cara dapat uang 500rb sehari

Usia pelajar memang belum bisa dikatakan sebagai usia produktif untuk mencari uang. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba menghasilkan uang mulai dari sekarang. Tanpa modal, ada cara dapat uang 500rb sehari yang bisa Sedulur coba, meskipun masih berstatus sebagai pelajar.

Syarat terpenting untuk bisa mendapatkan uang di usia muda adalah kemauan dan kemampuan. Sedulur tentu saja harus memiliki kemauan untuk bekerja dan kemampuan yang bisa dijual kepada konsumen. Misalnya saja kemampuan dalam hal kepenulisan atau desain.

Ingin tahu bagaimana cara dapat uang 500rb dalam sehari meskipun masih berstatus pelajar? Ikuti cara-cara di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Cara Membuka Situs yang Diblokir untuk Pemula yang Gampang

-->

Tips cara dapat 500rb sehari tanpa modal untuk pelajar

uang
iStock

Sebelum membahas mengenai cara mendapatkan uang, setidaknya ada empat tips yang bisa Sedulur simak. 

1. Pastikan memiliki skill pada bidang yang ingin digeluti 

Sebelum memutuskan untuk mencari uang tanpa modal, hal yang perlu Sedulur perhatikan adalah skill atau kemampuan Sedulur sendiri. Untuk bisa mendapatkan uang, tentu saja harus ada yang dijual. Nah, untuk mendapatkan uang tanpa modal, maka yang bisa Sedulur jual adalah jasa.

Tentukan skill yang Sedulur miliki dan mulailah mencari peluang dalam bidang tersebut. Sebagai contoh, jika Sedulur memiliki kemampuan dalam hal desain, pekerjaan yang bisa Sedulur coba adalah membuka jasa desain, baik desain secara umum ataupun desain logo.

2. Cari relasi sebanyak mungkin

Dengan relasi yang banyak, informasi mengenai pekerjaan yang bisa Sedulur tahu akan semakin banyak pula. Perluas koneksi dengan bergabung di grup-grup para pencari kerja atau komunitas sesuai bidang yang ingin Sedulur tekuni.

Misalnya Sedulur suka menulis, cobalah untuk bergabung dengan komunitas writer, baik di tingkat daerah maupun nasional. Dari sana, biasanya ada informasi pekerjaan sebagai penulis lepas atau freelance writer yang bisa Sedulur coba.

3. Cari informasi di media sosial

Tips yang bisa Sedulur ikuti selanjutnya adalah mencari informasi lowongan pekerjaan di media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Ada banyak sekali lowongan yang diumumkan dan bisa Sedulur coba.

Di Instagram misalnya, banyak akun-akun yang memberikan informasi lowongan pekerjaan dengan tagar #loker. Selain itu, di Twitter juga banyak akun-akun yang memberikan informasi seputar lowongan pekerjaan dengan tagar #lokercot maupun #lokerpam.

4. Buat portofolio kerja

Sebelum benar-benar mendapatkan pekerjaan, satu hal penting yang harus Sedulur lakukan adalah membuat portofolio kerja. Portofolio ini berguna sebagai bukti bahwa Sedulur sudah pernah melakukan pekerjaan yang sama sebelumnya dengan hasil yang baik.

Misalnya Sedulur tertarik menjadi seorang desain grafis, maka Sedulur bisa membuat portofolio dengan hasil karya apapun yang pernah Sedulur buat, terlepas karya itu sudah pernah dijual ataupun belum. 

BACA JUGA: Cara Menyeting SMTP Gmail dengan Mudah, Cepat dan Gratis!

12 cara dapat uang 500rb sehari

Tertarik mendapatkan uang 500rb sehari? Simak informasi berikut ini dengan baik, yuk!

1.  Menjadi seorang proofreader

uang
iStock

Cara pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah menjadi seorang proofreader. Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi ini merupakan sebuah pekerjaan dengan cara melakukan pengecekan kesalahan pada sebuah dokumen sebelum diterbitkan.

Proofreading lebih fokus pada kesalahan penulisan atau typo, format penulisan, dan tata bahasa yang digunakan dalam sebuah naskah. Jika Sedulur memiliki kemampuan dalam tata bahasa dan memiliki ketelitian tinggi, pekerjaan ini bisa menjadi ladang cuan yang menarik

Untuk mencoba pekerjaan ini, Sedulur bisa mengunjungi dua situs proofreading populer di tingkat nasional maupun internasional berikut. Freelancer.co.id khusus di Indonesia dan Scribendi untuk klien dari semua negara. 

