Ide jualan bulan puasa

Ada banyak ide jualan bulan puasa modal kecil yang bisa Sedulur jalankan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Sedulur bisa memanfaatkan momentum untuk coba berbisnis.

Terdapat beberapa ide jualan bulan puasa modal kecil yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftarnya. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini. Barangjali ada ide bisnis yang bisa menginspirasi Sedulur!

BACA JUGA: 18 Ide Jualan Makanan Yang Laku Setiap Hari, Modalnya Kecil!

1. Gorengan

-->
ide jualan bulan puasa modal kecil
Detik

Rekomendasi ide jualan bulan puasa modal kecil yang pertama yaitu gorengan. Mulai dari bakwan, tempe goreng, pisangn goreng, tahu dan lain sebagainya merupakan camilan wajib yang harus ada di bulan puasa. Lebih nikmat jika disajikan dengan sambel. Berjualan gorengan tidak membutuhkan modal yang besar, makanya ide pertama ini sangat cocok bagi Sedulur untuk dicoba.

2. Kolak pisang

DetikFood

Bukan hanya gorengan, kolak pisan merupakan salah satu makanan yang wajib saat bulan puasa. Maka dari itu, Sedulur bisa menjadikan kolak pisan sebagai salah satu rekomendasi usaha di bulan puasa. Cara membuat yang mudah dan modal yang tidak besar cocok untuk Sedulur jalankan.

3. Aneka es buah

Endeus TV

Rekomendasi ide jualan bulan puasa selanjutnya yaitu aneka es buah. Kesegaran es dan khasiat dari buah yang terdapat di dalamnya dijamin dapat membuat tubuh tetap segar kendati pun seharian berpuasa. Selain itu, penampilan es buah yang menarik dijamin membuat konsumen sulit menolak untuk membeli es buah yang Sedulur tawarkan.

4. Es campur

Fimela

Rekomendasi bisnis selanjutnya yaitu es campur. Es campur sendiri tidak berbeda jauh seperti es buah. r. Es campur umumnya terdiri dari buah-buahan yang digemari banyak kalangan. Es campur biasanya dijual dengan harga Rp10.000 per bungkus. Modal yang dibutuhkannya pun tidak terlalu besar, dijamin Sedulur bisa mendapatkan untung.

5. Risoles

ide jualan bulan puasa modal kecil
Frisian Flag

Rekomendasi usaha yang bisa Sedulur jalankan selama bulan puasa yaitu risoles. Sama seperti gorengan, risoles merupakan salah satu camilan wajib dan disukai selama bulan Ramadan. Isi dari risoles biasanya yaitu mayones, sayur dan daging. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak begitu besar. Sehingga cocok untuk dijalankan di bulan Ramadan.

6. Es pisang ijo

Detik

Es pisang ijo juga bisa menjadi salah satu ide jualan di bulan puasa. Meskipun es pisang ijo merupakan minuman yang tetap laris dijual di luar bulan puasa, namun momentum bulan puasa bisa membuat es pisang ijo yang dijual semakin laris lagi.

Selain membuatnya sangat mudah, banyak masyarakat yang menyukai es pisang ijo, hal tersebut merupakan peluang yang penting untuk dimanfaatkan.

7. Es air kelapa

ide jualan bulan puasa modal kecil
Kompas

Kelapa merupakan buah yang tumbuh di setiap daerah di Indonesia, hal tersebut membuat minuman es air kelapa merupakan salah satu minuman segar khas di Indonesia. Sedulur juga bisa menjadikan es air kelapa sebagai ide jualan selama bulan puasa. Kesegaran yang diberikan air kelapa dapat membuat dahaga seharian puasa menghilang. Dijamin bisa membuat Sedulur untung.

Bukan hanya menyegarkan, air kelapa juga sangat menyehatkan. Karena bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa. Agar lebih menarik dan bervariasi, Sedulur bisa mencampur es kelapa dengan berbagai rasa dan varian tooping, seperti jeruk, madu dan alpukat.

8. Es semangka

Detik

Sedulur juga bisa menjual es semangka sebagai ide bisnis selama bulan puasa. Modal yang Sedulur butuhkan pun tidak begitu besar serta cara membuatnya yang sederhana dijamin bisa memberikan Sedulur keuntungan selama bulan puasa.

Ditambah lagi belum lama ini viral es semangka India yang bisa Sedulur manfaatkan sebagai momentum untuk berjualan minuman ini. Makanan atau minuman yang sedang viral bisa meningkatkan keuntungan dan memudahkan Sedulur saat menjual makanan.

