Media sosial memberikan kita banyak sekali informasi setiap harinya, baik informasi yang positif maupun informasi yang negatif. Sebagai pengguna yang cerdas, kita harus mengetahui cara bijak bermedia sosial agar tetap bisa mendapatkan manfaat positif sebanyak-banyaknya.

Dalam upaya menghindari dampak buruk media sosial, kita harus selalu berhati-hati dengan apa yang kita lakukan. Selain membatasi penggunaan media sosial dalam aktivitas sehari-hari, Sedulur juga harus waspada dan tidak mudah percaya dengan berita sebelum mencari sendiri kebenarannya. 

Apa saja cara bijak yang bisa Sedulur lakukan dalam bermedia sosial? Simak informasi berikut ini! 

BACA JUGA: Pengertian Media Sosial Beserta Sejarah, Manfaat & Fungsinya

1. Batasi penggunaan media sosial

bijak bermedia
iStock

Cara bijak bermedia sosial yang pertama adalah membatasi penggunaan media sosial itu sendiri. Semakin lama kita menggunakan media sosial, maka semakin banyak waktu yang akan terbuang. Apalagi jika Sedulur hanya menonton konten hiburan tanpa mempelajari sesuatu yang penting.

Dengan melakukan pembatasan, Sedulur dapat mengalokasikan waktu hal-hal yang lebih positif lainnya. Seperti misalnya mengikuti mini-course gratis, membaca buku, berolahraga ataupun mengerjakan hobi lainnya.

2. Hindari curhat masalah pribadi

bijak bermedia
iStock

Perlu ditekankan bahwa curhat masalah pribadi di media sosial bukanlah hal yang baik. Hal ini karena tidak semua orang peduli dengan masalah yang kita hadapi dan kita tidak bisa mengatur respon orang-orang yang membaca postingan cerita kita tersebut. 

Bahkan, menceritakan masalah pribadi sama halnya membongkar aib diri sendiri. Bisa jadi, orang-orang yang tidak menyukai kita akan semakin merasa puas dan senang karena mendapatkan bahan gosip terbaru. 

BACA JUGA: 60 Kata-kata Senja Keren & Singkat untuk Caption Media Sosial

3. Hindari memulai atau memancing konflik

bijak bermedia
iStock

Selain menghindari curhat permasalahan pribadi, Sedulur juga sebisa mungkin harus bisa menghindari konflik di media sosial. Jangan pernah memulai atau memancing terjadinya konflik dengan orang lain untuk menghindari sesuatu yang lebih buruk.

Perlu diingat bahwa jejak digital akan selalu ada sampai kapanpun. Hal ini jelas akan merugikan Sedulur sendiri di masa depan. Bisa jadi, kesalahan yang Sedulur lakukan di masa lalu menjadi penghambat dalam hal mencari pekerjaan ataupun mencari pasangan.

4. Pikirkan dua kali sebelum membuat postingan

bijak bermedia
iStock

Sebelum memutuskan membuat postingan, hendaknya Sedulur berpikir dua kali ketika akan melakukannya. Apalagi jika berkaitan dengan foto atau video pribadi. Hal ini karena sudah banyak kejahatan yang terjadi karena postingan foto atau video seseorang. Misalnya memamerkan rumah yang mewah, ataupun informasi pribadi lainnya. 

Berpikir dua kali juga dapat membuat Sedulur merasa lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Cobalah dengan memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi jika Sedulur memposting foto atau video pribadi di media sosial. Hal ini karena tidak semua orang di media sosial adalah orang-orang yang baik dan bisa dipercaya.

BACA JUGA: 80 Kata Kata Keren untuk Status & Caption Sosial Media!

5. Periksa kebenaran berita sebelum menyebarkannya

berita
iStock

Media sosial memang sangat ampuh untuk menyebarkan berita. Tidak perlu waktu lama, berita apapun dapat menjadi trending topic karena dibagikan terus menerus. Meskipun pada kenyataannya, berita yang dibagikan tersebut belum tentu benar. 

Sebagai pengguna yang bijak dalam bermedia sosial, Sedulur hendaknya memeriksa kebenaran berita sebelum menyebarkannya. Jangan asal mem-forward hoax yang belum jelas kebenarannya. Mulailah untuk melakukan cross check segala informasi yang Sedulur terima melalui situs-situs terpercaya.

6. Jaga identitas dan keamanan akun pribadi

akun
iStock

Dalam bermedia sosial, Sedulur juga harus bisa menahan nafsu untuk memamerkan apa yang dimiliki dalam dunia nyata. Usahakan untuk tetap menjaga identitas dan keamanan akun pribadi. Hal ini sangat penting karena banyak pelaku kejahatan yang mengintai kita secara diam-diam.

Jangan bagikan aktivitas secara real-time untuk menghindari pelaku kejahatan mengetahui posisi Sedulur. Jika ingin membagikan hal-hal di media sosial, tunggulah sampai Sedulur sampai di rumah dengan selamat, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Menjaga identitas dan keamanan akun tidak hanya berlaku kepada diri sendiri saja. Namun juga orang-orang terdekat kita. Jangan sampai, ada orang-orang yang tidak suka dengan kita malah mencelakai orang-orang terdekat kita karena kemudahan mendapatkan informasi mengenai mereka.

BACA JUGA: Flyer adalah Media Promosi, Ini Penjelasan & Tips Membuatnya

7. Selalu waspada dengan iklan online

iklan
iStock

Bermain media sosial tentu erat kaitannya dengan iklan online. Namun, Sedulur perlu mengetahui bahwa iklan online tidak semuanya benar. Ada beberapa iklan yang merupakan phising, atau bentuk penipuan yang dilakukan dengan mencuri data korban ketika mereka membuka tautan iklan yang dibagikan. 

Dengan begitu, selalu perhatikan URL yang akan Sedulur klik. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan transaksi dengan nominal yang cukup besar. Sedulur harus memeriksa secara cermat, apakah link yang dibagikan benar-benar aman atau malah sebuah penipuan.

8. Pilihlah lingkungan teman yang baik

teman
iStock

Cara bijak bermedia sosial yang terakhir adalah memilih lingkungan teman yang baik. Dalam hal ini, Sedulur dapat menghindari orang-orang yang problematik dalam menggunakan media sosial, seperti misalnya mereka yang suka menyebarkan hoax maupun berkata-kata kasar.

Meskipun sebenarnya Sedulur mengenal mereka dalam dunia nyata, tidak ada salahnya Sedulur membatasi interaksi dengan mereka di dunia maya. Gunakan fitur seperti mute, unfollow, bahkan block jika Sedulur merasa mereka sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Dengan memilih lingkungan yang baik, Sedulur akan mendapatkan vibes yang positif. Selain menambah rasa semangat dalam melakukan kegiatan, lingkungan yang baik juga dapat menjadi supporting system yang sangat ampuh ketika diri sendiri merasa lelah atau ingin menyerah.

Demikian cara bijak bermedia sosial yang harus Sedulur ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur untuk menjadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial, baik dalam hal membuat postingan, mengunggah foto dan video, atau menyebarkan berita yang terpercaya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.