Ternak bebek memiliki prospek bisnis yang menjanjikan.

Ternak bebek merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek menjamin. Hal tersebut ditambah proses dan cara budidaya bebek yang tidak terlalu ribet. Perawatannya pun terbilang mudah.  Beternak bebek memiliki peluang yang menjanjikan karena bebek merupakan daging banyak diminati masyarakat Indonesia.

Selama masih banyak yang menyukai bebek, menjadi peternak bebek merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan. Belum lagi banyak restoran dan warung makan yang seringkali menjadikan bebek sebagai menu utamanya. Kepada restoran dan warung makan tersebut kita bisa melakukan kerjasama untuk distribusi bebek yang dihasilkan peternakan kita.

Berikut ini ada beberapa tips sukses ternak bebek yang mungkin akan menguntungkan bagi Sedulur Super. Seperti apa saja tips dan cara budidaya bebek yang baik? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Toko Kelontong

Tips Sukses Ternak Bebek untuk Sedulur Super

1. Persiapkan Kandang Bebek

Tempat ternak bebek merupakan hal pertama yang harus Sedulur siapkan. Sebab, kandang untuk peternakan merupakan kebutuhan penting bagi hewan ternak, sebagaimana manusia membutuhkan rumah. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat kandang bebek.

Perhatikan kebersihan dan kenyamanan kandang, agar bebek sehat dan memiliki bobot yang besar. Kenyamanan bebek tinggal di kandang juga mempengaruhi kualitas daging yang dihasilkan. Terutama bagi bebek petelur, memperhatikan kebersihan dan kenyamanan kandang merupakan cara ternak bebek petelur yang akan menghasilkan telur yang berkualitas.

Jika Sedulur Super merencanakan beternak bebek petelur, perhatikan kondisi kandang. Cara ternak bebek petelur yang baik adalah memperhatikan kandang bebek agar selalu kering. Dinding kandang harus sedikit tertutup agar bebek tidak melihat binatang lain yang dapat membuat bebek gelisah.

2. Proses Pembibitan

Cara budidaya bebek selanjutnya adalah memperhatikan proses pembibitan. Tahap ini Sedulur harus memperhatikan dan memilih jenis bebek yang ingin dibudidayakan. Apakah bebek petelur atau bebek pedaging. Karena perawatan dari kedua jenis bebek tersebut berbeda.

Jika Sedulur Super memilih bebek petelur, makah tujuan yang akan Sedulur capai adalah telur yang dihasilkan. Sedangkan bebek pedaging, Sedulur Super bertujuan untuk menghasilkan daging dari bebek yang diternak.

Hal yang perlu Sedulur Super siapkan terlebih dahulu adalah modal untuk membeli bibit bebek. Sedulur Super bisa saja memilih bebek yang masih kecil atau pun bebek yang sudah siap untuk bertelur, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Namun hal terpenting yang harus Sedulur Super perhatikan adalah kualitas dari bebek tersebut. Meskipun bibit unggul yang berkualitas biasanya dijual lebih mahal, namun hal ini akan sangat mempengaruhi usahamu nantinya.

Baca Juga: Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

3. Merawat Bebek

Kandang telah selesai dan bibit telah tersedia. Kini saatnya Sedulur menjalani proses perawatan bebek tersebut. Apa yang harus Sedulur lakukan dalam tahap ini, akan menentukan keberhasilanmu dalam membudidaya bebek. Dan tentu saja menentukan nasib dari usaha ternak bebek yang Sedulur jalankan.

Dalam tahap ini, Sedulur harus bisa merawat semua bebek yang ada dengan baik agar semuanya juga bisa berkembang dengan baik. Agar hal tersebut terwujud, Sedulur harus mengelompokkan bebek berdasarkan ukuran, untuk mencegah bebek besar menyakiti bebek yang lebih kecil. Jangan lupa juga untuk selalu cek kesehatan bebek, dan memisahkan bebek yang sakit. Jika tidak, nanti bebek yang Sedulur miliki akan tertular semua.

4. Masa Panen Bebek

Saat yang paling dinantikan dalam proses budidaya bebek adalah saat memanen hasilnya. Untuk bebek petelur, maka masa panennya adalah saat bebek sudah mulai memproduksi telur. Sedangkan untuk bebek pedaging, waktu panennya adalah saat bebek yang diternakkan sudah memiliki ukuran yang siap dan ideal untuk dikonsumsi.

Jika Sedulur Super memelihara bebek petelur, maka sebaiknya Sedulur mengeluarkan bebek dari kandang saat proses panen untuk mempermudah pekerjaan Sedulur Super. Jangan sampai panen yang Sedulur Super lakukan terhambat dengan keberadaan bebek yang memang sangat sulit diatur. Hal ini juga demi kelancaran proses panen dari peternakan bebek yang Sedulur Super lakukan.

Cara dan tips ternak bebek di atas wajib untuk Sedulur Super jalani. Karena hal tersebut dapat membantu Sedulur mendapatkan untung super melimpah dalam menjalankan usaha ternak bebek. Jika usaha ternak bebek Sedulur Super telah berjalan lancar dan menghasilkan daging dan telur secara konsisten. Sedulur bisa daftar di Aplikasi Super sebagai bagian dari Mitra Super Center untuk mendistribusikan hasil panen dari budidaya bebek yang Sedulur lakukan.

Aplikasi Super memungkikan setiap usaha dari Sedulur Super berkembang. Hal ini berkaitan dengan misi dari Aplikasi Super yang ingin meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur Super yang belum memiliki Aplikasi Super.