Menjalankan toko kelontong merupakan bisnis yang memiliki prospek menjanjikan.

Toko kelontong dianggap sebagai sebuah usaha atau bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak seperti warung atau toko biasa, toko kelontong diminiati karena bisa memberikan pemasukan yang lebih besar dibandingkan warung atau toko biasa.

Hal tersebut dikarenakan kulakan sembako di toko kelontong dianggap lebih murah dan mudah, karena bisa kulakan atau belanja dalam jumlah besar. Sehingga memberikan berbagai keuntungan, baik bagi pembeli maupun bagi pemilik usaha toko kelontong.

Toko kelontong atau di beberapa daerah sering disebut sebagai warung sembako, merupakan sebuah usaha yang bisa mendatangkan untung. Dengan toko kelontong modal 20 juta, toko kelontong bisa menjual apa saja dan menjadi usaha toko kelontong grosir yang berkembang.

-->

Terdapat beberapa cara meningkatkan omset toko kelontong bagi Sedulur Super yang tertarik untuk menggeluti usaha toko kelontong sederhana. Apa saja tips dan caranya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Ini Kata Mitra Super Center tentang Aplikasi Super

Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Agar Untung Jutaan

1. Lokasi yang Tepat dan Strategis

Tips sukses toko kelontong pertama adalah lokasi. Lokasi menjadi poin penting karena Sedulur Super dapat menjangkau konsumen lebih banyak jika memiliki tempat yang strategis. Mendirikan toko kelontong di tempat yang kurang strategis sama saja dengan mematikan usaha sendiri.

Tentu bukan hal tersebut yang Sedulur Super inginkan. Melihat betapa pentingnya lokasi, maka pemilihan lokasi tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada kriteria yang harus Sedulur pahami berkaitan dengan pemilihan lokasi usaha.

Kriteria yang dimaksud berkaitan dengan visibilitas yang baik, atau mudah terlihat oleh calon pembeli. Tempat yang memiliki visibilitas baik akan sangat membantu memperkenalkan toko kelontong Sedulur Super.

Semakin tinggi lalu lintas orang di sebuah lokasi, maka semakin mudah usaha orang-orang menemukan toko kelontong yang Sedulur Super miliki. Selain itu, karena lokasi sudah mudah ditemukan, biaya promosi untuk mengajak pembeli menemukan toko kelontong Sedulur pun semakin minim.

2. Pertimbangkan Akses ke Toko Kelontong

Setelah memiliki lokasi yang tepat dan strategis, hal yang selanjutnya harus dipikirkan adalah akses. Akses jalan dan akses parkir toko kelontong sangat mudah. Inilah keunggulan yang biasanya dimiliki oleh minimarket atau supermarket yang menjadi pesaing utama dari setiap toko kelontong.

Mereka mendirikan toko dengan akses jalan yang mudah dan menyediakan lahan parkir yang cukup luas sehingga para konsumen dapat datang untuk berbelanja dengan lebih nyaman. Sedulur Super bisa meniru strategi ini untuk meningkatkan visibilitas dan kenyamanan para konsumen saat berbelanja.

Perihal area parkirnya berbayar atau tidak, tergantung kebijakan dari Sedulur itu sendiri. Hanya saja perlu diingat, parkir berbayar berarti Sedulur Super wajib bertanggung jawab apabila ada konsumen yang kehilangan kendaraan atau aksesorisnya.

Baca Juga: Alasan Kenapa Sedulur Harus Belanja Sembako pakai Aplikasi Super!

3. Ketahui Siapa Konsumen Toko Kelontong

Pada akhirnya, konsumen adalah segalanya. Sedulur Super bisa mempersiapkan dengan matang segala sesuatu untuk toko kelontong, namun jika gagal mendapatkan konsumen, toko kelontong Sedulur Super tetap saja akan gagal.

Walaupun tempat strategis, akses jalan sangat mudah dan setiap sembako di toko Sedulur lengkap, namun jika tidak ada konsumen atau sedikit sekali pembeli, lama kelamaan toko kelontong Sedulur akan bangkrut juga.

