ciri ciri peluang usaha yang baik

Salah satu ciri ciri peluang usaha yang baik adalah memiliki nilai jual yang tinggi. Ciri ini menjadi yang utama karena bisa menjadi penentu utama besarnya keuntungan yang akan didapatkan Sedulur. Namun, apakah hanya itu ciri dari peluang usaha yang baik?

Dilansir dari laman The Balance Small Business, terdapat setidaknya dua belas faktor yang jadi penentu utama usaha bisa bertahan lama dan memiliki nilai ekonomis yang baik. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

BACA JUGA: 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan di 2022

Sumber daya tercukupi

Toko kelontong
Aplikasi Super

Ciri ciri peluang usaha yang baik pertama adalah ketersedian sumber daya yang tercukupi. Jika bisnis atau usaha yang akan Sedulur lakukan mengambil produk dari supplier, penting untuk memastikan bahwa ketersediaan produknya aman. Sedulur juga bisa memilih terlebih dahulu produk yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

-->

Selain itu, ketersediaan produk juga penting bagi Sedulur yang ingin membuat produk sendiri. Jangan sampai proses produksi terkendala karena bahan-bahan sulit untuk dicari. Sebaik apapun bisnismu berjalan, usaha pun akan menjadi terkendala jika ketersediaan barang tidak ada.

Pasar yang besar

Toko kelontong
Aplikasi Super

Peluang usaha yang baik harus memiliki pasar, karena tanpa pembeli suatu usaha tidak akan berjalan dengan lancar. Berdasarkan penelitian para pakar ekonomi, mengetahui yang diinginkan dan dibutuhkan pasar, menemukan target pasar, dan menentukan proporsi penjualan yang unik sangat penting bagi kesuksesan usaha.

Untuk itu mengetahui adanya potensi pasar yang besar merupakan salah satu ciri ciri peluang usaha yang baik. Jadi ketika tahu ada sebuah produk yang memiliki pasar besar dan belum ada kompetitor di dalamnya, maka Sedulur wajib mengambil peluang tersebut.

Potensi resiko kecil

Toko kelontong
Aplikasi Super

Salah satu ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah tingkat risiko yang kecil. Tidak bisa dipungkiri salah satu ketakutan untuk memulai bisnis adalah saat bicara tentang risiko kerugian.

Jika Sedulur masih tahap pemula, sebaiknya pilih usaha yang memiliki tingkat risiko kerugian rendah sehingga dapat menghindari kerugian besar. Faktor risiko yang kecil juga merupakan ciri-ciri peluang usaha yang potensial untuk dijalankan.

Tidak bersifat musiman

Toko kelontong
Aplikasi Super

Setiap tahun, pasti ada saja tren usaha yang muncul dan berkembang di masyarakat. Tren ini membuat bidang bisnis tersebut mengalami peningkatan pesat. Meskipun peluang ini memang ada, seberapa lama usaha tersebut dapat bertahan? Hal ini tidak kalah penting untuk Sedulur pikirkan.

Usaha musiman ini bisa sangat ramai, tapi juga bisa berubah menjadi sepi di saat tren tersebut sudah menurun. Selain berisiko tidak bertahan lama, usaha musiman memiliki persaingan tinggi sehingga pengelolaan bisnisnya akan makin sulit.

Pastikan pula bahwa usaha tersebut dapat diterima pasar. Jika tidak, usaha yang Sedulur bangun berpotensi merugi. Jadi, pastikan Sedulur melakukan riset pasar untuk mengumpulkan dan menganalisis semua informasi yang relevan. Karena ciri-ciri peluang usaha yang baik yaitu tidak tergantung pada musim dan bisa berjalan kapan pun waktunya.

BACA JUGA: Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

Sustainable

Ciri peluang usaha yang baik adalah
Aplikasi Super

Usaha yang Sedulur jalani harus bisa bertahan lama di pasaran dan memiliki kemampuan sustainable yang tinggi. Inilah ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya, dimana bertahan lamanya suatu usaha bisa dipengaruhi dengan berbagai strategi yang Sedulur jalankan.

Dengan era media sosial saat ini, sangat mudah bagi sesuatu untuk menjadi viral. Hal ini pun menjadi lahan yang diminat pebisnis. Namun, penting dicatat bahwa meskipun usaha sempat viral dan mendatangkan keuntungan yang berlimpah, namun Sedulur harus memastikan usaha tersebut sustainable atau mampu bertahan lama.

