desain cafe lesehan

Budaya ngopi dan ngobrol santai semakin menjamur di masyarakat Indonesia.Tidak heran jika kebiasaan ini menjadi peluang bisnis cafe terbuka lebar. Dimana Sedulur bisa mencoba beberapa desain cafe lesehan sebagai konsep usaha yang unik dan menarik.

Dengan bermodalkan tempat yang strategis dan nyaman, Sedulur bisa melengkapinya dengan gaya interior cafe yang menawan agar para pengunjung betah. Tapi jika Sedulur terkendala di masalah budget, desain cafe lesehan sederhana dan murah pun bisa jadi satu pilihan yang tepat. Dimana hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan desain cafe lesehan.

BACA JUGA: 13 Inspirasi Desain Cafe Instagramable, Unik dan Kekinian!

Rekomendasi Konsep Cafe Lesehan

Pexels/Cliff Booth

Bagi Sedulur yang tertarik untuk terjun ke usaha ini. Ada baiknya memikirkan beberapa hal penting yang dapat menunjang kenyamanan dari setiap pembeli.  Suasana yang membuat betah, fasilitas mumpuni, serta rasa hidangan yang nikmat juga dapat menjadi faktor penentu ramai atau tidaknya cafe Sedulur.

-->

Selain itu, desain interior yang oke juga dapat menarik lebih banyak pembeli. Apalagi jika kamu bisa menghadirkan spot-spot instagramable bagi para kaum hawa untuk berfoto. Berikut ini beberapa desain cafe lesehan minimalis sampai modern yang bisa dicoba.

1. Cafe lesehan sederhana

desain cafe lesehan
Pexels/Rachel Claire

Sedulur bisa mencontoh desain cafe lesehan dengan beberapa tempat lesehan model panggung. Cafe lesehan ini membuat sub petak ruangan kecil dengan masing-masing petak di sekat menggunakan ukiran kayu.

Duduk dan makan di cafe lesehan seperti ini sangatlah menyenangkan terlebih ditemani dengan iringan musik yang menambah suasana menjadi riang gembira.

2. Lesehan warna warni

Dinding cafe lesehan Sedulur bisa dicat dengan warna-warni sehingga menyerupai seperti pelangi. Pengunjung duduk di lantai yang di bentuk leter L dan dengan luas tidak terlalu lebar.

Di sisi kanan dari cafe ini dibuat panggok dari bambu dan kayu yang digunakan juga untuk para pengunjung duduk di situ.

3. Desain cafe lesehan ukuran kecil

Konsep yang digunakan cafe ini cukup sederhana. Sedulur bisa memilih beralaskan tikar dengan warna hijau dan meja makan yang tidak terlalu tinggi akan membuat nyaman para pengunjung yang datang. Terdapat pagar pada sisi sebelah kanan dengan dibalut cat yang berwarna hijau dan merah.

4. Desain cafe lesehan untuk tempat nongkrong

Desain cafe lesehan tempat nongkrong bisa sangat unik dan menarik. Untuk kursinya bisa dilengkapi dengan busa dan juga terdapat kursi plastik sebagai tambahan tempat duduk.

Sedulur pun bisa menyediakan juga tempat untuk lesehan beralaskan tikar. Pada dinding dari cafe dilengkapi dengan berbagai macam ornamen desain yang membuat cafe semakin keren dan elegan.

5. Cafe lesehan modern

Tempat duduk yang nyaman membuat para pengunjung akan betah berlama-lama di cafe. Sedulur bisa membuat bentuk cafe horizontal dan memanjang dengan dinding yang dicat menggunakan warna hitam elegan. Pada dinding cafe tersebut juga dilengkapi dengan pajangan beberapa gambar yang bisa dijadikan sebagai background selfie.

Sedulur hanya cukup menghadirkan meja yang tidak terlalu tinggi dan bantal empuk sebagai alas untuk duduk. Dengan mengaplikasikan desain ini, Sedulur tidak hanya dapat menghemat budget tetapi juga ruang yang ada.

6. Cafe lesehan kekinian

desain cafe lesehan
Pexels/Itsbeysa

Bentuk lampu yang menggantung pada atap sangat unik dan sangat selaras dengan warna utama dari cafe yang berwarna putih. Cafe konsep ini bisa Sedulur jadikan sebagai referensi ketika Sedulur akan membuat cafe sendiri dan mengusung tema serba putih.

