usaha mainan anak pasar malam

Siapa senang bermain ke pasar malam? Pasar malam memiliki suasana yang khas dan menjadi tempat hiburan yang tak lekang oleh waktu. Sedulur bisa menghadiri tempat ini dengan teman, keluarga, pasangan, hingga kesana sendiri. Tak hanya mereka yang membutuhkan tempat hiburan, pasar malam juga menjadi ladang bisnis potensial untuk Sedulur yang berminat membuka usaha. Misalnya usaha mainan anak pasar malam hingga berjualan makanan. Berikut ini beberapa rekomendasi usaha mainan anak pasar malam dan jajanan yang bisa Sedulur coba.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha di Bulan Puasa Ramadan 2023, Pasti Laris Manis!

Tips sebelum memulai usaha mainan anak di pasar malam

iStock

Sebelum Sedulur mengetahui daftar usaha mainan anak pasar malam yang bisa jadi rekomendasi, ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui sebagai tips sebelum memulai usaha. Perlu diakui, menjalankan usaha ini terbilang cukup aman untuk dijalankan.

Karena, untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan banyak modal dan tidak ada barang jualan yang basi atau kadaluarsa. Jika mainan tidak habis dalam satu malam, masih ada malam-malam selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk menghabiskan barang yang dijual.

-->

Bukan hanya itu, usaha ini juga merupakan usaha yang tidak begitu menguras tenaga. Agar Sedulur bisa lancar menjalankan usaha satu ini, terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui. Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Bisnis Sate Kerang, Usaha Kuliner Populer di Jawa Timur!

a. Pahami situasinya terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu Sedulur ketahui sebelum menjalankan usaha mainan anak pasar malam, yaitu dengan memahami situasinya terlebih dahulu. Sedulur harus mempelajari situasi pasar malam terlebih dahulu.

Untuk itu, Sedulur bisa mendatangi terlebih dahulu pasar malam yang Sedulur ingin jadikan tempat berjualan. Lalu cari tahu bagaimana cara berjualan di sana, berapa uang sewa yang dibutuhkan, dan mainan apa saja yang sudah dijual di sana.

Jangan lupa juga untuk mepelajari bagaimana potensi menjalankan usaha di sana. Meskipun pengunjung pasar alam menjanjikan konsumen yang ramai, namun ada kalanya pengunjung hanya melihat-lihat saja. Dalam hal ini, tempat berjualan menjadi penting.

b. Konsisten menjalankan usaha

Tips kedua yaitu harus konsisten saat menjalankan usaha. Karena pasar malam seringkali berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Maka Sedulur harus konsisten sebagai penjual. Oleh karena itu, sebagai penjual mainan anak di pasar malam.

Sedulur harus bisa konsisten agar usaha Sedulur cepat dikenal. Jika Sedulur menjadikan pasar malam sebagai usaha rutin, tentunya Sedulur harus bisa berpindah-pindah tempat seperti yang lainnya.

Namun jika Sedulur hanya pengusaha musiman di pasar malam, maka Sedulur harus konsisten dalam berjualan. Kuncinya adalah usaha Sedulur harus sampai dikenal oleh masyarakat yang merupakan calon pembeli.

c. Perhatikan jenis mainan yang dijual

Ketika ingin berjualan mainan di pasar malam, jenis mainan yang akan Sedulur dijual juga harus diperhatikan. Ada beberapa mainan yang bisa dijual, namun ada juga mainan yang bisa disewakan. Sedulur dapat menyediakan dua jenis mainan ini untuk menarik perhatian banyak orang.

Selain itu, Sedulur juga harus memperhatikan mainan apa saja yang sudah dijual oleh orang lain. Walaupun mainan tersebut sudah ada yang menjual, bukan berarti Sedulur tidak boleh menjualnya juga. Akan tetapi menjual mainan dengan variasi yang berbeda dapat meningkatkan tingkat penjualan.