Jika tidak, Sedulur tentu akan mengalami kerugian. Hal ini tentu tidak ingin Sedulur alami, bukan? Dimana membuat usaha tapi malah buntung.

Selain itu, ciri-ciri peluang usaha yang baik juga mempunyai pangsa pasar sendiri dan mampu menghadapi persaingan yang terjadi di dalamnya. Karena ketika Sedulur tidak bisa bersaing maka tentu peluang usaha tersebut bukan peluang yang memiliki masa waktu yang lama.

Salah satu usaha yang memiliki tingkat sustainable yang tinggi adalah usaha kebutuhan pokok. Sedulur bisa mencoba melakukan bisnis seperti toko kelontong atau distributor beras yang merupakan barang kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia.

Bila Sedulur tertarik, ada sebuah platform bernama Aplikasi Super yang membantu masyarakat Indonesia agar bisa membuka toko kelontong modern dengan mudah lewat ponselnya. Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai macam barang kebutuhan pokok dengan harga murah tapi memiliki kualitas yang baik. Belum lagi, Super juga memiliki dua beras terbaik bernama beras buncit dan beras karya alam yang bisa dijadikan barang dagangan di rumah.

Rasional dan nyata

Ciri peluang usaha yang baik adalah
Aplikasi Super

Tentunya, bisnis tidak akan menjadi berhasil bila tidak nyata. Nyata adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya. Karakteristik peluang usaha yang baik permintaan nyata ini menjadi salah satu yang terpenting bagi para businessman atau wirausaha.

Dalam hal ini, nyata memiliki arti bahwa segala sesuatunya sudah Sedulur rencanakan dengan matang. Pasalnya, sebesar apapun keinginan Sedulur, jika sebuah bisnis hanya ada dalam angan, maka tentu saja akan sia-sia.

Karena itu, agar bisa mewujudkan dan menjalankan bisnis, maka Sedulur harus memiliki sikap fokus dan serius. Selain itu, supaya usaha semakin berkembang, tentu harus mengimbangi dengan konsistensi yang tinggi.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik dan potensial ini akan bisa terwujud dengan adanya dorongan dari diri sendiri. Jadi ketika usaha tersebut tidak rasional dan tidak mungkin dilakukan oleh diri sendiri, maka sudah barang tentu peluang usaha tersebut tidak akan pernah sukses.

Memiliki fleksibilitas

Ciri peluang usaha yang baik adalah
Aplikasi Super

Peluang usaha yang baik juga dapat diidentifikasi dengan kemampuan untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan berbagai situasi yang tidak terduga. Bagi pelaku usaha pemula, hal ini akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar.

Kemampuan adaptasi sangat penting dan perlu dipersiapkan sejak awal. Ada banyak hal tidak terduga selama menjalankan usaha, termasuk perubahan harga secara tiba-tiba. Baik persaingan antar pengusaha hingga kualitas barang yang perlu diantisipasi dan dipersiapkan penanganannya.

Fleksibilitas dalam beradaptasi ini sering diremehkan oleh para pengusaha lama. Mereka beranggapan dengan bisa tetap menjual barang kepada pelanggan tanpa adanya inovasi dan adjustment pada kondisi pasar, usahanya akan aman saja. Padahal ada banyak kemungkinan yang tidak kita ketahui di masa depan.

Sehingga salah satu ciri peluang usaha yang baik adalah bisa memiliki fleksibilatas yang tinggi pada berbagai macam kondisi pasar.

BACA JUGA: Kisah Seorang Ibu Dua Anak Yang Sukses Buka Peluang Usaha di Desa

Dibutuhkan masyarakat

Toko kelontong
Aplikasi Super

Ciri-ciri peluang usaha yang baik juga dapat ditandai dari tingkat kebutuhan masyarakat, dimana produk, barang, atau jasa banyak dibutuhkan masyarakat secara luas. Karena, membuka bisnis tentunya Sedulur ingin mendapatkan keuntungan dan barang yang dijual pun laku dibeli, bukan?

