Rekomendasi bisnis sewa paling laris

Bisnis persewaan semakin dilirik karena kamu tidak membutuhkan banyak karyawan. Dalam bisnis sewa, pemilik barang atau jasa menawarkan penggunaan sementara kepada penyewa dengan imbalan biaya sewa. Dari banyaknya jenis persewaan, ada beberapa bisnis sewa paling laris.

Untuk itu berikut inspirasi bisnis sewa yang bisa menjadi pilihan kamu. Yuk, simak apa saja pilihannya di bawah ini!

BACA JUGA: 180+ Nama Usaha yang Bagus dan Dijamin Bawa Hoki!

1. Bisnis sewa motor

Rekomendasi bisnis sewa paling laris
Tripadvisor

Bisnis sewa motor menjadi salah satu peluang yang punya potensi besar untuk menghasilkan keuntungan. Pasalnya, jumlah peminat sewa motor juga cukup tinggi. Saat ini bisnis ini masih menjadi andalan dan difavoritkan banyak orang. Tapi tentu saja kamu harus membuat SOP penyewaan agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan seperti motor hilang dan lainnya.

2. Bisnis sewa mobil

Saat ini banyak orang yang belum memiliki mobil pribadi. Tapi mereka membutuhkannya untuk keperluan tertentu. Jadi, bisnis sewa mobil bisa menjadi pilihan. Ada dua sistem ketika rental mobil, yaitu menyediakan driver dan lepas kunci. Sedangkan untuk waktu penyewaan bisa per jam, per hari, per minggu atau bahkan bulan.

3. Rental bus pariwisata

Rental bus pariwisata memang membutuhkan modal yang sangat besar karena harga bus tentu lebih mahal dibandingkan harga mobil. Jenis bus pariwisata juga banyak, seperti mini bus, medium bus, junior bu,s dan big Bus. Perbedaanya tentu pada kapasitas penumpangnya.

4. Sewa rumah

Bisnis sewa rumah atau kontrakan merupakan bisnis yang menjanjikan karena semua orang pasti membutuhkan tempat tinggal. Terutama jika lokasi rumah sewamu tidak jauh dari lingkungan perkantoran atau kampus, pasti banyak perantau yang mau menyewa.

5. Bisnis kos-kosan

Sama seperti rumah, bisnis kos juga cocok di lingkungan yang gak jauh dengan kampus atau perkantoran. Membuka bisnis kos-kosan membuat kamu bisa memperoleh pendapatan pasif dan berulang dari penyewa. Tapi tentu saja modal untuk membuat kos tidak sedikit dan membutuhkan lahan.

6. Sewa kamar harian

Sekarang sewa kamar harian juga menjadi pilihan banyak orang selain kos atau kontrakan. Bisnis ini memiliki banyak peminat, apalagi jika memiliki rumah yang lokasinya strategis, seperti dekat perkantoran, kampus, atau tempat wisata. Target pasarmu biasanya adalah generasi muda yang membutuhkan akomodasi tempat tinggal di dekat kampus atau tempat kerja atau bahkan wisatawan.

7. Bisnis sewa lahan

Aset lain yang bisa disewakan adalah tanah atau lahan. Bentuk penyewaan lahan bisa bermacam-macam. Misalnya menyewakan seluruh area lahan kepada perusahaan untuk dijadikan gudang atau sebagai lahan parkir. Bisnis ini juga bisa berlaku jangka panjang yang untuk pembangunan pabrik atau kompleks properti komersial.

8. Rental Playstation (PS)

Peluang bisnis sewa ini masih sangat terbuka karena pengguna PS ini dari kalangan usia anak hingga orang dewasa. Terlebih lagi tidak semua orang bisa membeli PS yang harga relatif mahal. Kamu bisa merentalkan PS mulai dari PS 2, PS 3, PS 4 dan PS 5.

9. Bisnis sewa alat konstruksi

Bisnis sewa paling laris selanjutnya adalah sewa alat konstruksi, seperti ekskavator, buldoser, genset, atau crane. Barang-barang ini diminati oleh perusahaan konstruksi. Mereka menyewa peralatan untuk kebutuhan proyek. Tentunya menyewa akan lebih menghemat budget dibanding harus membeli atau memiliki peralatan tersebut secara permanen.

10. Sewa tenda

Sampai sekarang jenis usaha ini tidak pernah sepi, karena pasti ada saja orang yang membutuhkan tenda seperti untuk resepsi, acara pengajian hingga yang berduka cita. Agar usaha ini mendapat banyak pelanggan, kamu harus menyewakan berbagai jenis tenda mulai dari yang kecil hingga besar.

BACA JUGA: 30+ Contoh Usaha Modal Kecil, Untung Besar dan Menggiurkan!

11. Sewa lapangan olahraga

Pinterest

Banyak sekali lapangan yang sering disewakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk futsal, basket, bulu tangkis, dan lainnya. Kam bisa menyewakan salah satu jenis lapangan atau bahkan semuanya. Untuk memulai usaha ini tentu kamu harus memiliki perencanaan yang matang karena modalnya tidak sedikit dan membutuhkan lahan.

12. Bisnis sewa alat pesta

Selain tenda yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mencoba bisnis sewa alat pesta seperti meja, kursi, peralatan audio visual, dan lain sebagainya. Nantinya pelanggan bisa menyewa peralatan tersebut untuk kebutuhan pesta, pernikahan, konferensi, seminar atau acara lainnya dalam jangka waktu tertentu.

13. Bisnis sewa peralatan fitnes

Bisnis sewa peralatan fitnes bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Terutama bagi mereka yang malas untuk pergi ke tempat gym. Alat yang kamu sewakan seperti treadmill, elliptical, sepeda statis, dan lainnya. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan manfaatnya tanpa harus membeli peralatan fitnes secara permanen. Apalagi jika kamu memberikan layanan pengantaran gratis.

14. Rental studio musik

Musik dinikmati oleh segala usia. Dari muda maupun tua menyukainya. Bahkan, gak sedikit dari mereka yang suka bermain musik. Tentunya ini menjadi peluang bisnis dengan membuka rental studio musik. Mereka bisa datang ke tempatmu untuk latihan bersama band-nya masing-masing.

15. Bisnis sewa alat musik

Selain rental studio musik, kamu juga bisa memberi layanan sewa alat musik, seperti gitar, drum, keyboard, dan lainnya. Pasalnya, saat ini acara musik sangat banyak. Jadi, kamu bisa menyewakan alat musikmu untuk acara-acara tersebut. Tapi tentu saja, modalnya memang tidak sedikit karena harga peralatan musik juga tidak murah.

16. Sewa sound system

Selain alat musik, bisnis penyewaan sound system juga menjadi pilihan menjanjikan. Pasalnya selain acara konser musik, pernikahan, atau hajatan lain juga membutuhkan sound system. Target pasarnya memang cukup luas karena banyak masyarakat yang membutuhkannya untuk keperluan acara mereka.

17. Bisnis sewa kamera atau peralatan fotografi

Zaman serba digital seperti sekarang, bisnis sewa kamera dan peralatan fotografi sangat digandrungi. Terlebih gak sedikit para fotografer dan videografer yang membutuhkan kamera serta perlengkapan lainnya untuk kebutuhan proyek mereka. Mengingat harga peralatannya yang mahal, tentunya modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

18. Sewa alat perlengkapan camping

Mendaki gunung tentunya membutuhkan peralatan tertentu, salah satunya adalah peralatan camping. Beberapa pendaki memang memilih untuk tidak membeli atau memiliki secara permanen, mengingat mereka mendaki gunung tidak setiap hari. Itulah kenapa banyak dari mereka yang memilih untuk menyewa. Tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis sewa paling laris.

19. Bisnis sewa kostum

Bisnis sewa kostum menyediakan pilihan kostum untuk berbagai acara. Mulai dari kostum atau pakaian untuk pesta, pernikahan, pertunjukan teater, sampai dengan acara dengan tema tertentu. Penyewa dapat menyewa kostum sesuai kebutuhan mereka tanpa harus membelinya.

20. Bisnis sewa video game

Bisnis sewa video game sedang populer di kalangan pecinta video game. Penyewa dapat menyewa konsol video game dan permainan terbaru untuk jangka waktu tertentu. Tapi tentu saja kepopuleran bisnis ini bervariasi tergantung dari lokasi, permintaan pasar, dan tren konsumen.

BACA JUGA: 10 Situs Tempat Pasang Iklan Gratis Online untuk Usahamu

21. Sewa perlengkapan bayi hingga mainan anak

The Bump

Menyewakan perlengkapan bayi atau mainan anak menjadii pilihan ide bisnis yang menjanjikan, terutama bagi para ibu rumah tangga. Pasalnya, banyak para orangtua yang memilih untuk menyewa karena peratalan atau mainan itu tidak akan dipakai anak selamanya. Apalagi beberapa anak cepat bosan dengan mainannya. Itulah kenapa banyak orangtua yang memilih untuk menyewa.