7. Cafe lesehan dengan kolam ikan

Cafe ini menggunakan bahan dasar bambu sebagai ornamen utama. Bisa dibilang tema yang diusung cafe ini adalah outdoor dan terdapat kolam ikan. Setelah pengunjung kenyang menyantap makanan, mereka bisa memberi makan ikan-ikan emas yang sedang kelaparan.

8. Desain cafe lesehan minimalis modern

Ruangan dari cafe konsep ini disusun dengan rapi dan menggunakan sekat dari anyaman bambu. Ornamen lampu yang menggantung pada atap cafe akan memberi nuansa yang romantis dan mesra. Desain interior yang digunakan cafe ini sangat elegan dan menawan.

9. Cafe lesehan klasik

Cafe lesehan klasik terbilang cukup sederhana dengan dinding terbuat dari bambu dan hampir semua ornamen bisa menggunakan bambu. Pada dinding dari cafe bisa diberi pajangan oranamen-ornamen tambahan seperti wayang dan lain sebagainya. Tampilan pasti akan lebih menarik.

10. Desain cafe lesehan nuansa alam

Cafe lesehan konsep ini menyajikan suasana yang sejuk dan asri karena menggunakan konsep outdoor dan ditanami banyak pohon serta sebuah kolam ikan. Pengunjung akan merasakan ketenangan dan kedamaian. Cocok bagi Sedulur yang suka nuansa alam.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe di Pusat Kota Surabaya yang Cozy!

11. Desain cafe lesehan sederhana dari bambu

desain cafe lesehan
Pexels/Ksenia Chernaya

Konsep sederhana benar-benar tergambar dari desain cafe dengan serba bambu. Ruangan yang luas dibuat petak-petak kecil dengan menggunakan sekat dari anyaman bambu atau ukiran kayu. Bagian atas masing-masing petak diberikan penutup dari kayu atau bambu batangan.

Di dalam petak terdapat meja kecil dan beberapa bantal sebagai alas duduk. Agar tampak lebih menarik, gantungan lampu hias yang berbentuk kerucut dari anyaman rotan. Desain lesehan ini cocok untuk pengunjung yang ingin lebih privat.

12. Desain cafe lesehan dengan karpet motif dan bantal

Cafe lesehan bukan berarti tampak jadul dan kuno. Saat ini sudah mulai banyak berkembang cafe kekinian dengan konsep lesehan. Sedulur bisa membuat area lesehan ditempatkan di sebuah panggung sehingga lebih tinggi dari lantai bawah. Pelengkapnya adalah meja dan juga busa sebagai alas duduk.

Tanaman gantung minimalis dengan model panjang bisa menjadi tambahan ornamen yang unik. Di bagian dinding dibuat jendela besar memanjang agar ruangan lebih terang. Dominan warna putih pada dinding menyatu dengan lantai motif kayu.

13. Interior cafe lesehan model saung

Cafe dengan konsep saung ini juga tidak kalah menarik. Saung dibuat dari bahan dasar bambu, baik untuk alas, dinding hingga atapnya. Agar pengunjung semakin tertarik, Sedulur bisa membuat kolam dibagian bawah saung. Berikan ikan hias agar pengunjung dapat bermain-main dengan ikan.

14. Desain cafe lesehan minimalis modern

Beberapa pebisnis memilih mengusung konsep lesehan karena lebih praktis. Lesehan ini juga bisa menampung orang yang lebih banyak dibanding model kursi. Tempatnya lebih fleksibel dan tidak terbatas pada ketersediaan kursi.

Konsep lesehan minimalis modern ini membuat cafe lebih rapi. Sekat antar kotak menggunakan anyaman bambu. Untuk memberikan nuansa romantis, pilihlah lampu gantung berbentuk tabung dengan sinar warna putih.

15. Desain cafe lesehan outdoor modal minim

Cafe dengan konsep outdoor sedang banyak digandrungi para pemilik cafe. Memanfaatkan area terbuka menjadi sebuah taman yang diberikan tikar atau alas sebagai tempat duduk. Bisa juga menggunakan rumput sintetis dan beberapa tanaman di sekelilingnya.

