Daftar harga sembako memang tidak selalu stabil, mengingat banyak faktor yang turut mempengaruhi naik turunnya harga tersebut. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi ketidakstabilan harga sembako  adalah karena merupakan komoditas penting yang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Sembako, atau sembilan bahan pokok, selalu mengalami kenaikan bersamaan dengan naiknya harga BBM (bahan bakar minyak). Warung, toko, hingga pasar tidak segan untuk menaikkan harga sembako saat terjadi kenaikan pada harga BBM. Walaupun begitu, harga BBM tidaklah menjadi satu-satunya alasan di balik kenaikan harga sembako.

Pada setiap tahunnya, sembako mengalami pasang surut kenaikan harga. Ada tahun dimana harga sayur yang naik, tahun sebelumnya harga minyak dan gula.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik yang Paling Enak 2022

-->

Daftar Harga Sembako 2022 Paling Update

daftar harga sembako
Aplikasi Super

1. Beras

Daftar harga sembako 2022 yang pertama datang dari salah satu komoditas utama sekaligus makanan sehari-hari masyarakat Indonesia, yaitu beras. Beras menjadi penting untuk kita pantau bersama-sama harganya karena ia merupakan makanan pokok mayoritas masyarakat.

Di pasaran Indonesia sendiri sudah tersedia berbagai macam beras dengan kualitas dan harga yang beragam. Sedulur dapat memilih beras yang paling cocok dengan selera pribadi dan keluarga. Biasanya, semakin baik kualitas beras, maka akan semakin mahal juga harganya.

Saat ini, harga beras berkisar pada Rp9.000 per kilogram.

2. Daftar harga sembako gula pasir

daftar harga sembako
Depositphotos

Salah satu harga sembako yang kerap mengalami naik dan turun adalah gula pasir. Gula pasir menjadi salah satu bahan pokok yang biasanya ada di dapur. Hal tersebut dikarenakan banyak olahan makanan dan minuman kita yang menggunakan gula pasir sebagai pemanis utamanya. Maka dari itu, harga gula pasir harus selalu dipantau agar dapat disesuaikan dengan budget belanja bulanan atau kulakan Sedulur.

Saat ini, harga gula pasir berkisar pada Rp14.000 per kilogram.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik & Paling Enak 2022

3. Daftar harga sembako sayur dan buah

Sedulur penasaran dengan harga sembako hari ini Jawa Timur terutama yang berkaitan dengan sayur serta buah? Yuk, coba simak informasi singkatnya berikut ini!

Sayur mayur serta buah adalah salah satu bahan makanan yang sebaiknya ada di meja makan. Berbagai zat dan vitamin penting untuk tubuh berasal dari kedua bahan makanan tersebut. Sedulur tentunya tidak mau kan, kesehatan tubuh menjadi menurun dan akhirnya jatuh sakit karena jarang mengkonsumsi sayur dan buah?

Saat ini, harga sayur dan buah berkisar pada Rp1.900 hingga Rp200.000.

4. Daging dan ikan

daftar harga sembako
Depositphotos

Mengutip dari tabel harga kebutuhan pokok nasional teranyar di tahun 2022 ini, harga daging dan ikan sangat bervariasi. Daging serta ikan menjadi salah satu sumber protein favorit kebanyakan orang. Keduanya dapat diolah menjadi bermacam-macam hidangan yang tentunya tidak akan pernah membuat Sedulur bosan untuk menyantapnya setiap hari. Tetapi, harga kedua komoditas tersebut termasuk yang sering mengalami kenaikan.

Saat ini, harga daging kambing berkisar pada Rp108.000 per kilogram. Untuk harga daging sapi berkisar pada Rp99.000 per kilogram. Sedangkan harga daging ayam tercatat pada kisaran Rp29.500 per ekornya. Untuk harga ikan bandeng sendiri berkisar pada Rp33.000 per kilogram.

BACA JUGA: Perlu Dicatat, Ini Daftar Harga Gula Pasir 1 Kg Terbaru 2022

5. Minyak goreng

Ulasan daftar harga sembako hari ini datang dari minyak goreng, salah satu barang kebutuhan pokok yang sempat harganya melambung tinggi dan terjadi kelangkaan di berbagai daerah Indonesia beberapa waktu lalu.

Ada banyak sekali merek-merek minyak goreng yang tersedia di pasaran. Ukurannya pun juga bermacam-macam, mulai dari 1 liter, 2 liter, hingga 5 liter. Karenanya, Sedulur dapat dengan leluasa memilih mana minyak goreng favorit yang sesuai dengan kantong.

Untuk minyak goreng 1 liter, harganya berkisar pada Rp12.000 hingga Rp14.800. Untuk minyak goreng 2 liter, harganya berkisar pada Rp21.000 hingga Rp26.200. Untuk minyak goreng 5 liter, harganya berkisar pada Rp63.000 hingga Rp67.000.

