bisnis untung 200 ribu per hari

Membangun usaha modal kecil merupakan langkah awal bagi Sedulur yang ingin menciptakan bisnis sendiri dan mendapatkan pemasukan lebih. Apalagi kebutuhan sekarang ini yang memang semakin mahal dan terus melonjak setiap tahun, maka mulai menjalankan usaha kecil-kecilan bisa menjadi solusi yang tepat.

Ada beberapa rekomendasi bisnis untung 200 ribu per hari yang bisa Sedulur jalankan. Terdapat banyak jenis usaha modal kecil yang bisa mengantarkan pemasukan yang sangat menjanjikan dan menggiurkan. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasan daftar bisnis untung 200 ribu per hari dalam pembahasan di bawah ini!

BACA JUGA: 35+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Tips Membuka Bisnis

bisnis bumbu dapur renteng
Aplikasi Super

Sebelum kita memberikan rekomendasi bisnis bisnis untung 200 ribu per hari, Sedulur sebaiknya mengetahui dasar menjalankan bisnis terlebih dahulu. Hal ini penting karena dengan menyiapkan pondasi bisnis yang baik, maka usaha juga akan lebih mudah bertahan lama dan berkembang.

Ada beberapa tips yang bisa dijalankan agar sebuah bisnis memiliki pondasi yang kuat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Sedulur perhatikan dan pahami.

1. Perencanaan yang matang

Hal pertama yang perlu Sedulur perhatikan adalah dengan menyiapkan perencanaan yang matang. Hal yang wajib dilakukan sebelum mendirikan usaha adalah membuat perencanaan. Pastikan Sedulur sudah menentukan nama usaha, lokasi usaha, dan business plan selama beberapa tahun ke depan.

Jika bisa, pastikan segala hal yang berkaitan dengan perencanaan bisnis dipikirkan dengan matang. Mulai dari memikirkan pemasok barang atau supplier, mempertimbangkan target market atau target konsumen, hingga hal detail seperti lokasi usaha dan waktu membuka usaha.

2. Legal dan perizinan

Jangan lupa untuk mendaftarkan bisnis Sedulur agar dinyatakan legal. Di Indonesia, usaha kecil dan menengah sudah diwajibkan memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Dengan adanya NIB, Sedulur akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha.

Dengan legalitas bisnis yang ditunjunkan dengan kepemilikan Nomor Izin Berusaha (NIB) bisa membuat usaha atau bisnis Sedulur jadi lebih besar lagi. Hal tersebut karena dengan legalitas yang dimiliki, usaha Sedulur bisa mendapatkan program bantuan dari pemerintah.

3. Modal finansial

Selanjutnya menyiapkan terkait finansial. Hal yang satu ini juga tidak kalah penting, bahkan sangat penting. Karena persoalan finansial menjadi pondasi atau modal agar usaha Sedulur bisa berjalan dengan lancar, terutama di masa awal menjalankan bisnis.

Pastikan Sedulur sudah memiliki modal finansial yang cukup untuk mendirikan usaha skala kecil. Untuk mendapatkan pendanaan, Sedulur bisa mencarinya dari modal pribadi, pinjaman, investor, atau kerja sama dengan pendiri usaha lainnya.

4. Pemasaran dan promosi

Bagian terakhir adalah menjalankan pemasaran dan promosi yang merupakan bagian penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Melakukan pemasaran dan promosi usaha adalah hal yang akan membuat usaha berjalan dan berkembang.

Hal ini termasuk ke dalam strategi pemasaran dan penjualan. Sedulur bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook agar usaha kecil Sedulur bisa berkembang dan memiliki penjualan yang baik.

BACA JUGA: 16+ Aplikasi Kasir Gratis Android Terbaik 2023 untuk Bisnismu

Rekomendasi Bisnis Untung 200 Ribuan

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Setelah mengetahui tips penting untuk bisa memulai sebuah bisnis. Berikut ini beberapa ide usaha dengan untung 200 ribuan yang bisa Sedulur jalankan.

1. Bisnis makanan sarapan

Ide bisnis untung 200 ribu per hari yaitu dengan menjual sarapan. Sarapan adalah bagian penting yang mendukung produktivitas harian. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang tidak ingin repot menyiapkan sarapan. Entah itu karena jam masuk kerja lebih pagi atau sekolah. Nah ini bisa menjadi peluang Sedulur untuk menghasilkan untung 200 ribu per hari.

