cara mengembalikan suara yang hilang

Ketika menonton konser musik, biasanya Sedulur akan bernyanyi bahkan berteriak menikmati momen tersebut. Hal ini tentunya kan mengakibatkan perubahan suara. Jika terjadi hal demikian, Sedulur tidak perlu panik. Terdapat berbagai cara mengembalikan suara yang hilang yang dapat Sedulur lakukan. 

Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Sedulur dapat melakukan cara berikut ini agar suara yang hilang dapat pulih kembali. 

BACA JUGA : Cara Memasukkan Tanda Tangan di Word, Gampang Banget!

Penyebab suara hilang

cara mengembalikan suara yang hilang
Freepik

Sebelum beranjak ke pembahasan perihal cara mengembalikan suara yang hilang, alangkah baiknya Sedulur mengetahui faktor yang menyebabkan suara dapat hilang dan juga serak. Berikut faktor penyebab suara hilang yang perlu Sedulur ketahui!

1. Pilek

Salah satu penyebab suara hilang adalah pilek. Ketika sedang berbicara, udara yang masuk melewati kotak tenggorokan akan menyentuh pita suara sehingga bergetar dan menimbulkan suara. Nah, ketika Sedulur sedang pilek, pita suara terkadang akan mengalami peradangan. Pada kondisi tersebut membuat pita suara Sedulur membengkak dan memengaruhi getaran kedua pita tersebut. Akibatnya, suara Sedulur serak bahkan tidak ada sama sekali.

2. Menggunakan suara dengan berlebihan

Menggunakan suara yang melebihi batas pun dapat menjadi salah satu faktor penyebab suara hilang. Perlu Sedulur ketahui bahwa jika Sedulur menggunakan kemampuan pita suara secara berlebihan, seperti berteriak untuk mendukung tim kesayangan ketika bertanding atau menonton konser, kedua pita suara tersebut akhirnya kelelahan dan terluka.

Maka dari itu, usahakan untuk menghindari hal-hal di bawah ini demi menjaga kesehatan pita suara Sedulur.

  • Berbicara, menyanyi, atau batuk terlalu sering maupun terlalu keras.
  • Terus-menerus bicara setelah bernyanyi atau teriak-teriak.

3. Merokok

Penyebab suara menjadi hilang yang selanjutnya adalah kebiasaan merokok. Kebiasaan ini berdampak buruk bagi Kesehatan tubuh, tak terkecuali Kesehatan pada pita suara. Perlu Sedulur perhatikan, asap rokok yang Sedulur hirup nantinya akan masuk ke kerongkongan yang dapat mengakibatkan pita suara menjadi iritasi. Tak hanya itu, pita suara juga berisiko ditumbuhi oleh benjolan bertangkai kecil non-kanker yaitu polip.

4. Penyakit GERD

Penyakit GERD merupakan sebuah penyakit yang mana kondisi asam lambung naik ke kerongkongan. Tak hanya menimbulkan efek rasa terbakar pada bagian dada, GERD juga dapat menghilangkan suara ketika seseorang berbicara. Kondisi ini disebabkan karena asam lambung yang naik ke kerongkongan ternyata mengiritasi pangkal tenggorokan (laring). Jika laring terkena irirtasi, maka pita suara akan mengalami pembengkakan yang nantinya akan mengakibatkan suara serak hingga hilang.

 BACA JUGA : 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

5 Cara mengembalikan suara yang hilang dengan cepat

cara mengembalikan suara yang hilang
Freepik

Berikut cara mengembalikan suara hilang yang dapat Sedulur lakukan. 

1. Perbanyak minum air putih.

Freepik

Peradangan pada kotak suara atau laring dapat menyebabkan jaringan di dalamnya tidak berfungsi secara maksimal sehingga akan membuat suara seseorang menjadi menghilang dan akan sulit untuk berbicara. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

2. Mengonsumsi cairan yang hangat

Freepik

Cara yang selanjutnya untuk dapat mengembalikan suara yang hilang adalah dengan mengkonsumsi air hangat, seperti air putih hangat, ter herbal hangat dan juga susu hangat. Tak hanya itu, Sedulur juga dapat mengkonsumsi makanan berkuah yang hangat seperti sup kaldu.