2. Menjual foto di situs microstock

uang
iStock

Cara selanjutnya adalah mencoba peruntungan dengan menjual foto di situs microstock. Mulai dari foto biasa, desain, ataupun video bisa Sedulur coba jual di situs-situs microstock seperti Shutterstock, iStock, Adobe Stock dan Dreamstime.

Jika Sedulur sudah memiliki karya dalam bentuk foto, desain atau video yang layak jual, Sedulur bisa langsung mendaftar ke situs-situs tersebut menjadi seorang kontributor. Sedulur bisa menjual semua karya dengan harga yang disesuaikan dengan kualitas dan kebijakan masing-masing microstock. 

3. Menjadi dropshipper barang

uang
iStock

Menjadi dropshipper barang termasuk salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang bagi pelajar. Sedulur bisa menjual barang dan mengambil keuntungan dari barang tersebut tanpa harus menyiapkan modal pribadi.

Sedulur hanya bertugas untuk menjual barang dengan keuntungan yang didapat dari kelebihan harga jual. Rata-rata seorang dropshipper akan mendapatkan keuntungan antara 10-30 % dari harga jualnya. Jika dengan menjual 1 barang Sedulur bisa mendapatkan keuntungan Rp100 ribu, maka untuk menghasilkan 500rb sehari, Sedulur hanya perlu menjual 5 barang saja.

4. Menjadi Freelance Writer

uang
iStock

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika Sedulur memiliki kemampuan di bidang kepenulisan terutama menulis artikel, maka pekerjaan yang bisa Sedulur lakukan adalah menjadi seorang Freelance Writer. 

Banyak perusahaan yang membutuhkan penulis lepas untuk menulis artikel yang akan digunakan untuk mengisi konten situs perusahaan. Tidak perlu skill yang sempurna, Sedulur bisa mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk mencoba menggeluti bidang ini.

BACA JUGA: 8 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang, Cepat & Mudah!  

5. Cara dapat 500rb sehari dengan bermain di aplikasi

uang
iStock

Bermain tidak hanya menyenangkan, namun juga bisa dijadikan sebagai ladang uang. Dengan bermain aplikasi misalnya, Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan tersebut. Hal ini karena sudah banyak aplikasi permainan yang memungkinkan penggunanya untuk bermain dan mendapatkan uang.

Dalam hal ini, Sedulur bisa mendapatkan uang jika sudah mencapai di level tertentu. Gunakan kemampuan yang Sedulur miliki untuk bermain game dan latihlah kesabaran untuk mencapai level yang telah ditentukan. Aplikasi game ini juga bisa dengan mudah Sedulur unduh di App Store maupun Play Store.  

6. Menjadi host live streaming

cara dapat uang 500rb sehari
iStock

Di masa ini, program live untuk menjual produk dagangan banyak dilakukan oleh para penjual. Hal ini menjadi peluang pekerjaan yang baik untuk dicoba bagi para pelajar yang memiliki skill komunikasi dan public speaking mumpuni.

Sedulur bisa menjadi host live streaming di berbagai aplikasi, seperti Facebook Live, Instagram Live, TikTok Live, YouTube Live, Likee Live, Bigo Live, dan Shopee Live. Menjadi host tidak hanya mendatangkan uang, namun juga bisa meningkatkan mood karena bisa berinteraksi dengan para pengunjung room di aplikasi tersebut.

7. Menjadi Freelance Data Entry

cara dapat uang 500rb sehari
iStock

Menjadi freelance data entry merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pelajar dengan mudah. Sesuai namanya, data entry merupakan pekerjaan dilakukan dengan memasukkan data ke dalam sebuah sistem. 

Salah satu yang bisa Sedulur coba adalah captcha entry, yakni mengerjakan captcha yang nantinya akan digunakan pada sebuah website. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja. Contoh situs yang menyediakan pekerjaan ini adalah 2captcha. 

8. Menawarkan jasa rangkai kata

cara dapat uang 500rb sehari
iStock

Selain menulis dalam bentuk artikel, Sedulur juga bisa menawarkan jasa menulis untuk caption. Salah satu tokoh yang bisa menginspirasi Sedulur dalam menggeluti pekerjaan ini adalah Zarry Hendrik dengan project yang bernama @kapitulis.id.

Hal penting yang perlu Sedulur kuasai adalah teknik pembuatan caption dan teknik copywriting. Selanjutnya, Sedulur bisa memulai dengan mempromosikan diri melalui hasil karya yang telah dibuat di media sosial sesuai dengan target pasar yang Sedulur incar. 

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Literasi Digital Anak Sejak Dini!

