usaha modal kecil

Membangun usaha modal kecil merupakan langkah awal bagi Sedulur yang ingin menciptakan bisnis sendiri dan mendapatkan pemasukan lebih. Apalagi kebutuhan sekarang ini yang memang semakin mahal dan terus melonjak setiap tahun, maka mulai menjalankan usaha kecil-kecilan bisa menjadi solusi yang tepat.

Berikut ini akan dijelaskan daftar inspirasi usaha modal kecil yang bisa Sedulur lakukan. Terdapat banyak jenis usaha modal kecil yang bisa mengantarkan pemasukan yang sangat menjanjikan dan menggiurkan. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasan daftar usaha modal kecil dalam pembahasan di bawah ini!

BACA JUGA: 30+ Ide Bisnis Kreatif & Inovatif Paling Menguntungkan di 2023

Daftar usaha modal kecil dengan untung besar yang sangat menjanjikan!

Tentu setiap orang ingin menjalankan bisnis yang dengan untung besar dan sangat menjanjikan. Ditambah jika bisa membuka dan menjalankan bisnis dengan modal yang kecil dan terjangkau. Nah. berikut ini adalah beberapa daftar rekomendasi usaha yang bisa Sedulur coba.

-->

Apa saja daftar usaha modal kecil dengan untuk besar yang sangat menjanjikan? Yuk, langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

1. Laundry

1. Laundry
tribunnews

Usaha modal kecil yang pertama adalah membuka jasa cuci baju atau laundry. Seperti yang Sedulur ketahui mencuci baju merupakan hal yang sangat berat untuk dilakukan. Namun kita semua wajib mencuci baju.

Menjalankan peluang usaha ini sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang memiliki rumah di kawasan pendidikan atau perkantoran. Target utama adalah mahasiswa dan para pekerja. Mereka semua dijamin malam mencuci baju karena kegiatan kampus dan tanggung jawab pekerjaan.

2. Cuci motor

2. Cuci Motor
liputan6

Membuka cuci motor sebagai usaha modal kecil yang sangat menjanjikan. Terutama jika Sedulur membuka usaha cuci motor di desa. Karena, masyarakat di desa masih mencuci motor sendiri, berbeda dengan masyarakat di perkotaan. Usaha cuci motor akan sangat laku ketika memasuki musim hujan. Bisa mengantarkan keuntungan yang melimpah.

3. Jasa foto dan video

3. Jasa Foto dan Video
bisikanbisnis

Usaha modal kecil di tengah dunia digital dan industri kreatif adalah membuka usaha foto dan video. Membuka usaha ini akan sangat menguntungkan di tengah menggeliatnya usaha online shop.

Online shop mengharuskan setiap perusahaan memiliki foto produk yang sangat bagus dan memadai, hal tersebut bisa dilihat sebagai peluang dengan membuka tempat usaha jasa foto dan video. Walaupun memang modal yang dikeluarkan cukup besar, namun pemasukannya pun tidak kalah luar biasa.

4. Menjual pulsa dan token

4. Menjual Pulsa dan Token
hipwee

Selain cuci motor, membuka usaha menjual pulsa dan token juga sangat menjanjikan jika Sedulur jalankan di desa. Usaha modal kecil di desa satu ini sangat dibutuhkan, terutama di tengah penggunaan gadget yang saat ini sangat tinggi penggunaannya.

Keuntungan menjalankan jenis bisnis ini memang tidak terlalu banyak. Tetapi, jika dijalani dengan serius, Sedulur akan banyak mendapatkan keuntungan walaupun hanya sedikit. Keuntungan yang sedikit jika didapat dari jumlah yang banyak sama-sama akan memberikan keuntungan juga.

5. Camilan dan makanan ringan

5. Camilan dan Makanan Ringan
pengusahasukses

Salah satu bisnis yang laku tiap hari adalh membuka usaha camilan dan makanan ringan. Banyak contoh sukses yang telah melakukan usaha satu ini. Hal yang membuat usaha ini menjadi menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai camilan. Masyarakat Indonesia sering kali menghabiskan waktu luang dengan ngemil makanan ringan.

