es semangka india

Belakangan ini, es semangka khas India tengah viral di Indonesia. Sedulur bisa membuatnya sendiri dengan menyimak resepnya di bawah ini. Terutama saat bulan puasa kemarin, es ini menjadi semakin viral karena menjadi salah satu takjil yang menarik.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama resep es semangka India, mulai dari bahan yang dibutuhkan serta bagaimana cara dan langkah membuatnya. Yuk, mari simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 16 Minuman Penambah Darah Alami yang Efektif Atasi Anemia

Kenapa disebut es semangka India?

es semangka india
Fimela

Sebelum masuk ke pembahasan terkait resepnya, Sedulur mungkin bertanya kenapa disebut es semangka India? Apakah benar berasal dari India? Jawabannya ternyata es semangka ini bukan berasal dari India, namun dari negara tetangganya yaitu Pakistan.

India dan Pakistan memang merupakan negara tetangga dan dua negara tersebut berbagi sejarah serta memiliki nenek moyang yang sama. Lantas, kenapa hidangan ini tidak disebut es semangka Pakistan? Jawabnya sederhana, karena di Indonesia negara Pakistan belum dikenal secara luas tidak seperti India. Oleh karena itu, penggunaan nama India lebih menguntungkan.

Sebagai negara tropis, minuman satu ini juga sangat cocok untuk cuaca di Indonesia yang sering membuat gerah. Banyak sekali jenis minuman yang beredar di Indonesia, termasuk es semangka ini. Pada awalnya, minuman tersebut viral akibat unggahan di TikTok dan Instagram.

Semangka dipotong seukuran dadu, kemudian dicampur menggunakan sirop, susu, dan bahan-bahan lainnya ke dalam kuali besar, lalu diaduk. Setelah itu, barulah es semangka siap disajikan, langsung dari kualinya. Bagi yang ingin mencicipi, lokasinya ada di Kalibata, Jakarta Selatan. Pedagangnya juga menggunakan sarung tangan plastik untuk menjaga kebersihan. Dari videonya sangat menyegarkan untuk dicicipi oleh masyarakat Indonesia.

Bahan yang dibutuhkan

Fimela

Bagi yang ingin membuatnya sendiri di rumah, bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat resep es semangka susu dari India ini adalah sebagai berikut.

  • 200 gram semangka
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm sirop cocopandan
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya

BACA JUGA: 4 Resep Wedang Ronde Enak, Cocok Disantap Saat Hujan

Cara membuatnya

es semangka India
Lazada

Setelah bahan dalam resep es semangka India cup telah Sedulur kumpulkan, berikut ini langkah membuatnya.

  1. Rebus air secukupnya, sekitar 100 ml. Larutkan gula pasir dengan air mendidih, angkat dan dinginkan.
  2. Potong semangka kecil-kecil. Setelah itu, campurkan dengan gula cair, sirop, dan air secukupnya.
  3. Tuang ke dalam gelas yang telah diisi es batu. Es semangka siap disajikan.

Melihat cara membuat dalam resep es semangka India viral di atas sangat mudah untuk dibuat. Sedulur juga bisa bebas berkreasi dalam ukuran potongan semangka dan tambahan bahan lainnya.

Tips menyajikan

Radio Unimma

Nah, agar resep es semangka India untuk jualan bisa sukses dan disukai banyak orang, terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sajikan selagi dingin supaya rasanya makin mantap dan segar.
  • Pisahkan es batu dengan es semangka sehingga rasa manisnya tetap terjaga.
  • Sedulur bisa mengkreasikan es semangka dengan cara menambah bahan lainnya seperti susu, air perasan jeruk nipis, dan minuman probiotik.

BACA JUGA: 6 Aneka Minuman Segar untuk Usaha Kekinian ala Kafe

Cocok sebagai minuman menyegarkan

es semangka india
LPM Dinamika

Resep es semangka India di atas bisa menjadi menu yang menyegarkan bagi Sedulur. Ditambah kandungan serat yang tinggi dalam semangka bisa memberikan kesehatan untuk usus dan sistem pencernaan tubuh. Maka dari itu, selain sebagai minuman menyegarkan juga sebagai minuman menyehatkan. Cocok untuk minuman harian di rumah.

Nah, itulah resep es semangka India yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah, cocok sebagai pelepas dahaga dengan minuman yang sangat menyehatkan. Semoga resep di atas bisa menambah referensi minuman sehat dan menyegarkan untuk dibuat sendiri di rumah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!