ide jualan 1000an

Bisnis tak hanya bisa dilakukan oleh kelompok kalangan menengah atas saja. Bagi kelompok masyarakat menengah ke bawah, mereka juga bisa menjadikan bisnis sebagai peraduan nasib. Salah satu yang cukup banyak dilakukan adalah membuka usaha dengan ide jualan 1000an.

Salah satu dari sekian banyak bisnis, mungkin ide jualan 1000an menjadi yang paling relevan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia karena tidak memerlukan modal besar. Namun jangan salah, meskipun harga jualnya murah meriah, tapi keuntungan yang didapatkan bisa sangat meiimpah lho.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari ide jualan kekinian modal kecil dengan range harga seribuan. Yuk simak daftar ide usaha berikut ini!

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

Sempol ayam

Sempol Ayam
Fimela

Sempol ayam juga merupakan salah satu jajanan pinggir jalan favorit segala kalangan usia yang biasa dijual dengan harga 1000an pertusuknya. Rasa gurih dan teksturnya yang kenyal membuat sempol ayam selalu laris manis diserbu oleh para pecinta kuliner dimanapun mereka berada. Apalagi sempol ayam juga kerap dinikmati dengan saus sambal yang memberikan cita rasa pedas manis.

Modal untuk usaha jualan sempol ayam inipun tidak terlalu mahal, pasalnya Sedulur hanya memerlukan daging ayam giling, tepung terigu, tapioka dan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan penyedap rasa. agar jualan sempol ayam jadi laris manis, Sedulur bisa memilih tempat-tempat uang strategis seperti di pinggir jalanan ramai, sekitar sekolahan, kampus, alun-alun hingga pusat perbelanjaan.

Risoles mayo

Ide jajanan kekinian untuk jualan 1000an selanjutnya adalah risoles rogout mozarella atau risoles mayo. Biasanya risoles adalah jajanan pasar yang biasanya menjadi cemilan keluarga atau anak sekolah.

Risoles rogout mozarella terbuat dari tepung terigu, telur, kentang, wortel, dan toping mozarella. Rasanya yang lezat dan mengenyangkan sangat potensial menjadi jajanan yang laris.

Hanya saja, jajanan satu ini jarang ditemui di area sekolahan. Biasanya tempat berjualan yang tepat dilakukan secara online dan pemesanan secara pre order. Sedulur bisa pasarkan lewat WhatsApp atau media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Risoles rogout mozarella juga termasuk makanan yang bisa dititipkan di warung, penjual snack di pasar, atau pinggir jalan. Sedulur bisa membuatnya di rumah dan bekerjasama dengan penjual snack tersebut.

Cimol banjur

Ide jualan 1000an
Fimela

Sedulur pasti tidak asing lagi dengan jajanan cimol. Makanan asal tanah Sunda ini memang menjadi favorit hingga daerah lain di pulau Jawa.

Bedanya, kalau cimol banjur itu diguyur kuah sambal. “Banjur” sendiri dalam bahasa Sunda artinya “siram” atau “guyur. Jadi, cimol satu ini tidak disajikan dengan taburan bumbu kering, tapi disiram kuah sambal yang pedas.

Nah, kalau di lokasi Sedulur Kuliner belum ada jajanan ini, bisa mulai coba jual. Namun, sebelum memasarkannya, Sedulur coba dulu di rumah supaya lebih mantap.

Bahannya yang mudah didapat dan murah, tapi hasilnya bikin semua orang ingin mencicipi. Dijain jadi ide jualan terlaris, sukses dan menguntungkan.

Martabak mini

Martabak manis memang banyak peminatnya, tapi sayang nggak ada martabak manis yang dijual dengan harga 1000an. Maka dari itu, Sedulur bisa menjual martabak manis mini sebagai ide usaha kuliner modal kecil untung banyak. Jajanan ini bisa Sedulur pasarkan ditempat-tempat strategis seperti di area sekolah, pinggir jalanan ramai, kampus, alun-alun hingga pusat perbelanjaan atau bahkan dijual secara online untuk menjangkau pelanggan lebih banyak.

