cara mulai usaha parfum

Cara mulai usaha parfum, bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, bisnis yang erat kaitannya dengan penampilan ini, memiliki potensi usaha yang sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang panjang. Salah satu alasannya karena parfum merupakan kebutuhan tersier yang mulai tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan sehari-hari masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari hasil survei Media Indonesia yang menemukan penjualan parfum sejak tahun 2020 terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, yaitu sekitar 30-40 persen per tahunnya. Jadi nggak heran jika mulai banyak orang yang mulai tertarik untuk membuka usaha parfum, karena permintaan parfum yang semakin tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat peluang bisnis parfum jadi terbuka lebar dan diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Nah, buat Sedulur yang tertarik membuka usaha parfum, penting untuk mempersiapkan secara matang rencana usaha sebelum akhirnya siap bersaing dengan kompetitor lainnya. Sedulur perlu tahu cara mulai usaha parfum agar sukses dengan menyimak baik-baik tips dan trik berikut ini!

BACA JUGA: Ini Rincian Lengkap Modal Biaya Membuat Tempat Fitness

Peluang bisnis parfum di Indonesia

cara mulai usaha parfume
iStock

Seperti yang sudah diulas sebelumnya kalau bisnis parfum merupakan usaha jangka panjang yang menguntungkan. Apalagi sekarang menjadi bisnis populer terutama di kalangan anak muda karena dianggap mempunyai peluang yang cukup besar, serta dapat dimulai dengan modal kecil. Tidak hanya itu, bisnis ini juga mempunyai banyak kelebihan, antara lain:

  • Permintaan pasar yang tinggi, sehingga tidak sulit menjual produk.
  • Bahan dasar pembuatan sangat mudah diperoleh baik yang sudah berbentuk biang parfum sampai bahan asli dari alam. Aksesnya pun terbilang gampang.
  • Bisa memperoleh bahan baku dengan harga terjangkau.
  • Banyak masyarakat yang menyukai merek lokal.
  • Dapat dimulai dengan modal minim.
  • Banyak perusahaan jasa maklon.

Cara merintis bisnis parfum merek sendiri

cara mulai bisnis parfume
iStock

Usaha dalam bidang apapun perlu persiapan termasuk memulai bisnis parfum. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian dan kemampuan bersaing di pasaran. Apalagi banyak kompetitor. Sangat penting bagi Sedulur untuk membuat perencanaan yang matang.B erikut cara mulai usaha parfum yang perlu Sedulur lakukan.

1. Riset pasar

Salah satu langkah penting yang perlu dilakukan ialah riset pasar. Tujuannya untuk mencari peluang sebelum memutuskan produk parfum yang akan dijual. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu bingung lagi kemana harus menjual karena sudah mengetahui target pasar yang dituju.

Sebagai contoh pasar yang mempunyai peluang bagus yakni pasar middle di mana banyak pengguna yang mencari aroma parfum mahal, tetapi belum sanggup membeli. Jadi sebagai alternative, produk Sedulur yang menawarkan varian hampir sama dengan harga terjangkau.

2. Riset jasa maklon

Cara mulai usaha parfum  yang kedua adalah Riset jasa Maklon, Maklon adalah singkatan dari istilah “Manufacturing Contract” atau “Manufacturing Contracting,” yang juga dikenal sebagai “Contract Manufacturing.” Maklon merujuk pada praktik di mana sebuah perusahaan atau produsen (yang disebut sebagai pemilik) mempercayakan proses produksi barang atau produk kepada pihak lain yang berfungsi sebagai kontraktor manufaktur.

Zaman sekarang ingin membuat produk baru tidak memerlukan pabrik dengan mesin canggih sendiri. Pasalnya terdapat banyak perusahaan yang menawarkan jasa maklon sebagai pembuatan produk sekaligus kemasan.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau karena pihak produsen membeli bahan pembuatan dalam skala besar. Sehingga Sedulur bisa memulai dengan modal yang dapat disesuaikan. Hanya saja, perlu melakukan riset sebelum memilih dan melakukan kerja sama untuk membuka bisnis parfum sendiri.

Mengapa? Karena tidak semua jasa maklon sudah memenuhi standar kebersihan, kelayakan, memberikan kualitas terbaik, dan mempunyai pelayanan bagus. Makanya penting sekali melakukan riset.

3. Membuat bisnis plan

Cara memulai usaha parfum  yang selanjutnya yaitu membuat perencanaan bisnis. Di mana bertujuan sebagai patokan tentang jalannya sebuah usaha. Tidak hanya penting agar Sedulur fokus dengan tujuan, tetapi dapat digunakan untuk menarik investor agar menaruh saham.

Bisnis plan atau rencana bisnis merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis, terutama bagi Sedulur yang berniat untuk mengembangkan bisnis itu sendiri.

4. Siapkan modal

Sebelum memulai bisnis parfum ada baiknya untuk mempersiapkan modal terlebih dahulu. Khususnya bagi yang ingin memiliki merek sendiri. Berbeda lagi jika menjadi reseller di mana dapat memulai tanpa modal.

Jika Sedulur beranggapan bahwa memulai usaha minyak wangi ini memerlukan modal besar, maka salah. Pasalnya modal bisnis parfum sendiri bisa hanya dengan Rp1 juta. Caranya yaitu dengan membeli varian parfum di sebuah perusahaan jasa maklon dengan jumlah kecil terlebih dahulu. Pilihlah level bisnis share yang mana Sedulur membeli beberapa varian dan membaginya di botol kecil, lalu dijual. Langkah ini cocok bagi yang belum mempunyai banyak modal.