Faktor pada poin ini yang akan menentukan kesuksesan dan kegagalan sebuah bisnis. Tanpa kepekaan terhadap konsumen, Sedulur Super akan kesulitan dalam menentukan strategi ke depan.

4. Lakukan Riset dan Survey

Salah satu cara untuk mengetahui siapa konsumen toko kelontong Sedulur, produk apa yang harus Sedulur jual di Toko Kelontong adalah dengan melakukan riset dan survey.

Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang siapa target konsumen dari toko kelontong Sedulur. Observasi kebutuhan apa yang paling tinggi, lalu tentukan akan fokus menjual sembako apa toko kelontong yang Sedulur jalani.

Di era global dengan persaingan ketat saat ini, satu-satunya cara supaya toko kelontong bisa bertahan adalah dengan benar-benar mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen setempat. Menjual produk-produk yang sesuai dengan selera dan perilaku mereka sangat menentukan kesuksesan dari sebuah toko kelontong.

5. Peralatan Toko Kelontong

Jika diibaratkan dalam sebuah perang, peralatan dan perlengkapan toko kelontong merupakan senjata yang harus Sedulur miliki. Peralatan seperti etalase, meja, kursi, rak harus sedulur miliki untuk menyimpan sembako yang akan Sedulur jual.

Perlengkapan seperti keranjang belanja bagi pengunjung pun harus Sedulur pikirkan. Karena ini berkaitan dengan kenyamanan pelanggan. Hal itu akan mempengaruhi pelanggan untuk kembali belanja ke toko kelontong yang Sedulur jalankan.

Jangan lupa juga untuk desain toko kelontong minimalis agar memunculkan kesan toko kelontong modern. Hal ini juga baik untuk citra toko kelontong agar dapat masuk ke daftar toko kelontong yang harus dikunjungi oleh konsumen.

6. Tata Letak Barang di Toko Kelontong

Selain itu, letak sembako yang Sedulur simpan juga akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Semakin rapi dan tertata barang yang Sedulur jual, akan semakin memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang akan diberi.

Terutama jika Sedulur menjual sembako seperti beras, telur, minyak dan gula. Kebersihan toko harus ekstra diperhatikan. Karena menjual barang sembako biasanya akan cepat membuat toko kontor dan berbau.

Hal ini harus dipikirkan oleh Sedulur, untuk memastikan pelanggan tetap nyaman berkunjung dan membeli barang danganan Sedulur. Termasuk juga terus mempertahankan desain toko kelontong minimalis dan mempertahankan kesan toko kelontong modern.

7. Rencanakan Usaha Toko Kelontong dengan Matang

Apapun bisnis yang dijalankan, perencanaan yang sangat matang merupakan hal yang sangat penting. Perencanaan seputar riset pasar, berapa modal untuk memulai, produk sembako apa yang akan dijual, penyuplai sembako mana yang harus dipercaya, dan siapa target pembeli yang harus dituju.

Semuanya harus dipikirkan secara matang. Karena, di awal membuka toko kelontong biasanya pembeli akan sepi. Mental pengusaha Sedulur akan diuji dalam hal ini. Bagaimana Sedulur dapat memikirkan inovasi dan promosi yang tepat agar dapat menjaring para pembeli.

Terutama di tengah kondisi seperti saat ini yang sedang berada di masa pandemi virus corona. Rencana bisnis harus diukur sematang dan sebaik mungkin, seperti melakukan pembukuan dan melakukan berbagai cara yang sesuai dengan kemampuan Sedulur.

Dalam hal ini, visi dan misi Sedulur sebagai pebisnis akan diuji. Mentalitas Sedulur akan ditempa dan bagaimana Sedulur kemudian akan lahir sebagai pebisnis di bidang sembako yang sukses pun berawal dari tahapan ini.

8. Lakukan Promosi

Salah satu rencana yang penting untuk dilakukan adalah melakukan promosi dan diskon. Setiap pembeli sangat menyukai diskon. Lakukan promosi super secara berkala, dengan memberikan potongan harga. Jika Sedulur berpikir akan sulit memberikan diskon karena akan sulit mendapatkan keuntungan.

