membuat nota online

Pembuatan nota online biasanya dilakukan secara manual. Namun dengan bantuan teknologi digital yang sudah semakin canggih, Sedulur bisa membuat nota online menggunakan aplikasi dengan mudah. Aplikasinya pun bisa didapatkan secara gratis di ponsel maupun laptopmu.

Agar Sedulur tidak bingung memilih rekomendasi aplikasi membuat nota online yang praktis dan muda. Kami akan memberikan daftar aplikasi terbaik untuk membuat nota online untuk usaha dan bisnis kecil. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 16+ Aplikasi Kasir Gratis Android Terbaik 2023 untuk Bisnismu

Fungsi Aplikasi Nota Online

perbedaan kpi dan okr
Pexels

Sebelum membahas tentang deretan aplikasi pembuat nota online, Sedulur harus mengetahui pentingnya fungsi dari penggunaan aplikasi nota online terlebih dahulu. Mulai dari pengusaha hingga konsumen, setiap pihak bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi ini.

  • Mencetak struk transaksi penjualan, biasanya digunakan juga sebagai kartu garansi barang. ketika terjadi masalah terhadap barang yang dijual, maka pihak konsumen bisa lebih mudah melakukan klaim garansi sesuai yang ditentukan.
  • Pembuat laporan kegiatan, konsumen membutuhkan nota untuk referensi barang yang telah dibeli yang kemudian digunakan untuk membuat laporan kegiatan sehari-hari.
  • Membantu pencatatan penjualan. Bagi pengusaha, aplikasi nota online berguna dalam melakukan pencatatan dan pemantauan penjualan menurut kategori barang yang dijual. Selain sebagai bukti transaksi, aplikasi ini juga akan memberikan informasi tentang penjualan barang atau jasa yang sudah terjual sehingga secara tidak langsung juga menampilkan informasi stok barang.
  • Pemusatan data lebih mudah, yang memudahknan proses pembukuan bisnis, serta meningkatkan kepercayaan konsumen kepada dikarenakan bisnis Sedulur menyediakan data yang jelas dan akurat.

BACA JUGA: 6 Aplikasi untuk Membuat Struktur Organisasi

Manfaat Aplikasi Nota Online

Live Tiles

Selain fungsi di atas, tentu Sedulur terbayang apa saja manfaat dengan menggunakan aplikasi ini. Berikut ini beberapa manfaat nota online yang bisa Sedulur rasakan saat menjalankan bisnis atau usaha.

1. Otomatis dan terjadwal

Manfaat pertama yang bisa Sedulur dapatkan bila memanfaatkan aplikasi nota dalam membuat nota toko secara online adalah Sedulur dapat dengan mudah membuat nota secara berulang. Nota-nota akan transaksi berulang dapat dibuat secara otomatis dan terjadwal sehingga mengefisiensikan pekerjaan Sedulur.

2. Monitor saldo pelanggan

Utang dan Piutang merupakan unsur yang pasti ada dalam transaksi sebuah bisnis. Oleh karena itu, fungsi nota yang berperan sebagai bukti transaksi menjadi penting untuk tetap bisa memaksimalkan proses jual beli.

3. Perhitungan pajak secara otomatis

Pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi setiap warga negara. Hal ini karena pajak memiliki banyak fungsi mulai dari fungsi anggaran hingga fungsi redistribusi pendapatan. Pada dunia bisnis sendiri, biasanya disebut dengan pajak usaha.

4. Retur penjualan dengan lebih mudah

Manfaat berikutnya yang bisa Sedulur dapatkan dengan membuat nota toko secara online menggunakan aplikasi nota adalah bila terdapat retur penjualan dalam transaksi jual beli Sedulur, maka dapat dilakukan dan dilacak dengan mudah.

5. Melakukan duplikasi nota

Aplikasi nota toko dapat menghindari Sedulur melakukan pekerjaan berulang dalam membuat nota. Hal ini karena nota yang dibuat pada aplikasi nota bersifat online dan tetap dapat disimpan dalam bentuk softcopy maka Sedulur dapat melakukan duplikasi nota dengan lebih mudah, khususnya nota pada transaksi terakhir.

BACA JUGA: Ini Cara Daftar Aplikasi Super. Kulakan Mudah, Cuan Makin Melimpah

Rekomendasi Aplikasi Nota Online

The Balance

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi nota online yang mudah digunakan.