Tempatkan beberapa alas duduk yang dilengkapi dengan meja pendek. Sedulur bisa juga memberikan bantal duduk atau bean bag. Untaian lampu hias bisa dipasang di dinding cafe dengan memilih lampu dengan warna kuning.

16. Konsep lesehan dengan aksesoris ornamen

Pexels/Taryn Elliott

Model cafe ini setiap ruangan dibuat dengan lantai kayu lesehan. Pada bagian dinding yang menghadap ke luar, dibuat bukaan dengan hiasan tirai yang bermotif. Alas untuk duduk dibuat agak tinggi dari lantai seperti panggung ditambahkan dengan bantal bantal bermotif.

Bagian dinding dan lantai menggunakan kombinasi warna dengan motif kayu. Tempatkan meja persegi panjang dan bantalan duduk mengelilinginya. Bagian luar cafe lebih sejuk jika dibuat taman dengan tanaman hijaunya.

17. Desain cafe lesehan ala rumah Jepang

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar rumah di Jepang menggunakan konsep lesehan. Dengan interior yang dibuat hampir mirip dengan rumah asli Jepang, membuat tampilan cafemu menjadi lebih unik.

Antar pengunjung tidak diberikan sekat pembatas. Hanya disediakan beberapa meja dan bantalan duduk. Pintu cafe menggunakan model geser seperti rumah Jepang pada umumnya. Dinding berwarna putih tanpa tambahan ornamen yang mencolok.

18. Konsep cafe lesehan Instagramable

Konsep instagramable menjadi magnet yang kuat untuk menarik pengunjung agar datang ke cafe yang Sedulur kelola. Cukup simpel saja dengan menutup seluruh dinding dan lantai menggunakan karpet warna hijau seperti rumput.

Pada bagian langit-langit digantungkan beberapa pot tanaman yang menjuntai ke bawah. Untuk tempat duduk menggunakan beanbag berwarna cerah agar lebih mencolok dibandingkan dengan tembok, ujung dinding dibuat bentuk setengah lingkaran dan diberi kaca sebagai akses melihat ke luar cafe.

19. Model warung kopi dengan ornamen rotan

Nongkrong di warung kopi menjadi pilihan asyik yang bikin betah. Konsep warung kopi bisa juga diterapkan untuk cafe Sedulur. Meja bar ditempatkan di ujung cafe paling dalam. Bagian depannya dibuat panggung yang tidak terlalu tinggi.

Antar panggung digunakan sebagai akses jalan untuk menuju meja order. Masing-masing disediakan meja dari bambu dengan ukuran pendek. Alas duduk menggunakan busa panjang. 

20. Mengusung konsep dekorasi rustic

Jika Sedulur memiliki modal yang cukup bisa mengadopsi konsep cafe rustic. Ruangan didesain dengan perabotan modern. Area lesehan menggunakan karpet berwarna putih bersih, sebagai alas duduk menggunakan sofa lesehan berwarna coklat.

Meja dibuat menggunakan material kayu yang menyatu dengan pagar di sisi luar area lesehan. Di bagian langit-langit terlihat luas bersih dan lega. Untuk memisahkan area lesehan dalam dan luar menggunakan sekat kaca transparan.

BACA JUGA: 18 Peralatan Cafe Untuk Memulai Bisnis Coffee Shop

21. Desain pagar kayu

desain cafe lesehan
Pexels/Phuong Nguyen

Konsep menggunakan pilihan warna untuk furniture dan interior yang sangat pas. Ruang konsep cafe ini bisa terbagi menjadi dua bagian. Pada area lesehan, dibuat kotak-kotak yang dipisahkan menggunakan pagar dari kayu.

Pada masing-masing kotak terdapat meja panjang dan bantal duduk dengan warna senada. Dinding area lesehan dibuat graffiti atau tempatkan lukisan berukuran besar dengan gambar alam. 

22. Desain cafe outdoor dengan sentuhan tanaman hijau

Konsep ini terbilang cocok untuk diadakan pada cafe outdoor. Karena pada cafe outdoor biasanya berada di kawasan dataran tinggi yang udaranya sejuk, serta tampak serasi bila membuat konsep pada cafe yang alami. Elemen-elemen alam dapat digunakan, seperti batu alam, maupun tanaman hijau.

