cara membuka laundry koin

Usaha laundry memang tidak pernah ada matinya. Bahkan, belakangan ini semakin populer bisnis laundry koin yang memberikan keleluasaan para pelanggan untuk mencuci bajunya sendiri. Selain disukai karena harganya yang cenderung murah untuk konsumen, ternyata cara membuka laundry koin juga mudah.

Konsep laundry koin sendiri merupakan adopsi bisnis laundry yang cukup populer di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris. Keuntungan usaha ini juga cukup menggiurkan karena modal yang dikeluarkan cukup kecil.

Jika Sedulur tertarik untuk mencoba bisnis ini, mari simak cara membuka laundry koin berikut ini. Cocok untuk jalani bisnis rumahan, lho!

BACA JUGA: 8 Deterjen Terbaik Cuci Pakaian, Murah Dengan Wangi Tahan Lama!

Potensi Bisnis Laundry Koin

Unsplash/Jeremy Sallee

Laundry koin menjadikan pelanggan mandiri dan tak perlu khawatir akan pakaian yang tertukar dengan pelanggan lain. Sebab, laundry koin menerapkan sistem pencucian satu mesin satu pelanggan. Hanya butuh waktu satu sampai dua jam saja untuk mencuci enam kilogram (kg) cucian hingga kering.

Jika dibandingkan antara laundry koin dengan kiloan, pada dasarnya kedua jenis laundry ini memiliki segmen pasar yang berbeda. Jadi ketika membawa pakaian kotor, calon pelanggan akan memilih sendiri tergantung dari kemampuan keuangan dari calon pelanggan.

Usaha laundry atau jasa cuci pakaian sepertinya makin digemari dan diharapkan menjadi bisnis yang tumbuh ke depannya. Kebutuhan pasar akan jasa cuci baju terutama di kota-kota besar akan selalu ada. Selain itu, kemajuan teknologi juga mendorong berkembangnya bisnis ini.

BACA JUGA: 7 Tips dan Cara Mencuci Jas yang Benar dengan Mudah

Kelebihan dan Kekurangan Laundry Koin

cara membuka laundry koin
Unsplash/Douglas Menterrosa

Setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga ketika Sedulur ingin menjalankan cara membuka laundry koin. Agar semakin jelas dan bisa menyiapkan strategi yang tepat, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan laundry koin

  • ROI tinggi. Return of Investment dari bisnis koin laundry terbilang tinggi. Dibandingkan dengan bisnis kecil lainnya, ROI dari bisnis koin laundry mencapai 35%. Bahkan tingkat kelangsungan bisnis ini selama 5 tahun pertama jauh lebih besar dibandingkan bisnis startup lainnya. Dengan begini, kamu tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan pengembalian modal.
  • Mudah dilakukan. Semua kegiatan laundry koin tidak membutuhkan keahlian khusus. Apalagi dengan adanya peralatan mesin yang canggih akan membuat proses mencuci hingga pakaian siap pakai sangat praktis dan cepat. Hanya dengan modal ketekunan dan mempelajari cara kerja mesin cuci, Sedulur bisa segera membuka paket usaha laundry koin dengan modal dan sumber daya manusia seadanya.
  • Resisten. Jika kebanyakan bisnis akan terguncang bahkan collapse saat terjadi krisis ekonomi, maka tidak dengan bisnis koin laundry. Bisnis ini akan tahan terhadap berbagai masalah ekonomi global. Selama masih ada orang yang membutuhkan pakaian bersih, maka bisnis ini pun akan tetap bertahan.

2. Kekurangan laundry koin

  • Persaingan cukup tinggi. Bisnis koin laundry memang sedang menjamur. Jadi jangan heran kalau kamu akan menemukan banyak pesaing dari bisnis yang sama. Namun jangan jadikan ini sebagai penghalang buat kamu. Berikan perbedaan yang menarik dalam bisnis koin laundry yang kamu bangun untuk menunjukkan nilai tambah dibandingkan yang lain.
  • Modal besar. Meskipun bisnis ini adalah bisnis skala kecil, namun modal yang kamu gunakan tidak sedikit. Mungkin peralatan yang digunakan tidak terlalu banyak seperti bisnis lainnya, namun harganya jauh lebih mahal dibandingkan peralatan pada umumnya.
  • Butuh area luas. Jika Sedulur memulai bisnis laundry koin, maka Sedulur harus mempersiapkan ruangan khusus untuk menempatkan mesin cuci dan beberapa perlengkapan lainnya. Hal ini lantaran laundry koin membutuhkan beberapa mesin dengan ukuran besar.

