Budidaya tanaman obat bisa Sedulur lakukan saat memiliki waktu senggang lho. Selain menyenangkan, kegiatan ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi di masa pandemi, kegiatan berkebun menjadi sebuah hobi yang baru yang membantu menghilangkan stress, bahkan bisa juga mendatangkan keuntungan.

Lantas hal apa yang harus kita lakukan sebelum memulai melakukan budidaya tanaman obat? Nah, berikut tim  Aplikasi Super memberikan ulasan lengkap untuk Sedulur.

BACA JUGA : Potensi Usaha Handycraft Rumahan & Contohnya, Datengin Cuan!

1. Budidaya tanaman obat

Tanaman Obat Bisa Jadi Peluang Usaha Bisnis Milenial, Begini Caranya!
Pexels

Pandemi COVID-19 membuat tatanan hidup kita semua berubah. Sejak pandemi menyerang, kita semua disarankan untuk tetap berada di rumah, jika tak ada keperluan yang mendesak. Anjuran untuk tetap berada di rumah ini memunculkan hobi baru, salah satunya dengan berkebun, salah satunya adalah budidaya tanaman obat. Saat kasus COVID-19  melonjak, obat herbal adalah salah satu terapi pengobatan yang banyak dicari.

-->

Banyak orang mencari obat herbal, karena  dianggap dapat mengobati segala gejala yang ditimbulkan setelah terinfeksi virus Covid 19. Maka, banyak orang akhirnya berinisiatif melakukan budidaya tanaman obat. Kini seiring berjalannya waktu, budidaya tanaman herbal ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan lho.

BACA JUGA : 8 Cara Budidaya Ayam Kampung Modal Kecil, Untuk Pemula

2. Bisnis tanaman obat

Tanaman Obat Bisa Jadi Peluang Usaha Bisnis Milenial, Begini Caranya!
pexels

Bisnis tanaman obat herbal memang masih sangat relevan hingga saat ini. Apalagi cuaca yang tidak menentu kadang hujan kadang juga panas, sehingga menimbulkan beragam macam penyakit yang ditimbulkan. Belum lagi varian Covid Omicron yang ditemukan di benua Afrika, membuat kita harus  benar-benar menjaga tubuh supaya  tetap fit dan sehat.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, bisa dibilang obat-obatan herbal sudah menjadi salah satu pilihan yang sangat populer di tengah masyarakat. Maka dari itu, melihat tren yang positi semacam ini, membudidayakan tanaman obat dapat menjadi pilihan yang menggiurkan Sedulur.

Jika kita jeli melihat tren, peluang bisnis budidaya tanaman obat bisa menjadi lapangan kerja baru bagi banyak orang.

BACA JUGA :Cara Membuat Thai Tea Untuk Jualan dan Tips Bisnisnya!

3. Tanaman obat yang laku dijual

Tanaman Obat Bisa Jadi Peluang Usaha Bisnis Milenial, Begini Caranya!
pexels

Banyak sekali tanaman obat yang laku dijual dan bisa kamu tanam di rumah. Nah, lantas apa saja tanaman herbal yang bisa dijual oleh Sedulur, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kumis kucing

Tanaman obat yang paling dicari adalah tanaman kumis kucing. Kandungan pada tanaman ini antara lain antioksidan dan zat anti jamur  yang bermanfaat untuk menangkal zat asing dalam tubuh sampai meredakan batuk.

Keji beling

Tanaman selanjutnya yang bisa kamu tanam adalah keji beling. Manfaat zat kalium pada daun keji beling untuk melarutkan batu berbentuk garam kalsium oksalat yang biasanya dimiliki penderita batu empedu atau batu ginjal.

Selain itu, tanaman keji beling ini juga diketahui efektif mencegah pertumbuhan dan membunuh sel kanker tanpa mematikan sel normal.

Ginseng

Ginseng bisa dijadikan tanaman obat yang wajib kamu tanam di pekarangan rumah lho Sedulur. Tanaman ini berkhasiat dalam meningkatkan produksi sel darah merah, memperkuat daya tahan tubuh dan menambah stamina.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki beragam khasiat lho. Tanaman ini terbukti bisa meredakan sakit tenggorokan, menyembuhkan luka bakar, dan lain-lain.

BACA JUGA : Ternak Bebek Peking Berkualitas, Peluang Usaha Dapetin Uang

4. Tahapan budidaya tanaman obat

Tanaman Obat Bisa Jadi Peluang Usaha Bisnis Milenial, Begini Caranya!
pexels

Setelah mengetahui, tanaman obat apa saja yang bisa dijual dan mendatangkan cuan, maka selanjutnya adalah Sedulur wajib mengetahui tanaman tahapan dalam budidaya obat.

  • Persiapan alat dan bahan
  • Pemilihan bibit
  • Siapkan media tanam atau lahan
  • Langkah keempat adalah proses penanaman.
  • Langkah keenam perawatan dan pemeliharaan
  • Langkah terakhir adalah pemanenan.

5. Cara budidaya tanaman obat

Tanaman Obat Bisa Jadi Peluang Usaha Bisnis Milenial, Begini Caranya!
pexels

Buat Sedulur yang memiliki lahan yang luas, bisa digunakan sebagai tempat budidaya tanaman herbal. Sejatinya, budidaya tanaman obat tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas. Yang penting tersedia media tanam atau tanah yang siap diolah untuk menanam berbagai keperluan seperti menanam tanaman obat..

Namun, apabila mengalami keterbatasan lahan, Sedulur bisa mencoba dengan media polybag. Selain tidak memakan banyak tempat, metode ini bisa sangat efektif.

BACA JUGA : 10 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Terbukti!

6. Makalah budidaya tanaman obat

pexels

Buat Sedulur yang kesulitan dalam mencari sumber referensi sebelum memulai bisnis budidaya tanaman obat, bisa melihat makala yang biasanya diunggah di laman Scribd.com. Di dalam situs ini, semua kebutuhanmu tentang bagaimana cara berbudidaya tanaman herbal akan dijelaskan secara gamblang

7. Manfaat budidaya tanaman obat

pexels

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan setelah Sedulur menanam tanaman apotik hidup di pekarangan rumah. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan, berikut penjelasan secara lengkapnya:

Sebagai sumber kesehatan keluarga

Manfaat menanam apotik hidup yang pertama adalah bisa menjadi sumber kesehatan buat keluarga. Di tengah harga obat kimia yang mahal, maka menanam tanaman obat herbal bisa mengurangi pengeluaran. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi obat ini, bisa membuat keluarga terbebas dari efek samping obat  kimia.

Dapat meracik obat sendiri

Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat kita semakin paham bagaimana cara meracik obat secara mandiri.

Menjadi perediaan rempah bumbu dapur

Manfaat selanjutnya adalah, dengan menanam tanaman herbal, setidaknya bisa menjadi sarana rempah-rempah untuk campuran masakan di dapur. Jadi, tidak perlu lagi belanja di pasar.

Demikian ulasan mengenai budidaya tanaman obat yang berhasil dihimpun oleh tim Aplikasi Super. Semoga pembahasan ini, membuat Sedulur mulai berinisiatif menanam apotik hidup untuk dijadikan obat herbal yang bermanfaat buat tubuh.

Jika budidaya tanaman herbal bisa lebih menghemat pengeluaran Sedulur dibandingkan membeli obat kimia, sama halnya jika Sedulur berbelanja kebutuhan pokok lewat Aplikasi Super. Harga sembako yang dijual di Aplikasi Super sudah pasti dijamin murah dan caranya sangat mudah!