gaji fresh graduate bca

Siapa nih yang penasaran dengan gaji fresh graduate BCA? Ya, bekerja di sektor keuangan masih menjadi salah satu pilihan favorit para lulusan S1. Salah satu industri yang biasa dituju oleh para pelamar adalah industri perbankan.

Pada kesempatan kali ini, Sedulur akan diajak untuk sedikit mengulas tentang gaji fresh graduate BCA beserta posisi-posisi lainnya. Kira-kira berapa besaran yang dapat diperoleh seorang fresh graduate ketika berkarier di sini? Apa saja tunjangan yang didapatkan? Yuk, simak terus pembahasannya sampai akhir!

BACA JUGA: 12 Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan yang Benar

Bank Central Asia (BCA)

gaji fresh graduate bca
Good News From Indonesia

Bank Central Asia atau yang biasa dikenal dengan Bank BCA adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Group. Sekarang, bank ini berada di bawah kepemilikan salah satu grup produsen rokok terbesar keempat di Indonesia yaitu Djarum.

-->

Pada tahun 2021 lalu, diperkirakan total aset yang dimiliki bank ini berkisar pada Rp1.288 triliun, dengan total laba bersih berkisar pada Rp31.42 triliun. Saham terbesar dari Bank BCA sendiri dipegang oleh PT Dwimuria Investama Andalan (sebesar 54,94%), dengan Robert Budi Hartono 51% dan Michael Bambang Hartono 49%. Keduanya sekaligus berperan sebagai Pemegang Saham Pengendali BCA. Untuk jumlah karyawan, Bank BCA diperkirakan memiliki sekitar 24.789 karyawan per tahun 2019 lalu.

BACA JUGA: Telemarketing: Definisi, Tugas, Karir dan Skill Wajibnya

Berapa gaji fresh graduate BCA dan posisi lainnya?

gaji fresh graduate bca
Tribun Palu

Di bawah ini adalah besaran gaji fresh graduate BCA dan para pegawai Bank BCA lain berdasarkan posisi jabatan yang dipegangnya.

  1. Account Officer (Rp7,3 juta)

Di Bank BCA, seorang Account Officer biasanya dapat membawa pulang gaji sebesar Rp7,3 juta per bulan. Account Officer sendiri adalah seseorang yang bertugas untuk mengkoordinasikan pendapatan serta pengeluaran dari sebuah perusahaan.

  1. Basic Development Program (Rp6,2 juta)

Di Bank BCA, mereka yang melamar ke Basic Development Program (BDP) biasanya dapat membawa pulang gaji sebesar Rp6,2 juta. Dari salah satu sumber informasi terpercaya menjelaskan bahwa Basic Development Program (BDP) adalah salah satu jenis program pengembangan calon karyawan yang telah didesain dengan sedemikian rupa oleh Bank BCA. Terdapat pola pendidikan dan pemagangan tertentu yang lazimnya akan diterapkan kepada karyawan.

  1. Customer Service Staff (Rp3,4 juta)

Di Bank BCA, seorang Customer Service Staff biasanya dapat membawa pulang gaji sebesar Rp3,4 juta per bulan. Gaji fresh graduate BCA tersebut akan ditambah lagi dengan beberapa tunjangan seperti asuransi kesehatan, bonus, dan lain sebagainya. Seorang Customer Service Staff sendiri akan bertugas untuk menangani nasabah, mencari dana masuk, menawarkan kredit atau produk bank, dll., meliputi processing, settlement, dan kliring.

BACA JUGA: Contoh dan Cara Membuat Portofolio Kerja yang Menarik

  1. Teller Bank (Rp3,6 juta)

Di Bank BCA, seorang Teller Bank biasanya dapat membawa pulang gaji fresh graduate BCA sebesar Rp3,6 juta per bulan. Teller Bank merupakan karyawan bank yang bekerja di counter dengan tugas utama untuk melayani transaksi penerimaan atau pembayaran tunai kepada nasabah. Ia menjadi pelaksana kegiatan transaksi keuangan tunai dengan nasabah di counter money.

  1. Magang Bakti BCA Teller (Rp3,5 juta)

Walaupun sama-sama bertugas sebagai Teller, tetapi gaji Magang Bakti BCA biasanya akan lebih sedikit ketimbang karyawan tetap. Gaji fresh graduate BCA untuk bagian ini berkisar pada Rp3,5 juta per bulannya.

  1. Management Trainee (Rp5,4 juta)

Bank BCA juga membuka program Management Trainee bagi para lulusan baru. Gaji fresh graduate BCA untuk bagian ini berkisar pada Rp5,4 juta per bulannya. Namun perlu diingat ya, Sedulur. Gaji yang besar tentunya datang dengan tanggung jawab kerja yang besar pula.

  1. Assistant Manager (Rp12,8 juta)

Secara garis besar, Assistant Manager di Bank BCA akan bertugas untuk membantu Manager dalam merencanakan, mengatur serta menerapkan strategi yang dibuat. Mengkoordinasikan sistem operasi. Memastikan bahwa jadwal serta sasaran yang sudah ditargetkan dapat terpenuhi dengan baik. Melakukan pengawasan dan memberikan motivasi kepada staf di bank. Gaji yang bisa ia bawa pulang berkisar pada Rp12,8 juta.

