desain cafe minimalis

Saat ini desain cafe  minimalis banyak digandrungi oleh para pelaku bisnis cafe dan kaum muda. Hampir semua orang, khususnya remaja yang membutuhkan tempat nongkrong untuk berkumpul bersama teman, sahabat hingga kerabat.

Bahkan, orang-orang selalu pergi ke cafe favorit setiap kali bosan berada di rumah, dan sebagian besar merencanakan dengan pasangan maupun teman baik mereka. Itulah kenapa sekarang bisnis cafe pun mulai banyak ditemui di sepanjang jalan hingga sudut kota-kota besar sampai di daerah sekalipun.

Dalam membangun cafe, salah yang yang perlu diperhatikan adalah konsep dan tata ruang. Sekarang ini desain cafe  minimalis yang tertata sederhana dengan suasana yang nyaman, selalu berhasil memberikan banyak keuntungan bagi pemilik sekaligus customer yang datang dan mereka akan kembali datang di hari-hari selanjutnya.

BACA JUGA: 6 Cafe Dekat Stasiun Depok yang Cozy dan Nyaman

-->

Ide Desain Cafe  Minimalis

Unsplash/Danueka Araya

Kebanyakan dari remaja yang suka nongkrong, biasanya mereka hanya mengutamakan suasana dan harga yang ekonomis. Namun, kini dengan adanya sosial media, banyak orang mencari cafe yang tidak hanya sederhana, tetapi juga bisa menjadi latar cantik untuk kamera.

Maka jangan heran ada banyak desain cafe yang sederhana, murah dengan desain unik, dan memiliki tema-tema tertentu untuk menarik pengunjung. Nggak jarang mereka juga mengabadikan tempat di mana dia nongkrong.

Pada dasarnya tidak perlu ruangan yang besar untuk mendapatkan desain cafe minimalis kekinian yang disukai banyak orang. Kadang, cafe kecil justru cenderung memiliki suasana yang lebih hangat, bersahabat, dan nyaman. Tapi bagi Sedulur yang sedang membutuhkan referensi konsep atau desain cafe  minimalis, berikut ini beberapa di antaranya yang bisa Sedulur pilih.

1. Desain cafe sederhana dengan harga murah

desain cafe minimalis
Unsplash/Keghan Crossland

Desain cafe  minimalis mengedepankan konsep yang simple tanpa mengubah warna kayu dan bisa menggunakan lampu pijar biasa. Hal ini akan menciptakan kesan sederhana. Ubin putih pada bar dengan lampu gantung di atasnya juga terkesan klasik. Bantalan sofa ditambahkan untuk kesan modern tanpa mengurangi gaya klasik yang menonjol. 

Alih-alih memasang hiasan dinding, lukisan pada dinding dapat menambah keunikan interior di dalamnya. Warna kayu yang hangat, lampu pijar, warna dinding abu-abu netral, membuat suasana nyaman ketika nongkrong di cafe dengan konsep ini.

2. Desain cafe kekinian penuh warna

Desain cafe kekinian yang ukuran kecil tentu bisa sangat menarik perhatian banyak pasang mata. Sedulur bisa memilih perabot minimalis dengan ubin yang dibedakan sesuai area. Hal ini akan membuat interior semakin menarik.

Jika Sedulur ingin membuat cafe dengan menu khusus, bisa memasang poster di dinding. Dengan begitu, orang akan datang sesuai keinginan mereka, entah itu cafe khusus roti atau cemilan lainnya. Cafe memang dibuat untuk bersantai dengan makanan ringan, bukan?

3. Desain cafe minimalis terang dan luas

Desain cafe minimalis dengan pencahayaan yang bagus cocok bagi Sedulur yang ingin menunjukkan desain yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai estetika. Didominasi kayu, interior cafe konsep ini tidak terlihat murahan atau ketinggalan zaman.

Adanya lampu gantung unik dan beberapa hiasan di jendela bisa membuat suasana semakin tampak bersahabat. Apalagi dengan dinding kaca besar pasti membuat pengunjung betah menikmati waktu santai di dalam cafe. 

4. Desain cafe instagramable tema natural

Siapa yang tidak ingin masuk ke cafe dengan kesejukan di dalamnya? Desain cafe minimalis tema natural bisa menjadi inspirasi jika Sedulur ingin menciptakan cafe yang sejuk. Tentu desain menarik seperti ini bisa meningkatkan harga jual juga.

Suasana cafe akan tampak cerah dengan jendela lebar, dinding batu alam, furniture kayu, dan berbagai tanaman indoor sangat cocok untuk daerah perkotaan yang cenderung panas. Sebagian besar interiornya sudah membawa konsep minimalis. Ubin bar klasik menambah keramaian dan membuatnya lebih elegan.

5. Desain cafe kekinian, simple dan berkelas

desain cafe minimalis
Unsplash/Daniela Araya

Desain cafe minimalis Sedulur bisa bermain dengan geometri untuk suasana yang modern dan elegan. Mulai dari dinding, lampu, kursi bar, dan tempat penyimpanan didesain dengan sempurna.

