desain cafe instagramable

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang menarik untuk dijalankan. Tidak ada habisnya inovasi bisnis kuliner dari berbagai sektor. Salah satu bisnis kuliner yang menarik dan menjanjikan untuk dijalankan yaitu membuka bisnis cafe. Namun, agar bisa bersaing dan banyak pelanggan yang datang, memikirkan desain cafe instagramable jadi topik yang penting untuk dibicarakan.

Apalagi di era yang sekarang semua harus bisa dimediasosialkan, maka keperluan desain yang menarik tentu wajib dimiliki para pengusaha cafe. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi desain cafe yang menarik bagi Sedulur. Apa saja rekomendasi desain cafe instagramable yang dimaksud? Mari simak bersama berikut ini.

BACA JUGA: 37 Rekomendasi Cafe di Surabaya yang Hits dan Kekinian 2023

Rekomendasi Desain Cafe Instagramable

desain warung kopi sederhana di kampung
Pinterest

Ada beberapa rekomendasi desain cafe instagramable yang bisa jadi referensi Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang memang tengah mencari rekomendasi desain dan membutuhkan inspirasi. Desain cafe tak hanya akan membuat para pelanggan jadi lebih nyaman, tapi juga menjadikan spot tersendiri agar orang-orang selalu datang. Jadi jangan sampai kamu terlewat desain-desian mmenarik untuk cafe berikut.

-->

1. Desain dengan konsep industrial

Cafe dengan konsep industrial menjadi pilihan yang dikunjungi banyak orang karena desain dengan kesan unfinished atau sentengah jadi membuatnya menarik. Ciri khas konsep cafe ini yaitu menggunakan rangka atap baja, lantai yang terbuat dari semen atau granit berwarna gelap. Konsep cafe ini menggunakan warna-warna yang netral dan gelap yaitu hitam, abu-abu tua dan abu muda. Umumnya, cafe ini akan menggunakan warna lampu kuning yang dapat menciptakan suasana yang hangat dan menambah kenyamanan di cafe.

2. Cafe dengan rooftop

Cafe bertema rooftop sangat menarik dikunjungi, karena menawarkan tempat nongkrong dengan pemandangan yang menampilkan keindahan kota maupun alam. Pengunjung dapat menghirup udara segar sehingga merasa betah dan nyaman. Desain cafe rooftop dapat dijadikan tempat foto karena mendapatkan pencahayaan yang terang pada siang hari dan lampu-lampu berwarna kuning yang dinyalakan ditambah dengan pemandangan saat malam hari.

3. Desain cafe tropis

Cafe di Gresik
Instagram/Dlagoon

Saat ini, nuansa tropis pada cafe menjadi daya tarik dan sedang kekinian karena desainnya yang unik serasa sedang liburan di Bali. Cafe ini Menghadirkan suasana alam dengan berbagai dekorasi tanaman hias dan lampu jerami yang menghiasi interior cafe. Cafe Menggunakan material dari bambu, rotan, kayu dan besi pada elemen interior dan furniture. Penghawaan dan pencahayaan yang baik pada cafe tropis ini mempengaruhi suasana pada cafe membuat nyaman untuk duduk berlama-lama.

4. Cafe colorful

Penggunaan warna-warna yang cerah memberi kesan fresh. Menampilkan interior yang terlihat unik dan mengesankan. Cafe bertema colorful ini sedang tren, karena terlihat lebih berani dengan bernuansa fun dan ceria. Sehingga sangat menarik perhatian untuk dijadikan sebagai tempat untuk meningkatkan mood dan spot foto bergaya ala OOTD (Outfit Of The Day) berhubungan dengan fashion kekinian yang akan dikenakan hari ini, mengarah ke gaya dan tren khususnya bagi kalangan anak muda.

