bisnis bulan puasa

Menjelang bulan puasa biasanya bermunculan berbagai jenis bisnis baru. Nah peluang ini dapat Sedulur manfaatkan juga untuk memulai bisnis bulan puasa, seperti berjualan takjil hingga jasa penukaran uang. Peluang bisnis bulan puasa biasanya cukup meningkat dan tidak membutuhkan modal yang besar. 

Apakah Sedulur juga tertarik membua bisnis bulan puasa namun masih bingung? Berikut rekomendasi bisnis bulan puasa yang dijamin akan laris yang dapat Sedulur jadikan pilihan.

BACA JUGA : 20 Ide Nama Usaha Makanan Unik dan Anti Mainstream

1. Jualan takjil

Tribun

Bisnis bulan puasa yang pertama adalah berjualan takjil.. Seperti yang diketahui, selama bulan Ramadhan akan ada banyak orang yang berburu takjil untuk berbuka puasa. Takjil merupakan salah satu usaha di bulan puasa yang cukup laris dan banyak diminati. Hal ini terbukti sebanyak apapun orang berjualan takjil di sepanjang jalan tetap saja semua tempat tersebut mendapatkan banyak hasil dari jualannya tersebut. Jadi usaha berjualan takjil ini menjadi salah satu peluang bisnis bulan puasa yang cukup menguntungkan dan wajib Sedulur coba. 

-->

2. Jualan lauk pauk atau katering

iStock

Usaha berikutnya yang cukup menguntungkan selama bulan puasa adalah membuka katering atau berjualan lauk pauk.
Setelah berbuka puasa, semua yang berpuasa akan menyantap hidangan utama. Katering di sini artinya adalah makanan utama seperti lauk pauk, baik untuk berbuka puasa maupun  untuk sahur.

Terdapat beberapa tempat yang memang kadang membutuhkan persiapan makanan katering, seperti salah satunya kantor atau pabrik yang memiliki banyak karyawan. Tidak heran jika semua tempat-tempat makan atau resto tidak pernah sepi pada saat bulan puasa. Ini menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat Sedulur manfaatkan. 

3. Jualan minuman dingin

bisnis bulan puasa
iStock

Tak hanya takjil, minuman dingin pun sudah bisa dimanfaatkan menjadi barang dagangan yang laris di bulan puasa. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Biasanya selama Ramadhan banyak orang yang memang sangat membutuhkan minuman manis dan segar setelah berpuasa terutama untuk minuman yang dingin, terlebih jika cuaca pad siang hari yang begitu terik. 

Jika seseorang tidak sempat membeli takjil ketika akan berbuka puasa, maka dengan membeli minuman pelepas dahaga sudah cukup untuk berbuka puasa. Minuman dingin tersebut pun dapat dengan mudah didapatkan di mana saja, terutama pada bulan Ramadhan. Biasanya para penjual menjajakan minuman dingin di sepanjang jalan. Apakah Sedulur tertarik dengan bisis bulan puasa ini?

4. Jualan peralatan ibadah

Liputan6

Menjual perlengkapan ibadah juga menjadi salah satu ide usaha bulan puasa yang cukup menguntungkan. Sedulur dapat menjual perlengkapan ibadah meliputi mukena, sarung dan sajadah hingga peci. Sedulur juga dapat memanfaatkan media sosial untuk berjualan secara online agar semakin laris.  Semua peralatan tersebut akan digunakan pada saat salat tarawih di masjid setiap malamnya selama bulan puasa. 

5. Jualan kue kering

iStock

Berjualan kue kering lebaran menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Bagaimana tidak, di setiap rumah pasti akan ada kue kering saat lebaran tiba. Sebenarnya bisnis ini selalu ada di semua hari raya, selain lebaran atau Idul Fitri juga Natal. Variasi kue kering pun sudah beraneka ragam, tergantung selera masing-masing. Namun biasanya jenis yang paling umum dan selalu ada adalah kue nastar ataupun putri salju.

6. Jualan busana Muslim

Jurnal.id

Ide jualan bulan puasa yang menguntungkan selanjutnya adalah berjualan busana Muslim. Salah satu alasan mengapa usaha ini cukup menguntungkan meski berjualan busana Muslim sudah cukup banyak adalah karena sekarang ini sudah banyak wanita muslimah yang mengenakan hijab. Jadi, Sedulur tidak perlu khawati dagangan tidak laris ya!

