bisnis bawang goreng

Belum lama ini bawang goreng menjadi sorotan karena dianggap sebagai salah satu bisnis paling menjanjikan. Namun, ternyata bisnis bawang goreng memang sangat potensial dan menarik untuk dilakukan.

Apalagi, penggunaan bawang goreng, khususnya di Indonesia memang sangat tinggi. Sedulur pasti memahami betul bahwa ada banyak makanan yang menggunakan taburan bawang goreng sebagai salah satu penyedap rasa ketika makanan disajikan.

Jika Sedulur tertarik untuk menjalankan bisnis bawang goreng. Tenang, kami akan memberikan beberapa tips agar bisa memulai dengan mudah bisnis satu ini. Yuk, disimak bersama!

BACA JUGA: Strategi Bisnis Mie Ayam Cup, Cita Rasa dan Inovasi Jadi Kunci!

Tips dan Cara Bisnis Bawang Goreng

Kompas

Agar Sedulur bisa menjalankan bisnis bawang goreng dan mencapai kesuksesan. Tentu mengetahui tips dan cara bisnisnya merupakan hal yang penting. Berikut ini beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika mulai menjalankan usaha bisnis bawang goreng.

1. Tentukan jenis kualitas bawang goreng yang akan dijual

Dalam bisnis bawang goreng, Sedulur harus mengetahui beberapa jenis bawang goreng yang dijual di pasaran. Misalnya ada dua jenis yang paling mudah dijumpai yaitu bawang goreng kualitas preium atau spesial dan bawang goreng biasa.

Jika Sedulur sudah memastikan ingin menciptakan bawang goreng seperti apa, maka sudah bisa menentukan seberapa berkualitas jenis bawang yang dibutuhkan dan tingkat kerenyahannya. Bawang dengan kualitas premium biasanya memiliki karakter yang tebal tapi renyah. Sementara, bawang goreng biasa memiliki warna yang agak kecoklatan dengan ukuran potongan yang lebih tipis.

2. Pilih bawang merah ukuran besar

Sebaiknya Sedulur pilih bawang merah dengan ukuran besar agar ketika digoreng tidak remuk dan terlihat bagus. Bawang goreng yang irisannya bagus tentunya akan lebih menarik minat konsumen dibandingkan dengan yang kecil dan terlihat seperti remuk.

Kalau Sedulur masih kesulitan untuk mendapatkan bawang merah yang ukurannya sesuai dan bagus kualitasnya mengapa tidak kerjasama dengan petani saja. Atau Sedulur bisa berlangganan membeli bawang goreng dari supplier yang mengambil langsung dari para petani.

3. Kualitas minyak jadi kunci utama

bisnis bawang goreng
Alpha Foodie

Minyak yang Sedulur gunakan untuk menggoreng akan berpengaruh pada kualitas bawang goreng terutama dalam hal warna dan rasa. Gunakan minyak nabati kelapa sawit yang kualitasnya bagus dan berwarna bening. Tujuannya adalah agar hasil bawang goreng yang Sedulur buat lebih gurih dan warnanya cantik.

Minyak nabati yang bagus umumnya dilengkapi dengan omega 3 dan 6 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Minyak yang kualitasnya buruk akan lebih rentan kandungan kolesterolnya.

4. Manfaatkan mesin penyaring minyak

Bawang goreng yang minyaknya masih sangat banyak sampai membasahi kemasannya biasanya kurang diminati konsumen. Sebaiknya Sedulur membeli mesin penyaring minyak agar hasil bawang goreng bagus dan renyah karena tidak ada minyak yang menempel pada kemasannya.

Minyak yang masih tersisa di dalam kemasan selain membuat penampilan bawang goreng kurang bagus juga akan mengurangi kualitasnya. Umur bawang goreng menjadi lebih pendek karena mudah tengik dan tidak renyah lagi.

5. Alat yang baik membuat potongan bawang makin bagus

Selain minyak yang digunakan untuk menggoreng hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah peralatan yang Sedulur gunakan untuk mengolahnya. Jangan sembarangan menggunakan peralatan memasak yang seadanya karena itu akan merusak kualitas bawang goreng.

Gunakan pisau yang cukup tajam untuk mengiris bawang sehingga hasilnya rapi dan akan terlihat bagus. Sedulur bisa juga menggunakan mesin khusus pengiris bawang agar bisa membuat irisan lebih rapi dan lebih cepat. Pastikan wajan penggorengan bersih dan tidak meninggalkan noda pada makanan.

6. Buat kemasan semenarik mungkin

bisnis bawang goreng
Pinterest

Meskipun ada pepatah yang mengatakan jangan memandang sesuatu dari bungkusnya tapi hal ini tidak berlaku dalam dunia bisnis dan marketing. Bagaimanapun yang pertama dilihat oleh mata konsumen adalah kemasan produk.

Bagus tidaknya kemasan produk akan membentuk persepsi pada konsumen tentang apa yang ada didalamnya. Oleh sebab itu buatlah desain kemasan terbaik yang akan membuat konsumen penasaran dan akhirnya membeli bawang goreng produksi Sedulur.

Demikian tadi deretan tips dan cara memulai bisnis bawang goreng. Bisnis satu ini memang sangat menarik karena termasuk mudah dilakukan dengan minat pasar yang tinggi. Jika Sedulur tertarik, jangan lupa ikuti tips-tips di atas agar bisa sukses ya!