warna cat untuk cafe kecil

Permainan warna dalam ruangan memang begitu penting. Tak hanya bisa membuat kesan luas, penggunaan warna yang tepat juga bisa memberikan nilai lebih agar ruangan menjadi lebih ‘ekonomis’ Jadi tak heran jika pemilihan warna cat untuk cafe kecil bisa sangat berperan penting pada penjualan.

Bagi Sedulur yang ingin membuka usaha, tentu aspek estetika ini tidak boleh dikesampingkan. Apalagi sekarang ini banyak orang yang melihat sebuah tempat dari sisi keindahan terlebih dahulu.

Jadi bila kamu sedang mencari inspirasi memilih warna cat untuk cafe kecil. Kami sudah menyiapkan beberapa jenis warna yang bagus dan menarik digunakan pada bisnis cafe!

BACA JUGA: Berapa Sih Modal Buka Cafe? Coba Ikuti 11 Tips Sukses Bisnis Cafe Ini!

Rekomendasi Warna Cafe

warna cat untuk cafe kecil
BigSEE

Berikut ini beberapa warna cat untuk cafe kecil yang bisa Sedulur coba.

1. Soft baby blue

Biru muda identik dengan suasana kalem yang dapat menciptakan perasaan rileks. Sedulur bisa memadankan ruangan biru muda dengan pencahayaan lampu warm white. Hal ini akan memaksimalkan pancaran suasana tenang dari warna biru muda tanpa membuatnya terlihat berlebihan.

2. Ungu lavender

Bila cafe milikmu mengutamakan tampilan elegan namun tetap ingin menarik perhatian, kamu bisa menggunakan warna ungu lavender. Ungu jenis ini membuat ruang terlihat sendu tetapi tetap berkelas.

Bagaimana caranya? Biar tidak terlihat berlebihan, Sedulur bisa memadupadankan dengan warna-warna soft atau emas yang berpenampilan mahal. Cafe yang memang dibuka hanya malam hari juga cocok menggunakan warna satu ini.

3. Yellow vibes

Kuning memberi kesan energik dan semangat. Warna ini cocok Sedulur terapkan di dapur cafemuagar memberikan perasaan ceria ketika sedang menyiapkan makanan.  Kuning juga membangkitkan suasana kebersamaan sehingga pengunjung cafemu dapat merasakan momen kebersamaan bersama teman-teman dan keluarga mereka.

4. Konsep fresh green

Detik

Penggunaan desain interior maupun eksterior ramah lingkungan memang kini mulai gencar diaplikasikan. Baik green building atau gedung perkantoran dengan tema penghijauan, rumah ramah lingkungan hingga cafe yang mengedepankan dekorasi tanaman di dalamnya kian banyak bermunculan.

Selain membuat sirkulasi udara di dalamnya lebih baik, hal tersebut juga sebagai gerakan pendukung menyayangi lingkungan. Nah, perpaduan cat warna tembok maupun furnitur di dalamnya berwarna hijau hadir sebagai pelengkap.

5. Gaya sunset orange

Warna cafe yang menarik perhatian orang yang melewatinya, yaitu penggunaan warna orange. Orange yang identik dengan warna buah jeruk ini sungguh membuat konsumen penasaran. Apalagi bila penataan eksteriornya sederhana namun tetap sedap dipandang.

Sedulur pastinya akan berhenti sejenak untuk masuk, ataupun mengabadikan dalam sebuah momen foto. Cobalah untuk memadukan dengan gaya interior yang unik, maka cafe milikmu akan menjadi pusat perhatian.

6. Colorful dengan warna pelangi

Penggunaan warna-warni dari pelangi atau biasa disebut dengan rainbow color juga menarik untuk dicoba. Desain warna cafe satu ini pastinya akan menarik banyak konsumen untuk hadir. Mulai dari eksterior hingga interior bisa Sedulur padupadankan.

Rak, meja dan kursi makan, mural pada tembok bisa berwarna-warni dengan desain yang ceria. Cocok sekali digunakan untuk tipe cafe yang dikhususkan untuk anak-anak maupun cafe yang memiliki ragam permainan di dalamnya. Hal ini tentunya membuat konsumen tidak bosan.