Untuk bagian area lantainya dapat menggunakan decking kayu untuk meminimalisir kelicinan saat berjalan di atas permukaannya, karena sudah dibekali slip resistance, atau menggunakan batu kerikil yang dapat genangan air saat hujan. Sehingga, selain untuk penutup lantai dasar, akan terasa manfaatnya serta menambahkan kesan yang alami.

23. Desain cafe outdoor untuk nugas mahasiswa

Untuk desain cafe outdoor dengan gaya yang modern dan sedikit terkesan minimalis sangat cocok untuk Sedulur ingin bisa menghadirkan suasana yang ceria tanpa adanya dekorasi yang ada di dalamnya. Penggunaan warna serta pola akan menjadi salah satu kunci untuk bisa menghasilkan konsep cafe pada outdoor ini.

Sedulur bisa menyediakan tempat lesehan dan kursi sekalipun. Agar cafe outdoor benar-benar dapat terkesan modern dengan konsep yang minimalis yang cocok buat mahasiswa yang lagi nugas, jangan lupa menambahkan terminal colokan untuk mengisi daya laptop maupun handphone pada bagian bawah.

24. Desain cafe outdoor tema industrial

Selain desain cafe yang sudah banyak diminati oleh kaum kaum millennial, ada salah satu konsep desain cafe outdoor yang tidak kalah akan populernya, yakni konsep cafe dengan gaya industrial, karena bentuk serta gayanya yang terlihat sederhana serta tampil apa adanya.

Elemen dari dekorasi yang dibutuhkan pun tidak akan ribet serta banyak, cukup dengan meja dan kursi yang panjang atau yang terbuat dari beton hingga tempat lesehan dengan bantal tempat duduk yang empuk.

Untuk bagian lantai dasarnya bisa menggunakan lantai beton. Tambahkan juga tanaman hijau pada pot serta lampu-lampu sebagai penunjang aksen dekorasi tambahan. Supaya cafe outdoor bergaya industrial ini tidak terkesan dingin, kita perlu menggunakan aksen kayu. Dan juga hadirkan juga taman hijau yang menghiasi bagian dinding cafe.

25. Desain cafe semi indoor

Konsep desain cafe yang satu ini akan terbilang cukup unik karena bisa menghadirkan konsep indoor maupun outdoor dalam satu padu dengan konsep minimalis. Bagian penggunaan elemen materialnya bisa menggunakan kayu, mulai dari kursi, meja, lantai, bahkan plafon kayu.

Pada desain cafe semi-indoor ini mengundang para pengunjung untuk dapat menikmati udara yang sejuk tanpa dengan merasakan suasana yang sumpek.

26. Desain cafe outdoor gaya vintage

Pexels/Mikhail Nilov

Sebagai seorang pebisnis pemula yang sudah bergerak di bidang usaha cafe, tentunya akan membangun sebuah cafe minimalis dengan penggunaan lahan yang tidak terlalu luas serta tema yang cukup simple. Pastinya hal itu itu sangat diperlukan, maka kita dapat menggunakan gaya vintage serta shabby chic.

Pada elemen-elemen dekorasi yang diperlukan pun tidak memakan banyak, asalkan simpel serta bisa menyesuaikan dengan bagian konsep maupun gaya yang kita hadirkan pada dalam sebuah cafe tersebut. Pilihlah meja yang berdimensi kotak maupun lingkaran yang berukuran kecil begitupun pada tempat duduk lesehannya.

Sebagai pemanis, bisa ditambahkan juga tanaman hias kecil pada sudut ruangan maupun meletakkannya pada tengah-tengah meja, dan tidak lupa juga untuk menghiasi bagian dindingnya dengan bentuk bagian pajangan yang unik serta menarik maupun tanaman hias, bisa juga dengan tulisan-tulisan yang gaul maupun puitis.

27. Desain cafe outdoor bata ekspos

Jika ingin membuat cafe kecil di belakang rumah, maupun merancang bagian sisa lahan pada bagian rumah ala cafe, maka konsep desain sederhana yang satu ini bisa menjadi inspirasi.

