biaya membuat tempat fitnes

Bagi Sedulur seorang pebisnis dan mecintai olahraga kebugaran, salah satu bisnis fitnes mungkin merupakan bisnis yang Sedulur incar. Jangan asal menjalankan bisnis, terlebih untuk pertama-tama Sedulur harus mengetahui biaya membuat tempat fitnes beserta dengan rincian modalnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa biaya membuat tempat fitnes dengan rincian modal biaya yang dibutuhkan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

Biaya satu kali

biaya membuat tempat fitnes
iStock

Pembahasan pertama terkait biaya membuat tempat fitnes yaitu biaya satu kali. Biaya satu kali merupakan biaya yang hanya perlu Sedulur keluarkan satu kali di awal asa, atau istilahnya biaya satu kali di muka saja.

-->

Biaya ini mencakup banyak kebutuhan penting yang akan menjadi investasi awal bisnis Sedulur hingga selanjutnya. Berikut ini adalah rincian pengeluaran untuk biaya satu kali. Adapun rincian biaya membuat tempat fitnes untuk biaya satu kali yaitu:

1. Lokasi

Hal pertama yang perlu dipikirkan yaitu lokasi. Biaya membuat tempat fitnes untuk lokasi tentu setiap daerah berbeda-beda dan mempengaruhi modal yang dibutuhkan. Selain itu akses tempat juga akan membedakan harga sewa itu sendiri. Namun, agar memudahkan menghitung modal untuk menjalankan usaha gym atau fitnes, kita asumsikan Sedulur memiliki tempat sendiri untuk menjalankan bisnis gym dan fitness.

2. Peralatan gym

Unsplash

Biaya membuat tempat fitnes selanjutnya peralatan gym. Namun karena Sedulur adalah pebisnis pemula, Sedulur tidak perlu langsung membeli banyak alat sekaligus. Sebagai investasi awal, Sedulur cukup membeli peralatan gym dasar yang paling banyak digunakan dengan biaya sekitar Rp 80.000.000.

3. Peralatan tambahan

Selain peralatan gym, tentu Sedulur juga membutuhkan berbagai macam perlengkapan lainnya seperti kursi, meja, komputer, loker, lemari inventaris, cermin, alat-alat kebersihan, dan banyak lagi. Semua perlengkapan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 30.000.000.

4. Desain bangunan

Desain bangunan mungkin bukanlah hal yang paling utama, namun tetap membutuhkan perhatian khusus. Desain yang bagus dapat membuat banyak orang merasa tertarik untuk mendatangi tempat usaha Sedulur. Desain bangunan mencakup pembuatan papan nama dan dekorasi lainnya dengan kisaran biaya Rp 6.000.000.

BACA JUGA: 500+ Referensi Nama Bisnis Game Paling Keren Belum Dipakai

Biaya berkelanjutan

biaya membuat tempat fitnes
iStock

Biaya membuat tempat fitnes selanjutnya yaitu biaya berkelanjutan. Biaya berkelanjutan mencakup pengeluaran yang harus Sedulur bayarkan setiap bulannya. Berikut ini adalah rincian pengeluaran untuk biaya berkelanjutan. Berikut ini rinciannya:

1. Gaji instruktur fitnes

Karena baru memulai usaha, mempekerjakan dua orang instruktur fitness sudah cukup untuk menangani pelanggan harian yang datang ke gym Sedulur.

Nah, sebagai pemilik gym yang juga menyukai aktivitas kebugaran, anggaplah Sedulur juga memiliki basic yang memadai untuk menjadi infrastruktur fitness, sehingga Sedulurhanya perlu mempekerjakan satu orang saja. Gaji untuk satu orang infrastruktur fitness sekitar Rp 4.500.000.

2. Gaji admin dan office boy

Admin berperan penting untuk melayani pengunjung yang datang ke gym Sedulur, sementara office boy diperlukan untuk melakukan tugas bersih-bersih harian. Masing-masing orang mendapatkan gaji Rp 2.000.000 per bulannya, sehingga jika ditotal jumlahnya menjadi Rp 4.000.000.

3. Biaya tidak terduga dan operasional

Biaya operasional mencakup biaya perawatan, kebersihan, listrik, internet, dan air dengan total biaya sekitar Rp 1.500.000. Biaya tidak terduga tidak selalu diperlukan setiap bulannya, namun menyediakan anggaran khusus untuk ini dapat membantu mencegah masalah operasional gym yang mungkin muncul secara tiba-tiba. Anggaran untuk biaya tidak terduga sekitar Rp 1.000.000.