7. Warna merah mencolok

warna cat untuk cafe kecil
Oldmill

Pernah melihat sebuah cafe menjadi pusat perhatian dalam suatu wilayah? Hal tersebut digunakan oleh pebisnis sebagai hal baik agar konsumen tertarik mendatanginya. Kesan pertama yang baik harus diterapkan sebagai modal utama.

Nah, untuk hal tersebut Sedulur bisa menggunakan warna merah yang mencolok. Warna satu ini sangat terang di mata dan tentunya sangat menarik perhatian. Tidak perlu secara keseluruhan, tampilan eksteriornya saja yang berwarna merah sudah cukup.

8. Pink agar lebih kalem

Pink identik dengan suasana yang girly dan feminin. Padahal warna pink memiliki pengaruh mood yang membangkitkan suasana romantis dan hangat. Warna ini juga memberikan efek menenangkan untuk meredakan amarah dan membangkitkan suasana nyaman.

9. Navy untuk suasana bold

Tampilan depan cafe memang menjadi hal pertama yang dilihat oleh para konsumen selain jenisnya. Biru tua yang cenderung mencolok ternyata bisa membuat para konsumen ingin hadir di dalamnya.

Warna satu ini juga cocok dipadukan dengan warna putih, abu-abu, biru muda, dan masih banyak lagi. Tampilan retro seperti di atas contohnya, mampu membuat orang yang melihatnya tertarik. Bila Sedulur enggan menggunakannya pada tampilan eksterior, Sedulur bisa menggunakannya pada warna furnitur maupun cat tembok di dalamnya.

10. Cokelat earth tone

warna cat untuk cafe kecil
K Magazine

Pilihan warna selanjutnya adalah coklat. Warna ini mampu membantu pengunjung warung makan merasa rileks dan nyaman. Kalau pengunjung sudah nyaman, mereka cenderung bakal memesan lebih banyak. Bahkan warna coklat bisa membuat mereka betah dan kepingin balik lagi, hingga akhirnya jadi pelanggan tetap.

11. Putih berikan nuansa luas

Putih identik dengan kesan bersih dan memberikan kesan ruangan yang luas. Maka warna ini membuat pengunjung tak merasa sesak sehingga perasaan jadi lebih tenang. Namun, terlalu banyak warna putih juga membuat cafe terkesan dingin dan kaku. Untuk itu, paduka warna putih dengan sentuhan warna lain.

12. Warna hitam elegan

Mungkin banyak yang nggak terpikir kalau hitam bisa jadi warna cat tembok yang bagus untuk warung makan. Nyatanya, efek tembok hitam adalah mampu membuat warna lain di warung makan itu jadi lebih “keluar”. Misalnya warna sajian makanan dan minuman. 

13. Cream kopi

desain dinding cafe kekinian
STIRworld

Bukan hanya desain dinding yang keren, Sedulur juga perlu memilih warna yang apik untuk cafe. Salah satu yang terbaik dan menarik adalah warna cream. Warna ini akan sangat cocok dan berpadu manis jika Sedulur memiliki beberapa menu minuman seperti kopi atau tiramisu.

Dinding cafe kekinian yang elegan agar dapat membuat pengunjung betah dan nyaman.  Perpaduan dekorasi dan gambar cup kopi pada dinding tampak menarik untuk diterapkan di cafe, dijamin dapat membuat Sedulur nyaman.

14. Warna logam dan kayu

Salah satu karakteristik gaya cafe minimalis industrial adalah menggabungkan hal baru dan hal usang. Penerapan konsep ini banyak ditemui di cafe minimalis industrial berupa dengan penggabungan antara elemen kayu dan logam.

Sedulur bisa melihat contohnya pada cafe minimalis di atas, elemen logam terasa kental karena struktur bangunan yang menyerupai hanggar atau warehouse. Karena itu, unsur modernnya ditekankan pada penggunaan furnitur kayu.

15. Warna monokrom

Selama ini mungkin Sedulur sudah sering melihat cafe yang memiliki desain penuh warna. Namun, ternyata cafe minimalis dengan konsep monokrom bisa menjadi alternatif untuk menarik pelanggan.