Bahan-bahan yang diperlukannya untuk membuat martabak manis mini inipun tidak terlalu memusingkan. Sedulur hanya membutuhkan tepung terigu, susu cair, gula pasir, garam, telur, baking powder dan soda kue. Dalam sekali adonan, Sedulur bisa mendapatkan banyak martabak mini yang bisa Sedulur berikan topping sesuai selera, mulai dari topping meses, kacang, selai stroberi, dan sebagainya.

Cilor atau aci telor

Mirip dengan maklor, cilor juga diolah dengan cara yang sama. Hanya saja, cilor berbahan olahan aci yang telah dikukus sebelumnya.

Apakah maklor atau cilor, biasanya pedangang menawarkan jajanan ini dalam waktu yang sama. Jualan maklor sekaligus cilor. Nanti, pembeli tinggal memilih mau yang mana.

Penasarannya pun sama, yaitu di pinggir jalan atau di lokasi sekolah SD dan TK. Pembeli dari kalangan anak-anak dan dewasa.

Takoyaki

Takoyaki
Yummly

Cemilan dari negeri Sakura ini menjadi salah satu cemilan jalanan yang banyak tersebar di Indonesia. Rasanya yang empuk dan gurih begitu pas di lidah kita.

Makanya, takoyaki menjadi salah satu ide jualan 1000an kekinian yang wajib dicoba. Kenapa? karena banyak penggemar dari makanan satu ini berasal dari berbagai kalangan. Baik itu anak-anak sampai dewasa menyukainya.

Takoyaki bisa menjadi peluang bisnis kuliner murah meriah yang menghasilkan. Jika Sedulur tahu resepnya, ada modal untuk jualan, bisa langsung jalan. Bisa juga ikut franchise terdekat atau yang sudah mapan sistem bisnisnya supaya lebih bagus hasilnya.

Pisang cokelat

Cemilan dengan rasa manis tidak kalah favorit anak-anak. Termasuk remaja dan dewasa tentunya. Sudah banyak pebisnis yang mendapatkan peluang dan keuntungan dari jajanan pisang cokelat krispy.

Apakah dengan membuka usaha kecil di rumah, membuat kedai pinggir jalan, hingga bergabung dengan waralaba pisang crispy yang sudah ternama.

Sedulur bisa sesuaikan pilihan bisnis ini dengan modal dan kondisi yang ada. Namun, sebelum mulai pastikan memilih dengan matang. Bisnis ini juga tidak kalah menguntungkan.

Resep ini juga bisa diaplikasikan kepada jenis umbi-umbian seperti singkong. Jika Sedulur tertarik, maka ide jualan 1000an dari singkong juga bisa menguntungkan seperti usaha pisang cokelat di atas.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

Pop Ice

Jangan salah, es krim juga bisa kita buat dengan harga 1000an, lho. Misalnya ide jajanan 1000an dari Pop Ice ini. Siapa sangka, kita bisa membuat es krim dari bahan Pop Ice. Ini pasti akan laris untuk anak-anak SD.

Biasanya mereka jajan beragam. Sehingga harga makanan dan minuman yang murah meriah lebih mereka pilih supaya uang jajan tetap bisa dinikmati dalam jumlah banyak. Nah, Sedulur bisa menjual es krim Pop Ice di sekitar sekolah TK atau SD.

Selain itu, menjual es pop ice juga jadi ide jualan 1000an tahan lama yang paling menguntungkan lho.

Telur gulung

Siapa yang nggak suka telur gulung? Jajanan favorit anak-anak SD ini selalu laris manis bahkan digemari juga oleh orang dewasa. Rasa telur yang dibumbui dengan gurih apalagi disiram dengan sausnya yang khas membuat telur gulung jadi jajanan yang pasti akan selalu laris manis setiap harinya.