1. InvoiceBerry

InvoiceBerry adalah aplikasi nota yang dapat merekam seluruh kegiatan usaha kecil menengah dan para freelancer. Semua aktivitas akan terlihat dalam satu aplikasi termasuk siapa saja konsumen yang sudah melakukan transaksi pembayaran.

Sedangkan untuk konsumen yang belum membayar secara otomatis, akan tertandai di notifikasi sebagai pengingat secara berkala. Fitur yang ada di InvoiceBerry termasuk pembuatan, pengeditan, dan pengiriman struk dari satu panel.

Selain itu, aplikasi ini dapat melampirkan pelaporan list konsumen pada periode tertentu dan laporan pengeluaran usaha yang akan menunjukkan biaya yang dibelanjakan paling banyak serta mendukung pembayaran online seperti PayPal, WePay, Stripe, dan Square.

2. Invoicera

Dengan Invoicera bisnis Sedulur akan terbantu dalam pembuatan faktur yang terlihat lebih profesional. Aplikasi invoice dapat membuat faktur secara otomatis dan terus-menerus yang mana juga menyediakan fitur keamanan tiga lapis dan pelaporan analisis yang mumpuni.

Fitur yang ditawarkan dalam Invoicera yaitu bisa mengatur template faktur bisnis sesuai kebutuhan transaksi serta dapat menghitung diskon dan kredit dalam penjualan barang atau jasa. Harga untuk memakai Invoicera mulai dari $15 per agen/bulan dengan cakupan 100 konsumen dan terdapat fitur menarik lainnya.

3. Paper.id

Paper.id merupakan software nota online yang dapat melakukan pencetakan faktur atau pembuatan invoice online. Pencatatan laporan keuangan juga tersedia sehingga membantu dalam hal pengelolaan bisnis Sedulur.

Aplikasi ini cukup populer karena dianggap lebih praktis dan mudah digunakan oleh orang awam sekaligus. Berbagai fitur menarik ditawarkan dalam Paper.id yaitu dapat mengirimkan invoice dalam waktu kurang dari satu menit.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki metode pembayaran digital sendiri, serta pembayaran via transfer antar bank. Paper.id juga didesain untuk selalu mengingatkan Sedulur agar mendapatkan pembayaran lebih cepat dalam fitur invoice reminder serta secara otomatis mengirimkan billing tagihan secara berulang melalui e-mail. Harga yang ditawarkan mulai dari $41 per 6 bulan.

4. Invoice Maker

Invoice Maker merupakan aplikasi nota online gratis yang dapat membantu seluruh proses pencatatan tagihan serta penerimaan dana dengan sangat cepat sehingga Sedulur tidak akan kerepotan menulis dengan pena di notepad atau kertas.

Sedulur dapat memakai template pada bisnis Sedulur sendiri dan menambahkan logo bisnis pada aplikasi ini. Fitur-fitur yang ada di Invoice Maker dapat membantu Sedulur dalam pembuatan nota pembelian, penjualan penawaran, penjualan barang atau jasa, hingga penghitungan diskon.

Aplikasi Invoice Maker bisa di-download secara gratis, namun untuk fitur tambahan lainnya terdapat penwaran dengan harga mula dari $1 hingga $51 per item.

5. iReap Invoice

iReap Invoice adalah aplikasi unggulan yang memberikan kemudahan dalam pembuatan faktur penjualan. Dengan tampilan profesional dan kemampuan untuk mengirim faktur secara langsung melalui email dan Messenger kepada pelanggan.

iReap Invoice menjadi solusi terbaik untuk mengelola aspek penting dalam bisnis. Keunggulan dari penggunaan iReap Invoice terletak pada berbagai manfaat yang ditawarkannya.

6. Invoicera

Invoicera merupakan aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan faktur penjualan. Dengan pendekatan yang user-friendly, aplikasi ini sangat sesuai untuk berbagai jenis bisnis, dari yang besar hingga kecil.

Kemudahan ini terlihat dari fleksibilitas akses yang diberikan oleh aplikasi ini, memungkinkan pengguna untuk membuat faktur penjualan kapan saja dan di mana saja, tanpa adanya batasan fisik. Salah satu fitur unggulan dari Invoicera adalah kemampuan untuk membuat faktur penjualan bahkan ketika Sedulur tidak berada di lokasi usaha.

 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi membuat nota online beserta dengan fungsi dan manfaatnya. Semoga penjelasan di atas bisa semakin memudahkan Sedulur dalam memilih aplikasi sehingga Sedulur bisa merasakan manfaatnya.