Sedulur bisa memulai dengan pemilihan warna monokrom seperti hitam atau putih. Agar terlihat konsisten interior dan furniture juga harus mengikuti kesesuaian tema monokrom yang dipilih.

BACA JUGA: 6 Ide Aneka Minuman Segar untuk Usaha Kekinian ala Cafe

Ide Desain Cafe Kekinian

Agar tidak bingung setelah memilih warna cat untuk cafe kecil, berikut ini beberapa ide desain cafe kekinian yang bisa Sedulur coba.

1. Cafe minimalis simple

House & Garden

Konsep cafe yang satu ini bisa dibilang sangat sederhana dan tidak banyak memberikan elemen-elemen yang berlebihan. Dinding dari cafe ini berwarna putih berpadu sempurna dengan meja yang juga berwarna putih.

Lampu yang berada tak jauh dari meja dan kursi akan memberikan nuansa romantis ketika malam hari. Juga terdapat sebuah lukisan yang terpajang pada dinding dari cafe yang satu ini.

2. Cafe mini colorful

Dengan meja berwarna kuning dan kursi yang berwarna biru serta kuning membuat cafe mini yang satu ini terlihat sangat indah. Tak ketinggalan pula beberapa lukisan-lukisan yang penuh nuansa seni terpajang di dinding dari cafe ini.

3. Konsep futuristik

Cafe dengan konsep yang sangat sederhana dengan kursi berwarna merah, putih, dan hitam pada meja bar membuat interior lebih terlihat mencolok. Konsep ini juga sangat futuristik dan membuat ruangan menjadi lebih lega.

4. Gaya industrial di cafe kecil

Cafe yang satu ini juga cukup sederhana dengan warna utama dari cafe ini adalah putih pada dinding atau tembok dengan lantai dari cafe ini berwarna abu-abu berpadu dengan sempurna. Cafe ini juga terbilang cukup rapi pada tata letak meja dan kursi.

5. Lampu gantung jadi kunci

Meja yang memanjang dengan kursi yang memiliki bentuk bulat pada dudukan serta bentuk lampu gantung dengan warna-warni yang unik dan tak biasa membuat desain cafe seperti ini bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Tata letak dari meja dan kursi dari cafe ini juga terbilang rapi dan enak dilihat.

6. Desain warm tone cafe kecil

warna cat untuk cafe kecil
Courtina

Dinding dari cafe yang satu ini dibuat dengan bentuk yang unik dan penuh seni. Warna cokelat yang digunakan sebagai warna utama dari cafe memberi kesan ketenangan dan kedamaian. Konsep desain cafe semacam ini bakal bisa membuat banyak pengunjung berdatangan di cafe milikmu.

7. Cafe simple dengan konsep sederhana

Desain interior dari cafe mini ini juga tak kalah cantiknya. Ditambah dengan beberapa lampu gantung yang memancarkan sinar kuning redup sehingga memberi nuansa romantis. Kamu bisa mencontoh konsep desain cafe yang unik dan sederhana ini.

8. Konsep mini bar cafe

Hanya dengan beberapa kursi yang berderet memajang dan juga beberapa meja dan kursi yang berada di area outdoor memberi kesan sederhana dan elegan dari cafe yang satu ini. Semua ornamen yang ada pada cafe ini terbuat dari bahan dasar kayu sehingga nampak juga kesan klasik dari cafe ini.

9. Angkat konsep street art

Kamu bisa membuat cafe dengan desain seperti pada gambar diatas. Cafe ini terbilang cukup sederhana hanya dengan kursi sofa memanjang dan meja berukuran kecil serta desain tembok atau dinding cafe ini berupa street grafiti yang sangat instagramable untuk berfoto-foto.

10. Konsep modern minimalis

warna cat untuk warung makan
Freepik

Nuansa modern yang khas cafe industri modern bisa dijadikan referensi dalam mendesain cafe. Sedulur bisa memadupadankan konsep minimalis dengan desain ini agar menciptakan gaya baru yang cozy untuk para pengunjung.

Demikian tadi deretan ide warna cat untuk cafe kecil yang bisa Sedulur coba. Semoga dengan inspirasi warna cat cafe kecil ini bisa membantu bisnis Sedulur agar semakin berkembang dan banyak pelanggan. Jadi selamat mencobanya!