account executive

Pernahkah Sedulur mendengar profesi account executive? Ya, profesi tersebut adalah salah satu pekerjaan yang tahun ini sangat eksis di kalangan pebisnis dan juga diprediksi akan masih memiliki potensi karena kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat di masa mendatang.

Apabila Sedulur tertarik dengan profesi account executive tersebut, maka Sedulur sudah datang ke tempat yang tepat. Kali ini, Sedulur akan diajak untuk mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Yuk, ikuti pembahasan berikut ini sampai selesai!

BACA JUGA: 10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman dan Tipsnya

Account executive (AE), apa itu?

account executive
Depositphotos

Account executive adalah seorang ahli yang mayoritas bertugas untuk menangani berbagai klien dari perusahaan tempatnya bekerja. Disingkat dengan AE, lingkup kerja mereka rata-rata berhubungan dengan pengelolaan, penumbuhan, dan juga pembaharuan dari akun-akun klien di perusahaan. 

-->

Account executive berada di bawah naungan divisi marketing atau sales. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan dari AE salah satunya termasuk melanjutkan apa yang sudah sales representative kerjakan. Ketika seorang sales representative sudah berhasil menjual produk atau jasanya ke konsumen atau klien, maka penanganan selanjutnya dari konsumen atau klien tersebut ada di tangan AE.

Peranan AE sendiri juga sangat penting dalam kinerja divisi marketing atau sales secara keseluruhan. AE akan menjembatani segala urusan antara klien dan perusahaan. AE harus mampu memahami keinginan seorang klien, sekaligus menyampaikan maksud perusahaan. 

Apabila AE adalah seseorang yang bertugas untuk menangani berbagai klien dari perusahaan, junior account executive adalah memiliki tugas yang sama namun tidak mencakup keseluruhan aspek yang ditugaskan kepada AE.

BACA JUGA: Freelance adalah Pekerja Lepas, Ketahui Konsep & Caranya

Tugas yang akan dijalankan seorang account executive

account executive
Depositphotos

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa AE merupakan seseorang yang berperan sebagai jembatan, antara perusahaan dan klien. Tentunya, tugas-tugas dan kewajiban yang diemban seorang AE tidak hanya terbatas pada itu saja. Berikut ini adalah account executive tugas-tugasnya.

1. Mencari klien baru

Key account executive tugas yang pertama adalah mencari klien baru. Skill marketing atau sales di sini sangat berperan aktif. Pasalnya, Sedulur harus mampu menawarkan dan menggaet klien-klien baru agar tertarik dengan produk atau jasa yang perusahaan tawarkan.

2. Mempertahankan klien yang ada

Salah satu tugas account executive adalah mempertahankan klien yang sudah dimiliki perusahaan. Alhasil, kerja sama antara klien dan perusahaan dapat terus berjalan. Kelancaran bisnis dan usaha perusahaan pun akan terjamin. 

Untuk memenuhi tugas yang kedua ini, seorang AE juga harus memiliki rasa ingin tahu, krisis, serta, penasaran yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan Sedulur harus terus menggali apa-apa saja yang dibutuhkan oleh seorang klien, sehingga dapat mengidentifikasi potensi dan peluang kerja sama baru yang mungkin selama ini tidak terpikirkan sebelumnya. 

Dengan melakukan beberapa taktik tersebut, klien yang ada akan tetap mempertahankan hubungan kerjanya dengan perusahaan.

3. Menjaga kepuasan klien

Kepuasan klien adalah nomor satu bagi seorang AE. AE harus dapat memastikan bahwa klien benar-benar menerima produk atau jasa dengan pelayanan prima. Salah satu cara untuk memastikan apakah klien sudah puas dengan kinerja perusahaan adalah dengan meminta feedback.

Account executive harus selalu memastikan klien merasa didengar. Terlebih lagi, dengan meminta penilaian dari klien, AE dapat memberikan saran dan masukan terhadap divisi marketing atau sales, yang nantinya akan berpengaruh pada pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Feedback tersebut juga akan sangat bermanfaat untuk menetapkan target yang realistis di masa mendatang.

4. Mengumpulkan dan menganalisis data

Seorang AE harus mampu untuk mengumpulkan serta menganalisis data. Keduanya menjadi tugas AE agar dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan produk atau jasa yang ideal, sesuai dengan kebutuhan klien, serta memiliki target pertumbuhan yang tepat.

Analisis yang dilakukan oleh seorang AE dapat berupa informasi tentang perilaku klien, tren industri, dan potensi pertumbuhan untuk setiap klien baru di perusahaan. Data yang merupakan hasil analisis tersebut akan memiliki banyak potensi, tidak hanya saat mencari klien baru yang bagi perusahaan, namun juga dapat membantu memberikan ilustrasi terkait strategi penjualan perusahaan.

5. Menghilangkan ancaman dari kompetitor bisnis

Tugas terakhir dari seorang account executive adalah mampu memastikan klien atau calon klien tidak beralih ke kompetitor. Dalam rangka menjalankan tugasnya tersebut, AE harus bisa berpikir secara strategis, mengambil langkah-langkah yang tepat, menganalisa kelebihan dan kekurangan dari kompetitor, lalu mengenali kebutuhan klien secara mendalam. Dengan begitu, perusahaan bisa selalu berada di depan para kompetitor lainnya.