5. Desain cafe garden

Tema garden dapat berupa outdoor maupun indoor. Menggunakan berbagai tanaman yang menghiasi setiap sudut ruang akan terlihat indah memanjakan visual dan menjadikan daya tarik untuk dikunjungi. Sedulur akan bersantai dan nongkrong seperti sedang berada di kebun. Suasana yang nyaman dan tenang dapat dirasakan di cafe bertema garden. Dengan menghadirkan suasana alam yang menggunakan tanaman berwarna hijau sehingga dapat menyejukkan mata.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Desain Dinding Cafe Kekinian yang Keren di 2023

6. Desain cafe klasik dan vintage

desain dinding cafe kekinian
STIRworld

Cafe dengan desain klasik dan vintage yang memberikan sentuhan klasik dengan tampilan suasana masa lalu yang terkesan antik. Menggunakan warna-warna yang tidak mencolok dan terlihat kusam, barang-barang antik sebagai dekorasi dan furniture yang sudah terlihat kuno. Walaupun berkesan kuno dan sederhana, namun tema vintage menjadi unik karena dapat membuat bernostalgia pada zaman dulu dan punya cerita tersendiri. Tidak hanya itu, membuat merasakan kenyamanan dan homey.

7. Desain ala Santorini

Cafe bergaya ala Santorini sangat instagenic! menghadirkan kesan yang hangat saat memasuki area cafe dan suasana cerah menggunakan dominasi warna putih dan teralis biru. Dengan desain cafe semi outdoor yang memanfaatkan pemandangan alam dan udara sejuk, semakin membuat nyaman. Dapat duduk bersantai menikmati suasana cafe dan merasakan vibe berada di Yunani tanpa harus pergi jauh-jauh kesana. Membuat foto Instagram Sedulur seperti sedang berada di kota Santorini.

8. Desain cafe dengan pergola

desain cafe instagramable
Unsplash

Pergola adalah bagian dari bangunan rumah atau berdiri sendiri sebagai peneduh atau pelindung dari sinar matahari. Bangunan terbuka ini terdiri dari empat tiang penyangga, dengan peneduh di atasnya. Sedulur bisa menaruh beberapa bangku serta meja di bawah pergola. Sebagai tambahan, Sedulur bisa memberikan payung kantilever di sekitar pergola. Hal ini bisa membuat pergola menjadi daya tarik dan spot foto paling unik di cafemu. Jadi tak hanya bisa merasakan masakan yang enak, para pelanggan bisa pulang dengan foto menarik.

9. Desain cafe semi outdoor

Sedulur berencana membuat cafe outdoor tapi tetap terjaga dari teriknya matahari dan hujan? Nah, desain Cafe dengan konsep semi-outdoor ini bisa jadi pilihan. Sedulur bisa memanfaatkan garasi atau pergola rumah. Agar lebih estetis dan cantik, Sedulur bisa menambahkan ornamen seperti tanaman dan bunga-bunga artifisial.

10. Desain cafe konsep bambu

Desain Cafe outdoor kekinian berbahan bambu bisa memberikan kesan natural dan adem. Sedulur juga bisa menggunakan bambu sebagai bahan utama meja, bangku, ataupun meja dapur. Cara ini bisa membuat Cafe Sedulur terlihat minimalis, sederhana, tapi juga nyaman dan hangat. Jangan untuk menambahkan atap kanopi supaya kegiatan memasak akan lebih nyaman dan teduh.

BACA JUGA: Berapa Sih Modal Buka Cafe? Coba Ikuti 11 Tips Sukses Bisnis Cafe Ini!

11. Cafe dengan nuansa alam

desain warung kopi sederhana di kampung
Tokyo Wanderer

Tren desain cafe yang digunakan yaitu back to nature. Sedulur bisa menggunakan konsep ini. Coba berikan nuansa hijau pepohonan dan tanaman pada Cafe. Tambahkan lantai kayu untuk menegaskan lagi nuansa alam yang dihadirkan. Cafe menjadi lebih sejuk dan asri. Pengunjung bakal lebih betah berlama-lama nongkrong di sana. Hanya saja, karena menggunakan tanaman hidup, Moms memang membutuhkan waktu khusus untuk membersihkan sisa daun kering di sekitar.