Pada saat ini, banyak juga orang yang belum berhijab pun membeli busana muslim, untuk bisa mengikuti jalannya bulan Ramadhan dan terutama saat berlebaran bersama keluarga.

7. Jualan parsel

iStock

Berjualan parsel juga termasuk ide jualan bulan puasa 2023 yang cukup laris dan cukup emnguntungkan terutama pada saat menjelang menyambut hari raya. Untuk beberapa kalangan seperti perusahaan sering membutuhkan parsel sebagai sebuah penghormatan di momen spesial tersebut terhadap para koleganya dan juga terhadap para karyawannya.

Parsel pun bisa divariasikan dengan berbagai macam isi, salah satunya kue kering lebaran serta makanan lainnya ataupun buah. Bahkan, Sedulur juga dapat mengisinya dengan peralatan ibadah atau barang lainnya selain makanan.

8. Jualan kurma

iStock

Buah kurma yang berasal dari Arab Saudi cukup berkaitan dengan momen spesial bulan puasa dan hari raya lebaran. Hal ini karena biasanya sebagian orang berbuka puasa dengan memakan kurma. Berbuka dengan kurma memang menjadi salah satu sunnah Rasulullah saw ketika berbuka puasa. Maka dari itu, bisnis kurma cukup menjanjikan untuk dicoba sebagai ide kreatif di bulan puasa.

BACA JUGA : 22 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2023, Dijamin Laris Manis!

9. Jualan ketupat

iStock

Berjualan ketupat juga menjadi ide bisnis bulan puasa yang dapat Sedulur coba. Biasanya banyak orang yang tidak suka ribet dan lebih memilih untuk membeli ketipat daripada membuatnya sendiri di rumah. Peluang ini dapat Sedulur manfaatkan, terlebih jika menjelang lebaran, ketupat menjadi makanan yang akan selalu ada di setiap rumah. 

10. Jualan pulsa

Qwords

Ide jualan bulan puasa yang selanjutnya adalah berjualan pulsa. Bisnis ini mungkin tidak terpikirkan, tapi termasuk dagangan yang laris di bulan puasa. Meskipun keuntungannya tidak seberapa tapi jika banyak yang membutuhkan juga akan terasa besar.

Bisnis pulsa sangat dibutuhkan sebab banyak orang yang berjauhan dari keluarganya. Di bulan puasa dan menjelang lebaran keluarga yang terpisah sangat ingin berhubungan atau kontak secara visual jarak jauh dan membutuhkan pulsa untuk melakukan hal tersebut. Jadi berjualan pulsa menjadi ide bisnis yang cukup laris di bulan puasa yang dapat Sedulur voba. 

11. Berjualan daging potong

Liputan6

Pada dasarnya, berjualan daging potong bisa dilakukan pada kapan saja. Akan tetapi, penjualan daging potong dapat meningkat drastis selama bulan puasa dan juga menjelang lebaran. Biasanya daging sapi dan ayam yang selalu dicari dengan harga yang selalu tinggi.

Beberapa makanan yang menggunakan daging saat bulan puasa dan lebaran antara lain opor ayam, rendang, gulai dan juga soto. Jika Sedulur ingin menjual daging potong, bisa melalui frozen food yang kemudian dijual melalui media sosial. Untuk caranya sendiri bisa melalui reseller atau dropshipper.

12. Berjualan oleh-oleh khas daerah

iStock

Pada saat bulan puasa dan lebaran tiba, maka ada salah satu tradisi yang sering dilakukan, yakni mudik ke kampung halaman. Khususnya pada orang yang merantau, tentunya sangat ingin bertemu dan berkumpul dengan keluarga di kampung dan membawa oleh-oleh khas daerah tempat mereka merantau. Nah, ini dapat Sedulur manfaatkan untuk membuka bisnis makanan khas daerah ketika bulan puasa.

Tidak jauh berbeda dengan poin-poin sebelumnya, permintaan oleh-oleh khas daerah sangat tinggi ketika memasuki bulan puasa hingga lebaran. Umumnya jenis oleh-oleh khas daerah antara lain makanan ringan, asinan, kue basah dan kue kering. 

13. Jasa penukaran uang

bisnis bulan puasa
Telisik

Dapat dikatakan jasa penukaran uang memiliki waktu yang sebentar, yakni menjelang lebaran. Meskipun hanya sebentar, peluang usaha ini dapat Sedulur manfaatkan lho. Sebab, keuntungan yang didapatkan dalam jasa penukaran uang ini tidak main-main. Ditambah lagi, tradisi memberikan uang baru sering dilakukan ketika pulang kampung. Hal itu yang membuat usaha ini tetap ada menjelang lebaran. Untuk jenis uang baru yang ditukar yaitu mulai dari Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, hingga Rp100.000. 

