Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika seleksi CPNS (sekarang dikenal sebagai CASN) dibuka adalah “Berapa gaji CPNS lulusan SMA dan SMK?”. Ya, menurut sebuah sumber informasi, pendaftaran seleksi CASN pada tahun ini dibuka per tanggal 5 Oktober 2022. 

Seleksi tahun ini akan dilaksanakan dengan formasi PPPK (Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Mengutip dari pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, formasi PPPK terbuka untuk 530.028 orang di tahun ini.

Dari jumlah tersebut, para peserta nantinya akan diseleksi dan ditempatkan ke instansi-instansi pemerintah sesuai kebutuhan. Seleksi CASN sendiri mensyaratkan berbagai jenjang pendidikan, mulai SMA atau SMK, D3, S1, hingga S2. Tiap jenjang pendidikan tentunya akan memangku jabatan dan lingkup kerja yang berbeda. Hal tersebut berlaku pula bagi gajinya.

Lantas, kira-kira berapa gaji CPNS lulusan SMA dan SMK? Mari simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA: Contoh Portofolio Fotografi yang Menarik dan Tips Membuatnya!

Aturan gaji CPNS lulusan SMA dan SMK

gaji cpns lulusan sma
Tirto ID

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, seleksi CASN akan membutuhkan peserta yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan, salah satunya adalah SMA dan SMK. Ketika membahas tentang besaran gaji yang akan diterima oleh CASN lulusan SMA dan SMK, maka kita dapat mengacu kepada sebuah Peraturan Pemerintah keluaran tahun 2019.

Peraturan Pemerintah yang dimaksud tersebut adalah Peraturan Pemerintah (PP) No. 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan PP tersebut, dapat kita temukan keterangan bahwa gaji CPNS lulusan SMA dan SMK berkisar pada Rp2.022.200 hingga Rp3.820.000. Nah, pembagian pendapatan gaji ini sesuai dengan golongan-golongan yang telah dibagi.

BACA JUGA: Helper adalah: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji dan Syaratnya  

Pembagian golongan II untuk ASN lulusan SMA dan SMK

gaji cpns lulusan sma
Independensia

Telah kita ketahui bahwa besaran gaji CPNS lulusan SMA dan SMK berkisar pada Rp2.022.200 hingga Rp3.820.000. Nominal tersebut kemudian akan diberikan kepada para ASN sesuai dengan golongan mereka. Secara keseluruhan, mereka yang lulusan SMA dan SMK termasuk ke dalam golongan II.

Salah satu sumber informasi juga ada yang senada menyatakan bahwa untuk gaji PNS golongan II alias lulusan SMA dan DIII, gaji terendah berada di rentang Rp 2,02 juta hingga Rp 3,37 juta. Sementara itu, gaji tertinggi berada di rentang Rp 2,39 juta hingga Rp 3,82 juta.

Golongan II ini kemudian akan dibagi lagi menjadi empat, sesuai dengan lingkup kerja yang dipegang. Jumlah gaji yang diterima setiap golongan tersebut ternyata juga berbeda-beda, loh! Simak nominalnya pada daftar berikut ini.

  • Golongan II/A – Gaji pokok yang diterima berkisar antara Rp2.022.200 hingga Rp3.373.600.
  • Golongan II/B – Gaji pokok yang diterima berkisar antara Rp2.208.400 hingga Rp3.516.300.
  • Golongan II/C – Gaji pokok yang diterima berkisar antara Rp2.301.800 hingga Rp3.655.000.
  • Golongan II/D – Gaji pokok yang diterima berkisar antara Rp2.399.200 hingga Rp3.820.000.

BACA JUGA: Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia

Selain gaji, apa yang ASN lulusan SMA dan SMK akan dapatkan?

Detik Finance

Walaupun memang terkesan kecil dan kalah dari sektor swasta, tetapi hasil jerih payah ASN lulusan SMA dan SMK tersebut tidak hanya terbatas pada gaji saja. Fasilitas lainnya seperti berbagai tunjangan pun akan diperoleh selama bekerja.

Nah Sedulur, itu dia informasi singkat mengenai gaji CPNS lulusan SMA dan SMK. Penjelasan di atas sudah mencakup peraturan yang menaungi gaji, besaran gaji, serta beberapa tunjangan lain yang akan didapatkan oleh CASN ketika berhasil lulus seleksi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.