Cairan yang hangat ini dipercaya dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal karena adanya irirtasi. Ketika suara menghilang, Sedulur juga perlu menghindari minum kopi, soda, dan minuman yang mengandung kafein lainnya.

3. Jaga kelembapan ruangan

cara mengembalikan suara yang hilang
Freepik

Menjaga kelembapan ruangan juga dapat membantu mengembalikan suara yang hilang. Perlu Sedulur ketahui bahwa udara di dalam ruangan yang kotor dapat menyebabkan iritasi dan juga dapat memperparah peradangan pada pita suara.

Sebaliknya, jika udara dalam ruangan tetap lembab dapat mempercepat pemulihan suara yang hilang. Lingkungan lembap bantu mempercepat pemulihan suara yang hilang, karena udara yang Anda hirup turut masuk ke dalam tenggorokan sehingga mempengaruhi laring.

Sedulur tidak perlu bingung, karena Sedulur dapat meletakkan humidifier di beberapa bagian ruangan untuk menjaga kelembapan udara sekaligus melegakan saluran pernapasan.Sedulur juga dapat mandi dengan air panas sebagai alternatif lainnya, berkat uap panas yang dihasilkan oleh airnya.

4. Istirahatkan suara

Freepik

 Mengistirahatkan suara juga termasuk solusi yang dapat Sedulur lakukan untuk mengembalikan suara yang hilang. Menggunakan suara yang berlebihan nantinya akan memperlambat proses penyembuhan.

Maka dari itu, Sedulur harus mengistirahatkan dan mengurangi frekuensi berbicara untuk sementara waktu guna suara Sedulur dapat pulih kembali.

5. Berkumur air garam

Freepik

Cara berikutnya adalah Sedulur dapat berkumur menggunakan air garam untuk dapat mengembalikan suara yang hilang.Berkumur dengan air garam bermanfaat untuk mengatasi pita suara yang sedang teriritasi dan juga meradang, sehingga dapat membantu mengembalikan suara yang hilang.

6. Hindari alkohol dan rokok

Freepik

Bagi Sedulur yang sering mengkonsumsi alkohol dan juga rokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini lantaran keduanya dapat membuat kondisi laringitis kian memburuk. Sedulur juga tidak dianjurkan berada di lingkungan perokok aktif agar proses penyembuhan

7. Mengkonsumsi bawang putih

cara mengembalikan suara yang hilang
Freepik

Salah satu cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengembalikan suara yang hilang adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa adanya komponen antibakteri pada bawang putih. Maka dari itu bawang putih dipercaya untuk dapat mengatasi suara yang serak dan juga hilang.

Jika Sedulur ingin mengurangi aromanya yang cukup menyengat, Sedulur dapat mengkonsumsinya dengan cara mencampurkan bawang putih pada salad dan juga saus pasta.

8. Minum cuka sari apel

Freepik

Cuka sari apel diyakini dapat mengembalikan suara yang hilang karena kandungan komponen antimikroba di dalamnya. Jika Sedulur ingin mengkonsumsi cuka apel, Sedulur dapat menuangkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air putih. Minumlah campuran cuka sari apel dengan air tersebut 1-2 kali dalam sehari. Sedulur juga dapat menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis.

Demikianlah cara mengatasi suara hilang dan serak yang dapat Sedulur lakukan. Selain cara-cara di atas, Sedulur juga dapat menkonsumsi obat herbal seperti jahe, kunyit dan juga perasan air lemon. Hal terpenting untuk menjaga suara agar tetap stabil adalah dengan minum air secara tertaur agar tubuh tidak dehidrasi. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.