BACA JUGA: Tips Sukses Usaha Roti Bakar Serta Modal dan Keuntungannya

1. Pasir mainan

usaha mainan anak pasar malam
iStock

Pasir mainan memiliki warna yang bervariasi. Warna-warna yang menarik itu menjadi daya tarik untuk anak-anak yang bermain ke sana. Cara bermainnya adalah dengan mencetak pasi menjadi berbagai bentuk yang diinginkan.

Biasanya, para penjual mainan akan menyediakan kursi dan meja untuk para pelanggan yang umumnya adalah anak-anak. Mereka akan menggunakan kursi dan meja itu untuk mencetak pasirnya. Setiap anak bisa membentuk pasir itu ke dalam bentuk apa saja.

Pasir yang sudah dibeli, bisa dibawa pulang. Harga pasaran untuk setiap pasir adalah Rp 5000 untuk setiap pelanggan. Para pelanggan juga tidak memiliki batasan waktu bermain. Mereka bisa bermain sepuasnya.

Bagi orang tua, tak perlu khawatir kalau anak-anak akan bermain dalam waktu lama, karena di pasar malam masih banyak jenis tempat bermain yang akan mereka jajal selain pasir mainan. Mainan-mainan yang ditawarkan dan dijual pun mainan yang aman.

2. Dart

usaha mainan anak pasar malam
iStock

Usaha mainan anak pasar malam yang kedua adalah dart. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak angka nol menggunakan sesedikit mungkin anak panah atau dart. Penilaian dari permainan ini cukup rumit karena bergantung pada letak jatuhnya dart di papan yang skornya selang-seling. Seorang profesional bisa menggunakan 9 anak panah untuk bisa mencetak angka 0 pada papan dart.

Para pengusaha pasar malam yang membuka Dart umumnya akan mendekor lapak mereka agar nampak lebih menarik. Jika ingin membuka usaha ini, Sedulur cukup menyiapkan papan untuk memasang dart dan dekorasi sesuai tema.

Sebaiknya, tema yang digunakan adalah tema yang familiar dan menarik untuk anak-anak agar mereka semakin semangat datang ke lapak Dart yang telah Sedulur dekor. Apabila Sedulur sudah merasa yakin untuk membuka usaha ini?

Sedulur hanya perlu menyiapkan sedikit modal yang digunakan sebagai hadiah untuk para juara, disamping harga sewa lapak. Hadiah yang disediakan juga tak perlu besar. Misalnya Rp 5000 untuk 3x lemparan pun, anak-anak sudah pasti senang mendapatkannya.

3. Odong-odong

usaha mainan anak pasar malam
iStock

Usaha mainan anak pasar malam yang satu ini tak bisa dilewatkan. Di mana ada odong-odong, di sana anak-anak akan berkumpul. Sebuah kendaraan yang dipasangi mainan, lalu dihiasi dekorasi dengan beragam lagu yang diputar. Mainan yang dipasang bisa bergoyang, sehingga anak-anak senang berlama-lama di sana. 

Untuk membuat satu unit odong-odong memang memerlukan biaya yang cukup besar. Namun melihat ketertarikan anak-anak yang besar terhadap mainan yang satu ini, sepertinya Sedulur layak menjadikannya sebuah opsi. Lagi pula, perawatan sebuah odong-odong juga tidak begitu sulit.

Jika tidak mampu membeli odong-odong, Sedulur bisa mencoba menyewa saja. Saat ini, ada jasa sewa odong-odong untuk dikontrakan kembali. Namun risikonya, keuntungan yang didapat saat menarik odong-odong nanti akan terpotong untuk membayar sewa.

Di sini lah Sedulur harus pintar memisahkan untung dengan uang untuk membayar sewa. Dalam berbisnis, hal penting yang perlu dilakukan yaitu pemisahan uang pribadi dan keuntungan yang didapatkan. Jangan sampai tercampur.