BACA JUGA: Tips Bisnis Kaos Polos Untuk Pemula Beserta Modalnya

Tips menjalankan bisnis fitnes

iStock

Sedulur sudah tahu seperti apa rincian biaya membuat tempat fitnes, tentu juga Sedulur harus mengetahui bagaiaman tips menjalankan bisnis. Agar biaya dan modal yang telah keluar tidak bisa sia-sia. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur terapkan untuk menjalankan bisnis, yaitu:

1. Gunakan peralatan terbaik

Hal pertama yang perlu Sedulur utamakan yaitu dengan menggunakan peralatan fitness terbaik. Sedulur membutuhkan peralatan terbaik untuk membuat bisnismu sukses. Tidak perlu membuat fitnes yang mewah dan mahal jika Sedulur tidak memiliki cukup ruang atau jika ruang yang Sedulur sewa terlalu kecil.

Untuk membuat fitness Sedulur yang berhasil, Sedulur perlu menyediakan peralatan olahraga yang dapat digunakan oleh setiap anggota. Ukuran peralatan olahraga harus didasarkan pada ukuran lokasi. Selain itu, peralatanmu harus aman untuk digunakan para anggota.

2. Memenuhi kebutuhan pelanggan

Saat menjalankan bisnis fitness, Sedulur perlu memperhatikan kebutuhan pelanggan. Sedulur harus memutuskan apa yang terbaik untuk mereka, kemudian mencoba menawarkan sesuatu yang mereka inginkan. Pastikan bahwa Sedulur tidak membuat anggota merasa tertekan saat berlatih.

Pastikan juga para anggota berlatih dengan kecepatan mereka sendiri dan benar-benar merasa nyaman. Jadi, penting bagi Sedulur untuk tidak menekan pelanggan ketika berlatih. Jika mereka merasakan tekanan, mereka tidak akan mau berolahraga dan kemungkinan besar akan berhenti.

3. Menawarkan program kesehatan yang baik

Sedulur juga harus memastikan bahwa fitness menyediakan program kesehatan yang baik. Hal ini sangat penting dan harus menjadi bagian portofolio tempat fitness agar memiliki reputasi yang baik. Sedulur perlu memastikan bahwa Sedulur mengajar kelas dan menindaklanjuti para peserta fitness.

Untuk meningkatkan keanggotaan gym, Sedulur perlu meningkatkan kelas dan pelayanan. Selain itu, pastikan Sedulur menyediakan rencana diet yang baik untuk para peserta atau anggota.

4. Iklankan produk dan layanan bisnis

Sedulur seharusnya tidak hanya memasarkan atau mengiklankan tempat fitness, tetapi juga menjual produk atau layanan. Banyak bisnis gym menjual peralatan olahraga dan produk kesehatan lainnya. Beberapa pemilik gym bahkan menawarkan paket makan diet juga.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memastikan bahwa gym milikmu mendapatkan banyak bisnis. Sedulur akan perlu mengiklankan produk di media sosial, iklan online, situs web, hingga surat kabar lokal.

5. Meningkatkan jumlah keanggotaan dan benefit gym

Jika Sedulur ingin memiliki bisnis gym yang sukses, Sedulur harus mengetahui cara pemasaran tepat yang berfokus pada peningkatan keanggotaan. Fokus lainnya, yaitu pada jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh gym. Aspek ini diperlukan jika Sedulur ingin meningkatkan jumlah anggota di gym.

Bertambahnya anggota, pada akhirnya membuat bisnis jadi lebih menguntungkan. Pada titik ini tips untuk bisnis gym yang sukses muncul.

6. Temukan lokasi yang tepat

Pemilihan lokasi bisnis gym yang tepat dan strategis, tentunya bisa menambah penghasilan pula. Cobalah untuk menemukan lokasi yang memiliki cukup ruang, yang memastikan Sedulur memiliki pelanggan yang sering datang.  Jika Sedulur berencana untuk memasukkan peralatan ke dalam gym, pastikan Sedulur dapat memindahkannya dengan mudah.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Pelajar Modal 10K Paling Menguntungkan di 2023

Model bisnis fitness dan gym

iStock

Terdapat beberapa model bisnis fitness dan gym yang bisa Seduluru coba dan tiru. Umumnya menggunakan sistem membership atau berlangganan. Namun seiring berjalannya waktu juga berkembang dan semakin canggih. Beberapa model bisnis fitness dan gym yang dimaksud yaitu:

1. Membership

Model pertama yaitu membership atau berbasis keanggotaan. Model ini merupakan sistem yang paling populer untuk menghasilkan pemasukan. Sedulur bisa memberikan harga tetap, biasanya bulanan, untuk mengakses fasilitas atau layanan fitness kepada para anggota.