6. Menjual minuman

6. Menjual Minuman
oyimedia

Inspirasi usaha modal kecil selanjutnya yang bisa memberikan Sedulur keuntungan adalah menjual aneka jenis minuman, baik jus buah, kopi atau thai tea, baik dingin maupun hangat. Menjalankan usaha ini juga bisa Sedulur lakukan di rumah dan bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

Keuntungan menjalankan usaha ini adalah bisa dijalankan di berbagai musim, mulai dari musim hujan hingga musim panas. Dijamin akan mengantarkan banyak keuntungan dan mudah dilakukan.

7. Kuliner untuk sarapan

7. Kuliner untuk Sarapan
idntimes

Peluang usaha modal kecil makanan dengan menjual sarapan muncul karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang jarang memasak di pagi hari. Untuk mengatasi rasa lapar di pagi hari, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli sarapan ketimbang membuatnya sendiri.

Hal tersebut yang menjadikan jenis usaha rumahan ini memberikan peluang besar untuk Sedulur Super dan bisa memberikan keuntungan yang super melimpah.

8. Warung kopi di depan rumah

8. Warung Kopi di Depan Rumah
berdesa

Salah satu ide usaha modal kecil yang brilian adalah membuka warung kopi di depan rumah Sedulur, dengan menjadikan bagian depan rumah Sedulur sebagai tempat usaha warung kopi, akan mengurangi modal membuka tempat.

Minum kopi seolah telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang kini memiliki hobi minum kopi. Tak hanya karena memiliki cita rasa dan aroma yang menyegarkan, minum kopi juga telah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan anak muda. Banyaknya pecinta kopi seperti sekarang ini, dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha warung kopi.

BACA JUGA: Bisnis Coffee Shop, Berikut Tips dan Cara Sukses Memulainya!

9. Kerajinan tangan

9. Kerajinan Tangan
liputan6

Membuka toko yang menjual kerajinan tangan bisa menjadi inspirasi usaha modal kecil bagi Sedulur Super. Terutama bagi Sedulur Super yang memiliki rumah di daerah strategis seperti di samping jalan raya dan tinggal di tempat wisata.

Banyak karya tangan dan cinderamata seperti tas, sepatu hingga berbagai pernak-pernik rumah bisa Sedulur buat. Keuntungan dengan membuat usaha rumahan jenis ini adalah Sedulur tidak memerlukan banyak modal.

Karena kerajinan tangan dan cinderamata yang Sedulur buat bisa dari bahan-bahan daur ulang. Hal ini juga sangat baik untuk lingkungan, karena bahan daur ulang yang Sedulur gunakan sebagai bahan utama pembuat karya tangan dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

10. Cuci sepatu

10. Cuci Sepatu
detik

Salah satu jenis usaha modal kecil yang sangat menjanjikan adalah membuka jasa cuci sepatu. Jenis usaha ini hampir dengan usaha jasa lain, seperti jasa laundry misalnya. Akan tetapi lebih sederhana dan mudah dilakukan usaha cuci sepatu. Karena Sedulur hanya membutuhkan sikat sepatu, cairan pembersih dan peralatan lainnya.

Saat menjalankan usaha ini Sedulur Super juga perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi di lingkungan. Apabila lokasi rumah Sedulur berada di pusat kampus atau perkantoran, jenis usaha ini sangat cocok dikembangkan. Hanya dengan jumlah modal yang tidak besar, usaha cuci sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan.

11. Tanaman hias

11. Tanaman Hias
kompas

Jenis suaha modal kecil yang sedang trend saat ini adalah menjual tanaman hias, menjual tanaman hias bisa sangat menguntungkan. Karena selain bisa mempercantik halaman depan rumah atau interior rumah, tanaman hias juga memiliki fungsi untuk sirkulasi udara di rumah kita.

Selain itu juga perawatan tanaman hias tidak begitu sulit untuk dilakukan, hal ini juga menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli tanaman hias. Selain itu, menjual tanaman hias juga bisa ditambah dengan menjual batu alam.

Tanaman hias dan batu alam merupakan kombinasi dan komposisi yang pas untuk membuat halaman rumah kita menjadi cantik dan indah. Terdapat berbagai macam jenis tanaman hias yang bisa Sedulur jual, riset terlebih dahulu tanaman hias yang disukai dan paling banyak dibeli di daerah tempat Sedulur.

12. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

12. Jasa SEO (Search Engine Optimization)
kerjayuk.com

Bagi Sedulur yang mempunyai skill dalam bidang menulis dan ketertarikan dalam hal teknologi, jenis usaha rumahan satu ini menarik untuk dijalani. SEO merupakan salah satu trend usaha yang saat ini sedang populer.

Banyak blog, website dan situs yang membutuhkan jasa SEO agar dapat lebih memaksimalkan penggunaan dan akan menguntungkan penggunanya. Sedulur perlu memaksimalkan dan mengoptimalkan bagaimana sebuah konten di blog atau website bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian.

Karena saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan mesin pencarian untuk mencari hal apapun. Karena itu, menawarkan jasa satu ini merupakan sebuah peluang usaha modal kecil baru yang sangat menarik untuk dilakukan.

13. Penulis lepas

13. Penulis Lepas
republika.co.id

Profesi ini akan sangat dibutuhkan oleh para SEO Specialist. Karena dengan mengetahui celah untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan sebuah konten, butuh materi tulisan untuk menjadikannya jauh lebih menarik dan optimal.

Oleh karena itu menawarkan jasa menulis konten merupakan sebuah peluang usaha baru yang sangat menarik untuk dilakukan. Terutama bagi Sedulur yang memiliki minat dan ketertarikan dalam dunia menulis, menjadikan penulis konten sebagai sebuah peluang usaha baru akan sangat mudah dilakukan. Penulis lepas juga merupakan usaha modal kecil untuk pelajar atau mahasiswa yang menarik untuk dicoba.

14. Reseller online

14. Reseller Online
sisternet.co.id

Menjadi reseller bisa sangat menguntungkan di era digital saat ini. Sedulur akan bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk dan lalu menjual produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Keuntungan menjadi reseller adalah Sedulur akan mendapatkan komisi setiap bulannya. Selain itu, Sedulur bisa menjalankan usaha ini di rumah saja.

Oleh karena itu, menjadi Reseller merupakan sebuah trend usaha baru yang sangat menjanjikan untuk dicoba. Selain itu, menjadi reseller tidak terlalu sulit, hal tersebut dikarenakan biasanya produk yang kita jual telah dikenal oleh masyarakat banyak. Dan kita tinggal hanya menjualnya saja. Karena itu, menjadi reseller merupakan trend sebuah usaha yang sedang ramai dilakukan

15. Digital marketing expert

15. Digital Marketing Expert
hotel.id

Sedulur menyukai bermain medsos? Atau Sedulur kuat dan siap menghabiskan waktu berlama-lama memainkan smartphone untuk melihat media sosial? Jika jawabannya adalah iya, jenis usaha satu ini akan sangat cocok untuk Sedulur.

Karena menjalankan Digital Marketing salah satu syarat pentingnya adalah terus memainkan media sosial dan mempromosikan produk dengan sangat menarik. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan jasa digital marketing satu ini. Dan yang paling penting, Sedulur bisa menjalankan usaha ini dari rumah.

Jika Sedulur merasakan memiliki bakar berjualan dan juga kuat dan tahan lama menggunakan medsos, bisa menjadikan digital marketing sebagai sebuah peluang usaha baru yang sangat wajib untuk dicoba.

16. Jasa pengetikan

16. Jasa Pengetikan
tokopedia.com

Membuka jasa pengetikan merupakan bisnis yang bisa Sedulur lakukan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Terutama jika Sedulur membukanya di sekitar kampus, targetnya tentu saja mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas atau skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik,

Sedulur bisa mendatangkan uang dengan membuka bisnis satu ini. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Usaha ini tentunya tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Sedulur hanya membutuhkan perangkat seperti laptop, printer dan kertas.

17. Warung makan

17. Warung Makan
detik.com

Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Sehingga selamanya, seseorang pasti akan selalu membutuhkan makanan. Sehingga membuka warung makan menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang paling menjanjikan.

Membuka warung makan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan sangat wajib dicoba. Bagi Sedulur yang memiliki bakat memasak, sebaiknya mencoba membuka warung makan. Untuk menentukan jenis makanan yang akan dijual, sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar.