14. Produk kecantikan

iStock

Banyak orang yang tentunya ingin tapil cantik ketika hari raya lebaran. Tidak hanya tampil cantik dalam berbusana, banyak orang juga ingin berpenampilan lebih maksimal pada Hari Raya. Karena itu, usaha produk kecantikan umumnya akan semakin laris manis saat Ramadan. Coba pertimbangkan untuk menjadi reseller makeup atau skincare yang umum seperti lipstik, eyeshadow, atau sheet mask untuk skincare. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

15. Rental mobil

iStock

Ketika hari lebaran tiba, banyak orang yang merayakannya dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun, faktanya tidak semua orang memiliki mobil pribadi untuk mudik. Sedangkan untuk naik transportasi umum pasti cukup padat dan berdesakan. 

Nah, mereka biasanya lebih memilih untuk menyewa mobil untuk mudik. Jika Sedulur ingin menjalankan usaha rental mobil, pastikan melakukan hal-hal berikut ya!

  • Membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak
  • Memberlakukan penahanan KTP selama masa penyewaan
  • Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa
  • Memasangkan alat pelacak GPS pada mobil

BACA JUGA : 21 Kerja Sampingan Paling Menjanjikan, Tambah Penghasilanmu!

16. Cuci kendaraan

iStock

Tidak hanya rental mobil saja yang mempunyai pelung besar untuk menjadi ide bisnis di bulan puasa , namun jasa pencucian kendaraan juga lho. Banyak orang mencari jasa cuci kendaraan jelang mudik dan meninggalkan kendaraannya di rumah. Jadi, saat ditinggal pergi, kendaraan sudah dalam keadaan bersih.

Sedulur tentu juga pasti tahu, jika kendaraan yang kotor  dapat merusak mesin-mesin di dalamnya.  Maka dari itu, salah satu peluang usaha di bulan puasa adalah membuka usaha cuci kendaraan.

17. Penitipan kendaraan

Tirto.id

Masih seputar kendaraan, bisnis bulan puasa yang dapat Sedulur coba yaitu jasa penitipan mobil. Usaha ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki lahan luas namun tidak terpakai. Biasanya, banyak orang yang khawatir untuk meninggalkan kendaraan pribadi mereka di rumah yang kosong saat mudik lebaran, maka dari itu usaha ini menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan lho. 

Tidak hanya di bulan puasa saja, di hari biasa tempat penitipan kendaraan juga banyak diperlukan. Apalagi dengan minimnya lahan parkir publik yang ada saat ini.

18. Penyaluran Asisten Rumah Tangga (ART)

bisnis bulan puasa
iStock

Banyak Asisten Rumah Tangga yang juga pulang kampung saat momen hari raya. Sedulur yang biasanya dibantu oleh ART di rumah, tentunya akan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan di rumah semuanya sendiri. Maka dari itu, banyak dari mereka yang mencari infal atau Asisten Rumah Tangga sementara untuk membantu selama bulan puasan. Nah, ini menjadi peluang usaha yang dapat Sedulur manfaatkan.

19. Laundry

bisnis bulan puasa
iStock

Dengan banyaknya Asisten Rumah Tangga yang pergi mudik, Sedulur yang biasanya mendapat bantuan untuk mengurusi urusan rumah biasanya akan merasa kesulitan, salah satunya untuk mencuci baju. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju mereka. Melakukan usaha laundry termasuk usaha dengan modal kecil dan siapapun bisa melakukan usaha ini.

20. Jasa custom amplop

Percetakan Dimensi

Uang Tunjangan Hari Raya (THR) rasanya kurang lengkap jika tidak dimasukkan ke dalam amplop. Agar lebih berkesan dan menarik, selain menjual amplop biasa, Sedulur juga bisa menawarkan amplop custom yang dapat disesuaikan dengan nama penerima THR. Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa membuat Amplop yang memungkinkan pemberi THR bisa menuliskan pesan personalnya pada amplop tersebut. Jadi, hal ini bisa jauh lebih menarik dan berkesan.