BACA JUGA: Business Development: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang account executive

Depositphotos

Pada pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan beberapa tugas yang harus diemban oleh seorang AE. Tugas-tugas tersebut mencakup mencari klien baru, mempertahankan klien yang sudah ada, menjaga kepuasan mereka, mengumpulkan dan menganalisis berbagai data, serta menghilangkan ancaman dari kompetitor perusahaan.

Tugas-tugas tersebut akan berjalan lancar apabila seorang AE memiliki keterampilan yang mumpuni. Terdapat setidaknya 10 keterampilan yang wajib account executive kuasai. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya hanya untuk Sedulur.

1. Menulis

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang pertama adalah keterampilan menulis. Account executive harus bisa menjadi penulis yang handal karena ia perlu untuk mengkomunikasikan pesan dari perusahaan ke klien secara efektif. 

Komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan cara yang menarik, memanfaatkan berbagai media, serta menyesuaikan target audiens. Salah satu medianya adalah tulisan, baik itu dokumen perusahaan, press release, dan lain sebagainya.

2. Penjualan

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang kedua adalah keterampilan sales atau marketing. Hal tersebut wajib dimiliki karena menjual produk atau jasa kepada klien adalah salah satu tugas utama seorang AE. Keterampilan marketing atau sales juga berpotensi untuk mendatangkan klien baru dan memastikan klien yang sudah tetap melakukan pembelian ulang di perusahaan terkait.

3. Customer service

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang ketiga adalah keterampilan customer service. Kemampuan melayani pelanggan dengan baik dapat membantu seorang AE agar menjadi lebih dekat dengan klien, kemudian mempengaruhi klien agar mau melakukan pembelian dan menjaga koneksinya.

4. Bersosialisasi

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang keempat adalah keterampilan bersosialisasi. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan karena AE akan banyak bertemu dan menjalin relasi dengan bermacam-macam orang.

5. Komunikasi

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang kelima adalah keterampilan komunikasi. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan karena AE akan bertemu dengan banyak orang, maka komunikasi yang dilakukan pun tidak dapat saklek dan terpaku, harus disesuaikan dengan karakteristik setiap orang yang ia temui.

BACA JUGA: Software Engineer: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

6. Negosiasi

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang keenam adalah keterampilan negosiasi. Kemampuan ini sangat dibutuhkan AE ketika sedang membicarakan kontrak atau penjualan dengan klien, agar dapat mencari solusi terbaik yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Kemampuan negosiasi ini juga berfungsi untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan serta memastikan klien puas dengan pelayanan yang diberikan.

7. Presentasi

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang ketujuh adalah keterampilan presentasi. Kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki agar dapat memaparkan berbagai macam informasi kepada klien dengan jelas.

8. Analisis

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang kedelapan adalah keterampilan analisis. Kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki karena AE akan berkutat dengan berbagai data dan informasi yang berhubungan dengan klien.

9. Organisasi data

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang kesembilan adalah keterampilan mengorganisasi data dengan baik. Organisasi data menjadi salah satu kemampuan wajib karena seorang AE akan berurusan dengan banyak data yang berkaitan dengan hubungan antara klien serta perusahaan.

10. Manajemen proyek

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang AE yang kesepuluh adalah keterampilan manajemen proyek, seperti mengatur waktu, melacak progress, mengerjakan tugas dalam proyek, dan lain sebagainya.

Jenjang karir dan gaji account executive

Depositphotos

Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai jenjang karir dan account executive gaji. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat, pertumbuhan bisnis dalam bidang periklanan, promosi, serta marketing diproyeksi akan naik hingga 10% pada tahun 2026 mendatang.

Pertumbuhan tersebut merupakan kabar baik apabila Sedulur memang tertarik dengan profesi AE ini. Pasalnya, seorang AE yang berkecimpung di bidang periklanan, promosi, serta marketing, akan berpotensi untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dibanding rekan-rekan lainnya, serta memiliki prospek yang cemerlang.

Jika berbicara tentang pendapatan atau gaji, seorang AE akan membawa pulang sejumlah nominal yang tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman kerja, serta cakupan industri yang pernah ia urus. Mengutip dari sebuah sumber, gaji account executive fresh graduate berkisar pada angka Rp24.376.200 per tahun, bagi yang sudah berpengalaman memungkinkan untuk membawa pulang sekitar Rp83.946.000 per tahun. Apabila dirata-rata, mayoritas AE di Indonesia akan mendapatkan Rp43.380.000 per tahun, atau sekitar Rp25.323 per jamnya.

Lowongan pekerjaan untuk seorang AE sendiri di tahun 2022 ini masih sangat sering dijumpai dalam berbagai portal cari kerja kenamaan. Dengan segala keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan, peluang karir Sedulur untuk menjadi account executive dapat dikatakan masih terbuka lebar.

Nah Sedulur, itu tadi adalah informasi singkat mengenai salah satu opsi karir yang dapat Sedulur pilih, yaitu account executive. Pembahasan di atas sudah meliputi pengertian, tugas-tugas, skill yang harus dimiliki, serta jenjang karir dan gaji.

Semoga artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan serta wawasan Sedulur dalam dunia karir, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.