aplikasi kasir android gratis

Bagi kamu yang memiliki bisnis, saat ini sangat terbantu dengan adanya aplikasi kasir. Dengan menggunakan software Point of Sales (POS) ini memungkinkan kamu lebih fleksibel dalam melakukan penghitungan kas atau pemasukan dan pengeluaran keuangan bisnis. Pasalnya, banyak aplikasi kasir gratis Android yang memberikan fitur dalam penghitungan otomatis dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang membutuhkan referensi aplikasi kasir gratis Android dan sedikit tips UMKM agar lebih maju, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasinya. Yuk, simak ulasannya sampai selesai di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Software Kasir Terbaik untuk Bisnismu

1. Aplikasi Mesin Kasir

aplikasi kasir gratis android
Unsplash

Aplikasi ini berbasis Android yang memiliki kualitas bagus. Mesin Kasir cocok untuk kamu yang membutuhkan aplikasi kasir gratis Android untuk toko atau bisnis kamu. Tampilan dari aplikasi ini sederhana. Jadi mudah dijalankan oleh siapa saja. Fitur yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi kasir lainnya.

Selain itu online, aplikasi Mesin Kasir bisa kamu gunakan meskipun tidak ada jaringan internet. Jadi cocok sekali untuk pengusaha yang berada di lokasi minim jaringan seluler atau daerah pelosok. Secara gak langsung kamu juga bisa lebih hemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli paket data atau membayar tagihan Wi-Fi.

2. Aplikasi Kasir Pintar

Rekomendasi aplikasi kasir selanjutnya adalah Kasir Pintar. Aplikasi POS ini tersedia Android dan iOS. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi ini memiliki versi gratis dan berbayar atau yang full version. Untuk versi gratis, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini sudah cukup lengkap untuk toko, yakni harga barang, pencatatan stok barang, pembuatan laporan, dan scan barcode produk.

Tak hanya itu saja, versi gratisnya juga menawarkan fitur backup otomatis. Jadi kamu tidak usah khawatir akan kehilangan data. Kamu juga bisa bisa mengetahui berapa laba rugi dan omzet penjualan melalui aplikasi ini. Kemudian versi berbayarnya, kamu akan mendapatkan fitur lebih lengkap yang membantu kamu dalam menjalankan bisnis.

3. Aplikasi Square Point of Sale

Forbes

Square Point of Sale menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan aplikasi kasir yang mudah digunakan. Dengan software aplikasi ini, membantu kamu melakukan pembayaran melalui perangkat Android atau iOS di mana pun secara online. Sistem kasir ini juga dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit.

Fungsi lain yang ditawarkan meliputi pengelolaan barang, penjualan realtime, dan pelacakan stok barang. Aplikasi Square Point of Sale memberikan transaksi yang lebih cepat dalam menghasilkan laporan penjualan, mengelola stok barang di gudang, dan menyimpan penerimaan digital.

Selain itu, aplikasi kasir ini juga menawarkan laporan cerdas, analisis bagi pengguna, dan wawasan tentang operasi mereka serta mampu membuat keputusan bisnis toko atau yang lain.

4. Aplikasi Olsera POS

Aplikasi kasir Android dan iOS yang satu ini menawarkan fitur yang lengkap dan bisa terintegrasi secara online. Dengan fitur yang ditawarkannya, kamu bisa memenuhi segala macam kebutuhan transaksi pencatatan penjualan bisnis kamu. Hal ini karena Olsera POS memiliki sistem aplikasi berbasis Cloud dan handal.

Dengan sistem Cloud ini, kamu juga bisa mengontrol dan mengakses bisnis kapan pun dan di mana pun. Kamu juga bisa menggunakannya saat offline sekalipun. Meski diakses secara offline, aplikasi ini dapat melakukan update data secara otomatis ketika terhubung ke internet.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan aplikasi kasir ini, berkesempatan mencobanya secara gratis selama 14 hari atau memilih paket full version dengan harga terjangkau. Olsera memiliki tiga pilihan harga yang berbeda, tergantung pada pedagang ingin menjalankan toko online, toko fisik kelas UMKM, atau keduanya.

5. Aplikasi Kasir Jurnal Touch

Aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan dalam mengontrol bisnis dan lebih mudah mendapatkan banyak keuntungan. Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Jurnal Touch. Beberapa di antaranya seperti sinkronisasi data otomatis, proses transaksi di multi store, proses transaksi offline, dan kustomisasi struk dengan mudah.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur lain seperti laporan keuangan, kas & transaksi, akuntansi, perpajakan, biaya & anggaran, invoice, dan produk & inventory. Jurnal Touch tersedia dalam bentuk mobile app, sehingga memudahkan kamu mengatur dan mengontrol bisnis.