Soal modal, telur gulung hanya memerlukan sedikit bahan dan peralatan. Mulai dari telur ayam, bumbu, saus, tusuk sate, kuali, kompor, dan minyak goreng. Bahkan hanya dengan modal ratusan ribu, Sedulur bisa mulai menjual telur gulung dengan harga 1000an pertusuk dan menjualnya di tempat-tempat yang strategis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Cilok

Dari sisi bentuknya, cilok memiliki kemiripan dengan bakso. Akan tetapi, cilok memakai bahan dasar tepung terigu atau tepung kanji. Makanan ini juga sangat disukai oleh masyarakat. Hal tersebut membuat cilok bisa jadi pilihan jualan makanan ringan yang laku setiap hari.

Sama halnya dengan bakso, cilok juga memiliki variasi rasa seperti bumbu kacang atau taburan balado. Selain itu, isi di dalam cilok pun sangat bermacam-macam. Jika dulu lebih identik dengan polos, kini ada juga diisi daging sapi, sosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Batagor

Ide jualan 1000an
Fimela

Kali ini ada makanan yang berasal dari wilayah Jawa Barat bernama batagor. Makanan satu ini bisa menjadi ide jualan makanan kekinian modal kecil karena bahan dasar memasaknya yang mudah dan murah.

Batagor sendiri merupakan akronim dari baso tahu goreng, dimana bahan dasar pembuatannya berarti hanya menggunakan tahu yang dilembutkan lalu diisi dengan adonan ikan tenggiri yang telah dicampur tepung kanji.

Dalam proses pembuatannya, jika Sedulur ingin membuat versi yang lebih murah meriah maka bisa mengubah bahan ikan tengiri dengan bakan ikan lain yang lebih murah. Atau Sedulur bisa membuatnya dengan aci saja.

Kunci dari batagor untuk jualan rumahan adalah pembuatan bumbu kacang yang harus lembut dan nikmat. Jadi Sedulur bisa mencoba beberapa variasi bumbu kacang agar bisa menemukan resep yang terbaik sebelum dijual ke pelanggan.

BACA JUGA: 5 Resep Cilok Goang Kenyal, Pedas, Enak, Mudah Dibuat

Tahu walik

Ide jualan 1000an
Pinterest

Sedulur pasti pernah mencoba makanan bernama tahu walik. Yup, ini merupakan olahan tahu yang saat ini menjadi salah satu ide jualan makanan kekinian modal kecil untung besar.

Bagaimana tidak, Sedulur cukup membalikkan tahu isi yang telah dikeluarkan isinya dengan menambahkan isian daging giling yang dicampur tepung di dalamnya Makanan ini jadi buruan banyak orang karena bisa dicocol dengan saus sambal atau dimakan langsung dengan cabe.

Modal untuk usaha cemilan satu ini pun cukup murah karena olahan tahu walik bisa bertahan lama sebelum digoreng. Jadi cocok untuk dijadikan ide bisnis makanan Sedulur. Dijamin ini adalah ide jualan 1000an dari tahu paling cuan.

Lemper

Ide jajanan pasar 1000an yang kedua adalah lemper. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan yang kemudian diisi dengan abon atau daging ayam. Tergantung selera masing-masing orang, ya.

Es lilin

Satu lagi ide jualan 1000an es yang bisa untung banyak adalah berjualan es lilin. Cara membuat es lilin pun tidak ribet, yang terpenting Sedulur memiliki freezer untuk membekukan es lilin yang akan Sedulur jual.

Sedulur bisa membuat es lilin berbagai rasa dengan memanfaatkan sirup ataupun minuman serbuk seperti pop ice, chocolatos drink, atau minuman jenis lainnyal. Sedulur juga bisa membuat yang lebih tradisional seperti es lilin kacang hijau, es lilin ketan hitam ataupun es lilin rasa rujak.

Es lilin biasanya dikemas dalam plastik ukuran 4×23 dan dijual dengan harga 1000an rupiah. Jenis es legendaris ini akan selalu laris manis karena menjadi kegemaran anak-anak bahkan hingga dewasa apalagi saat cuaca sedang terik.