Karena keuangan yang tercampur akan sangat sulit dalam pembukuan dan penghitungan keuangan pribadi.

4. Jual boneka

usaha mainan anak pasar malam
iStock

Salah satu barang yang diburu anak-anak, terutama anak-anak perempuan saat pergi ke pasar malam adalah boneka. Para orang tua juga tahu bahwa boneka-boneka yang tersedia di pasar malam memiliki harga yang cenderung terjangkau. 

Ada satu yang tidak boleh Sedulur lewatkan pada momen ini. Sediakanlah boneka yang bisa dimainkan oleh berbagai gender dan usia. Boneka menggemaskan dan cantik untuk anak perempuan dan boneka dari tokoh kartun untuk anak laki-laki. Carilah beberapa distributor boneka dan temukan yang mempunyai harga terjangkau namun tetap berkualitas.

5. Jual mobil-mobilan

usaha mainan anak pasar malam
iStock

Seperti halnya boneka, menjual mobil-mobilan juga menjadi usaha mainan anak pasar malam yang menggiurkan. Tak perlu mobil-mobilan yang mahal, anak-anak selalu tertarik dengan mainan meski badan mobil nampak terbuat dari plastik. Dengan mainan yang murah, mereka juga cenderung akan membeli lebih banyak.

Sedulur bisa mencoba mencari produsen atau distributor mainan mobil-mobilan berbahan plastik. Mainan dengan bahan tersebut biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding material lainnya. Apalagi jika kita memesannya dengan jumlah yang banyak.

Banyak anak-anak yang berminat datang ke lapak penjual mobil-mobilan. Tak hanya dengan orang tua mereka, namun juga saat mereka datang bersama teman-temannya. Orang tua mereka juga tahu bahwa harga mainan di pasar malam tidak akan semahal itu, sehingga mereka memiliki kemungkinan lebih besar untuk membeli barang yang anak mereka mau.

6. Kolam pemancingan ikan

iStock

Salah satu usaha mainan anak pasar malam yang cukup menjanjikan adalah kolam pemancingan ikan. Biasanya, kita melihat anak-anak berkerudung di lapak pemancingan ikan mini ini. Harga sewanya pun terbilang murah. Hanya dengan membayar Rp 2.000 sampai dengan RP 5.000, anak-anak bisa bebas memancing ikan di kolam.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat penyewaan ini adalah papan dan kayu yang sudah didesain berbentuk kolam, plastik sebesar kolam untuk menampung air, air secukupnya, peralatan pancing, ikan mainan (bermagnet), beberapa ember kecil, dan beberapa bangku kecil.

Orang tua juga umumnya akan senang dengan ini karena permainan ini melatih konsentrasi dan kesabaran sang anak. Memancing ikan mainan di kolam yang airnya berputar-putar memiliki tantangan tersendiri.

Biasanya, penjual akan memberikan hadiah kepada anak yang paling banyak mendapatkan ikan. Modal usaha untuk membuka pemancingan mini ini terbilang kecil. Dengan modal yang sedikit, Sedulur bisa menggaet anak-anak untuk beramai-ramai datang ke lapak pemancingan Sedulur.  

BACA JUGA: 12 Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba Saat Bulan Puasa

7. Seser figure

iStock

Di samping pemancingan ikan, ada lagi usaha mainan anak pasar malam yang sering dikerubungi anak-anak. Ialah seser ikan, mainan yang lebih menantang daripada pemancingan ikan magnet yang dibahas sebelumnya.

Anak-anak akan disediakan sebuah kolam buatan yang diisi ikan kecil yang masih hidup dan di tangkap dengan seser. Ikan-ikan asli tersebut akan berenang dengan lincah sehingga lebih menantang daripada pancingan ikan.

Jika Sedulur pernah melihat kartun-kartun di Jepang saat di pasar malam, ada anak-anak yang menyaring ikan menggunakan penyaring kertas? Seser figure kurang lebih merupakan permainan seperti itu. Salah satu permainan anak yang menarik saat pasar malam.

