Apakah Sedulur tahu berapa gaji masinis yang bekerja di KAI Indonesia? PT KAI Indonesia sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi salah satu instansi favorit untuk dijadikan tempat bekerja bagi banyak orang Indonesia.

Apalagi menjadi masinis juga merupakan pekerjaan yang sering dijadikan cita-cita oleh anak-anak di Indonesia. Nah, bagi Sedulur yang berminat berkarir menjadi masinis dan mengejar impian masa kecil, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas terkait gaji masinis KAI itu sendiri. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Berapa Gaji CPNS Lulusan SMA & SMK? Berikut Rinciannya!

Apa itu PT KAI?

gaji masinis
Kereta Api Kita

Sebelum masuk ke pembahasan terkait gaji masinis di PT KAI, tentu Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu apa itu PT KAI. Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa PT KAI merupakan salah satu BUMN yang sejarahnya panjang sejak dari masa pemerintahan Hindia-Belanda (masa penjajahan).

-->

Pada tahun 1988, PT KAI menjadi sebuah Perusahaan Perseroan (Persero) yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 1998. Sejak saat itu, PT KAI menjadi salah satu BUMN potensial yang dimiliki oleh Indonesia.

Pekerjaan di PT KAI

gaji masinis
Lentera Pro

Dalam kesempatan kali ini, kita memang akan membahas daftar gaji masinis di PT KAI. Namun, sebagai BUMN, tentu pekerjaan yang tersedia bukan hanya pekerjaan masinis saja. Terdapat beberapa pekerjaan lain yang juga tidak kalah penting. Berikut ini daftar pekerjaan yang ada di PT KAI, yaitu:

  • Masinis
  • Kondektur
  • Teknisi Sarana Perkeretaapian
  • Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)
  • Teknisi Jalan Rel dan Jembatan
  • Teknis Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik
  • Paramedis
  • Pramugari dan Pramugara
  • POLSUSKA (Polisi Khusus Kereta Api)
  • Tatanan administrasi, manajerial, dan bagian-bagian lainnya.

Gaji masinis KAI

gaji masinis
Lifepal

Gaji yang akan diterima seorang masinis KAI yaitu sekitar Rp13 juta perbulan, gaji tersebut belum termasuk beberapa benefit lainnya seperti tunjangan kinerja hingga benefit transportasi dan tunjangan anak dan istri.

Namun, secara umum perusahaan pemerintah yang bergerak di sektor kereta api ini menawarkan gaji di angka Rp3-5 juta. Tentu dengan mendapatkan tunjangan lainnya berdasarkan golongan dan posisi jabatannya.

Bahkan, untuk level manajemen senior seperti jabatan Manager di PT Kereta Api, ia bisa mencapai gaji hingga Rp18 juta hingga Rp30 juta setiap bulannya. Angka yang cukup tinggi, wajar jika banyak masyarakat yang tertarik bekerja sebagai masinis atau bekerja di PT KAI.

Gaji masinis KRL Commuter Line

gaji masinis
Tribun News

Selain masinis di KAI, di daerah Jabodetabek dan Yogyakarta-Solo terdapat jaringan kereta KRL Commuter Line yang merupakan jaringan kereta listrik. Masinis yang bertugas di KRL pun memiliki gaji yang berbeda dengan masinis di PT KAI.

Kurang lebih, gaji masinis KRL adalah  Rp6 juta – Rp9 juta perbulan, gaji ini sudah termasuk dengan tunjangan kesehatan dan risiko.

Meskipun gaji dari seorang masinis pada KRL lebih kecil daripada masinis PT KAI sebenarnya hal ini cukup wajar, mengingat jumlah penumpang dari KRL lebih kecil dan juga mengambil jalur operasional yang lebih pendek dibandingkan dengan PT Kereta Api Indonesia.

Gaji masinis MRT Jakarta

gaji masinis
Bisnis

Salah satu moda transportasi massa modern yang ada di ibu kota Indonesia adalah MRT Jakarta (Moda Raya Terpadu Jakarta). Jika Sedulur berkesempatan menyambangi kota metropolitan tersebut, Sedulur mungkin akan melihat jalur MRT yang melintang di atas jalan raya atau masuk ke dalam terowongan di wilayah-wilayah tertentu. 

Walaupun sudah beroperasi sejak tahun 2019 silam, akan tetapi jalur MRT sekarang masih melintasi beberapa daerah di Jakarta saja (Lebak Bulus-Bundaran HI). Di bawah naungan PT Mass Rapid Transit Jakarta, proses pengembangan moda transportasi masyarakat ini tetap dilangsungkan sampai sekarang agar masyarakat Jakarta memiliki opsi sarana transportasi yang dapat diandalkan.