22. Bisnis sewa kasur

Beberapa dari kamu mungkin belum cukup familier dengan bisnis ini. Ya, bisnis sewa kasur bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Terutama di saat musim liburan, biasanya tak sedikit hotel atau penginapan yang membutuhkan kasur tambahan karena tamu yang membludak.

23. Bisnis sewa sepeda

Banyak sekali penggowes yang enggan beli sepeda, karena ingin gonta-ganti tunggangan dengan mudah. Itulah kenapa sekarang banyak bisnis yang menyewakan sepeda. Selain itu jika kamu tinggal dekat dengan lokasi wisata pedesaan, bisnis ini juga cocok untuk dicoba dengan target pasarmu adalah para wisatawan.

24. Rental perlengkapan surfing dan diving

Bisnis sewa alat diving dan snorkeling masih jadi peluang yang menguntungkan di daerah tempat wisata. Pasalnya banyak keindahan alam di dasar laut yang menarik untuk dieksplorasi. Orang-orang yang hobi surfing dan diving biasanya juga memilih untuk menyewa dibanding membeli. Terlebih jika mereka cukup jarang melakukan kegiatan.

25. Rental alat mancing

Usaha alat pancing dan menyewakan peralatannya menjadi bisnis yang kini digandrungi. Banyak orang yang hobi mancing dan menyewa peralatannya untuk memancing di laut sembari berwisata. Tapi tentu saja, kamu harus mengenal siapa target konsumen. Paling tidak kamu harus tahu kelompok atau komunitas hobi mancing di daerah kamu.

26. Rental alat komunikasi (handie talkie)

Jika pada mulanya radio HT hanya digunakan oleh kalangan terbatas, kini penggunaanya HT lebih luas lagi. Berbagai event hampir semua menggunakan alat komunikasi dua arah ini sebagai komunikasi dan koordinasi. Jadi, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk dicoba. Terutama hampir semua jenis acara membutuhkan alat komunikasi ini.

27. Rental genset dan alat listrik

Kebutuhan akan adanya generator set atau genset semakin diminati di zaman sekarang. Perlu adanya penambahan daya dan kebutuhan listrik untuk berbagai kegiatan menjadi acuan utamanya. Sebagai contoh acara pesta pernikahan atau konser musik, pasti membutuhkan peralatan ini. Jadi bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha.

28. Persewaan gedung pertemuan atau resepsi

Membuka bisnis sewa gedung serbaguna masih banyak peminat sampai sekarang. Apalagi jika gedung tersebut luas cukup, pasti selalu jadi pilihan banyak orang untuk berbagai kebutuhan acara. Baik itu pesta pernikahan, festival, seminar, dan masih banyak lain. Tapi memang untuk membuat usaha ini membutuhkan lahan dan modal yang tidak sedikit.

29. Persewaan piring, gelas, dan peralatan masak

Saat ini banyak orang menginginkan segala hal yang bersifat praktis. Kamu tidak ingin direpotkan dengan segala sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukan dengan cara simpel. Contohnya saat mengadakan pesta, tentu kamu akan membutuhkan peralatan makan, masak, dan lain sebagainya. Tentu kamu tidak mungkin untuk membeli semua itu. Itulah menyewa menjadi solusi paling efisien karena saat ini jasa sewa peralatan catering sangat banyak.

30. Persewaan alat terapi kesehatan

Bisnis ini sedang marak di Indonesia. Tidak hanya di kota besar, namun juga di kota-kota kecil. Bisnis sewa alat kesehatan adalah usaha yang menyediakan layanan sewa berbagai macam alat kesehatan seperti kursi roda, oksigen, dan masih banyak lagi. Pasalnya, tak sedikit dari masyarakat kita yang membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Contoh Proposal Penawaran Kerjasama untuk Usaha dan Bisnis

31. Persewaan gudang penyimpan

Extensiv

Berbeda dengan luar negeri, mungkin bisnis ini belum begitu populer di Indonesia. Bisnis sewa gudang saat ini memang lebih banyak di kota-kota besar. Bisnis ini untuk memfasilitasi mereka yang tidak punya ruang cukup di rumah untuk menyimpan berbagai barang. Tak gak hanya rumah, tak sedikit juga perusahaan yang membutuhkan ruang lebih untuk menyimpan barang mentah dan barang setengah jadinya. Tentunya modal untuk bisnis ini tidak sedikit. Pasalnya kamu juga membutuhkan lahan juga.

Itulah tadi beberapa inspirasi bisnis sewa paling laris yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan baru ya.