Sebagai contoh sederhana, kebutuhan akan sayur-mayur atau sumber pangan. Semua orang jelas akan mencari dan membutuhkannya, sehingga peluang usaha jangka panjang bisa lebih langgeng. Meskipun, banyak pesaing yang menjalankan usaha ini. Sehingga tantangan yang akan Sedulur hadapi tetap ada.

Namun, jika Sedulur konsisten memberikan kualitas produk atau jasa dan memberikan pelayanan yang baik, maka usaha tersebut berpotensi akan sukses.

Produk mudah diakses

Beras karya alam
Aplikasi Super

Jika usaha bisnis yang akan Sedulur jalankan mengambil produk di pabrik atau supplier, maka pastikan terlebih dahulu jika produk tersebut selalu ada dan berkelanjutan. Pastikan pula, harga produk yang dibeli lebih murah dibandingkan dengan harga supplier lainnya.

Karena bagaimana pun juga, sebagus apapun potensi usaha dan peluang yang Sedulur jalankan, jika tidak diimbangi dengan ketersediaan barang, akan sulit untuk berhasil.

Pasalnya, prinsip dasar dalam menjalankan usaha adalah memenuhi permintaan pasar lewat produk atau jasa tersebut.

Tidak menghabiskan modal

Distributor
Aplikasi Super

Peluang usaha yang baik ditandai dengan modal yang tidak tergerus habis. Menghabiskan modal secara terus menerus menandakan bahwa bisnis yang dijalani tidak berjalan dengan baik. Berikan target untuk pengelolaan modal dan lakukan evaluasi untuk memastikan usahamu berkembang.

Saat Sedulur terus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak tanpa adanya keuntungan, hal itu juga harus segera dievaluasi. Sedulur perlu membuat rencana yang jelas terkait modal awal yang Sedulur butuhkan dan prediksi target balik modalnya.

Maka dari itu, ciri selanjutnya untuk peluang usaha yang baik selanjutnya adalah usaha yang tidak menghabiskan modal sekaligus. Seharusnya, modal awal Sedulur menghasilkan keuntungan, bukan sebaliknya.

Untuk menghindari hal tersebut, Sedulur bisa menganalisis apakah Sedulur harus mengganti ide ataukah mengganti cara berkerjanya.

Potensial untuk diupgrade

Super Agen
Aplikasi Super

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat berkembang dari waktu ke waktu. Usaha yang baik bukan serta merta langsung terjun dalam skala yang besar. Tidak semua jenis usaha dapat langsung berkembang ke tahap tersebut.

Hal yang terpenting adalah cara melihat potensi perkembangan bisnis di masa yang akan datang. Saat Sedulur memiliki ide usaha, coba pikirkan terlebih dahulu seberapa jauh usaha tersebut dapat berkembang dan ditingkatkan.

Otentik dan orisinil

toko kelontong
Aplikasi Super

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah orisinil atau asli alias tidak menjiplak hasil atau ide usaha orang lain. Selain harus menarik minat konsumen, usaha yang Sedulur buat juga harus asli dan memiliki keunikan sebagai pembeda dengan yang lain.

Jika Sedulur menawarkan sesuatu yang sama persis, bisnis akan sulit bertahan di era persaingan yang makin kuat. Setidaknya, usaha yang orisinil akan membuat konsumen menjadi lebih mudah untuk mengingat dan mengenali usaha Sedulur.

Selain itu, orisinalitas bisnis bisa menjadi ciri khas Sedulur di mata pasar atau konsumen. Sehingga ketika para konsumen sudah mengetahui dan hapal dengan produk Sedulur, maka peluang usaha akan lebih mudah berkembang.

Nilai otentik dan orisinalitas inilah yang menjadi salah satu ciri utama peluang usaha yang baik. Jadi jika Sedulur ingin membuat usaha, pastikan jangan terlalu mirip dengan milik orang lain.

Demikian tadi ciri ciri peluang usaha yang baik. Berdasarkan penjabaran di atas, maka bisa disimpulkan bahwa ciri peluang usaha yang baik adalah usaha yang mampu bertahan lama dengan berorientasi kepada masyarakat sebagai pasar. Selain itu, penentuan harga agar bisa terjangkau oleh masyarakat juga menjadi faktor utama agar usaha bisa baik dan memberikan manfaat yang besar.

Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan membuat Sedulur menjadi pribadi yang siap membuka usaha dan berwirausaha ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.