Tujuannya agar ketika seorang anggota melakukan investasi keuangan, mereka lebih cenderung terlibat dengan studio fitness Sedulur dan pergi ke gym. Manfaat utama dari model bisnis ini, yaitu Sedulur mendapatkan pendapatan yang dapat diprediksi dan konsisten.

2. Bisnis gym hibrida

Model selanjutnya yaitu bisnis gym hibrida, Sedulur dapat mengoperasikan bisnis digital dan bisnis secara digital. Contohnya, Sedulur memiliki lokasi gym serta platform streaming digital yang memiliki sejumlah video latihan yang bisa dipilih oleh anggota membership.

3. Bisnis waralaba

Waralaba atau franchise adalah cara mengembangkan bisnis tanpa menginvestasikan modal sendiri ke lebih banyak lokasi dan layanan. Sebagai franchisor, Sedulur bisa menjual lisensi franchise kepada franchisee. Ini memberi mereka hak untuk menjalankan bisnis dengan merek dan nama Sedulur.

Ada banyak peluang waralaba bisnis gym. Ini memberikan kesempatan untuk memulai bisnis yang sudah memiliki model bisnis teruji. Sedulur dapat menggabungkan model bisnis hibrida dengan model waralaba untuk memenuhi permintaan layanan kebugaran online. Mudah beradaptasi dan terukur adalah kunci model bisnis yang hebat. Hal yang sama berlaku untuk waralaba gym.

4. Langganan digital

Banyak anggota gym sudah beralih ke latihan di rumah agar tetap bugar dan sehat selama pandemi berlangsung.  Ada pergeseran yang jelas menuju kebugaran virtual dan layanan online. Beberapa bisnis gym bahkan sudah mengambil keputusan untuk sepenuhnya digital.

Dibandingkan dengan tempat gym fisik, biaya mendirikan gym virtual jauh lebih murah. Dengan model bisnis berlangganan digital, Sedulur tidak perlu khawatir tentang jarak sosial atau batasan kapasitas. Sedulur berpotensi memiliki jangkauan global tanpa perlu instruktur berada di satu lokasi fisik mana pun.

Di sisi lain, akan selalu ada orang yang menyukai pengalaman di tempat gym. Namun bagi sebagian orang, berlangganan bulanan fitness digital sudah cukup.

5. Bayar setiap menggunakan fasilitas

Dengan model bisnis bayar sesuai penggunaan, pelanggan membayar layananmu saat mereka membutuhkannya. Model ini dapat Sedulur terapkan untuk pelanggan yang menggunakan alat fitness atau menghadiri kelas serta live streaming kelas workout.

Kelemahan dari model jenis ini, yaitu Sedulur tidak selalu dapat memprediksi arus kas. Namun, Sedulur dapat menarik audiens yang menginginkan pengalaman gym di berbagai fasilitas. Saat ini, menghadiri berbagai kelas dan gym adalah hal yang normal dan tidak terikat dalam satu keanggotaan.

Pelanggan bisa membayar per kelas, baik secara langsung maupun untuk streaming. Bisa juga pelanggan membeli satu set kelas atau paket. Sedulur juga bisa menerapkan model bisnis berjenjang dengan menawarkan para anggota akses ke berbagai tingkatan dengan harga bervariasi.

Misalnya, tingkat bawah dapat memberi anggota akses ke fasilitas gym. Adapun tingkat atas mencakup fasilitas, semua kelas, dan akses ke sesi pelatihan pribadi bulanan.  Nilai jual utama model bisnis ini, yaitu memberikan pilihan kepada anggota. Terkadang rasanya seperti tidak ada fleksibilitas dengan keanggotaan tertentu.

Nah itulah gambaran biaya membuat tempat fitnes beserta dengan rinciannya dan tips bagaimana menjalankan bisnis agar bisnis fitness Sedulur bisa berjalan lancar dan mendapatkan kesuksesan. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat, ya!