12. Desain cafe dengan dinding bata

Salah satu desain cafe yang menarik yang bisa jadi referensi Sedulur yaitu dengan menggunakan desain dindin bata yang terekspos. Untuk lebih menarik, Sedulur bisa menambahkan berbagai ornamen dan hiasan agar cafe menjadi lebih instagramable. Misalnya dengan menggunakan tambahan lampu hias dan string lights berwarna yellow warm agar lebih eksotis juga.

13. Desain cafe lampu cantik

Jika Sedulur berencana membuka cafe hingga malam hari dengan tema outdoor, maka salah satu hal penting yang bisa membuat cafe semakin cantik yaitu dengan memasang berbagai lampu. Lampu-lampu tersebut bisa membuat malam pengunjung semakin indah. Untuk memberikan suasana sore dan malam yang menjadi lebih hangat, tinggal tambahkan lampu-lampu hias berwarna kuning hangat.

BACA JUGA: Berapa Sih Modal Buka Cafe? Coba Ikuti 11 Tips Sukses Bisnis Cafe Ini!

Tips Sukses Bisnis Cafe

desain warung kopi sederhana di kampung
(Ilustrasi) Bon Appetit

Nah, selain mengetahui beberapa desain cafe instagramable. Ada hal penting yang juga perlu Sedulur ketahui, yaitu tips sukses dalam menjalankan bisnis cafe. Penting untuk Sedulur ketahui, terutama agar bisa menjalankan bisnis secara lancar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Cari distributor dengan harga kompetitif

Aspek terpenting dari modal buka cafe adalah persediaan kopi dan bahan-bahan lain yang mendukung minuman dan makanan yang disajikan. Penting bagi Sedulur untuk memperoleh pasokan bahan berkualitas dengan harga yang kompetitif. Untuk itu, kerjasama dengan pemasok yang handal sangatlah penting.

2. Cek perjanjian sewa yang tepat

Jika modal buka cafe yang Sedulur miliki tidak mencukupi untuk membeli tanah dan bangunan untuk usaha cafe, opsi sewa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan. Namun, tentunya Sedulur tidak ingin harga sewa meningkat secara terus-menerus setiap tahun. Oleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan negosiasi ulang terkait harga sewa.

3. Riset pada kompetitor

Banyak orang yang terlibat dalam bisnis cafe. Agar Sedulur dapat tetap bersaing di pasar yang kompetitif, penting bagi Sedulur untuk melakukan riset tentang kompetitor. Riset ini meliputi berbagai aspek, seperti strategi pemasaran yang mereka terapkan, harga jual produk, kualitas rasa kopi, menu terbaru yang mereka tawarkan, dan lain sebagainya.

4. Pilih lokasi yang strategis

Pendirian sebuah cafe biasanya bertujuan sebagai alternatif tempat berkumpul atau sebagai tempat untuk bersantai sejenak. Oleh karena itu, pemilihan lokasi yang tepat menjadi prioritas utama serta menjadi modal buka cafe sejak awal.

5. Gunakan jasa online

Kerjasama dengan platform pengantaran pesanan online dapat menjadi solusi efektif untuk menyediakan layanan pengantaran kepada pelanggan. Layanan pengantaran sangatlah penting, mengingat banyaknya orang yang lebih memilih untuk memesan makanan atau minuman untuk dibawa pulang daripada mengkonsumsinya di cafe.

6. Buat menu yang orisinil

Salah satu faktor kunci kesuksesan sebuah cafe adalah memiliki menu makanan yang lezat dan unik dan menjadi modal buka cafe yang penting. Jika Sedulur memiliki resep autentik, pertimbangkan untuk mengemas secara luas dan menjadikannya sebagai menu utama dalam bisnis cafe Sedulur.

Nah itulah rekomendasi desain cafe instagramable yang bisa jadi rujukan Sedulur. Disertai dengan beberapa tips dalam menjalankan bisnis cafe yang bisa jadi pegangan Sedulur dalam menjalankan bisnis. Semoga artikel di atas membantu, ya!