Bisnis makanan sarapan menjadi ide usaha yang cukup menarik. Sedulur tidak perlu modal besar karena bisa menyesuaikan dengan menu yang dibuat. Aneka menu sarapan seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam, dan lontong sayur bisa dicoba.

2. Usaha katering rumahan

Ide bisnis untung 200 ribu per hari kedua yaitu dengan membuka usaha katering. Menjalankan katering pada umumnya bermula saat si pemilik bisnis jago masak dan suka membuat aneka lauk dan jajanan. Mencoba bisnis katering rumahan membutuhkan modal lebih sedikit. Hal ini karena Sedulur hanya membuat makanan sesuai dengan pesanan.

Bisnis ini juga tidak perlu ruko khusus karena bisa dilakukan dari dapur rumah. Pada awal perintisan, Sedulur hanya perlu memperluas promosi. Bisnis yang baru dimulai cenderung masih sepi sehingga sebelum launching sebaiknya siapkan strategi pemasaran agar informasi bisnis tersebar luas.

3. Usaha laundry

Tidak sedikit orang yang memilih jasa laundry dibandingkan mencuci sendiri. Alasan terbesarnya karena tidak punya banyak waktu lantaran pekerjaan atau pendidikan yang sudah cukup padat. Dengan kondisi ini menjadi peluang besar membuka usaha laundry.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, cukup mesin cuci dan tenaga laundry yang membantu Sedulur untuk keperluan laundry atau menyetrika. Ide bisnis untung 200 ribu per hari ini sukses jika diterapkan pada daerah yang padat penduduk dengan mayoritas penduduknya adalah pekerja dan pelajar.

4. Menjual pulsa dan token listrik

Usaha pulsa, token listrik, dan top up saldo e-wallet bisa dibilang tidak ada matinya. Dapat dilihat dari perkembangan zaman yang semakin canggih selalu membutuhkan internet dan transaksi online. Tren menunjukkan beberapa tahun terakhir pembelian kuota data meningkat pesat terutama sejak pandemi.

Bak makan dan minum, internet ini memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang, khususnya para pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Nah, jelas bukan kalau bisnis ini berpeluang untung besar! Sedulur bisa memfokuskan penjualan pada pulsa internet. Keuntungan bisnis ini diperoleh dari admin atau pembiayaan yang harus dibayar ketika mengisi saldo ke akun pengguna.

5. Jasa tutor privat atau bimbel

Selain pulsa, bisnis jasa tutor privat juga tidak pernah mati. Setiap tahunnya lembaga bimbel membuka pendaftaran siswa baru dari berbagai jenjang. Jika Sedulur ingin penghasilan tambahan sekitar 200 ribu per hari, bisnis ini bisa menjadi alternatif solusi.

Sedulur punya dua opsi, yaitu mendaftar sebagai guru bimbel freelance atau membuka bimbel sendiri. Masing-masing pasti ada kelebihan dan kekurangannya, hanya saja mana yang paling cocok untuk Sedulur sekarang ini.

6. Jasa cuci sepatu

bisnis untung 200 ribu per hari
Pedilop

Anak-anak SMA biasanya tidak ada waktu merawat sepatu mereka, namun di sisi lain seringkali para pelajar berlomba-lomba memiliki sepatu dengan model terbaru. Nah, hal tersebut bisa Sedulur jadikan sebagai peluang bisnis.

Sedulur bisa menawarkan jasa cuci sepatu ke teman-temanmu. Sedulur bisa tawarkan jasa ke temanmu yang tidak pernah mencuci sepatunya, sampaikan juga risiko yang didapatkan jika sepatu tidak dicuci secara rutin. Bahan dan perlengkap yang Sedulur butuhkan untuk usaha ini juga tidak sulit didapat dan modal yang dibutuhkan pun tidak besar.

8. Jadi dropshipper

Dropshipper adalah seseorang yang menjalankan bisnis dropship dengan menjual produk orang lain. Sedulur hanya bertugas menjual barang-barang yang nantinya Sedulur akan mendapatkan komisi dan bonus jika menjual banyak produk.

Agar Sedulur bisa jadi dropshipper yang mendulang banyak keuntungan, Sedulur bisa memilih supplier yang menjual produk terkenal dan sedang tren. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial saat menjalankan bisnis ini. Media sosial sangat bermanfaat sebagai sarana promosi di era digital saat ini.