Arem-arem

Ide jualan 1000an
Yummly

Selanjutnya, ada arem-arem. Makanan ini terbuat dari beras yang didalamnya ada sambal goreng hati ayam atau kentang. Bisa juga digunakan pengganjal perut saat lapar. Meskipun terlihat sangat tradisional, tapi arem-arem jadi ide jualan 1000an paling laris saat ini lho.

Jenang

Ide jajanan pasar 1000an yang pertama adalah jenang. Makanan yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula jawa ini masih menjadi kesukaan masyarakat karena rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal.

Klepon

Masih dari jajanan pasar manis, sekarang ada klepon. Makanan yang ini juga dibuat dari tepung beras ketan, tetapi isiannya hanya berupa gula jawa saja. Sehingga rasa manisnya lumer di mulut.

Onde-onde

Onde onde
Pinterest

Bagi yang suka makanan manis dan gurih, bisa mencoba ide jajanan bernama onde-onde ini. Makanan ini juga terbuat dari tepung beras, tetapi cara memasaknya yaitu dilakukan dengan digoreng.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Batagor Tahu Krispi, Gurih, Lezat & Mudah

Tips jualan 1000an

Toko kelontong
Aplikasi Super

Agar bisa sukses dalam menjalankan ide jualan 1000an, Sedulur tetap perlu memperhatikan beberapa hal dalam memulai bisnisnya. Berikut ini tiga tips singkat yang bisa Sedulur coba agar bisa sukses meniti bisnis.

1. Cari lokasi strategis

Tips pertama yang bisa Sedulur lakukan untuk memulai ide jualan 1000an adalah dengan menetapkan lokasi yang strategis untuk berjualan. Misalnya saja di pinggir jalan, di daerah perkantoran, sekolah, perkuliahan, di dekat pabrik, dan lain-lain.

Dengan mencari lokasi yang strategis, Sedulur bisa menjual makanan lebih banyak dan mendapatkan pelanggan lebih mudah. Karena biasanya di sekitar sekolah, perkantoran, atau pabrik, orang-orang banyak yang mencari makanan untuk digunakan sebagai sarapan atau snack sebagai bekal.

Ada juga yang membeli untuk jadikan bekal yang bisa dibawa pulang nantinya.Selain itu, apabila ada acara kantor, Sedulur akan lebih mudah dicari karena berdekatan dengan letak tempat pekerjaan mereka. Sehingga makanan Sedulur pun akan lebih cepat terjual.

2. Bahan baku pilihan murah terbaik

Beras Karya Alam
Aplikasi Super

Membuka bisnis makanan dengan ide jualan 1000an maka perlu pemilihan bahan baku yang murah tapi tetap berkualitas. Hal ini membuat Sedulur harus mencari tempat belanja yang tepat. Apalagi kebutuhan belanja untuk usaha berbeda dengan kebutuhan belanja sehari-hari.

Untuk itu, Sedulur bisa kulakan berbagai macam kebutuhan usaha lewat Aplikasi Super. Berbelanja di tempat yang tepat tak hanya membantu Sedulur sukses dalam mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Super juga merupakan toko kelontong sehingga banyak barang kebutuhan bisnis makanan bisa ditemukan dengan mudah. Jadi jangan lupa untuk belanja bahan baku di tempat yang tepat ya.

3. Promo online

Setelah menentukan tempat dan bahan baku untuk usaha jualan ini, Sedulur bisa melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat dilakukan baik berbayar atau gratis. Mulai dari strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

Namun, bila produk Sedulur tidak berkuantitas besar maka bisa melakukan promos langsung lewat sosial media saja, Sedulur bisa memaksimalkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya. Jangan lupa beri promo menarik seperti buy one get one atau harga special bundling ya.

Demikian tadi inspirasi ide jualan 1000an yang bisa Sedulur coba di rumah. Usaha semacam ini memang tak memerlukan modal yang besar, namun Sedulur harus jeli dan gigih dalam melakukan promosi dan fokus pada rasa yang lezat. Jadi mana ide yang mau Sedulur coba untuk mendapat untung?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.