tips usaha laundry karpet

Banyak orang yang menjadikan karpet menjadi salah satu dekorasi utama di rumah. Akan tetapi, tidak semua orang bisa mencuci dan menjaga kebersihannya. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis menarik bagi Sedulur untuk membuat bisnis laundry karpet yang mampu mendatangkan banyak menguntungkan.

Ya, Sedulur bisa coba melihat laundry karpet terdekat, mereka tidak pernah sepi kan? Kebutuhan cuci karpet yang tinggi itulah yang membuat bisnis ini mulai digeluti oleh banyak pebisnis. Jadi bagaimana, apa Sedulur mulai tertarik dengan bisnis pencucian karpet ini? Jika Sedulur tertarik, jangan terburu-buru. Langsung saja, simak beberapa penjelasan mengenai laundry karpet yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Tips Membangun Usaha Konter Pulsa Rumahan yang Sukses

Kelebihan laundry karpet

Tehran Times

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika bisnis yang satu ini kian menjamur di tengah masyarakat. Umumnya, usaha ini disandingkan dengan layanan cuci sofa. Pastinya hal itu dilakukan untuk mendapat tambahan penghasilan.

-->

Meskipun begitu, fokus pada layanan cuci karpet sendiri sebenarnya sudah cukup menguntungkan. Ini dapat Sedulur lihat dari berbagai kelebihan bisnis ini jika dibandingkan dengan jenis bisnis yang lain.

Salah satu kelebihan yang paling menonjol, yakni minim pesaing. Untuk saat ini, para perilaku bisnis kekinian banyak yang lebih fokus pada laundry pakaian. Jadi, Sedulur mempunyai peluang yang lebih besar untuk mencapai keberhasilan dalam pasar cuci karpet ini.

Selain itu, proses pengerjaan dalam usaha laundry karpet ini tampak lebih cepat. Hal ini bisa dilakukan dengan dukungan mesin pengering yang bagus. Terlebih lagi, ketika ada dukungan dari alam seperti sinar matahari, tentunya proses pengeringan karpet menjadi semakin lebih cepat.

Menariknya, keuntungan yang bisa didapatkan dari jasa ini sangat lumayan lho. Bayangkan saja, untuk pencucian satu buah karpet bisa dihargai sekitar 60 ribu. Bahkan bisa lebih mahal, tergantung dari berat dan lebar karpet tersebut.

Nah, semisal setiap harinya Sedulur hanya mencuci 1 buah saja. Maka dalam satu bulan sudah bisa mendapatkan keuntungan mencapai 1,8 juta rupiah. Bagaimana jika Sedulur mendapatkan puluhan pelanggan di tiap harinya? Tentu saja, omzet per bulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ya, memang tidak salah jika sebagian orang mulai melirik bisnis pencucian karpet ini.

Kekurangan laundry karpet

laundry karpet
globalkarpet

Semua jenis usaha itu pasti memiliki sisi kekurangan, termasuk juga dengan laundry karpet ini. Ya, karena peluang kesuksesannya yang sangat besar, membuat jenis usaha ini mulai banyak digeluti orang-orang. Jadi semakin hari, jumlah pesaing akan semakin banyak.

Maka dari itu, Sedulur harus benar-benar memperhatikan kualitas dari jasa yang disediakan. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan harga yang bersaing. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi, dan jangan pula mematok harga terlalu rendah yang bisa merusak harga pasar.

Untuk balik modal usaha laundry karpet ini juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Perlu untuk Sedulur ketahui, harga dari alat-alat yang diperlukan untuk membuka usaha ini cukup mahal. Belum lagi biaya rutin yang harus dikeluarkan, seperti air, detergen, bahan bakar, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, masalah lain yang akan Sedulur temui yakni seputar cuaca. Ketika cuaca terik, itu akan menjadi nilai plus karena karpet bisa lebih cepat kering. Namun saat musim penghujan tiba, tentu saja proses pengeringan akan lebih lama.

Bahkan jika karpet tidak kering dengan sempurna, bisa saja tumbuh jamur pada karpet tersebut. Untuk mengatasi masalah itu, mungkin Sedulur bisa menggunakan bantuan alat pengering khusus. Namun, tentunya Sedulur harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli alat tersebut.