Sedulur bisa menyiasati dengan menjadi agen penyalur atau penyuplai barang yang dapat memberikan harga murah kepada Sedulur. Dengan mendapatkan harga beli barang sembako yang murah, Sedulur juga bisa menjual lebih murah dan menjadikannya sebagai sebuah promosi dan diskon.

Pembeli akan semakin berdatangan ke toko kelontong yang Sedulur jalankan. Karena pada dasarnya setiap pembeli dan pelanggan sangat menyukai harga murah dan diskon yang gila-gilaan.

9. Persiapkan Berkas-Berkas Penting

Sebagaimana bisnis-bisnis pada umumnya, mempersiapkan berkas-berkas merupakan hal penting.  Hal ini mencegah Sedulur dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ancaman pidana dan perkara hokum lainnya.

Hal yang normal untuk disiapkan bagi para pengusaha adalah menjalankan usaha perseorangan yang dijalankan oleh mereka sendiri adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), sejalan dengan UU nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Jika Sedulur tidak memiliki SIUP, Sedulur bisa terkena pidana 4 tahun penjara atau harus membayar denda sekitar 10 milyar rupiah. Hal tersebut sudah pasti tidak ingin Sedulur alami. Bukannya untung Sedulur malah buntung dan mendapatkan kerugian.

Beberapa berkas juga penting lain yang harus disiapkan adalah, surat Perjanjian Sewa Menyewa, Izin Mendirikan Bangunan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Berkas-berkas dasar yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diurus.

10.   Analisis Pergerakan Kompetitor

Selain memikirkan toko kelontong yang Sedulur jalankan, mempelajari, memahami dan mengerti pergerakan dari kompetitor-kompetitor juga merupakan satu hal yang penting. Lakukan analisis karena akan sangat berguna bagi keberlangsungan toko kelontong Sedulur.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dari toko kelontong competitor sekaligus juga mengevaluasi segala kekurangan yang Sedulur miliki dalam menjalankan toko kelontong.

Sedulur Super juga bisa tahu apa yang bisa dikembangkan untuk bersaing dengan kompetitor dan mengambil celah dari kekurangan mereka supaya toko kelontong Sedulur bisa menjadi yang terdepan di kelasnya.

11. Gabung Bersama Aplikasi Super

Apakah ada agen penyuplai atau pemasok sembako super yang memberikan harga murah? Jawabannya tentu saja ada. Sedulur hanya perlu menggunakan Aplikasi Super untuk membuktikannya.

Aplikasi Super merupakan sebuah platform yang menjaring beberapa pengusaha sembako dan menawarkan harga yang murah. Sedulur bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan menjualnya kembali sehingga Sedulur bisa mendapatkan untung dengan aplikasi kulakan satu ini.

Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki wadah bernama Mitra Super Center, atau Supercenter atau dikenal juga dengan nama Supermitra. Sedulur bisa bergabung menjadi bagian Mitra Super Center dan akan ada banyak potongan harga, dan Sedulur juga akan mendapatkan pelatihan seputar bisnis.

Lebih penting lagi, Sedulur akan diprioritaskan jika melakukan pembelian barang. Melalui Aplikasi Super juga Sedulur tidak perlu repot bepergian untuk membeli sembako atau barang dagangan. Sedulur hanya perlu memilih barang melalui aplikasi, dan Super Agen akan mengantarkan barang yang Sedulur beli.

Selain itu, Sedulur tidak perlu memikirkan biaya ongkos kirim, karena Aplikasi Super memberikan gratis ongkir untuk setiap pembelian barang melalui aplikasi.

Apakah Sedulur semakin yakin dan mantap untuk memulai usaha sembako dan toko kelontong? Jika iya, Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super dengan klik di sini untuk download Aplikasi Super dan rasakan langsung kemudahannya. Jangan lupa juga pelajari cara daftar Aplikasi Super, ya.