9. Menjadi guru les privat secara online

cara dapat uang 500rb sehari
iStock

Siapa bilang menjadi guru les gajinya kecil? Jika Sedulur sudah mendapatkan agensi yang tepat, maka menjadi guru les online bisa menjadi cara mendapatkan uang 500rb sehari yang layak untuk dicoba.

Sedulur bisa mengajarkan kemampuan dalam berbagai bidang kepada siswa les melalui video call online. Biasanya, para siswa les akan meminta diajarkan mengenai pelajaran matematika, fisika, kimia, akuntansi, ataupun bahasa Inggris. Jika Sedulur menguasai salah satunya, cobalah bergabung menjadi guru les privat secara online.

Sedulur bisa mempromosikan diri secara individu atau mendaftar di platform belajar online. Biasanya, harga satu kali les dengan durasi 1,5 jam akan mendapatkan uang mulai dari Rp100 ribu. Apalagi jika gaya mengajar Sedulur dinilai enak, siswa les tidak akan segan untuk mengajak temannya yang lain agar les bersama Sedulur. 

10. Cara dapat 500rb sehari dengan menjadi tester suatu aplikasi

iStock

Jika Sedulur tertarik dengan bidang teknologi, menjadi tester atau penguji pada suatu aplikasi atau website menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Fungsi seorang tester adalah menemukan masalah atau bug yang ada di aplikasi yang sedang dikembangkan oleh developer.

Dengan adanya masalah yang ditemukan, para developer akan lebih mudah untuk memperbaikinya sebelum produk siap dipasarkan kepada para pengguna. Untuk bekerja dalam bidang ini, Sedulur membutuhkan sebuah laptop dan smartphone dengan waktu sekitar 10-20 menit.

Dalam setiap task yang dikerjakan, pihak developer akan memberikan imbalan sekitar $10 pada setiap tes. Gaji tersebut akan dikirimkan melalui aplikasi PayPal. Jadi, Sedulur harus membuat akun terlebih dahulu, ya! 

11. Cara dapat uang 500rb sehari dengan membuka jasa desain

cara dapat uang 500rb sehari
iStock

Salah satu pekerjaan dalam industri kreatif yang tidak pernah sepi peminat adalah jasa desain. Sedulur bisa memulai menggeluti bidang ini melalui aplikasi freelancer terpercaya atau melalui informasi lowongan pekerjaan di media sosial.

Pekerjaan jasa desain ini tidak hanya berguna untuk bisnis berskala besar saja, namun juga bisnis rumahan yang sedang membangun media sosial yang mereka miliki. Mereka merupakan pasar yang bisa Sedulur incar untuk memperdalam portofolio kerja sebelum menjadi seorang profesional.

Sedulur tidak perlu menjadi ahli dalam hal desain untuk bisa terjun di bidang ini. Selain menggunakan Adobe Illustrator dan Photoshop, Sedulur juga bisa menggunakan aplikasi grafis yang gratis seperti Canva untuk membuat desain yang menarik.

Selain desain gambar, Sedulur juga bisa merambah dan ilustrasi logo ataupun kartunisasi wajah. Semakin banyak yang bisa Sedulur lakukan, maka semakin banyak pula uang yang bisa Sedulur kumpulkan. 

BACA JUGA: 8 Cara Bijak Bermedia Sosial yang Harus Kamu Tahu!

12. Cara dapat 500rb sehari dengan membuka jasa penitipan hewan

cara dapat uang 500rb sehari
iStock

Mungkin pekerjaan ini tidak ada dalam benak Sedulur sebelumnya, namun pekerjaan ini memiliki peluang yang bagus untuk ditekuni. Banyak pecinta hewan yang mulai memelihara hewan di dalam rumahnya, seperti kucing, anjing, dan kelinci membuka peluang untuk membuka jasa penitipan hewan.

Jasa penitipan hewan ini bekerja ketika para pemilik hewan sedang ada aktivitas di luar dan harus meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama. Mereka tidak mungkin membawa hewan peliharaannya pergi, jadi mau tidak mau harus menitipkan hewan-hewan tersebut agar tetap terawat dengan baik.

Sedulur bisa melakukan pekerjaan ini sepulang sekolah hingga sebelum berangkat sekolah untuk memastikan makanan hewan-hewan yang dititipkan tersedia. Selain itu, menjaga kebersihan kandang hewan selama dititipkan juga harus Sedulur perhatikan dalam pekerjaan ini.

Demikian informasi mengenai cara dapat uang 500rb sehari untuk pelajar tanpa modal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mencari penghasilan tambahan. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.