9. Es sari tebu

ide jualan bulan puasa modal kecil
Alodokter

Es sari tebu bisa jadi jawaban untuk dahaga setelah seharian berpuasa. Maka dari itu, es sari tebu bisa jadi salah satu rekomendasi untuk Sedulur jalankan selama bulan puasa. Jualan es sari tebu sangat mudah karena penyajiannya yang sederhana. Namun, Sedulur harus memiliki alat pemeras tebu sebagai modal awal.

10. Sosis kentang

Orami

Sosis kentang atau hottang salah satu jajanan yang menarik untuk Sedulur jual. sosis yang sudah dilumuri adonan tadi kemudian dilapisi dengan potongan kentang, lalu digoreng hingga kuning keemasan alias golden brown.

Untuk membuat sosis kentang yang lebih menarik, Sedulur bisa mengkombinasikan isian sosis dengan keju mozarella. Dengan begitu, akan tercipta sensasi mulur khas keju mozarella di samping rasanya yang lezat.

BACA JUGA: 20 Ide Jualan Makanan Kekinian Yang Bikin Cuan Mengalir Deras!

11. Klepon

Jessica Bakery

Rekomendasi ide jualan bulan puasa dengan modal kecil yang bisa jadi rekomendasi Sedulur yaitu klepon. Klepon merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai. Klepon dibuat dari tepung beras yang dibentuk bulat-bulat, lalu ditambahkan gula merah di dalamnya. Klepon biasanya dijual dengan harga Rp500-Rp1.000 per biji atau biasanya dikemas dalam kemasan kecil berisi empat biji.

12. Martabak telur

Fimela

Rekomendasi selanjutnya yaitu menjual martabak telur. Martabak telur juga merupakan salah satu menu gorengan yang banyak digemari oleh masyarakat Indoensia. Membuat martabak telur sangat sederhana, ditambah bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah. Dijamin bisa membuat Sedulur untung melimpah.

13. Martabak manis mini

ide jualan bulan puasa modal kecil
IDN Times

Martabak manis merupakan camilan yang disukai masyarakat Indonesia. Sedulur bisa menjual martabak manis dengan bentuk mini agar bisa dibeli oleh masyarakat dengan harga murah. Sedulur bisa coba martabak manis mini sebagai ide jualan Sedulur. Dijamin laris manis!

14. Takoyaki

Detik

Camilan khas Jepang satu ini juga bisa jadi ide jualan bulan puasa dengan modal kecil yang Sedulur jalankan. Rasanya yang empuk dan gurih begitu pas di lidah orang Indonesia. Makanya, takoyaki menjadi salah satu ide jualan kekinian yang wajib dicoba. Selain dijamin laris, juga dijamin membuat Sedulur untung super melimpah.

15. Pisang cokelat

ide jualan bulan puasa modal kecil
Priangan Tribun

Sedulur juga bisa menjual pisang cokelat sebagai ide jualan selama bulan puasa. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang cokelat tidak sulit didapat, serta modal yang dibutuhkan pun tidak besar. Sehingga Sedulur bisa mendapatkan keuntungan ketika menjual pisang cokelat sebagai takjil untuk buka puasa.

16. Pisang nugget

Kumparan

Selain pisang cokelat, Sedulur juga bisa berjualan pisang nugget selama bulan puasa. Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, sementara ketika dijual, Sedulur bisa menawarkannya dengan harga mulai dari Rp10.000. Sedulur bisa menawarkan pisang nugget denga berbagai variasi topping. Mulai dari keju, cokelat, meses, hingga oreo.

17. Bubur kacang hijau

ide jualan bulan puasa modal kecil
Liputan6

Sedulur juga bisa berjualan bubur kacang hijau, sebagai salah satu ide usaha selama bulan puasa. Langkah membuatnya sangat mudah, bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak. Hanya kacang hijau, santan, gula merah, dan daun pandan. Untuk satu porsinya, Sedulur bisa menjualnya dengan harga mulai dari Rp5000.

18. Aneka puding

Detik

Puding merupakan camilan sehat dan ramah dikonsumsi, Sedulur bisa berjualan puding sebagai salah satu takjil buka puasa. Sedulur bisa menawarkan puding dengan berbagai rasa, mulai dari rasa cokelat, vanila, stroberi hingga durian. Salah satu bisnis yang bisa menguntungkan Sedulur.

19. Es blewah

ide jualan bulan puasa modal kecil
Astronauts

Takjil yang banyak dibuat masyarakat selama bulan puasa yaitu blewah, hal ini juga bisa Sedulur jadikan sebagai peluang untuk menghasilkan untung selama bulan puasa. Selain identik dengan bulan puasa, blewah juga mudah sekali Sedulur dapatkan.

