedulur sedang membutuhkan referensi jawaban motivasi kerja, yuk simak rangkuman informasinya berikut ini!

BACA JUGA : Project Management: Definisi, Tujuan, Pendekatan & Tahapannya

Tips menjawab motivasi melamar kerja

motivasi melamar kerja
Freepik

Berikut beberapa tips menjawab pertanyaan HRD tentang motivasi kerja yang dapat Sedulur gunakan. 

-->

1. Jawablah dengan jujur

Tips pertama ketika HRD mengajukan pertanyaan motivasi kerja adalah jawablah dengan jujur. Kejujuran yang Sedulur tunjukkan akan membuat jawaban lebih natural yang membuat HRD semakin percaya dengan jawaban yang telah disampaikan.

2. Hubungkan dengan visi misi perusahaan

Sedulur dapat mengaitkan hubungan motivasi kerja dan visi misi perusahaan. Maka dari itu, Sedulur harus mengetahui tentang visi dan misi dari perusahaan tersebut.

3. Tunjukkan bukti

Tips selanjutnya adalah Sedulur dapat menunjukkan bukti pencapaian yang pernah didapatkan yang tentunya relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

4. Motivasi sesuai dengan rencana jangka panjang

Setiap orang tentunya memiliki motivasi kerja yang berbeda-beda. Untuk itu, Sedulur harus menyampaikan motivasi kerja yang mempunyai tujuan yang jelas dan selaras dengan posisi yang dilamar. Dengan begitu, HRD akan dengan mudah memberi Sedulur nilai plus karena dianggar seorang yang visioner.

5. Jawab dengan sepenuh hati

Tips yang terakhir adalah Sedulur harus menjawab dengan sepenuh hati. Sedulur tidak perlu menggebu-gebu dan berlebihan dalam menjawab pertanyaan HRD tersebut. Anggap saja, interview tersebut sebagai ngobrol biasa agar tidak kaku.

BACA JUGA : Komisaris adalah: Pengertian, Tugas, Gaji & Tanggung Jawabnya

Jawaban motivasi melamar kerja

Berikut referensi jawaban ketika HRD menanyakan tentang motivasi kerja.

1. Relevan dengan pekerjaan yang dilamar

motivasi melamar kerja
Freepik

Ketika Sedulur memberikan jawaban motivasi melamar kerja, cobalah untuk menjawab yang sesuai dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Berikut contoh jawaba yang dapat Sedulur jadikan referensi.

“Saya pernah turut andil dalam beberapa organisasi dan kepanitiaan. Di sana, saya banyak mendapatkan ilmu mengenai kepemimpinan, kerja tim, manajemen waktu, dan manajemen risiko yang baik. Berdasarkan pengalaman tersebut, saya yakin bahwa bekal yang saya miliki pantas untuk diimplementasikan pada perusahaan ini”

2. Sesuaikan dengan minat

Refleksikan motivasi yang Sedulur miliki berdasarkan pada minat dan passion yang dimiliki. Tunjukkan juga bahwa Sedulur sangat bersungguh-sungguh pada posisi yang dilamar. Berikut jawaban yang dapat Sedulur jadikan referensi. 

“Motivasi saya melamar pada pekerjaan ini karena sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan saya. Seperti yang diketahui, Copy Writer adalah posisi yang bertugas memproduksi konten dan tulisan-tulisan untuk kemajuan perusahaan. Hal tersebut sesuai dengan jurusan saya, yakni Bahasa dan Sastra Indonesia. Oleh karena itu, saya merasa dapat bekerja maksimal ketika saya diterima dan ditempatkan dalam posisi ini.”

3. Memiliki kesamaan visi dan misi dengan perusahaan

Berbeda dengan jawaban lain, kali ini Sedulur justru membutuhkan sedikit effort untuk mengatakannya. Pasalnya, Sedulur harus mencari tahu visi dan misi perusahaan terlebih dahulu. Setelah itu, sesuaikan dengan visi dan misi yang Sedulur miliki. Implementasinya sebagai berikut ini. 

“Sama seperti visi perusahaan, saya juga ingin memajukan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Gresik. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan mudah ketika diusahakan secara bersama-sama. Saya ingin berkontribusi penuh membantu perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut”.

4. Memahami budaya perusahaan

Freepik

Budaya perusahaan dapat dijadikan alasan untuk motivasi kerja. Berikut contoh jawabannya. 

