crew store adalah

Store clerk atau crew store adalah jenis pekerjaan yang terus dicari. Pekerjaan ini bertugas penuh selama toko atau outlet beroperasi. Baik untuk menangani urusan stok produk, kebersihan toko, hingga menyambut dan melayani pengunjung.

Umumnya, toko yang membutuhkan crew store adalah yang berjenis swalayan seperti supermarket atau merchant di sebuah pusat perbelanjaan. Apa saja tugas crew store dan berapa kisaran gaji yang bisa didapat per bulannya? Simak faktanya di bawah ini.

BACA JUGA: Arsitek: Pengertian, Tanggung Jawab & Skill yang Dibutuhkan

Definisi crew store 

crew store adalah
Pexels

Seperti yang sudah disinggung, crew store adalah orang-orang yang bertugas melayani pengunjung dan pelanggan toko. Biasanya di sebuah toko retail seperti supermarket, minimarket atau merchant lain di department store. Tidak hanya swalayan yang menjual kebutuhan sehari, crew store bisa bekerja di toko pakaian, jam tangan, aksesori, skincare, bahkan restoran, dan lain sebagainya.

Tugas dan tanggung jawab 

crew store adalah
Pexels

Melansir Indeed, tanggung jawab crew store antara lain sebagai berikut.

  • Menyambut pengunjung dengan ramah dan baik.
  • Memberikan informasi dan rekomendasi produk baru atau yang sedang promo.
  • Membantu pengunjung dan pelanggan mencari kebutuhan, menjawab pertanyaan seputar produk dan toko bila diperlukan.
  • Tugas crew store adalah termasuk menangani komplain di tahap awal. Bila tak bisa diselesaikan store manager yang akan turun tangan.
  • Menata barang yang berantakan, menata display dan menjaga kebersihan toko.
  • Bertanggung jawab atas transaksi (arus keluar masuk uang) yang berlangsung di toko, termasuk membantu kasir bila dibutuhkan.
  • Berkomunikasi dengan cabang lain terkait ketersediaan stok.
  • Mengatur alur dan menerima stok barang masuk maupun yang keluar karena kedaluwarsa.
  • Mencatat stok yang menipis secara berkala untuk dibuat laporannya.

Peran crew store

crew store adalah
Pexels

Crew store memiliki peranan penting dalam bisnis retail. Profesi ini bertanggung jawab penuh pada pengalaman pelanggan selama berbelanja di dalam toko. Bagaimana mereka melayani, menyambut, dan menata display produk menentukan penilaian pelanggan atau pengunjung tentang citra dan nilai perusahaan. Dengan pengalaman yang baik, maka pelanggan tak akan segan datang kembali. Hal ini secara tidak langsung turut meningkatkan angka penjualan.

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Portofolio Menarik & Profesional

Kisaran gaji per bulan 

Pexels

Gaji crew store cukup beragam sesuai dengan skala bisnis perusahaan yang dimaksud. Untuk toko retail besar, paling tidak mereka akan mematok UMR, yaitu sekitar Rp1,9 sampai Rp4 juta tergantung pada daerah. Meski begitu, ada jenjang karier yang bisa ditapaki crew store untuk menambah penghasilan, yakni menjadi manajer atau asisten kepala toko hingga head store. Namun, beberapa toko mungkin akan memberikan penalti bila terjadi masalah seperti produk hilang atau ketidaksesuaian laporan transaksi.

Keterampilan 

crew store adalah
Pexels

Crew store bukan sosok biasa, mereka harus memiliki beragam keterampilan mumpuni sebagai berikut.

  • Tata krama yang baik.
  • Mampu mengendalikan emosi dan bertahan di tengah tekanan.
  • Ketelitian dan ketekunan karena mereka dituntut multitasking.
  • Kemampuan interpersonal yang baik, yaitu mampu berinteraksi dengan baik saat menghadapi pelanggan, rekan kerja, atasan, hingga utusan dari supplier.
  • Memiliki kesabaran dan kemauan untuk mendengar serta tidak gegabah menyangkal komplain pelanggan.
  • Stamina yang bagus karena mereka harus berdiri dan berjalan dalam waktu lama.
  • Mampu mengoperasikan komputer dan software dasar untuk keperluan administrasi.
  • Kemampuan persuasi untuk meningkatkan penjualan.
  • Public speaking yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Kecekatan dalam melakukan tugas-tugas, apalagi bila mereka adalah kru restoran yang ramai pengunjung. Tugas crew store restoran adalah memastikan pembeli tidak menunggu makanan terlalu lama guna menghindari pelanggan yang akhirnya pergi (tidak jadi membeli).

BACA JUGA: Notaris: Pengertian, Tugas, Jenis & Kewenangannya

Pendidikan terakhir yang dipersyaratkan

Pexels

Profesi ini biasanya menyasar lulusan SMA dan sederajat. Ini diperlukan karena seorang crew store harus cakap dan memiliki skill berhitung yang baik. Beberapa bahkan mensyaratkan sarjana karena skala bisnis yang besar atau keberadaan jenis produk yang spesifik sehingga membutuhkan pengetahuan yang lebih. Misalnya, kemampuan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan supplier luar negeri, pengetahuan umum dan analisis mendalam untuk mengatasi masalah maupun isu yang lebih kompleks.

Jam kerja 

Pexels

Untuk urusan ini, seorang crew store harus siap untuk melakoni pergantian shift pagi dan malam. Satu shift biasanya 7-8 jam seperti pegawai kantor biasa. Itu sudah termasuk melakukan berbagai persiapan pembukaan dan penutupan toko. Mengingat tekanan kerja crew store cukup tinggi dan harus beraktivitas fisik dalam waktu lama, tak jarang head store akan memilih kandidat berusia muda. Seperti mahasiswa yang ingin mencari tambahan penghasilan atau lulusan SMA/SMK.

Kesimpulan 

crew store adalah
Pexels

Biasanya, orang yang tertarik menjadi crew store helper adalah orang yang tangguh dan suka tantangan. Ini karena sifat pekerjaan yang dinamis dan menuntut untuk terjaga serta berkonsentrasi penuh. Tidak perlu harus memiliki pengalaman di bidang retail untuk melakoni profesi ini, tetapi kemampuan problem solving, ketenangan di tengah tekanan, serta ketekunan dan ketelitian tidak bisa diabaikan. Sedulur pastinya akan mengalami fase pelatihan dulu oleh manajer dan head store, atau mungkin sesama kolega yang sudah berpengalaman.

Sampai sini, Sedulur sudah bisa memahami profesi crew store, ya. Semoga bisa menambah wawasan seputar dunia kerja dan menjadi bekal sebelum melamar sebuah pekerjaan nantinya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!