usaha yang jarang rugi

Sedulur pasti sepakat, bahwa setiap bisnis harus menghasilkan untung dan setiap pebisnis tidak ingin mengalami rugi. Tentu saja kerugian merupakan hal yang paling dihindari oleh pengusaha. Maka sebisa munkgin para pengusaha selalu memilih usaha yang jarang rugi.

Bagi Sedulur yang baru akan memulai usaha dan mengkhawatirkan akan mengalami kerugian, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi atau daftar usaha yang jarang rugi yang bisa jadi rekomendasi Sedulur.

Lantas apa saja daftar rekomendasi usaha yang jarang rugi yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Aplikasi Stok Barang Online Sederhana untuk Bisnismu!

-->

1. Sembako

aplikasi super toko kelontong
Aplikasi Super

Usaha yang jarang rugi pertama yaitu sembako. Saat Sedulur membuka toko sembako besar atau kecil, usaha jenis ini dijamin jarang rugi. Bahkan akan sangat menguntungkan karena sembako berkaitan erat dengan kebutuhan pokok masyarakat untuk sehari-hari.

Sembako merupakan singkatan dari sembilan barang pokok, barang-barang ini pasti dicari oleh banyak orang. Maka dari itu, sembako bisa dibilang sebagai usaha yang minim risiko untuk mengalami kerugian.

 Bagi Sedulur yang tertarik membuka usaha jualan sembako, bisa mencoba untuk kulakan dan berbelanja langsung di Aplikasi Super. Aplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.

2. Warmindo

Usaha yang jarang rugi selanjutnya adalah membuka warmindo. Dijamin membuka warmindo bisa mendaangkan keuntungan yang besar. Hal tersebut karena mie instan merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak, maka tidak mengherankan kalau mie instan jadi kesukaan banyak orang.

Apalagi jika Sedulur memiliki tempat usaha di pusat keramaian seperti daerah perkantoran atau kampus, usaha ini sangat bisa dijadikan pilihan. Sedulur juga tidak perlu keterampilan memasak yang khusus karena mie instan bisa dibuat dengan mudah.

3. Jasa laundry

Jasa laundry ini cocok untuk dilakukan di sekitar perumahan yang masyarakatnya aktif bekerja atau di area yang banyak mahasiswa. Mereka biasanya tidak memiliki waktu yang banyak untuk mencuci baju sehingga usaha ini memiliki peluang yang besar.

4. Jualan tepung

Tepung banyak sekali digunakan sebagai bahan baku makanan seperti roti, kue, bakso, dan lain sebagainya. Melihat fakta tersebut, maka usaha produksi tepung merupakan pilihan yang baik karena usaha ini cukup menjanjikan dan minim risiko kerugian karena permintaan akan tepung selalu tinggi.

5. Kulakan minyak kelapa

Konsumen minyak kelapa juga terhitung sangat banyak karena digunakan dalam memasak makanan sehari-hari. Bisnis ini pun terbilang jarang rugi karena minyak kelapa bisa disimpan dalam waktu yang lama.

6. Usaha catering

Pexels

Usaha catering merupakan usaha yang jarang rugi selanjutnya. Bagi Sedulur yang memiliki hobi memasak, membuka usaha catering bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Catering adalah usaha yang jarang rugi karena bisa dilakukan ketika baru mendapatkan pesanan.

7. Bisnis frozen food

Frozen food terbilang sebagai usaha yang jarang rugi karena memiliki waktu penyimpanan yang lama sehingga minim risiko kerugian makanan yang basi. Frozen food jug disenangi oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau dan mudah dalam penyajiannya.

8. Bisnis sewa motor

Bisnis sewa motor menjadi salah satu usaha yang tidak pernah rugi dan memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan. Pasalnya, jumlah peminat sewa motor juga cukup tinggi khususnya di daerah yang jadi tujuan wisata. Tapi tentu saja Sedulur harus membuat SOP penyewaan agar bisa mengantisipasi pencurian dan motor hilang.

9. Rental mobil

Saat ini banyak orang yang belum memiliki mobil pribadi. Tapi mereka membutuhkannya untuk keperluan tertentu. Jadi, bisnis sewa mobil bisa menjadi pilihan. Ada dua sistem ketika rental mobil, yaitu menyediakan driver dan lepas kunci. Sedangkan untuk waktu penyewaan bisa per jam, per hari, per minggu atau bahkan bulan.

10. Travel bus pariwisata

Jasa travel bus pariwisata memang membutuhkan modal yang cukup besar karena harga bus tentu lebih mahal dibandingkan harga mobil. Jenis bus pariwisata juga banyak, seperti mini bus, medium bus, junior bus dan big bus. Perbedaanya tentu pada kapasitas penumpangnya.

BACA JUGA: 12+ Ide Bisnis Untung 200 Ribu per Hari, Cocok untuk Pemula

11. Sewa rumah

Fungsi meja dapur
Real Homes

Bisnis sewa rumah atau kontrakan merupakan bisnis yang menjanjikan karena semua orang pasti membutuhkan tempat tinggal. Terutama jika lokasi rumah sewamu tidak jauh dari lingkungan perkantoran atau kampus, pasti banyak perantau yang mau menyewa.

