Iklan merupakan media yang bisa digunakan dalam bisnis untuk mendapatkan target audiens atau target bisnis yang tepat. Iklan juga dapat memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi tentang produk atau layanan bisnis yang dimiliki sebuah perusahaan. Maka dari itu, iklan memiliki peran penting dalam bisnis baik itu yang berskala kecil maupun besar. Umumnya, iklan memiliki biaya tinggi, tapi ada juga pasang iklan gratis yang bisa dilakukan untuk Sedulur yang sedang merintis usaha.

Di era digital saat ini, media iklan bisa dipasang di berbagai tempat. Salah satu yang paling efektif yaitu dengan pasang iklan gratis di website atau situs digital lainnya. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi pasang iklan gratis di website atau situs. Apa saja situsnya? Yuk mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Apa Itu Developer? Ini Pengertian, Skill dan Peluang Karirnya

1. Craigslist

kerja online tanpa modal
Pexels

Rekomendasi situs pasang iklan gratis yang pertama yaitu Craigslist. Craigslist adalah situs web iklan baris yang memungkinkan para pebisnis untuk membuat daftar produk dan layanan secara gratis.  Kategori populernya termasuk furnitur, pakaian, dan suku cadang sepeda motor.

Sebagai aplikasi pasar jual beli konsumen ke konsumen yang paling cepat berkembang, sekitar 18% pembeli mengatakan hal tersebut dipengaruhi oleh platform pilihan pembeli untuk produk bekas. Untuk mengiklankan produk Sedulur secara gratis, caranya sangat mudah.

Sedulur hanya tingga tekan tombol “Buat postingan”, pilih lokasi geografis yang ingin Sedulur iklankan, lalu pilih kategori yang sesuai.  Unggah informasi dasar tentang produk atau layanan, termasuk harga, judul, dan deskripsinya. Tinjau informasi dan tekan “kirim” agar iklannya bisa ditayangkan.

2. Classified Ads

ClassifiedAds.com adalah situs web lain yang dapat digunakan pengusaha untuk mengiklankan produk dan layanan mereka secara gratis.  Ini populer di AS, India, dan UEA dan bisa mengumpulkan lebih dari 580.000 pengunjung per bulan.

Untuk listingan bisnis gratis di Classified Ads, pilih barang yang ingin Sedulur jual, kemudian  pilih sub kategori, dan tambahkan detail dasar seperti harga, lokasi, dan judul iklan, kemudian, pilih kapan Sedulur ingin daftar tersebut kadaluarsa.

3. Locanto

Situ ini banyak menawarkan 1,9 juta pengunjung bulanan, Locanto adalah situs web periklanan gratis untuk usaha kecil dalam menjual apa pun mulai dari seni dan kerajinan hingga elektronik. Salah satu situs yang bisa Sedulur manfaatkan untuk berbagai kebutuhan bisnis Sedulur.

Sedulur bisa menjangkau orang-orang di daerah dengan memasang iklan baris gratis. Cukup masukkan nama produk Sedulur, lalu konfirmasikan kategori yang disarankan, dan tambahkan detail ke daftar. Sedulur telah memasangkan iklan Sedulur secara gratis.

4. Facebook

Lebih dari 2,91 miliar pengguna aktif, Facebook adalah platform media sosial paling populer di dunia. Hampir setiap orang di dunia ini memiliki aplikasi media sosial Facebook, hal tersebut tentu saja menjadi salah satu kelebihan dari Facebook tersendiri. Dengan jangkauan seperti ini, lebih dari sepertiga pengguna berencana untuk melakukan pembelian langsung melalui Facebook. Sebagai salah satu media sosial untuk pasang iklan gratis, Facebook memiliki ratusan hingga ribuan barang yang diperjualbelikan.

Bahkan ketika platform periklanan Facebook menjadi lebih mahal, Sedulur masih tetap  dapat menggunakan rangkaian alat pemasaran gratis Facebook untuk mengiklankan bisnismu, seperti Facebook Business Pages, Facebook Groups, Facebook Marketplace, Facebook Messenger, Facebook Shops.

5. Oodle

Oodle memungkinkan para pengusaha dan pebisnis untuk mengunggah iklan secara bebas dan gratis. Situs website ini didirikan pada tahun 2004, dan menarik lebih dari 1,7 juta pengunjung bulanan yang sebagian besar berusia antara 45 dan 64 tahun.

Akun Facebook yang aktif memungkinkan Sedulur membuat akun Oodle, untuk memilih lokasi geografis tempat Sedulur ingin beriklan, serta mengunggah detail produk. Hal tersebut tentu memudahkan para pebisnis yang telah memiliki akun Facebook.