6. Aplikasi True POS

12 Aplikasi dan Software Kasir Terbaik untuk Bisnismu
Unsplash

Aplikasi ini memiliki dua versi bisa dipakai untuk bisnismu. Versi pertama gratis yang cocok digunakan oleh UMKM dan hanya dapat men-support 1 mesin kasir dengan jumlah transaksi yang kurang dari 100 setiap bulannya. Sedangkan versi kedua berbayar, yang bisa digunakan di semua skala bisnis hingga ritel enterprise dengan ketersediaan fitur yang lebih lengkap.

TruePOS memiliki sistem terintegrasi yang bisa diakses dari beberapa device di mesin kasir, PC, maupun mobile. Selain itu, aplikasi kasir ini juga bisa menyimpan penjualan saat offline. Jadi, sangat membantu kamu dalam menjalankan usaha.

7. Aplikasi Cashier & Stock IREAP POS LITE 

Rekomendasi aplikasi kasir Android selanjutnya yaitu IREAP POS LITE yang bisa kamu gunakan untuk toko sederhanamu. Aplikasi ini gratis dan bisa kamu dapatkan melalui Play Store. Fiturnya seperti pada umumnya, yaitu pengembalian barang jika terdapat retur, kategori barang, pencatatan barang, dan jumlah barang.

Aplikasi kasir gratis Android ini juga memiliki fitur manajemen stok yang berisi pengaturan untuk stok barang masuk dan keluar. Namun kekurangannya adalah tidak bisa online. Selain itu, kamu bisa melihat jumlah profit, audit stok, dan penjualan terbanyak serta laporan penjualan yang ada di bagian menu laporan.

8. Aplikasi Octopus Online

Aplikasi ini menawarkan program POS dengan fitur yang lengkap, mudah digunakan, dirancang khusus untuk bisnis ritel skala kecil dan menengah. Dengan menggunakan aplikasi Octopus, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti memudahan pembayaran transaksi toko atau usaha lain secara online dan efisien.

Sistem kasir ini bisa menerima pembayaran dari beberapa kartu kredit. Selain itu juga punya program pengelolaan inventaris, display produk yang mudah digunakan, dan laporan akurat tentang penjualan.

9. Aplikasi Moka POS

Moka POS menggunakan sistem berbasis Cloud, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki bisnis di berbagai tempat karena bisa mengontrolnya kapan pun dan di mana pun. Aplikasi kasir ini cocok sekali untuk bisnis di bidang barbershop, salon kecantikan, restoran, ritel, spa, toko pakaian, dan lainnya.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah Moka Back Office. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mengetahui semua transaksi penjualan yang dilakukan oleh kasir di cabang-cabang toko yang kamu miliki sekaligus secara langsung. Tapi kamu hanya bisa memakai aplikasi kasir Android dan iOS ini secara gratis dalam waktu 14 hari. Selanjutnya kamu harus menggunakan versi berbayar atau full version.

10. Aplikasi Omega POS

Aplikasi kasir Omega POS memiliki keunggulan dalam hal manajemen stok toko lewat online. Sistem aplikasi ini akan menganalisa karakter konsumen berdasarkan pesanan yang terjual. Selain itu juga bisa membantu kamu meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan analisis data.

Fitur yang ditawarkan seperti manajemen stok, sistem multi toko, manajemen pelanggan, sistem inventori, sampai eMember Card dan eVoucher. Tapi aplikasi ini hanya tersedia versi premium. Harga untuk berlangganan mulai dari Rp125.000,00 per bulan dengan paket lainnya termasuk bundling dengan hardware.

BACA JUGA: 6 Aplikasi untuk Membuat Struktur Organisasi

11. Aplikasi Qasir

kasir online
Pixabay

Aplikasi kasir gratis Android selanjutnya ada Qasir. Aplikasi ini memiliki sistem yang sederhana dan bisa digunakan untuk segala macam usaha. Tentunya juga akan memudahkan kamu dalam mengoperasikannya. Tapi meski begitu, fitur yang dimiliki Qasir juga bisa dibilang cukup lengkap.