  1. Manager (Rp13,1 juta)

Untuk posisi Manager di Bank BCA, rata-rata ia mampu memperoleh sekitar Rp13,1 juta dalam satu bulannya.

  1. Senior IT Specialist (Rp7,6 juta)

Untuk posisi Senior IT Specialist di Bank BCA, rata-rata ia mampu memperoleh sekitar Rp7,6juta dalam satu bulannya.

  1. Associate Staff (Rp8,1 juta)

Untuk posisi Associate Staff di Bank BCA, rata-rata ia mampu memperoleh gaji fresh graduate BCA sekitar Rp8,1 juta dalam satu bulannya.

Fasilitas kerja di Bank BCA

gaji fresh graduate bca
Liputan 6

Setelah mengetahui rata-rata gaji karyawan dan gaji fresh graduate BCA, mungkin Sedulur menjadi penasaran dengan apa saja fasilitas kerja yang diberikan di bank swasta tersebut. Simak beberapa ulasannya di dalam daftar berikut ini, ya!

BACA JUGA: Cara & Tips Membuat CV ATS-Friendly Agar Lolos Screening

1. Jenjang karier

Fasilitas kerja yang pertama di Bank BCA pastinya adalah jenjang karier yang jelas. Seperti yang kita telah ketahui bersama, Bank BCA merupakan salah satu pemain besar di sektor bank swasta nasional maupun internasional. Jadi sudah jelas, setiap orang yang bekerja di dalam institusi keuangan tersebut pastinya akan mendapatkan jenjang karier yang jelas selama ia berkarya di sana.

Bank BCA menerapkan sistem jenjang karier ini kepada semua pegawainya tanpa terkecuali. Apabila individu tersebut mampu mempertahankan sekaligus meningkatkan kinerjanya, bukan mustahil suatu saat nanti ia bisa naik ke jabatan yang lebih tinggi. Tentunya, jabatan yang lebih tinggi akan menghasilkan gaji yang lebih tinggi pula.

2. Pelatihan dan pengembangan

Tidak hanya berorientasi pada hasil kerja dan keuntungan, Bank BCA juga menerapkan berbagai pelatihan serta pengembangan bagi para pegawainya. Pelatihan dan pengembangan ini akan dilakukan dalam waktu-waktu tertentu dimana setiap pegawai bisa mengikutinya untuk menambah ilmu pada bidang-bidang tertentu.

Jangan khawatir, setiap pegawai tidak akan dikenakan biaya lanjutan apabila berkeinginan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan ini, kok! 

3. Pinjaman khusus karyawan

Fasilitas bagi pegawai Bank BCA yang lain adalah dapat mengajukan pinjaman khusus karyawan. Berbeda dengan masyarakat biasa yang harus terlibat dalam proses panjang serta persyaratan yang banyak ketika hendak mengajukan pinjaman ke bank, karyawan Bank BCA dapat lebih mudah untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan pribadi.

4. Rumah dinas

Jika Sedulur sudah berada pada posisi jabatan yang tinggi, bukan tidak mungkin Sedulur bisa memperoleh fasilitas rumah dinas.

5. Tunjangan, asuransi, dan bonus lainnya

Terakhir, layaknya kantor-kantor lain pada umumnya, pegawai Bank BCA juga akan memperoleh tunjangan, asuransi, serta bonus-bonus lainnya. Tunjangan yang diberikan biasanya berupa Tunjangan Jabatan, Tunjangan Hari Raya (THR), Tunjangan Keluarga, serta Tunjangan Kinerja. Nominal tunjangan tersebut akan berbeda-beda berdasarkan pangkat jabatan.

Untuk asuransi kesehatan, biasanya Bank BCA akan meng-cover rawat jalan, kesehatan gigi dan mulut, serta kacamata. Ada pula yang mendapatkan kompensasi untuk rawat inap di rumah sakit.

Untuk bonusnya, biasanya mereka yang bekerja di Bank BCA bisa memperoleh bonus dari lembur dan kinerja yang baik.

Cara melamar kerja di Bank BCA

KitaLulus

Bank BCA menawarkan banyak lowongan jika Sedulur merupakan fresh graduate S1. Biasanya, Sedulur bisa mengikuti program Management Development Program (MDP). Selain Management Development Program (MDP), ada juga lowongan lain untuk fresh graduate sesuai kebutuhan kantor, seperti Low Code Application Developer (OutSystem Developer), Relationship Officer, Wealth Management Program (WMP), hingga Program Junior Business Analyst.

Apabila Sedulur merupakan lulusan SMA, SMK, ataupun diploma, Sedulur bisa mencoba untuk mendaftarkan diri ke program Magang Bakti BCA. Informasi lebih lanjut bisa Sedulur peroleh dari situs karier resmi Bank BCA.

Nah Sedulur, itu tadi ulasan singkat mengenai gaji fresh graduate BCA serta gaji-gaji pada posisi lainnya di bank swasta tersebut. Semoga informasi tadi dapat membantu Sedulur, ya!