12. Bisnis kos-kosan

Sama seperti rumah, bisnis kos juga cocok di lingkungan yang gak jauh dengan kampus atau perkantoran. Membuka bisnis kos-kosan membuat Sedulur bisa memperoleh pendapatan pasif dan berulang dari penyewa. Tapi tentu saja modal untuk membuat kos tidak sedikit dan membutuhkan lahan.

13. Sewa kamar harian

Sekarang sewa kamar harian juga menjadi pilihan banyak orang selain kos atau kontrakan. Bisnis ini memiliki banyak peminat, apalagi jika memiliki rumah yang lokasinya strategis, seperti dekat perkantoran, kampus, atau tempat wisata. Target pasarmu biasanya adalah generasi muda yang membutuhkan akomodasi tempat tinggal di dekat kampus atau tempat kerja atau bahkan wisatawan.

14. Bisnis sewa lahan

Aset lain yang bisa disewakan adalah tanah atau lahan. Bentuk penyewaan lahan bisa bermacam-macam. Misalnya menyewakan seluruh area lahan kepada perusahaan untuk dijadikan gudang atau sebagai lahan parkir. Bisnis ini juga bisa berlaku jangka panjang yang untuk pembangunan pabrik atau kompleks properti komersial.

15. Rental playstation (PS)

Peluang bisnis sewa ini masih sangat terbuka karena pengguna PS ini dari kalangan usia anak hingga orang dewasa. Terlebih lagi tidak semua orang bisa membeli PS yang harga relatif mahal. Sedulur bisa merentalkan PS mulai dari PS 2, PS 3, PS 4 dan PS 5.

16. Bisnis sewa alat konstruksi

Extensiv

Bisnis sewa paling laris selanjutnya adalah sewa alat konstruksi, seperti ekskavator, buldoser, genset, atau crane. Barang-barang ini diminati oleh perusahaan konstruksi. Mereka menyewa peralatan untuk kebutuhan proyek. Tentunya menyewa akan lebih menghemat budget dibanding harus membeli atau memiliki peralatan tersebut secara permanen.

17. Sewa tenda

Sampai sekarang jenis usaha ini tidak pernah sepi, karena pasti ada saja orang yang membutuhkan tenda seperti untuk resepsi, acara pengajian hingga yang berduka cita. Agar usaha ini mendapat banyak pelanggan, Sedulur harus menyewakan berbagai jenis tenda mulai dari yang kecil hingga besar.

18. Rental studio musik

Musik dinikmati oleh segala usia. Dari muda maupun tua menyukainya. Bahkan, gak sedikit dari mereka yang suka bermain musik. Tentunya ini menjadi peluang bisnis dengan membuka rental studio musik. Mereka bisa datang ke tempatmu untuk latihan bersama band-nya masing-masing.

19. Jasa desain grafis

Dalam era di mana daya tarik visual dapat memenangkan hati pelanggan, kemampuan untuk menciptakan desain grafis yang berkesan adalah harta yang sangat berharga. Namun, jauh di balik keindahan visual, layanan desain grafis Sedulur menciptakan koneksi emosional dengan pelanggan.

20. Jasa fotografi

Di balik setiap gambar yang Sedulur ambil, tersembunyi cerita-cerita yang menunggu untuk diungkapkan. Sedulur bukan sekadar seorang fotografer, melainkan seorang pencerita visual yang ulung. Setiap jepretan yang Sedulur hasilkan adalah sebuah lapisan cerita yang mendalam, pengalaman yang tak terlupakan, dan rasa yang mendalam.

BACA JUGA: Inspirasi Ide Bisnis Bawang Goreng, Modal Kecil Omzet Melejit

21. Dropshipper

Freepik

Jenis usaha yang jarang rugi dan hanya membutuhkan modal kecil yang ketiga adalah menjadi seorang dropshipper. Usaha ini merupakan profesi yang menjual produk milik orang lain, tanpa harus menyimpan stok, mengirimkan pesanan, atau kegiatan operasional lainnya karena proses tersebut dilakukan oleh pihak lain.

22. Bisnis gas LPG dan galon air minum

Bisnis di bidang ini juga merupakan usaha yang jarang rugi. Hal ini karena gas LPG serta air minum merupakan kebutuhan dasar semua manusia, jadi permintaannya akan selalu tinggi. Berbisnis ini sama dengan berbisnis sembako, hal tersebut karena dibutuhkan banyak orang.

23. Toko fotokopi

Usaha yang jarang rugi selanjutnya adalah usaha fotokopi karena selalu dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan dunia perkantoran. Usaha ini akan mendatangkan keuntungan yang besar jika di bangun di pusat perkatoran, sekolah, atau kampus.

24. Salon dan barber shop

Sebagian besar orang pasti menginginkan tampilan yang maksimal pada dirinya. Salon dan barber shop menyediakan jasa untuk memotong rambut, smoothing, creambath dan jasa lainnya sehingga usaha ini bisa Sedulur jadikan pilihan.

25. SPBU Mini

Usaha yang jarang rugi terakhir yaitu dengan membuka SPBU mini. Kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) selalu tinggi di masyarakat karena berhubungan dengan dunia transportasi. Beberapa orang malas untuk mengantri di SPBU besar sehingga usaha SPBU mini bisa dijadikan pilihan karena memiliki pasarnya tersendiri.

Nah itulah daftar usaha yang jarang rugi yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk menjalankan usaha. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk bisa menjalankan usaha yang bisa memberiikan keuntungan dan menghindari kerugian.