gaji pramugari kereta api

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan profesi pramugari. Secara umum, seorang pramugari bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang selama dalam perjalanan. Sosok pramugari sendiri kerap diidentikkan dengan transportasi udara, yaitu pesawat. Akan tetapi, sebenarnya posisi pramugari juga dibutuhkan dalam moda transportasi lain, misalnya kereta api. Profesi pramugari kereta api pun juga banyak diminati seperti halnya pramugari pesawat. Lantas, bagaimana syarat menjadi pramugari kereta api? serta berapa gaji pramugari kereta api?

Nah, pada artikel kali ini, Super akan membahas secara lengkap berbagai informasi seputar profesi pramugari kereta api. Mulai dari definisi, tugas, syarat, hingga gaji dan info lowongan pramugari kereta api. Untuk itu, yuk, langsung disimak informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Komisaris adalah: Pengertian, Tugas, Gaji & Tanggung Jawabnya

Mengenal pekerjaan pramugari

gaji pramugari kereta api
Kompas

Sebelum mencari tahu apa saja tugas dan berapa gaji seorang pramugari kereta api, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu definisi dari pekerjaan pramugari.

-->

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pramugari adalah karyawati perusahaan pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang. Karyawati sendiri memiliki arti karyawan wanita, pegawai wanita, atau pekerja wanita. Sehingga dapat dipahami bahwa pramugari merujuk pada pekerja wanita di perusahaan pengangkutan umum yang bertugas melayani penumpang.  Sementara, karyawan atau pekerja pria yang bekerja di perusahaan pengangkutan umum dan bertugas melayani penumpang umum disebut sebagai pramugara.

Masih mengutip dari KBBI, pramugari atau pramugara kereta api juga umum disebut sebagai prami atau prama. Istilah prami merujuk pada pramugari kereta api, sedangkan prama merujuk pada pramugara kereta api.

Di samping itu, perlu diketahui pula bahwa prama dan prami bekerja di bawah manajemen PT Reska Multi Usaha. Perusahaan ini juga umum dikenal sebagai KAI SERVICES dan merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero).

BACA JUGA: Daftar Gaji Masinis KAI dan KRL Indonesia Serta Tunjangannya!

Tugas pramugari kereta api

Kompas

Berdasarkan definisi yang telah dipaparkan pada poin sebelumnya, diketahui bahwa pramugari merupakan suatu profesi yang bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian tugas atau fungsi dasar (unit kompetensi) pramugari menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 7 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Transportasi.

  • melaksanakan pengawasan boarding penumpang
  • melaksanakan penjualan makanan dan minuman di atas kereta
  • melaksanakan layanan penyewaan pendukung kenyamanan
  • melaksanakan pembagian pendukung kenyamanan untuk kelas eksekutif
  • menjaga kebersihan kereta terutama kereta makan

BACA JUGA: Berapa Gaji CPNS Lulusan SMA & SMK? Berikut Rinciannya!

Gaji pramugari kereta api

gaji pramugari kereta api
Pikiran Rakyat

Telah diketahui bersama tugas-tugas seorang pramugari kereta api. Lantas, berapakah gaji yang diterima seorang pramugari?

Dikutip dari detiktravel, gaji pramugari kereta api rata-rata sebesar Rp 7 juta per bulan. Gaji tersebut terdiri atas gaji pokok sebesar Rp 4 juta dan berbagai tunjangan serta insentif lainnya sekitar Rp 3 juta. Sehingga, jika ditotalkan rata-rata akan mencapai Rp 7 juta per bulannya.

Namun perlu dicatat bahwa jumlah gaji tersebut merupakan gaji seorang pramugari junior. Sementara, pramugari senior yang telah memiliki pengalaman tentu akan mendapatkan gaji yang lebih besar.

Di sisi lain, perlu Sedulur ketahui pula bahwa pekerjaan pramugari berbeda dengan pekerjaan karyawan kantor pada umumnya. Perbedaan yang paling kentara adalah jam kerja, di mana seorang pramugari kereta api memiliki jam kerja dengan mengikuti jadwal dan waktu tempuh kereta api dalam satu kali perjalanan.

BACA JUGA: Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia

Syarat pramugari kereta api

Republika Online

Setelah menyimak tentang tugas dan besaran gaji pramugari kereta api, mungkin tak sedikit dari Sedulur yang tertarik untuk menjajal karier satu ini. Bagi Sedulur yang tertarik, ada baiknya untuk memperhatikan persyaratannya terlebih dahulu. Sebab, terdapat beberapa ketentuan yang disyaratkan bagi seorang calon pramugari kereta api. 

Dilansir Kompas.com, syarat pramugari kereta api yang pertama yaitu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan dengan usia maksimal yaitu 27 tahun. Terkait syarat pendidikan, Sedulur minimal telah menamatkan pendidikan di tingkat SMA/SMK sederajat.

Selain syarat pendidikan dan usia, Sedulur juga harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Reska Multi Usaha. Seorang pramugari kereta api juga diharapkan mampu bekerja di bawah tekanan.

Pelamar posisi pramugari kereta api juga perlu memenuhi persyaratan dari segi fisik, seperti tinggi badan minimal 160 cm untuk perempuan dan 170 cm untuk pria dengan berat badan ideal. Pelamar juga tidak boleh buta warna, tidak memakai kacamata, dan tidak menggunakan behel.

Di sisi lain, terdapat sejumlah dokumen yang perlu disiapkan untuk melamar posisi pramugari kereta api. Dokumen-dokumen tersebut meliputi:

  • surat lamaran dan curriculum vitae (CV)
  • Pas foto 4×6 dan foto postcard seluruh badan
  • Fotokopi ijazah pendidikan akhir dan SKHU/SKHUN/NEM yang telah dilegalisasi
  • Surat keterangan sehat yang dikeluarkan Puskesmas/RS/Klinik dengan mencantumkan tinggi dan berat badan
  • Fotokopi KTP atau SIM
  • Fotokopi SKCK yang telah dilegalisasi
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

BACA JUGA: Account Executive: Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya

Informasi lowongan pramugari kereta api

Detik

Setelah mengetahui berbagai persyaratan untuk melamar posisi pramugari kereta api, Sedulur tentu bertanya-tanya di manakah informasi lowongan kerja terkait dapat ditemukan.

Masih mengutip dari Kompas.com, informasi mengenai lowongan pramugari kereta api biasanya ditampilkan pada laman resmi PT Reska Multi Usaha ataupun PT Kereta Api Indonesia. Untuk itu, Sedulur bisa mengakses kedua laman tersebut untuk mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan. Adapun kedua laman tersebut dapat diakses melalui alamat berikut.

  • https://www.reska.id/index.php/karir
  • https://recruitment.kai.id/lowongan

Demikian tadi pembahasan lengkap mengenai profesi pramugari kereta api. Telah dipaparkan berbagai informasi, mulai dari definisi, tugas, syarat, hingga gaji pramugari kereta api. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk berkarier sebagai pramugari kereta api?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.