free tools untuk melakukan riset pasar

Ada beberapa tools yang bisa Sedulur gunakan untuk melakukan riset pasar. Beberapa di antaranya bisa secara bebas dan gratis Sedulur gunakan untuk kepentingan bisnis Sedulur. Free tools untuk melakukan riset pasar tentu akan sangat membantu memetakan kebutuhan pasar.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas free tools untuk melakukan riset pasar yang bisa secara bebas dan gratis Sedulur gunakan. Bukan hanya bermanfaat bagi Sedulur yang menjalani bisnis, namun juga bermanfaat bagi Sedulur yang bergelut di bidang riset pasar.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftar rekomendasi free tools untuk melakukan riset pasar yang bisa Sedulur gunakan secara gratis di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Android untuk Menyembunyikan Aplikasi Lain

-->

1. Synthesio

free tools untuk riset pasar
Capterra

Rekomendasi free tools untuk melakukan riset pasar yang pertama adalah Synthesio. Synthesio merupakan tools analisis yang dapat membantu Sedulur untuk mengumpulkan data secara langsung atau secara real time. Hal ini juga yang membuat tools ini lebih unggul.

Bukan hanya itu, dengan Synthesio Sedulur juga dapat menganalisis kompetitor serta mengukur keberhasilan kampanye yang dijalankan. Tools ini dilengkapi dengan tampilan interface yang mudah dan sederhana sehingga cukup mudah digunakan untuk pemula.

Dengan menggunakan tools ini, data untuk kebutuhan riset pasar akan Sedulur dapatkan, juga sekaligus digunakan sebagai dasar untuk melakukan riset kompetitor. Dengan begitu Sedulur bisa mendapatkan gambaran dalam mengambil keputusan bisnis.

2. Think With Google

free tools untuk riset pasar
Google

Google juga memiliki free tools untuk melakukan riset pasar, bernama Think With Google. Think With Google dapat membantu Sedulur untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen seiring perubahan waktu, musim, dan sebagainya.

Dengan demikian, Sedulur dapat mengetahui kira-kira apa yang sedang tren di musim ini dan musim yang akan datang saat menggunakan tools ini. Tools ini menawarkan wawasan menarik tentang bagaimana orang-orang melakukan aktivitas di mesin pencarian Google.

Bukan hanya gratis, menggunkan Tools dari Google juga sangat mudah, terutama bagi Sedulur yang sudah biasa dengan berbaga fitur yang disediakan oleh Google.

3. Google Alerts

free tools untuk riset pasar
Google

Free tools untuk melakukan riset pasar selanjutnya masih dari Google, yaitu Google Alerts. Google Alerts sangat penting digunakan untuk market research karena memiliki beragam manfaat yang ditawarkan. Biasanya, orang-orang menggunakan tools market research ini untuk mengetahui apa yang dikatakan orang tentang perusahaan atau produk mereka.

Google Alerts merupakan alat monitoring paling populer saat ini. Tampilan interface tool yang satu ini sendiri cukup sederhana. Sedulur tinggal memasukkan kata kunci yang ingin dicari. Kemudian, Google Alerts akan memberikan sumber berita, volume pencarian, dan sebagainya.

Google Alerts akan mengirimkan artikel-artikel yang sedang tren ke email yang sudah Sedulur daftarkan. Dari data-data tersebut Sedulur bisa mempelajari untuk kebutuhan bisnis.

4. Survey Monkey

Glints

Rekomendasi selanjutnya yaitu Survey Monkey. Tools ini sangat cocok bagi Sedulur yang ingin melakukan survei atau riset mendalam terkait pasar yang Sedulur targetkan. Hal tersebut disebabkan beberapa fitur yang dimiliki oleh tools ini.

Survey Monkey memungkinkan penggunanya untuk membuat survei sehingga dapat memahamai preferensi pasar dan konsumen yang ada. Untuk menggunakan tools ini, Sedulur harus membayar per bulannya sesuai dengan harga paket yang tersedia.

Namun untuk beberapa fitur riset lainnya, ada beberapa yang bisa secara gratis Sedulur gunakan. Tidak semua fitur harus membayar.

5. Typeform

Glints

Pasti sebagaian besar dari Sedulur sudah tidak asing lagi dengan tools satu ini. Terutama saat Sedulur sedang menggumpulkan kritik, saran dan feedback dari konsumen. Typeform merupakan salah satu tools yang sangat efektif dalam memberikan riset pasar.

Tools ini sangat penting untuk mengetahui reaksi konsumen terhadap produk yang dibuat. Sedulur hanya tinggal menyediakan beberapa pertanyaan, entah itu pilihan ganda, mengisi kolom, dan lain-lain. Sedulur hanya tinggal mengumpulkan jawaban dari pengguna untuk dijadikan sebagai referensi pasar.

6. MakeMyPersona

Hubspot

Rekomendasi tools selanjutnya yaitu MakeMyPersona, merupakan salah satu tools market riset yang dapat memberi tahu Sedulur tentang persona pembeli atau konsumen. Sedulur akan mengetahuinya setelah menjawab serangkaian pertanyaan yang disediakan tentang konsumen ideal.

Seperti apa konsumen ideal menurut Sedulur sebagai pemilik bisnis, harus melakukan layanan apa agar konsumen ideal bisa didapatkan. Kurang lebih, tools ini bisa memberikan jawaban dan solusi yang Sedulur cari terkait kebutuhan riset tersebut.

MakeMyPersona menyajikan beragam panduan yang memudahkan pengguna untuk menerapkannya. Tools ini sendiri dapat Sedulur gunakan secara gratis, tentu saja fitur gratis dan bermanfaat ini harus segera dioptimalkan.

BACA JUGA: 500+ Referensi Nama Bisnis Game Paling Keren Belum Dipakai

7. Google Keyword Tools

Google

Tools lain dari Google yang bisa Sedulur manfaatkan untuk riset pasar yaitu Google Keyword Tools. Google Keyword Tools akan menunjukkan kepada Sedulur kata kunci yang sedang banyak dicari serta seberapa kompetitif kata kunci tersebut.

Dengan tools ini, Sedulur dapat mempelajari pergerakan dari konsumen sehingga dapat menyesuaikannya dengan baik. Tools ini juga banyak digunakan oleh para SEO Specialist untuk riset berbagai katta kunci yang sedang banyak dicari untuk berbagai kepentingan bisnis.

8. Site Profiler

free tools untuk melakukan riset pasar
Metaweb

Rekomendasi terakhir dari tools yang dapat Sedulur gunakan yaitu Site Profiler. SiteProfiler adalah alat untuk siapa saja yang ingin tahu tentang situs web kompetitor mereka di satu tempat. Tentu hal ini sangat membantu untuk riset pasar dan mencari segala hal yang dibutuhkan.

Dengan hanya memasukkan URL dan mengklik “Buka”, SiteProfiler akan menunjukkan statistik situs web kompetitor, termasuk informasi traffic, data analisis kata kunci, demografi media sosial, dan peringkat popularitas.

Nah itulah daftar rekomendasi free tools untuk melakukan riset pasar. Sedulur bisa memanfaatkan tools di atas untuk mengembangkan potensi bisnis yang Sedulur miliki. Agar bisnis bisa semakin berkembang, jangan lupa untuk terus berinovasi dan senantiasa mengikuti perkembangan zaman setiap saat.