9. Jual makanan dan camilan

Rekomendasi bisnis untung 200rb per hari lainnya yang bisa Sedulur coba yaitu dengan jual makanan dan camilan. Sedulur tentu pernah ikut kepanitian untuk kegiatan sekolah ‘kan? Salah satu cara untuk mendapatkan dana adalah dengan menjual makanan dan camilan.

Nah, Sedulur bisa mencoba berjualan makanan dan camilan untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Banyak aneka makanan dan camilan yang bisa Sedulur pilih, mulai dari snack-snack kemasan hingga makanan ringan lainnya.

10. Menjual minuman

Inspirasi bisnis untung 200 ribu per hari sehari selanjutnya yang bisa memberikan Sedulur keuntungan adalah menjual aneka jenis minuman, baik jus buah, kopi atau thai tea, baik dingin maupun hangat. Menjalankan usaha ini juga bisa Sedulur lakukan di rumah dan bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

Keuntungan menjalankan usaha ini adalah bisa dijalankan di berbagai musim, mulai dari musim hujan hingga musim panas. Dijamin akan mengantarkan banyak keuntungan dan mudah dilakukan.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Bumbu Dapur Rentengan yang Menjanjikan!

11. Toko kelontong

bisnis untung 200 ribu per hari
Aplikasi Super

Toko kelontong merupakan usaha modal kecil yang sangat potensial. Hal ini tak lepas dari peran toko kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga yang memiliki permintaan tinggi setiap harinya.

Terlebih lagi, usaha toko kelontong bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat. Bagi Sedulur yang tertarik membuka usaha kelontong, bisa mencoba menjadi Super Agen dan berbelanja langsung di Aplikasi Super.

12. Warung kopi

Salah satu ide bisnis untung 200 ribu per hari yang brilian adalah membuka warung kopi di depan rumah Sedulur, dengan menjadikan bagian depan rumah Sedulur sebagai tempat usaha warung kopi, akan mengurangi modal membuka tempat.

Minum kopi seolah telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang kini memiliki hobi minum kopi. Tak hanya karena memiliki cita rasa dan aroma yang menyegarkan, minum kopi juga telah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan anak muda. Banyaknya pecinta kopi seperti sekarang ini, dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha warung kopi.

13. Servis barang elektronik

Selain sebagai usaha rumahan, servis barang elektronik juga merupakan usaha dengan modal kecil. Satu-satunya modal yang harus Sedulur miliki adalah skill terkait elektronik. Usaha satu ini bisa dijalankan oleh Sedulur yang memiliki bakat, kemampuan dan ketertarikan di dunia teknologi.

Semakin hari semakin banyak gadget yang dikeluarkan, dan juga semakin banyak masyarakat yang menggunakan gadget. Setiap gadget atau barang elektronik yang digunakan juga ada kemungkinan rusak, pada titik ini peluang usaha servis elektronik bisa berjalan. Sedulur juga bisa membuat usaha ini di rumah tanpa harus menyewa toko atau tempat usaha.

14. Isi ulang air minum

Banyak masyarakat saat ini yang menggunakan air minum kemasan, baik dalam bentuk galon atau botol. Membuka jasa isi ulang air minum dapat memberikan keuntungan yang melimpah. Terlebih membuka usaha ini bisa dijalankan di depan rumah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

15. Menjual kue dan roti

toko kelontong kecil kecilan
Freepik

Usaha kuliner menjual kue dan roti juga bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi. Terutama jika Sedulur membuat kue dan roti dengan rasa yang manis dan disukai oleh para pembeli. Apalagi, jika Sedulur mempunyai produk kue dan roti yang khas yang tidak dimiliki oleh toko lainnya.

Modal yang dibutuhkan tidak banyak, Sedulur hanya membutuhkan bahan-bahan untuk membuat kue, dan menjualnya dengan harga yang sesuai dengan perhitungan untuk balik modal.

Nah itulah rekomendasi bisnis bisnis untung 200 ribu per hari yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Dilengkapi pula dengan tips menjalankan bisnis agar Sedulur bisa memulai bisnis dengan tenang tanpa harus kebingungan lagi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan turut memberikan motivasi bagi Sedulur untuk terjun dalam dunia bisnis.