BACA JUGA: Memulai Usaha Fried Chicken Menjanjikan, Cek Modal & Omsetnya!

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk laundry karpet

laundry karpet
harga

Usaha pencucian karpet ini memang cukup menjanjikan. Betapa tidak, prosesnya tidak terlalu rumit dan juga tidak memakan waktu yang lama. Namun untuk mendukung kecepatan proses pencucian tersebut, Sedulur membutuhkan perlengkapan pendukung seperti berikut ini.

1. Alat semprot karpet

Untuk memudahkan proses pencucian, Sedulur membutuhkan alat laundry karpet yang memadai. Salah satu yang wajib untuk disiapkan adalah alat penyemprot air, Seperti pompa untuk mengalirkan air.

Alat yang satu ini, memungkinkan karpet untuk bisa tercuci dengan sempurna. Bahkan, alat ini juga sangat efektif digunakan untuk membilas karpet pada proses terakhir. Hasilnya, karpet cucian akan jauh lebih bersih tanpa meninggalkan bekas seperti noda dari detergen.

2. Mesin polisher

Mesin laundry karpet atau polisher menjadi salah satu mesin andalan dalam bisnis pencucian. Jadi, fungsi utama dari mesin ini adalah membersihkan kotoran secara lebih detail. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan sikat, yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dalam karpet.

Saat mesin menyala, maka sikat akan berputar. Nah, Sedulur hanya perlu menggunakan putaran ini untuk mengeluarkan kotoran dan debu yang melekat pada karpet. Jadi, kondisi karpet bisa kembali seperti baru.

3. Vacuum cleaner khusus

Vacuum cleaner adalah mesin khusus yang digunakan pada kondisi karpet basah dan kering. Namun ada juga vacuum cleaner yang sudah dilengkapi dengan alat semprot air, jadi bisa digunakan sejak karpet mulai dicuci dengan air. Sedangkan untuk vacuum wet and dry ini, fungsinya lebih ke menghisap debu bersamaan dengan air. Dengan alat ini, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

4. Spinner

Spinner berfungsi untuk memeras karpet yang habis dicuci. Bahkan tingkat perasannya pun cukup tinggi, sehingga mendukung kekeringan mencapai 90%. Spinner ini akan mempercepat proses pengeringan. Bahkan, Sedulur hanya cukup mengangin-anginkan karpet agar warnanya tidak memudar.

5. Alas karpet

Alas ini dibuat dari karet khusus, dan diberi banyak lubang di tubuh alas. Alat ini digunakan dalam proses pencucian, untuk mendukung keluarnya air dari karpet. Adanya lubang tersebut, memungkinkan pembuangan air secara maksimal.

6. Detergen laundry karpet

Detergen adalah perlengkapan wajib dalam pencucian. Detergen ini akan membantu Sedulur dalam menghilangkan berbagai noda yang membandel. Sedulur bisa mengaplikasikannya sesuai dengan dosis. Beri dengan takaran yang tepat, maka pengangkatan noda bakal optimal.

Nah, Sedulur perlu menentukan beberapa jenis detergen yang disediakan. Hal ini karena ada banyak jenis detergen sesuai dengan tingkat keampuhannya terhadap berbagai noda. Dengan ini, maka Sedulur bisa mengerjakan proses pencucian dengan mudah dan hasilnya sempurna.

7. Parfum

Selain bersih, para pelanggan akan suka dengan karpet yang beraroma wangi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sedulur membutuhkan parfum laundry. Parfum ini dapat disemprotkan jika karpet sudah kering. Namun penyemprotannya juga tidak boleh berlebihan, agar tidak membuat karpet lembap dan berjamur.

Dijamin wangi karpet akan membuat para pelanggan merasa puas. Jika sudah puas, tentunya mereka akan tertarik untuk kembali menggunakan jasa Sedulur di lain kesempatan.