Area yang luas dan terbuka memberi kesan santai. Sedulur bisa duduk di dekat jendela ataupun di kursi bar untuk berbincang ringan.

6. Desain cafe minimalis untuk suasana formal

Mungkin tidak banyak yang suka dengan desain cafe minimalis suasana formal, karena desainnya umumnya monoton seperti ruang rapat. Namun meski begitu konsep ini tetap layak Sedulur pilih karena memberi kenyamanan.

Kursi sofa yang besar memperkuat kesan bahwa cafe ini didesain untuk tamu satu-dua orang saja, bukan rombongan. Warna interior cokelat gelap dan krem, menandakan bahwa cafe ini sangat berkelas. 

7. Desain cafe minimalis nuansa hangat

Desain cafe kekinian dengan meja kursi vertikal tidak terlalu membosankan. Meski didominasi warna cokelat dari furniture dan lampu pijar, tanaman-tanaman hijau dapat menyeimbangkan suasana dan memberi warna lain.

Menggunakan langit-langit kayu dengan aksen pipa besar di kanan kirinya membuat tampilan cafe minimalis sangat cantik, tampil beda, dan elegan.

8. Desain cafe minimalis gaya industrial

Jangan menyepelekan kayu palet karena bisa digunakan untuk furniture cafe yang unik. Cafe minimalis sederhana memiliki titik fokus pada satu dinding utama yang membuat interior menjadi lebih unik dan terkesan bersahabat.

Tembok tanpa aci yang dicat abu-abu dengan aksen pipa di atasnya membuat tampilan gaya industrial ini begitu sempurna, ditambah lampu gantung dengan aksen serupa. Meski tidak memiliki jendela kaca, desain ini jelas akan membuat siapapun betah.

9. Cafe kecil namun berkelas

Desain cafe yang lurus monoton tidak sepenuhnya membosankan dan mengurangi ruang privasi. Sedulur bisa memberi beberapa meja dan kursi dengan pembatas yang dihiasi tanaman untuk membuat pengunjung lebih nyaman.

Meski memilih konsep kecil, desain cafe ini sangat elegan dengan membawa suasana modern ke dalamnya. Hiasan pada dinding batu alam yang terdapat tanaman di dalamnya tentu dapat menyegarkan suasana. Desain atap modern yang dilengkapi lampu juga membuat suasana cafe semakin elegan dan berkelas.

BACA JUGA: 13 Inspirasi Desain Cafe Instagramable, Unik dan Kekinian!

10. Desain cafe tema semen unfinished

desain cafe minimalis
Unsplash/Rawkkim

Dekorasi cafe minimalis lainnya yang juga memiliki harga terjangkau adalah tema semen unfinished. Ruangan yang hanya disemen dan tidak dicat, ternyata akan menjadi sangat unik jika ditata dengan baik.

Sedulur dapat memadukan dekorasi semen unfinished ini dengan berbagai perabotan modern agar ruangan tidak terkesan kaku. Warna rekomendasi yang bisa Sedulur kombinasikan adalah abu-abu, putih, dan hitam.

11. Desain cafe outdoor untuk suasana lebih bebas

Dari pada di dalam ruangan, banyak orang menyukai desain cafe outdoor. Hal itu akan memberi mereka rasa bebas dan santai yang berakhir dengan rasa nyaman. Sedulur bisa membuat cafe semi outdoor yang menawarkan tempat nongkrong pilihan untuk remaja zaman sekarang. Kadang keterbukaan akan membuat mereka membawa banyak orang yang pasti menguntungkan Sedulur.

12. Desain cafe klasik dengan suasana romantis

Desain cafe minimalis klasik memang tidak sepopuler desain kekinian, tetapi hal itu cukup menarik bagi sebagian orang. Dibanding cafe kekinian, desain klasik dengan suasana romantis ini jarang ada, karena membuat interior gaya klasik membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, tidak ada salahnya jika Sedulur ingin membuat desain ini untuk cafe Sedulur. Hal itu bisa menjadi nilai jual, sekaligus mengundang banyak kalangan untuk datang, terutama pasangan. 

13. Desain cafe kontainer untuk menikmati malam

Desain cafe outdoor biasanya banyak ditemukan di sepanjang jalan yang ramai, seperti tempat wisata, taman kota dan sebagainya. Itupun sebenarnya bukan seperti cafe pada umumnya, tetapi karena dilengkapi dengan beberapa meja kursi di area terbuka, maka jadilah cafe outdoor sederhana.

Pada beberapa tempat, cafe kontainer biasanya dilengkapi dengan beberapa perabot yang disesuaikan dengan lokasi. Tentunya konsep ini bisa menjadi pilihan menarik untuk Sedulur.

14. Desain cafe minimalis tema rustic

Unsplash/Drew Coffman

Tema rustic menampilkan sisi dekorasi layaknya di pedesaan ditambahkan dengan sentuhan tanaman hias dan benda-benda antik lainnya. Dengan dekorasi ini, orang-orang akan lebih nyaman untuk nongkrong di cafe Sedulur karena memberikan kesannya yang hangat.