BACA JUGA: 12+ Deterjen Cair yang Bagus dengan Keharuman Tahan Lama 

Cara Membuka Laundry Koin

cara membuka laundry koin
Unsplash/Bianca Jordan

Setelah mengetahui deretan kelebihan dan kekurangan bisnis ini. Tentu Sedulur sudah memiliki gambaran dan bayangan bisnis yang lebih matang. Langsung saja simak cara membuka usaha laundry koin berikut ini.

1. Menentukan lokasi laundry koin yang strategis

Sebelum memulai laundry koin, Sedulur perlu menentukan lokasi yang tepat. Carilah lokasi yang memiliki padat penduduk dengan kategori seperti mahasiswa, pekerja, atau area perumahan untuk menjadi target pasar Sedulur.

Penentuan lokasi ini juga akan sangat berpengaruh dalam penyediaan modal, pastikan lokasi yang Sedulur pilih strategis dan mudah untuk dijangkau.

2. Memilih jenis mesin cuci laundry koin yang sesuai

Mesin cuci laundry koin biasanya memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup berbeda dengan mesin cuci biasa. Untuk itu, Sedulur perlu memahami betul jenis mesin cuci laundry koin yang akan digunakan pada bisnis.

Apalagi mesin cuci laundry koin umumnya berharga cukup mahal dan penggunaannya harus diperhatikan betul agar tidak mengalami kerusakan. Salah satu yang bisa jadi pertimbangan adalah kapasitas pencucian hingga fitur-fitur yang disematkan dalam mesin cuci tersebut.

3. Menghitung biaya dan keuntungan secara rinci

Cara membuka laundry koin adalah dengan memperhitungkan modal usaha laundry koin. Nantinya alokasi modal akan sangat berguna untuk membeli perlengkapan utama untuk berbisnis, biaya operasional seperti tarif air, listrik, sewa tempat, sabun, gaji karyawan, dan bonus. 

Jangan lupa juga untuk menyediakan biaya tak terduga untuk mengatasi kendala bisnis di tengah jalan. Lalu, buatlah patokan kapan Sedulur akan mendapatkan keuntungan bersih dan balik modal.

4. Mengutamakan kenyamanan dan pelayanan

Tidak hanya memberikan harga bersaing, tetapi pemilik bisnis harus mengutamakan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Contohnya dengan menyediakan jam operasional yang panjang dari pagi sampai malam hari.

Sedulur juga harus mengutamakan masalah kenyamanan dan kebersihan tempat laundry dan mesin cuci. Tujuannya agar pelanggan bisa mencuci dengan nyaman. 

5. Menyiapkan harga yang kompetitif

Harga merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis laundry koin, terlebih ketika sudah ada banyak pesaing di area tempat tinggal Sedulur. Pastikan harga jasa yang Sedulur tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasaran.

Untuk mempermudah Sedulur dalam menentukan harga, dan ada baiknya sih lakukan survei terlebih dahulu. Namun, umumnya harga laundry koin berkisar di antara 17ribu rupiah untuk sekali pemakaian.

6. Mulai berikan promo layanan ekstra

Memberikan promo layanan ekstra pada pelanggan laundry bisa jadi kunci sukses dibidang bisnis ini. Sedulur mungkin bisa mencoba layanan seperti antar jemput merupakan salah satu strategi yang cukup mumpuni jika Sedulur mau bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya.

Menjemput pakaian kotor dan mengantarkannya dalam keadaan bersih tentu akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan.

Apalagi ketika para pelanggan merupakan orang yang benar-benar sibuk untuk mengantarkan dan mengambil laundry ke lokasi usahamu. Sedulur juga bisa menambahkan fitur layanan WhatsApp dan gratis pengantaran untuk radius tertentu dari lokasi usaha.

Demikian tadi cara membuka laundry koin yang bisa Sedulur lakukan. Jenis usaha laundry satu ini sebenarnya cukup mirip dengan laundry pada umumnya. Namun, Sedulur bisa semakin mudah karena hanya perlu melakukan perawatan pada alat dan memberikan kebebasan pada pelanggan untuk mencuci pakaian sendiri.

Selain itu, jangan sampai Sedulur melewatkan potensi mendapatkan keuntungan tambahan dengan menjual sabun cuci baju atau pelembut pakaian di lokasi bisnis. Hal ini bisa menambah keuntungan apalagi jika ada pelanggan yang lupa membawa sabun atau pelembut.

Tidak perlu khawatir untuk kulakan produk sabun cuci baju dan pelembut karena semua tersedia di toko kelontong dan SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah.