contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesainga

Sedulur sedang mencari ide untuk menjalankan sebuah wirausaha? Mungkin deretan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini bisa menjadi pilihanmu. Sedulur juga bisa menentukan jenis usaha yang cocok dengan kemampuan dan passion agar bisnis bisa dilakukan dengan perasaan senang.

Memulai bisnis memang tidak mudah, apalagi jika modal yang dimiliki terbatas. Perlu memilih contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing agar bisa merintis dari nol. Nah, agar Sedulur bisa sukses berwirausaha, mari simak deretan contoh usaha dan tipsnya berikut ini ya!

BACA JUGA: 19 Franchise untuk Pemula, Modal Kecil Untung Berlipat!

Rekomendasi Usaha Rumahan

Aplikasi Super

 

-->

Berikut deretan usaha dari rumah yang sangat potensial dan bisa beri banyak untung.

1. Laundry

Usaha modal kecil yang pertama adalah membuka jasa cuci baju atau laundry. Seperti yang Sedulur ketahui mencuci baju merupakan hal yang sangat berat untuk dilakukan. Namun baju bersih sangat penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Jadi tidak heran jika usaha laundry bisa sangat laku karena kebutuhan baju bersih sangat penting bagi banyak orang.

2. Toko kelontong

Toko kelontong merupakan usaha modal kecil yang sangat potensial. Hal ini tak lepas dari peran toko kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga yang memiliki permintaan tinggi setiap harinya.

Terlebih lagi, usaha toko kelontong bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat. Bagi Sedulur yang tertarik membuka usaha kelontong, bisa mencoba menjadi Super Agen dan berbelanja langsung di Aplikasi Super.

3. Isi ulang air minum

Banyak masyarakat yang menggunakan air minum kemasan, baik dalam bentuk galon atau botol membuat bisnis isi ulang jadi sangat menarik. Apalagi usaha ini termasuk dalam bisnis bermodal kecil yang sangat mudah untuk dilakukan. Sedulur bisa melakukannya sendiri di rumah dengan membuat investasi pada mesin isi ulang air yang tidak terlalu mahal.

4. Toko sembako

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah menjual sembako. Sedulur bisa berfokus pada satu jenis sembako seperti beras dan menjualnya dalam skala kecil dengan bantuan e-commerce. Sedulur juga bisa kulakan dengan mudah lewat ponsel dengan Aplikasi Super karena tersedia banyak jenis sembako yang bisa dibeli untuk dijual kembali.

5. Reseller online

Salah satu usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah adalah menjadi reseller atau dropshipper di toko online. Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi reseller toko online walaupun termasuk dalam usaha kecil.

6. Usaha tanaman hias

Jenis usaha modal kecil yang sedang naik daun adalah menjual tanaman hias. Bisnis ini bisa sangat menguntungkan karena tanaman yang dijual selalu memiliki kenaikan nilai tiap ada tren baru. Tanaman hias juga menjadi salah satu komponen utama dalam sebuah rumah baik untuk dijadikan interior atau sistem sirkulasi udara.

7. Berjualan pulsa

Membuka usaha menjual pulsa dan token juga sangat menjanjikan jika Sedulur jalankan di desa. Usaha modal kecil di desa satu ini sangat dibutuhkan, terutama di tengah penggunaan gadget yang saat ini sangat tinggi penggunaannya.

8. Cuci motor dan mobil

Usaha cuci motor adalah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Terutama jika Sedulur membuka usaha cuci motor di desa. Hal ini lantaran adanya kebiasaan masyarakat di desa yang masih mencuci motor sendiri. Dengan peluang yang terbuka tersebut, usaha cuci motor akan sangat laku ketika memasuki musim hujan.

9. Usaha parcel

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah bisnis parcel dan hampers. Usaha satu ini biasanya akan mendapat banyak pesanan ketika memasuki momen Hari Raya ataupun perayaan Natal dan Tahun Baru.

10. Bisnis mainan anak

Salah satu bisnis modal kecil yang menarik untuk dicoba selanjutnya adalah menjual mainan anak. Kita bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dengan menjual mainan anak-anak. Karena anak-anak akan mudah tergiur dengan mainan.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal Kecil, Banyak Cuan untuk Pemula

Rekomendasi Usaha Kuliner

Archdaily

Berikut deretan bisnis dan usaha kuliner paling populer sekarang ini.

11. Warung makan pagi

Peluang usaha modal kecil makanan dengan menjual sarapan muncul karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang jarang memasak di pagi hari. Untuk mengatasi rasa lapar di pagi hari, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli sarapan ketimbang membuatnya sendiri.

12. Minuman boba

Sedulur tentunya sudah pernah mendengar bisnis minuman kekinian ini, ya. Minuman boba memiliki banyak nama lain yang biasa orang sebutkan, seperti bubble tea, pearl milk tea, bubble milk tea, tapioca milk tea, boba tea, dan lain sebagainya. Pada umumnya, minuman ini terdiri dari teh, kemudian dicampur dengan susu.

13. Warung kopi

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah warung kopi. Apalagi Indonesia sebagai negara penghasil kopi, sudah sangat wajar berbagai kreasi kopi dijadikan sebagai ide bisnis masyarakat. Mulai dari es kopi susu, hingga kopi tubruk dijadikan sebagai ide menarik untuk warungmu.

14. Toko roti

Usaha kuliner menjual kue dan roti juga bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi. Terutama jika Sedulur membuat kue dan roti dengan rasa yang manis dan disukai oleh para pembeli. Apalagi, jika Sedulur mempunyai produk kue dan roti yang khas yang tidak dimiliki oleh toko lainnya.

15. Usaha jus buah

Tidak ada yang meragukan manfaat dari jus buah untuk kesehatan tubuh. Buah yang mengandung banyak serat dan manfaatnya yang dibutuhkan oleh tubuh karena kandungan gizi dan nutrisi dari buah, hal tersebut yang menjadikan jus buah sangat cocok dijadikan sebagai bisnis minuman.

16. Berjualan snack kiloan

Contoh usaha modal kecil selanjutnya adalah bisnis snack kiloan. Hal yang membuat usaha kecil-kecilan ini menjadi menguntungkan adalah karena banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai cemilan. Mulai dari cemilan manis, asin hingga pedas. Oleh karena itu, contoh usaha kecil-kecilan satu ini sangat menguntungkan untuk dilakukan.

17. Usaha kue kering

Contoh usaha kecil-kecilan ini sudah sangat terbukti mampu mengantarkan keuntungan yang sangat melimpah. Terutama jika menjual usaha kue kering pada momen-momen spesial seperti Hari Raya Idulfitri atau lebaran. Biasanya kue kering akan sangat laku jika dijual pada saat hari raya, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijadikan hantaran.

18. Bisnis frozen food

Usaha satu ini merupakan contoh usaha kecil yang bisa Sedulur coba. Karena saat ini banyak masyarakat yang menyukai makanan beku dikarenakan daya tahannya yang sangat lama. Bisa kita lihat di setiap supermarket pasti tersedia banyak makanan beku yang ditawarkan.

19. Catering makanan

Membuka usaha katering bisa menjadi contoh usaha yang menarik untuk Sedulur. Apalagi jasa makanan ini tak hanya dibutuhkan dalam acara skala besar saja, tapi juga mulai beralih pada kebutuhan individu dan berskala kecil.

20. Jualan es kelapa

Patut bersyukur bagi Sedulur yang tinggal di Indonesia karena bisa dengan sangat gampang menemukan buah kelapa. Hal tersebut dikarenakan, kelapa menjadi salah satu buah favorit banyak orang, hal ini disebabkan karena kelapa bisa membuat tubuh menjadi segar dan tidak mudah lelah.

BACA JUGA: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Beserta Tips Menjalankannya

Rekomendasi Usaha Kreatif

apa itu side hustle
Startup Nation

Berikut ini deretan usaha yang bergerak dibidang kreatif yang bisa Sedulur coba.

21. Rental PS

Dunia game saat ini selalu mengalami perkembangan yang semakin hari semakin canggih. Membuka rental PS merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang sangat menguntungkan yang sudah dijalankan sejak dulu oleh beberapa orang.

22. Sewa peralatan kamera

Zaman serba digital seperti sekarang, bisnis sewa kamera dan peralatan fotografi sangat digandrungi. Terlebih gak sedikit para fotografer dan videografer yang membutuhkan kamera serta perlengkapan lainnya untuk kebutuhan proyek mereka. Mengingat harga peralatannya yang mahal, tentunya modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

23. Agensi desain grafis

Masih berkaitan dengan dunia digital marketing, desainer grafis merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang tengah disorot beberapa tahun belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan tingginya kebutuhan akan visual yang saat ini sedang tinggi. Selain karena kebutuhan visual, era digital juga sangat mempengaruhi lahirnya desainer grafis sebagai sebuah peluang usaha.