Nah, berbicara tentang MRT, pastinya Sedulur penasaran dengan berapa gaji masinis MRT tersebut. Terlebih lagi, kemungkinan besar pihak PT Mass Rapid Transit Jakarta akan terus menambah lowongan kerja untuk masinis seiring dengan selesainya proyek-proyek jalur baru MRT.

Mengutip dari sebuah sumber, lowongan masinis MRT biasanya dikhususkan untuk mereka yang lulusan SMK dengan jurusan Teknik Mesin atau Teknik Elektro. Sebagai seorang masinis MRT, ia harus mampu mengoperasikan kereta dengan aman dan efisien, melakukan berbagai macam inspeksi keamanan, dan tentunya meningkatkan kompetensi diri secara berkala. Pengalaman jam terbang yang tinggi (minimal 4 tahun) dalam mengoperasikan dan merawat mesin juga menjadi salah satu syarat menjadi seorang masinis MRT.

Jika Sedulur diterima, Sedulur akan dipekerjakan dengan sistem kontrak 1 tahun dahulu. Selama bekerja, Sedulur akan memperoleh gaji pokok dan tunjangan, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan kerja, dana pensiun, hingga kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai pelatihan. Sayangnya, nominal dari gaji masinis MRT sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti.

Syarat menjadi masinis PT KAI

Tribun

Mengetahui gaji masinis di atas, apakah Sedulur sudah mulai tertarik menjadi seorang masinis? Jika tertarik, tentu Sedulur harus mulai mempelajari seperti apa persyaratan dan seleksi yang harus diikuti. Agar Sedulur bisa menjadi seorang masinis, tentu harus memenuhi persyaratan.

Setiap pekerjaan tentu saja harus mampu memenuhi persyaratan agar dapat diterima. Dilansir dari laman resmi KAI, berikut ini merupakan syarat menjadi seorang masinis yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Warga negara Indonesia (WNI).
  • Untuk pendidikan tingkat SMA, usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.
  • Untuk pendidikan tingkat Diploma, usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun.
  • Laki-laki yang dinyatakan sehat jasmani dan rohani secara medis.
  • Berkelakuan baik.
  • Bebas dari narkoba.
  • Tidak mengenakan tindik.
  • Bersedia ditempatkan di wilayah mana saja di Indonesia.
  • Tidak memiliki hubungan pernikahan dengan karyawan PT KAI.

Persyaratan di atas merupakan persyaratan dasar yang perlu dipenuhi. Karena pada praktik kerjanya, seorang masinis juga bertanggung jawab dalam mempercepat atau memperlambat jalannya kereta api. Masinis pun harus memperhatikan aturan agar dapat menjaga keselamatan setiap penumpang. Dengan demikian, seorang masinis juga bisa disebut sebagai pemimpin dalam perjalanan.

Dengan tanggung jawab besar ini, tak heran jika seorang masinis diberi gaji yang cukup tinggi. Gaji seorang masinis bisa mencapai Rp12 juta per bulannya. Nominal ini terbilang besar mengingat sebelumnya gaji seorang masinis hanya sekitar Rp3 juta.

Sekolah masinis

Narasi Lia

Syarat yang dijelaskan di atas, bisa menjadi pengetahuan dasar bagi Sedulur, terutama bagi Sedulur yang tertarik berkarir menjadi masinis. Lantas apakah untuk menjadi masinis harus sekolah atau kuliah terlebih dahulu? Jawabannya tentu saja iya.

Biasanya, usai lulus sekolah menengah atas (SMA), setiap calon masinis wajib mengikuti pendidikan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Traksi (BPPT) selama tiga tahun. Setelah lulus, calon masinis akan diarahkan pada program magang di Perawatan Kereta Api (Depot) sebelum akhirnya mendapatkan sertifikasi masinis.

BACA JUGA: Helper adalah: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji dan Syaratnya  

Masinis merupakan pekerjaan yang diminati

Semarak

Dari penjelasan di atas, wajar belaka jika banyak masyarakat Indonesia berminat menjadi masinis. Selain karena jumlah gajinya yang terbilang tinggi, terlebih lagi menjadi masinis akan mendapatkan tunjangan dan jaminan asuransi.

Tentu tunjangan dan jaminan asuransi ini yang membuat banyak yang berminat, karena dengan adanya tunjangan dan jaminan asuransi, pekerjaan masinis merupakan pekerjaan yang dapat menjamin masa depan itu sendiri.

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait gaji masinis di PT KAI. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi pengetahuan dasar yang memberi motivasi bagi Sedulur untuk mengejar cita-cita menjadi seorang masinis yang menjadi ‘nahkoda’ perkereta apian Indonesia, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.