6. Susu, teh, dan kopi

daftar harga sembako
Depositphotos

Susu, teh, dan kopi juga masuk ke dalam pembahasan daftar harga sembako sekarang. Susu sendiri merupakan salah satu pelengkap sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Banyak manfaat yang dapat Sedulur peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. Harga paling murah yang bisa Sedulur peroleh untuk satu kemasan susu adalah Rp3.500.

Untuk teh dan kopi sendiri, sebagai salah satu minuman wajib yang tersedia di dapur, Sedulur dapat memperolehnya dengan harga Rp6.000 per kotak (isi 25 kantong teh) dan Rp11.000 per kotak (isi 10 sachet kopi).

BACA JUGA: Daftar Harga Minyak Goreng 1 Liter Murah & Terlengkap 2022

7. Telur

Daftar harga sembako berikutnya datang dari telur. Telur menjadi alternatif apabila harga daging dan ikan sedang melambung tinggi. Pasalnya, nutrisi yang dikandung telur sendiri tidak kalah dengan bahan-bahan makanan lainnya.

Saat ini, harga telur ayam berkisar pada Rp24.000 per kilogram.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik yang Paling Enak 2022

8. Mie instan

Depositphotos

Tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkan hidangan di dapur? Salah satu solusinya adalah memasak mie instan. Ya, mie instan memang kerap menjadi pilihan santapan beberapa orang. Dengan bahan utama gandum, karbohidrat yang dikandung dalam mie instan hampir setara dengan porsi makan pada umumnya.

Saat ini, harga mie instan berkisar pada Rp2.000 per bungkusnya.

BACA JUGA: Perlu Dicatat, Ini Harga Wortel 1 Kg Terbaru 2022

9. Gas elpiji

Mayoritas masyarakat kita saat ini telah beralih ke gas elpiji sebagai salah satu kebutuhan memasak. Kompor dengan gas elpiji memang tergolong lebih efisien jika dibandingkan dengan kompor tungku yang apinya berasal dari kayu bakar atau kompor minyak yang harus menggunakan minyak tanah.

Saat ini, harga gas elpiji ukuran paling kecil (3 kilogram) berkisar pada Rp20.000.

10. Garam

Depositphotos

Pelengkap rasa hidangan mayoritas masakan Indonesia adalah garam. Garam dapat membuat rasa masakan menjadi lebih gurih, tentunya akan membangkitkan selera makan mereka yang menyantapnya.

Saat ini, harga garam berkisar pada Rp2.000 untuk ukuran kecil, sedangkan untuk ukuran besar berkisar pada Rp13.900.

11. Gula merah

Saat ini, harga gula merah di pasaran berkisar pada harga Rp4.200 untuk jenis curah ½ kilogram dan Rp2.500 untuk jenis curah ¼ kilogram.

12. Tepung beras

Depositphotos

Mencari daftar harga sembako dari tepung beras? Sedulur dapat memperoleh tepung beras merek kenamaan Indonesia dengan harga Rp4.200 untuk ukuran 500 gram dan Rp2.200 untuk ukuran 250 gram.

13. Bumbu dapur

Salah satu komoditas yang paling dicari ibu rumah tangga dan pemilik warung sembako adalah bumbu dapur. Cabai merah keriting harganya berkisar pada Rp26.700 per kilogram. Cabai merah besar harga berkisar pada Rp33.000 per kilogram. Cabai rawit merah harganya berkisar pada Rp29.000 per kilogram. Cabai rawit hijau harganya berkisar pada Rp25.000 per kilogram. Sedangkan untuk bawang putih dan bawang merah, harganya di pasaran adalah Rp22.000 hingga Rp35.000 per kilogram.

14. Margarin

Depositphotos

Penasaran berapa daftar harga sembako dari margarin? Salah satu merek margarin terkenal di Indonesia dibanderol dari harga Rp6.500 hingga Rp9.000 saja.

Kulakan Sembako di Aplikasi Super, Agar Tetap Untung Walau Daftar Harga Sembako Naik

daftar harga sembako
Aplikasi Super

Ketika harga sembako naik, dampaknya akan menular kemana-mana. Ibu rumah tangga, pemilik warung, bahkan hingga distributor akan sangat terbebani. Kulakan sembako pun menjadi hal yang sangat berat untuk dilakukan.

Harga sembako di Aplikasi Super cenderung stabil, walaupun naik tidak mengalami kenaikan yang ekstrem. Hal ini dilakukan Aplikasi Super tentu saja untuk memberikan pelayanan maksimal kepada Sedulur dan juga dapat memberikan keuntungan melimpah. Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat melalui perbaikan perekonomian. Tingkat perekonomian meningkat, kesejahteraan hidup turut demikian.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan Aplikasi Super demi mendapatkan harga sembako yang murah!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.