21. Masker edisi lebaran

bisnis bulan puasa
lozindonesia

Meski masa pandemi sudah berakhir, namun pada nyatanya masih banyak orang yang menggunakan masker. Sedulur dapat  menjadikan produk masker menjadi salah satu peluang usaha di bulan puasa nantinya.  Agar lebih unik dan beda, Sedulur juga bisa membuat masker mulut yang dapat dipasangkan dengan baju muslim untuk Hari Raya Lebaran.

22. Jasa jahit

bisnis bulan puasa
iStock

Sebagian orang lebih memilih untuk menjahit baju lebaran daripada membelinya. Di bulan puasa dan menjelang hari raya tidak hanya satu atau dua orang saja yang akan berpikiran seperti ini. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya dibutuhkan jasa tukang jahit yang tidak sedikit pula. Bagi Sedulur yang mempunyai keterampilan jahit, tidak ada salahnya untuk menyalurkannya menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan.

23. Toples kue

bisnis bulan puasa
iStock

Usaha ini memang cukup sepele. Namun di tengah banyaknya permintaan kue lebaran terutama kue kering, sudah pasti banyak juga yang membutuhkan wadah untuk menampungnya.  Jika tidak ingin repot, Sedulur dapat mencari supplier toples yang bisa didapatkan dengan mudah secara online. Di tengah tingginya kebutuhan, toples dari ukuran paling kecil hingga paling besar. Dengan desain yang biasa saja hingga yang paling unik sudah barang tentu akan menjadi ide jualan bulan puasa yang laku di pasaran.

BACA JUGA : 20 Ide Jualan Makanan Kekinian Yang Bikin Cuan Mengalir Deras!

Tips dagangan laris saat bulan Ramadhan

bisnis bulan puasa
Kompas

Berikut beberapa tips agar dagangan laris saat bulam puasa. 

1. Cari tahu produk yang sedang laris di bulan puasa

Tips yang pertama agar dagangan laris adalah Sedulur harus melalukan riset terlebih dahulu barang apa saja yang antinya akan laris dijual saat bulan puasa. Sperti yang sudah disebutkan di atas, selain makanan, Sedulur juga dapat membuka bisnis lain seperti berjualan pulasa, peralatan ibadah hingga jasa rental mobil. 

2. Percantik produk untuk memikat pembeli

Meski hanya berjualan makanan, seperti takjil maupun katering, pastikan Sedulur membungkusnya semenarik mungkin agar pembeli semakin terpikat. Nah, untuk usaha pakaian maupun perlengkapan ibadah, pastikan juga Sedulur menjual barang yang berkualitas namun harganya masih ramah di kantong ya! Sedulu juga dapat membungkusnya dengan plastik yang terdapat label nama toko. ahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.

3. Manfaatkan media sosial

Di zaman yang semaikin canggih seperti sekarang ini, Sedulur dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan dagangan yang Sedulur miliki. Cobalah gunakan Instagram, Facebook, Twitter, atau WhatsApp untuk menjual produk agar banyak orang yang semakin tahu sehingga barang dagangan Sedulur semakin laris. 

Namun, pastikan media sosial yang digunakan memiliki target pasar sesuai dengan bisnis Sedulur ya! Jika Sedulur mempunyai massa yang sesuai dengan target pemasaran, produk yang dipasarkan pun akan lebih mudah terjual. Cara jualan yang laris ini tak boleh kamu lewatkan!

 4. Prioritaskan kualitas dagangan 
 
Kualitas dagangan yang bagus akan membuat pembeli percaya. Selain itu juga dapat meningkatkan daya jual dan daya saing, sehingga Sedulur dapat menjualnya dengan harga di atas rata-rata asalkan masih harga yang sewajarnya.  Jika Sedulur menjual barang dengan harga yang sama dengan produk lainnya, dijamin penjualan akan semakin lebih cepat. 
 
Ini artinya Sedulur memiliki kesempatan menjual produk lebih banyak meski dengan keuntungan yang sama dengan pedagang lainnya. 
 
 
Demikianlah beberapa daftar ide bisnis bulan puasa yang dapat Sedulur coba. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial agar dagangan Sedulur semakin laris ya!
 
Nah, biasanya menjelang bulang puasa harga semabko akan mengalami keaikan. Sedulur dapat mensiasatinya dengan berbelnja berbagai kebutuhan rumah tangga di Aplikasi Super. Produknya lengkap, berkualitas dan harganya lebih terjangkau dibanding pasaran. 
 
Yuk langsung penuhi kebutuhan bulan puasa Sedulur di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak promo menarik dan gartis ongkir setiap hari lho.