Untuk membuat es blewah pun bahan yang Sedulur butuhkan tidak sulit didapatkan, Sedulur hanya membutuhkan  blewah, air, es, gula / sirup atau pemanis. Meskipun sederhana, rasanya khas berupa manis dan segar, pas sekali jadi penyegar setelah seharian puasa.

20. Es cincau

Astronauts

Jika Sedulur perhatikan, cincau merupakan salah satu bahan yang akan dengan mudah Sedulur temui saat bulan puasa. Karena cincau merupakan bahan penting untuk membuat minuman manis sebagai takjil. Kondisi ini bisa Sedulur manfaatkan sebagai ide jualan minuman bulan puasa.

Es cincau bisa menjadi ide jualan yang laris selama bulan puasa, selain karena dapat melepaskan dahaga, kesegaran es cincau sangat pas untuk membuat tubuh tetap segar setelah seharian berpuasa.

Ada dua jenis cincau yang bisa Sedulur jadikan ide jualan, yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Sedulur bisa memilih kedua jenis cincau tersebut dengan berbagai variasi rasa yang disukai masyarakat.

BACA JUGA: 18 Ide Jualan 1000an Modal Kecil, Pasti Laris dan Untung Besar!

21. Es kolang kaling

ide jualan bulan puasa modal kecil
Wow Babel

Bukan hanya cincau yang sering Sedulur temui selama bulan puasa, namun kolang kaling juga akan sering Sedulur temui selama bulan puasa. Ide jualan minuman bulan puasa dengan menjual kolang kaling bisa memberikan keuntungan selama bulan puasa.

Kolang kaling juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan sangat berkhasiat untuk kesehatan tenggorokan. Maka dari itu es kolang kaling sangat cock untuk menjadi ide usaha.

Agar lebih laris dan menarik untuk dibeli, Sedulur bisa mencampurkan kolang kaling yang sudah direbus dengan aneka sirup berbagai rasa dengan ditambah selasih. Dijamin sangat menggiurkan dan minuman akan laris dibeli.

22. Es jeruk peras

Unsplash

Es jeruk peras bisa jadi ide jualan minuman bulan puasa untuk dijalankan. Kesegaran dari es jeruk peras dijamin bisa menghilangkan dahaga, bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat jeruk peras pun sangat mudah didapat dengan harga murah. Modal yang Sedulur butuhkan pun tidak begitu besar.

23. Telur gulung

ide jualan bulan puasa modal kecil
Pikiran Rakyat

Telur gulung merupakan salah satu jajanan favorit anak-anak dan orang dewasa, bisa jadi salah satu jajanan untuk buka puasa. Rasa telur yang dibumbui dengan gurih apalagi disiram dengan sausnya yang khas membuat telur gulung jadi jajanan yang pasti akan selalu laris manis setiap hari saat bulan puasa.

24. Batagor

Kompas

Batagor bisa jadi ide jualan bulan puasa yang menarik, selain sebagai jajanan batagor juga cukup mengenyangkan sebagai tajkil buka puasa. Batagor sendiri merupakan akronim dari baso tahu goreng, dengan bahan dasar pembuatannya berarti hanya menggunakan tahu yang dilembutkan lalu diisi dengan adonan ikan tenggiri yang telah dicampur tepung kanji.

25. Siomay

ide jualan bulan puasa modal kecil
Detik

Jika merekomendasikan batagor, kurang afdol jika tidak merekomendasikan siomay sebagai ide jajanan selama bulan puasa. Rasa gurihnya daging yang bercampur dengan sambal kacang pasti akan membuat siapapun yang memakannya ketagihan. Sangat recommended untuk dijadikan sebagai ide jualan di bulan puasa.

26. Sosis telur

Dapur KOBE

Hampir sama dengan telur gulung, sosis telur merupakan jajanan dengan sosis yang digulung dan dibalut oleh telur. Camilan ini bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari dengan rasa gurih yang membuat ketagihan.

Sedulur hanya perlu membuat adonan telur gulung dan memasaknya seperti biasa. Namun sebelum menggulungnya, tambahkan sosis pada tusuk bambu dan gulung seperti biasa.

27. Tahu bulat

ide jualan bulan puasa modal kecil
Kompas

Ide jualan bulan puasa selanjutnya yaitu tahu bulat, Selain memiliki rasa yang enak, tahu bulat juga dijual dengan harga yang sangat murah. Bahkan di beberapa tempat, harga satu tahu bulat hanya Rp500 saja. Tak heran jika makanan ini sangat terkenal di semua kalangan. Modal kecil untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan.

28. Thai tea

IDN Times

Salah satu minuman kekinian yang bisa jadi ide jualan, Sedulur bisa menawarkan beberapa topping agar lebih menarik. Thai tea merupakan salah satu minuman yang tidak akan sepi pembeli, terutama jika dipadukan dengan berbagai topping menarik seperti oreo, boba dan aneka topping lainnya.