Untuk kombinasi warna yang cocok, Sedulur bisa memilih warna netral seperti putih, krem maupun cokelat. Pasti suasana cafe Sedulur akan menyenangkan dan menenangkan. 

15. Cafe ala minimarket, kenapa tidak?

Kebebasan pengunjung tidak hanya bisa didapatkan di cafe outdoor. Desain cafe minimalis yang menyajikan cemilan yang bisa diambil sendiri oleh pengunjung dapat meringankan pekerjaan Sedulur.

Biasanya pengunjung tidak suka menunggu pesanan dalam waktu lama dan jika mereka dapat mengambilnya sendiri, mereka akan merasa seperti berada di rumah, santai dan nyaman. Jadi, konsep cafe ala minimarket ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

16. Desain cafe minimalis dengan area lapang

Desain cafe minimalis dengan area lapang bisa memadukan gaya modern dan aksen tradisional. Furniture yang modern, dan aksen anyaman bambu pada kanopi bar, menciptakan desain yang unik.

Meski bisa menambah beberapa meja kursi lagi, cafe konsep ini bisa memberi space untuk kenyamanan pengunjung. Pasalnya, cafe dengan meja yang nyaris tanpa jarak, pasti tidak nyaman untuk sebagian besar orang.

17. Desain cafe minimalis dua lantai

Unsplash/Qiming Chen

Jika memiliki lahan kecil, Sedulur bisa membuat desain cafe minimalis dua lantai. Tapi pastikan Nggak hanya lantai bawah saja yang Sedulur perhatikan desainnya. Pastikan juga lantai dua Sedulur bangun dengan suasana yang senada agar desainnya terlihat menarik.

Pastikan untuk melengkapi area lantai dua dengan pendingin ruangan (kipas, AC), kecuali lantai dua ada di rooftop. Dengan menambahkan tanaman hias juga tidak ada salahnya untuk menyegarkan suasana di lantai satu maupun lantai dua.

BACA JUGA: 15 Warna Cat untuk Cafe Kecil, Beri Kesan Nyaman dan Luas!

Tips Desain Cafe Minimalis 

desain cafe minimalis
Unsplash/Daan Evers

Memang untuk membuat cafe minimalis itu tidak akan mudah. Terutama bagi Sedulur yang baru pertama kali mencoba tanpa mengandalkan seorang arsitek. Tapi tenang, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin membantu Sedulur. Simak di bawah ini.

  • Minimalkan semua aspek

Cafe minimalis, interiornya juga harus minimalis. Gunakan perabot minimalis dan manfaatkan ruang sebaik-baiknya.

  • Gunakan papan nama

Meski kecil, Sedulur tetap harus memasang papan nama untuk cafe Sedulur. Tidak perlu papan yang besar, pikirkan saja seolah-olah Sedulur membuat miniatur cafe. Sangat unik, mungil dan mengesankan.

  • Daftar menu minimalis

Dari pada menyerahkan lembaran menu ke para pengunjung yang banyak, sebaiknya Sedulur pasang daftar menu pada dinding kosong. Selain sebagai hiasan, hal itu sangat berguna. Gunakan papan menu minimalis, dengan format sederhana. Sedulur bisa menulisnya di papan tulis atau menggunakan stiker dasar.

  • Menggunakan jendela multifungsi

Jika ingin membuat desain cafe outdoor atau semi outdoor, pikirkan untuk memposisikan barista atau kasir di samping jendela untuk memudahkan pelanggan memesan dari luar. Dengan begitu, Sedulur dan pelanggan tidak akan repot-repot keluar masuk dan nantinya bisa mengganggu aktivitas atau pengunjung lain.

  • Pilihlah interior yang cerah

Mengaplikasikan warna cerah pada interior adalah cara umum yang dilakukan untuk membuat desain cafe kecil terasa lebih besar. Hal ini pula yang kerap ditonjolkan dalam konsep minimalis.

  • Manfaatkan kaca

Hal ini juga banyak digunakan agar ruangan kecil tampak lebih luas, terlebih jika cafe Sedulur tidak memiliki jendela lebar. Sedulur bisa memasang cermin pada dinding yang memberi perasaan melihat keluar jendela.

  • Fokus pada detail

Fokuslah dengan apa yang cafe Sedulur sediakan untuk memberi kesan tersendiri pada pelanggan. Contohnya jika Sedulur menjual kopi, maka tonjolkan menu kopi tersebut dengan kopi-kopi nusantara misalnya. Jika teh, tonjolkan menu teh tersebut.

Itulah tadi beberapa desain cafe  minimalis yang bisa menjadi referensi. Tentunya masih banyak desain cafe minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk Sedulur. Beberapa desain di atas hanyalah beberapa contoh secara umum dari banyaknya desain cafe yang ada, di mana rata-rata mengambil konsep yang berbeda-beda.

Semoga artikel desain cafe ini bisa memberi pandangan buat Sedulur ya!