8. Plastik pembungkus

Setelah karpet kering, bersih, dan wangi, jangan lupa untuk menjaga kerapian dari hasil cucian tersebut. Lipatlah karpet dengan baik, kemudian masukkan ke dalam plastik pembungkus khusus. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kesterilan hasil cucian, dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Tips menjalankan usaha laundry karpet

laundry karpet
harga

Jika Sedulur ingin bisnis laundry karpet yang dijalankan sukses, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Di antaranya, adalah sebagai berikut.

1. Bekali pengetahuan cuci karpet

Jika tenaga cuci memiliki pengetahuan dasar yang tepat, tentu saja hasilnya akan lebih baik. Karpet itu terbuat dari beberapa jenis bahan. Artinya, suatu jenis karpet yang butuh perilaku khusus agar tidak rusak saat dicuci.

2. Pekerjakan tenaga cuci

Proses pencucian karpet ini melalui beberapa tahapan, dan menggunakan lebih dari satu mesin. Jadi, alangkah lebih baik jika tidak dilakukan sendirian. Sedulur memerlukan tenaga kerja untuk membantu pekerjaan tersebut. Dengan ini, maka proses pengerjaannya akan semakin cepat.

3. Mematok harga yang tepat

Selain kualitas, orang-orang juga menilai sebuah jasa dari harga yang ditawarkan. Nah, Sedulur bisa menyesuaikan harga laundry karpet dengan jasa laundry yang lain. Namun jangan terlalu murah, agar Sedulur tidak merugi di akhir.

4. Kenalkan usaha laundry ke pelanggan

Jika semuanya telah siap, Sedulur bisa mulai mengenalkan bisnis tersebut. Sedulur dapat melakukan promosi usaha, baik itu secara offline maupun online. Semakin sering promosi dilakukan, tentu saja peluang mendapat pelanggan akan semakin besar.

BACA JUGA: Peluang Usaha Toko Listrik, Ini Analisa Modal & Untungnya

Cara mematok harga laundry karpet

harga

Berbeda dengan bisnis laundry pakaian yang penentuan harganya dilakukan dengan menggunakan sistem ditimbang atau kiloan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam jenis laundry karpet ini.

1. Tingkat ketebalan

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis karpet yang digunakan masyarakat. Ada yang tebal, dan ada juga yang tipis. Nah, Sedulur bisa menentukan harga sesuai tingkat ketebalan karpet tersebut.

2. Ukuran karpet

Ukuran bisa menjadi patokan harga yang paling utama. Semakin luas karpet yang dicuci, maka semakin banyak pula air dan sabun yang dibutuhkan. Jadi biaya pencuciannya juga akan semakin mahal.

3. Tingkat kesulitan

Tidak semua jenis karpet itu mudah untuk dicuci. Ada beberapa jenis yang membutuhkan teknik khusus agar kotoran dan noda yang menempel bisa hilang.

Contoh pelaku sukses usaha laundry karpet

harga

Beberapa orang telah mencoba usaha ini, dan mereka berhasil meraih kesuksesannya. Salah satunya adalah Isnanul Yusro dengan brandnya yang bernama Karso. Ia membuka usaha cuci karpet dan sofa ini tahun 2014 silam.

Untuk saat ini, sudah ada 15 mitra yang bergabung dengannya baik itu di Jawa, Kalimantan, Sumatera, , Sulawesi, bahkan Papua. Dalam sebulan, Ia mampu meraih keuntungan puluhan sampai ratusan juta rupiah, lho. Hingga sekarang, Karso masih terus kebanjiran pesanan dari berbagai kota di Indonesia.

Itulah penjelasan singkat mengenai peluang usaha laundry karpet yang perlu untuk Sedulur ketahui. Setiap usaha itu pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tinggal bagaimana cara kita mengatasi kekurangan tersebut, dan memastikan usaha tetap berjalan dengan lancar.

Mungkin saat awal membuka usaha, rasanya cukup berat, terutama untuk mencari pelanggan. Namun jika Sedulur mampu memberikan kualitas terbaik dengan harga yang menarik, pasti jumlah pelanggan akan terus bertambah banyak.

Bila Sedulur mencoba mencari peluang bisnis dengan keuntungan yang lebih banyak. Cobalah menjadi Super Agen, dimana memiliki fleksibilitas jam kerja tetapi dengan potensi penghasilan yang besar!