Apabila lokasi rumah berdekatan dengan kampus atau sekolah, maka sesuaikan jenis makanan yang disukai kalangan pelajar dan mahasiswa. Sedulur juga tidak membutuhkan modal begitu besar untuk membuka warung makan, terlebih jika warung makan dibuka di rumah Sedulur.

18. Rental PS (Playstation)

18. Rental PS (Playstation)
itworks.id

Dunia game saat ini selalu mengalami perkembangan yang semakin hari semakin canggih. Membuka rental PS merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang sangat menguntungkan yang sudah dijalankan sejak dulu oleh beberapa orang. Target pasar usaha rental PS ini biasanya adalah anak-anak hingga remaja yang memang sedang masanya menyukai bermain game konsol PS.

19. Servis barang elektronik

19. Servis Barang Elektronik
jualo.com

Selain sebagai usaha rumahan, servis barang elektronik juga merupakan usaha dengan modal kecil. Satu-satunya modal yang harus Sedulur miliki adalah skill terkait elektronik. Usaha satu ini bisa dijalankan oleh Sedulur yang memiliki bakat, kemampuan dan ketertarikan di dunia teknologi. Semakin hari semakin banyak gadget yang dikeluarkan, dan juga semakin banyak masyarakat yang menggunakan gadget.

Setiap gadget atau barang elektronik yang digunakan juga ada kemungkinan rusak, pada titik ini peluang usaha servis elektronik bisa berjalan. Sedulur juga bisa membuat usaha ini di rumah tanpa harus menyewa toko atau tempat usaha.

20. Isi ulang air minum

20. Isi Ulang Air Minum
klikdokter.com

Banyak masyarakat saat ini yang menggunakan air minum kemasan, baik dalam bentuk galon atau botol. Membuka jasa isi ulang air minum dapat memberikan keuntungan yang melimpah. Terlebih membuka usaha ini bisa dijalankan di depan rumah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

21. Menjual kue dan roti

21. Menjual Kue dan Roti
kompas.com

Usaha kuliner menjual kue dan roti juga bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi. Terutama jika Sedulur membuat kue dan roti dengan rasa yang manis dan disukai oleh para pembeli. Apalagi, jika Sedulur mempunyai produk kue dan roti yang khas yang tidak dimiliki oleh toko lainnya. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, Sedulur hanya membutuhkan bahan-bahan untuk membuat kue, dan menjualnya dengan harga yang sesuai dengan perhitungan untuk balik modal.

22. Membuka toko kelontong

22. Membuka Toko Kelontong
digination.id

Toko kelontong merupakan salah satu jenis usaha modal kecil  yang paling banyak diminati, hal tersebut karena toko kelontong menjual berbagai jenis sembako kebutuhan sehari-hari masyarakat. Dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat usaha toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani.

Terlebih lagi, usaha toko kelontong bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat. Bagi Sedulur Super yang tertarik membuka usaha kelontong, Sedulur Super juga bisa menggabungkan usaha toko kelontong Sedulur menjadi Mitra Super Center yang dimiliki oleh Aplikasi Super.

BACA JUGA: Modal Usaha Sosis Bakar Rumahan & Cara Agar Laris Manis

Tips mendirikan usaha kecil

Pexels

Daftar usaha dengan modal kecil di atas bisa jadi rekomendasi bisnis untuk Sedulur jalankan. Tentu saja dalam menjalankan bisnis, Sedulur perlu mengetahui pentingnya tips memulainya. Terutama jika Sedulur merupakan seorang pemula dalam dunia bisnis.

Selain harus banyak belajar sendiri dan belajar kepada pebisnis lain, Sedulur harus memiliki panduan agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar. Kendati memuulai dengan mendirikan usaha kecil, namun keuntungan yang didapatkan bisa saja dalam jumlah besar.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan untuk menjalankan bisnis atau usaha kecil agar tetap bisa mengoptimalkan penghasilan yang besar. Yuk, kita simak pembahasannya!

1. Perencanaan yang matang

Hal pertama yang perlu Sedulur perhatikan adalah dengan menyiapkan perencanaan yang matang. Hal yang wajib dilakukan sebelum mendirikan usaha adalah membuat perencanaan. Pastikan Sedulur sudah menentukan nama usaha, lokasi usaha, dan business plan selama beberapa tahun ke depan.