“Saya ingin sekali bekerja dan diterima di perusahaan ini karena vibes-nya terlihat begitu menyenangkan. Orang-orang yang ramah dan memiliki tujuan sama, membuat saya semangat dalam bekerja. Saya yakin rasa nyaman yang timbul akan membuat betah para pekerjanya. Kontribusi yang saya berikan juga sudah pasti maksimal.”

5. Ingin meninggalkan zona nyaman

Selain jawaban-jawaban di atas, Sedulur juga dapat menyampaikan bentuk semangat yang Sedulur miliki dalam bentuk jawaban sebagai berikut. 

“Saya menyadari bahwa posisi ini jauh berbeda dengan latar belakang pendidikan saya. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan karena saya adalah pribadi yang begitu menyukai tantangan. Suasana kerja baru, teman baru, dan tugas baru, memacu semangat saya untuk terus belajar dan menekuni bagian demi bagian.”

BACA JUGA : Helper adalah: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji dan Syaratnya

6. Jawaban optimis

motivasi melamar kerja
Freepik

Tunjukkan sikap Sedulur yang optimis. Hal ini menjadi nilai plus yang memperbesar peluang untuk Sedulur diterima oleh HRD. Berikut referensi jawabannya. 

“Saya adalah pribadi yang disiplin, pekerja keras, memiliki manajemen waktu yang baik, dan menyukai tantangan. Saya yakin kemampuan tersebut menjadi poin lebih yang dapat membantu mencapai tujuan perusahaan”.

7. Jawaban realistis dan tepat sasaran

Sampaikan jawaban yang realistis dan tepat sasaran. Berikut contoh jawabannya. 

“Tujuan saya melamar di perusahaan dan posisi ini adalah ingin mengimplementasikan ilmu dan keahlian yang saya miliki. Relasi dan lingkungan kerja yang positif adalah bonus yang akan saya dapatkan.”

8.  Jawaban dengan tekad yang kuat

Selain itu, Sedulur juga dapat menujukkan tekad yang kuat ketika HRD menanyakan motivasi melamar kerja. Berikut jawabannya. 

“Saya ingin menjadi salah satu staf R&D sebab ingin mengembangkan produk perusahaan ini lebih inovatif dan bisa mencapai target penjualan yang maksimal.”

BACA JUGA : Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia

9. Jawaban yang menunjukkan kesiapan bekerja

Freepik

Berikut jawaban yang dapat Sedulur jadikan refensi dengan menunjukkan kesiapan bekerja.

“Perusahaan ini mampu membantu saya untuk mengembangkan keahlian di bidang pengelolaan operasional perusahaan yang bisa berdampak pada perkembangan perusahaan kelak. Tentu saya siap bekerja dibawah tekanan bersama tim untuk membantu mewujudkan hal tersebut.”

10. Jawaban yang menunjukkan reputasi perusahaan memiliki peran penting

“Tentu motivasi terbesar saya melamar posisi ini karena saya yakin bisa berkembang lebih sukses bila bergabung dengan perusahaan yang memiliki reputasi bagus. Saya juga mendengar bahwa tahun lalu, perusahaan pernah mendapatkan gelar sebagai perusahaan dengan income terbanyak. Hal tersebut memacu semangat saya untuk membantu perusahaan merebutnya kembali”.

11. Jangan membuat kesan angkuh

Perlu Sedulur perhatikan, bahwa dalam menjawab pertanyaan dari HRD, jangan membuat kesan angkuh seakan tidak membutuhkan tim yang lain. Berikut referensi jawabannya. 

“Saya adalah seseorang yang menyukai tantangan untuk terus mencapai goal. Namun, saya juga orang yang sangat menyukai kerja sama tim.”

Jawaban dalam Bahasa Inggris

“I am a person who loves challenges especially the ones that can help me achieve my goals. However, I also value teamwork very much.

Being able to learn something new from my co-workers every single day is also what motivates me at work.”

12. Hubungkan dengan rencana karir

Freepik

Berikut contoh jawaban untuk menyampaikan rencana karir dan posisi yang dilamar saat ini. 

“Saya suka sekali mengajar. Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, saya ingin mengembangkan bisnis kursus untuk para pelajar.

Jawaban dalam Bahasa Inggris

“I really love teaching. In the next 3 years, I am planning to start developing courses program for the students.

Being able to provide effective learning activities to help them makes me excited and motivated. I believe that working as an instructional designer can also help me achieve my career goals.”

Demikianlah rangkuman informasi tentang tips menjawab dan juga referensi jawaban motivasi melamar kerja yang biasanya akan ditanyakan HRD kepada kandidat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sedulur yang akan melakukan interview dengan HRD ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.