Bisnis Makanan di Pasar Malam

Pexels

Tak hanya usaha mainan saja yang bisa Sedulur lakukan di pasar malam. Beberapa bisnis makanan atau cemilan ringan juga memiliki potensi besar untuk memberikan keuntungan lho. Sedulur bisa mencoba beberapa referensi usaha makanan seperti berikut ini!

1. Bungeoppang

Taste Atlas

Salah satu jajanan khas Korea yang banyak diminati di Indonesia adalah bungeoppang. Makanan ini memiliki bentuk yang unik menyerupai ikan. Namun, didalamnya terdapat isian pasta kacang merah yang manis. Untuk membuat jajan satu ini, Sedulur bisa melakukannya dengan mudah apalagi semua bahannya bisa ditemukan di Aplikasi Super.

Bahan:

  • 200 g tepung terigu serba guna
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking soda
  • 2 butir telur
  • 300 ml air
  • 2 sdm minyak goreng

Isi:

  • 300 g kacang merah/azuki bean, rebus hingga lunak, haluskan
  • 100 g gula pasir
  • ½ sdt vanilla ekstrak
  • ½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Isi: Masukkan kacang merah ke dalam panci. Tambahkan gula pasir, vanilla ekstrak, dan garam. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga gula larut. Angkat, sisihkan.
  2. Dalam wadah, campur rata tepung, gula pasir, garam, dan baking soda. Tambahkan telur dan air, aduk rata dengan whisk. Saring adonan. Sisihkan.
  3. Panaskan cetakan bentuk ikan, olesi sedikit minyak.
  4. Tuang bagian badan ikan dengan adonan. Masak hingga setengah matang.
  5. Tambahkan 1 sdm isi. Siram kembali dengan adonan hingga menutupi cetakan, tutup.
  6. Masak selama 3 menit, balikkan masak sisi satunya selama 3 menit.
  7. Buka cetakan, angkat. Sajikan hangat.

2. Churros

Victoria Table

Popularitas churros ternyata semakin diterima oleh masyarakat, makanan ini mulai bisa ditemukan di pinggir jalan hingga perayaan pasar malam. Kue ini juga mudah dibuat, berikut ini langkahnya.

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 100 gram margarin
  • 150 gram tepung terigu
  • 200 ml air
  • Sejumput garam
  • 1 sdm gula pasir
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Masukan air, mentega, gula, dan garam ke dalam panci, masak sampai mendidih.
  2. Masukan tepung ke dalam cairan mentega, aduk cepat sampai setengah kalis.
  3. Masak lagi adonan dengan api kecil sampai kalis seutuhnya. Setelah selesai, tunggu sampai agak hangat.
  4. Masukkan telur secara bertahap, aduk menggunakan whisk sampai adonan licin.
  5. Tuang adonan ke dalam plastik segitiga, gunting ujung plastiknya.
  6. Masukkan spluit ke dalam ujung plastik, keluarkan adonan ke dalam minyak goreng yang sudah panas.
  7. Goreng sampai kuning kecoklatan, taburi dengan gula halus.

Bahan-bahan untuk membuat churros juga bisa Sedulur temukan dengan mudah di Aplikasi Super. Agar persediaan stok bahan membuat roti juga tidak mudah habis, Sedulur bisa kulakan mudah menggunakan Aplikasi Super. Setiap transaksi akan mendapatkan layanan pengantaran gratis ongkir yang akurat dan diantar sampai rumah. Jadi Sedulur tidak perlu repot deh, menarik sekali kan. Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang ya!

Sedulur, demikian usaha mainan anak pasar malam yang bisa Sedulur pertimbangkan. Permainan-permainan di atas terbukti selalu menarik perhatian anak-anak ketika datang ke pasar malam. Semoga ide di atas bisa mempermudah Sedulur melancarkan usaha sampingan melalui event pasar malam.