Jika bisa, pastikan segala hal yang berkaitan dengan perencanaan bisnis dipikirkan dengan matang. Mulai dari memikirkan pemasok barang atau supplier, mempertimbangkan target market atau target konsumen, hingga hal detail seperti lokasi usaha dan waktu membuka usaha.

Karena bisnis merupakan pekerjaan yang tidak bisa dijalankan tanpa perencanaan, jika bisnis dijalankan dengan sembarang, bisnis akan sulit berkembang. Bahkan Sedulur tidak akan bisa mendapatkan keuntungan.

Perencanaan di awal memulai bisnis diperlukan untuk menakar dan membaca kendala apa saja yang akan didapatkan, lalu merancang solusinya dan membuat bisnis bisa berjalan diawal dengan stabil dan lancar. Maka dari itu, perencanaan bisnis sangat penting untuk dijalankan.

2. Legal dan perizinan

Jangan lupa untuk mendaftarkan bisnis Sedulur agar dinyatakan legal. Di Indonesia, usaha kecil dan menengah sudah diwajibkan memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Dengan adanya NIB, Sedulur akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha.

Dengan legalitas bisnis yang ditunjunkan dengan kepemilikan Nomor Izin Berusaha (NIB) bisa membuat usaha atau bisnis Sedulur jadi lebih besar lagi. Hal tersebut karena dengan legalitas yang dimiliki, usaha Sedulur bisa mendapatkan program bantuan dari pemerintah.

Program bantuan tersebut bukan hanya berbentuk finansial, namun juga berbentuk pelatihan dan perluasan jaringan yang pastinya akan bisa membuat usaha kecil Sedulur berkembang. Bahkan tidak mustahil usaha kecil Sedulur bisa berkembang menjadi besar.

3. Modal finansial

Selanjutnya menyiapkan terkait finansial. Hal yang satu ini juga tidak kalah penting, bahkan sangat penting. Karena persoalan finansial menjadi pondasi atau modal agar usaha Sedulur bisa berjalan dengan lancar, terutama di masa awal menjalankan bisnis.

Pastikan Sedulur sudah memiliki modal finansial yang cukup untuk mendirikan usaha skala kecil. Untuk mendapatkan pendanaan, Sedulur bisa mencarinya dari modal pribadi, pinjaman, investor, atau kerja sama dengan pendiri usaha lainnya.

Bahkan saat ini, setiap bank memiliki program pinjaman yang membantu setiap masyarakat untuk menjalankan bisnis. Sedulur bisa mendapatkan modal finansial yang cukup dari berbagai pihak. Namun, pastikan Sedulur mendapatkan modal finansial secara legal.

Akan lebih baik lagi, jika Sedulur mendapatkan modal usaha dari uang sendiri hasil jerih payah bekerja dengan menabung dan menyisihkan uang secara perlahan hingga mencapai target yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis atau usaha kecil sederhana.

4. Pemasaran dan promosi

Bagian terakhir adalah menjalankan pemasaran dan promosi yang merupakan bagian penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Melakukan pemasaran dan promosi usaha adalah hal yang akan membuat usaha berjalan dan berkembang.

Hal ini termasuk ke dalam strategi pemasaran dan penjualan. Sedulur bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook agar usaha kecil Sedulur bisa berkembang dan memiliki penjualan yang baik.

Ditambah lagi, di era digital yang menjadikan internet dan media sosial sebagai pondasi untuk melakukan pemasaran, pada prinsipnya hal tersebut justru lebih memudahkan Sedulur. Karena siapapun saat ini bisa berbinsis dengan metode pemasaran yang mudah.

Selain lebih mudah, juga bisa menjangkau lebih banyak konsumen secara luas tidak lagi dibatasi oleh wilayah dan daerah. Ini juga bisa jadi faktor penting untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis atau usaha kecil Sedulur.

Nah itulah penjelasan lengkap terkait rekomendasi usaha modal kecil dengan keuntungan besar yang sangat menjanjikan. Dilengkapi pula dengan tips menjalankan bisnis agar Sedulur bisa memulai bisnis dengan tenang tanpa harus kebingungan lagi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan turut memberikan motivasi bagi Sedulur untuk terjun dalam dunia bisnis.