BACA JUGA: Script Writer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Jenjang Karirnya

6. Yelp

Pasang iklan gratis
Unsplash

Rekomendasi aplikasi atau situs pasang iklan gratis selanjutnya yaitu Yelp. Yelp adalah situs ulasan bisnis lokal yang bersumber dari kerumunan dan tentunya gratis. Ini adalah rekor dan situs direktori publik yang paling banyak dikunjungi di dunia dan menarik lebih dari 205 juta pengunjung per bulan.

Membuat cantuman Yelp gratis dan paling cocok untuk bisnis dengan lokasi fisik, seperti toko langsung, gym, atau restoran.  Berusahalah untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan sebelumnya dan berada dalam jangkauan untuk muncul di 10 hasil teratas untuk pencarian Yelp target pasar Sedulur.

7. OLX

OLX memiliki berbagai pasar di lebih dari 30 negara, termasuk Brasil, India, Portugal, dan Afrika Selatan.  Pemilik usaha kecil bebas membuat daftar untuk mengiklankan apa pun mulai dari mobil hingga apartemen. OLX banyak dimanfaatkan untuk memasang iklan gratis, terutama untuk berbagai produk yang berkaitan dengan kendaraan, rumah dan hunian. Selain itu, aplikasi ini juga terpercaya dan sangat terjamin. Banyak yang telah membuktikannya.

8. Google Profile Business

Sebelumnya dikenal sebagai Google Bisnisku, Profil Bisnis Google (Google Profile Business) dapat  membantu bisnis kecil muncul di hasil penelusuran Google, tempat 81% pembeli mengevaluasi bisnis lokal (naik dari 63% dari tahun sebelumnya).

Klaim Profil Bisnis Google gratis  dan unggah informasi tentang bisnis Sedulur, termasuk jam operasional, lokasi, dan nomor telepon. Profil yang dioptimalkan akan muncul di halaman hasil mesin telusur dan Google Maps saat pembeli lokal menelusuri bisnis yang relevan dengan produk.

Saat ini ada banyak penggunaa Google sehingga menggunakan situs ini tentu saja akan sangat membantu dan memudahkan Sedulur. Bahkan banyak situs dan aplikasi yang bisa didaftarkan dengan menggunakan akun gmail atau akun Google. Tentu hal tersebut sangat memudahkan pengguna.

9. Kaskus Forum Jual Beli

Forum Kasak Kusuk atau yang disingkat dengan Kaskus merupakan salah satu situs forum terkemuka dan tertua di Indonesia. Salah satu bagian forum Kaskus yang paling terkenal dan masih sering diakses orang tentunya adalah Kaskus Jual Beli atau yang disingkat dengan Kaskus FJB.

Jika Sedulur ingin pasang iklan gratis di Kaskus FJB tentu caranya sangat mudah, tinggal login atau sign up dan Sedulur sudah bisa mengiklankan barang jualan Sedulur di Kaskus FJB ini. Enaknya lagi di Kaskus FJB ini Sedulur tidak hanya dapat fasilitas lapak, melainkan juga bisa berdiskusi langsung di lapak yang sudah Sedulur buat.

Kaskus Forum Jual Beli merupakan salah satu platform media pertama yang mengeluarkan jasa pasang iklan gratis secara online dan membantu banyak orang terutama pebisnis. Kaskus juga bukan hanya terkenal untuk memasang iklan namun juga untuk berbagai kebutuhan lainnya.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

10. eBay

pasang iklan gratis
Noble

eBay adalah salah satu pasar paling populer di dunia. Sekitar 124 juta pembeli memposting 1,6 miliar daftar produk di Q1 tahun 2022 saja, menghasilkan $ 11,9 miliar. Pemilik usaha kecil dapat mendaftarkan hingga 250 item per bulan secara gratis di eBay.

Sedulur hanya akan dikenakan biaya untuk iklan setelah produk terjual. Biaya nilai ini sekitar 12,55% ditambah 30¢ per pesanan, artinya Anda hanya membayar jika iklan Sedulur berhasil. Untuk mulai beriklan gratis di eBay, buka toko eBay, dan hubungkan dengan saluran bisnis.

Setiap inventaris baru yang ditambahkan ke toko online akan secara otomatis disinkronkan ke eBay. eBay telah terbukti ampuh dalam membantu para pebisnis memasarkan produk dengan luas dan mengantarkan keuntungan.

Demikian tadi deretan rekomendasi berbagai website dan situs yang bisa Sedulur manfaatkan untuk pasang iklan gratis. Perkembangan iklan digital di era sekarang ini memang bisa jadi alat untuk mengembangkan usaha dengan lebih praktis dan efektif. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur dan dapat memudahkan bisnis Sedulur untuk lebih berkembang lagi ya!