5. Siapkan strategi pemasaran

Cara memulai usaha parfum  yang terakhir adalah, apabila semua langkah di atas sudah dipersiapkan, maka selanjutnya mempersiapkan strategi pemasaran. Tentu saja hal ini tidak boleh diabaikan karena merupakan langkah penting terutama produk baru untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan.

BACA JUGA: 8 Tools Gratis untuk Market Research Agar Bisnis Tepat Sasaran

Kiat sukses bisnis parfum bagi pemula

iStock

Saking banyaknya merek parfum di Indonesia mulai dari merek lokal hingga luar negeri membuat pengusaha baru harus melakukan strategi khusus. Gunanya untuk masuk sebagai pesaing dan menarik pelanggan. Langkah tersebut wajib dilakukan jika ingin sukses dalam pemasaran.

Adapun kiat keberhasilan bisnis parfum bagi pemula dapat dilihat pada penjelasan di bawah:

1. Ciptakan aroma baru

Orang biasanya menyukai aroma baru yang tahan lama dan wangi. Sebagai pengusaha penting sekali untuk sering melakukan eksperimen sendiri dalam menemukan varian baru.

Jangan lupa catat dan berikan kepada keluarga atau sahabat untuk mencobanya sebelum dipasarkan. Selain sebagai pengujian, Sedulur juga akan memperoleh masukan yang berguna untuk memenuhi permintaan pasar.

Tingkatkan terus kreativitas guna keberlangsungan usaha. Karena biasanya pecinta parfum menyukai aroma baru yang belum pernah ada sebelumnya.

2. Buatlah tampilan penjualan yang menarik

Menciptakan tampilan produk menjadi daya tarik pertama kali pembeli sebelum mencoba sebuah produk parfum. Karenanya buatlah tampilan yang menarik baik dari produk, etalase, desain toko, dan lain sebagainya. Jika menjual melalui online, maka buatlah website dan media sosial khusus sebagai tempat pemasaran. Desainlah sebagus serta semenarik mungkin untuk menarik perhatian orang-orang.

Untuk membuat konsumen nyaman berbelanja, Sedulur bisa membuat struktur halaman yang menarik dan nyaman bagi konsumen. Misalnya, perhatikan konsistensi warna, font, dan gaya merek atau toko parfum Sedulur. Kemudian gunakan copywriting yang menarik dan sesuai dengan karakter target konsumen. Apabila tidak bisa, sebaiknya mintalah seseorang yang ahli untuk membuat desain tampilan media sosial dan website.

Pasalnya tampilan merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat memasarkan produk secara online. Sekalipun aromanya wangi dengan kualitas terbaik, tetapi orang enggan melihatnya sebab di awal saja sudah tidak menarik.

3. Buka program reseller atau dropshipper

Kedua layanan ini sangat membantu dalam penjualan dan menghemat pengeluaran karena tidak harus mengeluarkan banyak biaya iklan. Berikan komisi yang sepadan sebagai strategi serta meningkatkan semangat penjualan mitra kerja.

Jangan lupa pula untuk terus memantau penjualan. Bila perlu berikan kelas untuk meningkatkan traffic penjualan seperti copywriting, digital marketing, trik khusus, dan lainnya. Lakukan sendiri atau meminta orang yang sudah berpengalaman. Tidak harus mahal sebab banyak kelas murah yang ditawarkan.

BACA JUGA: Manfaat Influencer Beserta Tips Memilihnya untuk Bisnismu

Contoh bisnis parfum lokal yang sukses di Indonesia

 
iStock

Tanpa disadari ternyata banyak parfum merek lokal yang terkenal padahal dianggap dari perusahaan luar. Hal ini menSedulurkan kalau bisnis parfum lokal mulai disukai dengan berbagai alasan. Mulai harga yang murah, banyak varian wangi, tahan lama, bisa menyesuaikan dengan keinginan seperti tanpa atau dengan alkohol, dan lain sebagainya.

Di bawah ini beragam contoh produk parfum lokal yang tidak asing lagi terdengar. Mungkin salah satunya menjadi minyak wangi favorit Sedulur. Apa saja merek parfum lokal yang sukses menarik minat pelanggan? Berikut contohnya:

  • Bellagio
  • Andersen
  • Carl & Claire
  • Daze Delacour
  • HMNS Perfume
  • Laux Perfume
  • The Living Potion by KIEV

Itulah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk memulai usaha parfum. Pada dasarnya, usaha ini memiliki prospek dan peluang yang sangat bagus untuk dijalankan. Hanya saja, memang dibutuhkan strategi dan cara pemasaran yang efektif agar usaha meraih kesuksesan. Sedulur juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer bisnis sebelum menjalankan usaha ini agar usaha yang dijalankan bisa semakin matang dan sukses.

Bagaimana, apakah Sedulur tertarik untuk memulai bisnis parfum dengan merek sendiri? Jika iya, maka tips di atas perlu untuk dilakukan. Apabila masih sangat pemula, pilihlah cara dengan modal sedikit terlebih dulu untuk menghindari kerugian sembari belajar. Setelahnya baru membuka dengan skala lebih besar.