29. Es kopi susu

ide jualan bulan puasa modal kecil
Kumparan

Ide jualan selama bulan puasa selanjutnya yaitu es kopi susu. Sejak dulu, kreasi kopi merupakan salah satu ide bisnis minuman yang menarik dijalankan. Ditambah Indonesia sebagai produse kopi membuat masyarakatnya menyukai kopi.

Salah satu yang menarik untuk dijalankan selama bulan puasa yaitu es kopi susu, dijamin dapat membuat segar dan menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Salah satu ide bisnis minuman yang bisa Sedulur teruskan ketika bulan puasa telah berakhir jika memang memberikan keuntungan.

30. Susu murni

Alodokter

Indonesia banyak menghasilkan susu dari setiap peternakan yang ada. Kualitas susu murni yang ada di Indonesia juga sangat terjamin. Menjual susu murni sebagai salah satu ide bisnis minuman dan juga sebagai sebuah bisnis minuman kekinian patut sekali dicoba.

Karena susu murni sangat potensial untuk dikreasikan menjadi sebuah minuman baru. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam susu murni sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menjadikan susu murni sebagai bisnis juga sangat potensial.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang mengemas susu murni sebagai salah satu produk unggulannya. Kondisi ini bisa Sedulur jadikan sebagai peluang dan ide jualan minuman bulan puasa. Sedulur bisa menawarkan susu murni secara dingin.

BACA JUGA: Resep Nasi Kucing Angkringan, Bisa Jadi Ide Jualan!

31. Yoghurt

ide jualan bulan puasa modal kecil
Kompas

Yoghurt merupakan susu yang difermentasikan, saat ini, jika diperhatikan yoghurt merupakan bisnis yang semakin lama semakin berkembang dan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Yoghurt ada yang dikemas dalam plastik, gelas kemasan, kemasan kotak, dan lain sebagainya. Yoghurt awalnya dianggap sangat tidak potensial dijadikan sebagai bisnis minuman, selain karena rasanya yang asam dan aneh, juga karena bentuknya yang menggumpal saat diminum.

32. Minuman boba

Primarasa

Minuman ini sangat disukai oleh anak-anak muda. Semakin berkembangnya tren membuat minuman boba juga mengalami berbagai inovasi untuk selalu menyesuaikan selera pelanggan. Inovasi tersebut terutama berasal dari topping boba yang saat ini sudah tersedia bermacam-macam.

Jika Sedulur melihat ke pasaran, topping minuman boba dapat berupa agar-agar, aloe vera, atau bahkan kacang merah. Beragamnya topping boba dan berbagai variasi minuman ini, membuat boba menjadi salah satu ide jualan minuman bulan puasa yang menarik untuk Sedulur jalankan.

33. Basreng (Bakso Goreng)

ide jualan bulan puasa modal kecil
Urban Jakarta

Basreng atau bakso goreng merupakan jajanan pedas yang cocok untuk Sedulur jadikan sebagai usaha. Makanan satu ini memang sedang banyak jadi favorit karena teksturnya yang renyah dengan rasa pedas dan gurih. Jajanan ini pasti menarik banyak pembeli.

34. Tahu bakso

Fimela

Selain basreng, Sedulur juga bisa menjual tahu bakso selama bulan puasa. Tahu bakso adalah makanan berbahan dasar tahu yang diisi dengan adonan daging ayam yang digiling dan kemudian di kukus. Tahu bakso bisa awet beberapa hari bahkan bisa seminggu jika disimpan di tempat yang benar.

35. Tahu walik

ide jualan bulan puasa modal kecil
Harian Resep

Rekomendasi ide jualan bulan puasa dengan modal kecil yaitu tahu walik. Jajanan ini cocok untuk Sedulur jual sebagai camilan. Karena, tahu walik bisa jadi takjil gurih untuk buka puasa. Banyak yang bosan dengan gorengan dan menggantinya dengan tahu walik. Tahu walik juga merupakan salah satu camilan kekinian.

Nah itulah daftar ide jualan bulan puasa modal kecil yang bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk dijalankan selama bulan Ramadan ini. Ada banyak bisnis yang bisa Sedulur coba, bukan hanya bisnis kuliner saja namun juga bisnis jualan lain yang tidak kalah potensial.

Agar semakin mudah dan berkah, Sedulur bisa kulakan kebutuhan usaha di Aplikasi Super. Ada banyak sekali produk kebutuhan pokok yang bisa dibeli dengan harga murah dan mudah. Jadi buruan pakai Aplikasi Super sekarang juga!