Cara membuatnya dengan mengabaikan tembok bata tanpa diaci maupun dilapisi dengan semen. Kemudian bisa menambahkan tempat lesehan dengan bantal serta sejumlah dengan tanaman hias. Selain akan hemat pengeluaran, desain ini juga akan terlihat unik.

28. Desain cafe rumahan

Desain cafe outdoor yang selanjutnya ini dapat terlihat natural dengan bantuan penggunaan bambu serta bilik sebagai dapur sekaligus meja bar yang bersifat minimalis serta sederhana.

Tampilannya akan terlihat simpel ini juga dapat diterapkan untuk dapur terbuka di dalam rumah. Jangan lupa tambahkan tempat lesehan yang nyaman agar bikin pengunjung betah.

29. Desain cafe sederhana manfaat lahan kosong

Bila memiliki ruangan atau lahan yang tidak digunakan di rumah, kita dapat memanfaatkannya untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti untuk membuat cafe lesehan sederhana. Sedulur bisa membuat bangunan kecil berupa tempat untuk meracik pesanan minuman.

Di bagian luarnya bisa ditambahkan kursi maupun meja untuk tamu yang berkunjung. Agar terasa teduh serta nyaman, bisa juga untuk menambahkan tanaman maupun pepohonan di sekitar area tersebut dan di bawahnya area lesehan.

30. Desain cafe outdoor dengan halaman luas

Jika memiliki halaman rumah yang luas tentunya akan memberikan banyak sekali keuntungan untuk pemiliknya. Yang mana, bisa kita manfaatkan untuk menjadi sebuah cafe outdoor yang nyaman.

Cukup menambahkan beberapa furniture seperti sejumlah tempat lesehan yang disusun rapi. Dalam membuat suasana malam hari yang menjadi lebih hangat, kita juga bisa memberikan string lights berwarna kuning hangat.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Desain Dinding Cafe Kekinian yang Keren di 2023

31. Desain cafe kedai kopi

Pexels/Rdne Stock Project

Tema warkop menjadi sebuah konsep desain yang sangat cocok diaplikasikan pada cafe maupun kedai kopi. Bila suka akan konsep ini, jangan ragu lagi untuk menggunakannya untuk cafe rumahan. Selain nuansa yang unik, konsep desain ini juga terbilang mudah untuk diterapkan. 

32. Desain cafe skandinavia

Desain Skandinavia juga akan menjadi salah satu pilihan yang unik untuk cafe outdoor. Cara mendesainnya pun cukup dengan menghadirkan dominasi warna putih di dinding serta atap. Bila ingin mempercantik suasananya, kita dapat menambahkan elemen kayu pada lantai maupun meja.

33. Cafe semi outdoor dengan atap kaca bening

Bila ingin membuat cafe outdoor namun tetap terjaga dari panasnya sinar matahari maupun air hujan, maka dalam merancang cafe dengan konsep semi outdoor bisa jadi pilihan yang menarik.

Kita dapat memberikan kanopi dengan bentuk rangka kayu maupun kanopi alderon sehingga sinar matahari akan tetap menembus ke dalam cafe. Suasana pun akan terasa lebih nyaman serta teduh.

34. Desain cafe ala booth

Ketika ingin membuat cafe, Sedulur bisa mengadopsi konsep warkop namun dengan desain yang lebih kekinian. Sedulur bisa menyulap sebuah area kecil menjadi tempat meracik minuman dan makanan.

Sediakan jendela sebagai tempat pemesanan dan pengambilan. Dan jangan sampai lupa Sedulur juga bisa menyediakan beberapa beberapa bangku maupun lesehan sebagai tempat untuk bersantai.

35. Desain cafe sederhana ala green house

Terakhir, ada desain cafe ala green house yang bisa Sedulur jadikan sebagai salah satu inspirasi. Green house merupakan rumah kaca yang digunakan untuk merawat tanaman pada masa tertentu.

Belakangan ini, desain green house memang makin sering diaplikasikan pada cafe-cafe untuk memberikan tampilan yang menawan. Jika ingin menghadirkan desain ini, Sedulur harus menggunakan perpaduan kaca dan beton pada keseluruhan bangunan. 

Itulah tadi beberapa desain cafe lesehan yang komplit untuk Sedulur pilih. Kira-kira Sedulur mau suka yang mana nih? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi ya.