Beberapa di antaranya seperti pencatatan transaksi, pencatatan transaksi kasbon yang lengkap dengan fitur pengingat waktu, pendataan outlet dan karyawan. Kemudian sudah memiliki sistem pembayaran digital (seperti Go-Pay, Ovo, dll), tersambung dengan printer, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

12. Aplikasi Pawoon: Kasir/POS Online

Aplikasi kasir ini berbasis Android dan iOS yang sederhana serta memiliki tampilan yang lebih modern dan pembayaran online. Karena interfacenya yang simpel, aplikasi ini mudah digunakan oleh siapa saja. salah satu keunggulannya adalah bisa melihat semua transaksi yang terjadi di seluruh cabang toko yang kamu miliki secara real-time. Pasalnya, Pawoon menggunakan sistem berbasis Cloud sehingga bisa digunakan secara offline maupun online. 

Untuk rincian harga Pawoon relatif sederhana. Jika bisnis kamu memiliki satu mesin POS di satu lokasi dan memproses kurang dari 300 transaksi per bulan, maka layanannya gratis untuk digunakan selamanya. Kemudian versi kedua memungkinkan jumlah lokasi tak terbatas, mesin POS tak terbatas, dan transaksi tak terbatas seharga Rp 199.000 per bulan.

13. Aplikasi EQUIP POS

Aplikasi kasir satu ini bisa membantu melayani usaha kecil dan menengah. EQUIP POS merupakan sistem kasir atau POS berbasis cloud dengan manajemen multi-lokasi. Kamu juga bisa memberikan akses ke staf yang berbeda tanpa biaya tambahan.

Penggunaannya juga sangat mudah dan membantu pedagang untuk menyinkronkan produk serta harganya di berbagai lokasi toko. Selain itu, alat manajemen pengembalian produk juga tersedia untuk mendukung proses pengembalian dana dan penukaran.

14. Aplikasi Cazh POS

Rekomendasi aplikasi gratis selanjutnya yaitu Cazh POS. Aplikasi ini punya tampilan yang sederhana untuk mempermudah para penggunanya. Jika kamu membeli versi profesional, kamu akan mendapatkan fitur yang lengkap.

Aplikasi ini cocok untuk berbagai macam UMKM, seperti laundry, toko kelontong, klinik kecantikan, salon, barbershop, kantin, pedagang kaki lima, restoran, café, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

15. Aplikasi ConnectPOS

ConnectPOS merupakan aplikasi kasir populer yang melayani kebutuhan lebih dari 2000 bisnis toko retail di seluruh dunia termasuk Indonesia. Aplikasi ini juga memiliki harganya yang terjangkau dengan imbalan fitur-fitur terbaik. Salah satu yang paling menonjol adalah mendukung pengalaman belanja omnichannel, sehingga dapat memungkinkan pelanggan untuk membeli secara online dan mengambil di toko.

Dengan menggunakan ConnectPOS, pengalaman berbelanja dapat terjadi dengan lancar di seluruh saluran offline dan online. Jadi, kamu bisa memasukkan aplikasi ini dalam daftar pilihan bisnis kamu.

16. Program Kasir Vend

aplikasi kasir gratis android
VOI

Vend menjadi salah satu aplikasi kasir yang dirancang untuk iPad dan digunakan oleh bisnis ritel untuk mengelola persediaan, penjualan, dan pelanggan toko dengan biaya terjangkau. Aplikasi ini sangat fleksibel, dapat disesuaikan untuk mendukung entri data dengan layar sentuh atau keyboard dan mouse.

Aplikasi ini bisa bekerja secara offline namun hanya dirancang untuk pengguna iPad. Bagi kamu yang ingin mencari program kasir sederhana versi gratis, Vend juga menyediakan fitur-fitur dasar dari aplikasi kasir Android yang terkoneksi online atau mencoba versi yang berbayar. Jadi tinggal kamu sesuaikan saja.

17. Aplikasi Pozool POS Point of Sale Free

Aplikasi yang satu ini mungkin cocok untuk kamu yang hendak membuka usaha restoran. Pasalnya Pozool POS sangat mudah dan ringan digunakan. Sistem atau tampilannya juga simpel, jadi memudahkan siapa yang untuk menggunakannya.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung sistem pembayaran menggunakan kartu kredit. Untuk mendapatkan fitur lengkapnya, kamu bisa membeli versi pronya. Jadi, kamu mempertimbangkan Pozool POS untuk mendukung bisnismu.

Itulah tadi beberapa pilihan aplikasi kasir gratis Android dan juga berbayar yang bisa menjadi referensi. Semoga artikel ini bisa memberikan rekomendasi untuk kamu ya.