24. Jasa content writer

Profesi satu ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Bagi yang memiliki minat dan ketertarikan dalam urusan menulis dan dunia literasi, bisa mencoba profesi satu ini sebagai sebuah usaha yang sangat menguntungkan.

25. Konsultan digital marketing

Konsultan digital marketing mulai dilirik dan mendapatkan perhatian karena besarnya peran media sosial dalam sebuah bisnis. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menggunakan jasa digital marketing satu ini. Dan yang paling penting, Sedulur bisa menjalankan usaha ini dari rumah.

26. Kerajinan tangan

Contoh usaha selanjutnya adalah menjual kerajinan tangan, terutama kerajinan tangan yang unik dan menarik. Selain itu, menjalankan usaha ini membuat kita bisa memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita mulai dari plastik, kayu, dan besi.

27. Jasa foto dan video

Bisnis fotografi adalah salah satu jenis usaha yang mengandalkan kreativitas dan keahlian dalam mengabadikan momen dengan kamera. Ini adalah bisnis yang menarik bagi individu yang memiliki kemampuan fotografi yang baik dan hasrat untuk mengabadikan momen berharga.

28. Konsultan desain interior

Dalam layanan desain interior, Sedulur tidak hanya merancang ruang, tetapi Sedulur juga menggambarkan cerita tentang orang yang menghuni ruang tersebut. Setiap elemen yang Sedulur pilih memiliki arti dan tujuan, membentuk lanskap visual yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidup klien Sedulur. 

29. Rental mobil dan motor

Contoh usaha kecil-kecilan ini memang lumayan membutuhkan modal di awalnya, namun walaupun begitu juga usaha rental mobil dan motor masih termasuk usaha yang menarik. Peluang usaha ini akan sangat strategis jika kita membukanya di daerah wisata.

30. Jasa wedding organizer

Membuka wedding organizer merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Banyak pasangan yang akan menikah membutuhkan jasa wedding organizer. Kecenderungan menggunakan wedding organizer saat ini telah menjadi sebuah tren dalam sebuah pernikahan.

BACA JUGA: 30+ Ide Bisnis Sewa Paling Laris yang Anti Sepi & Untung Besar!

Rekomendasi Usaha Fashion

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing
Pinterest

Berikut ini deretan usaha yang berhubungan dengan dunia fashion dan kecantikan.

31. Usaha jahit pakaian

Ide bisnis kreatif yang akan sangat menguntungkan yang pertama adalah membuka jasa jahit pakaian. Membuka usaha jahit akan mengantarkan keuntungan. Karena saat ini banyak masyarakat yang menginginkan pakaian yang diatur sesuai selera fashion masing-masing.

32. Thrift Shop

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis thrift shop atau penjualan barang bekas telah menjadi pilihan yang menarik dan populer, terutama di kalangan generasi muda dan pecinta mode. Peluang ini menawarkan berbagai macam barang dengan harga terjangkau dan kualitas yang tetap baik.

33. Jasa sewa kostum

Bisnis penyewaan kostum adalah usaha yang menghadirkan pelanggan kesempatan untuk menyewa berbagai kostum untuk berbagai acara dan keperluan. Bisnis ini memiliki potensi yang baik, terutama jika Sedulur berlokasi di area dengan banyak acara kostum, seperti pesta Halloween, acara cosplay, atau pesta tema.

34. Jasa tukang cukur

Barber shop merupakan salah satu contoh usaha modal dengan peluang usaha tinggi. Usaha potong rambut telah lama berjalan dan dilakukan banyak orang,. Namun potong rambut dengan konsep barbershop merupakan sesuatu yang baru.

35. Jual skincare

Bisnis produk kecantikan dan perawatan kulit adalah salah satu peluang bisnis menjanjikan yang dapat dijalankan dengan modal sekitar 10 juta. Kecantikan dan perawatan kulit merupakan tren yang terus berkembang, terutama di era saat ini di mana banyak orang peduli dengan penampilan dan kesehatan kulit mereka.

36. Make up artist

Dalam era di mana tampilan fisik sering kali dipertimbangkan sama pentingnya dengan kepribadian, keahlian Sedulur sebagai make up artist memiliki arti yang lebih mendalam. Sedulur tidak hanya merias wajah, tetapi Sedulur juga memberikan peluang seseorang jadi lebih cantik. 

Demikian tadi deretan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan bisa Sedulur coba. Agar bisa sukses dalam suatu usaha, tentu diperlukan kerja keras dan mental tidak kenal menyerah. Jadi selamat berusaha dan good luck ya Sedulur!