bisnis online bulan ramadhan

Bingung mau bisnis online bulan Ramadhan apa? Yuk, coba cek 10 rekomendasinya di bawah ini Sedulur! Mulai dari menjual paket takjil, kue kering, minuman segar, hingga menjual kurma dengan berbagai jenis.

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

1. Menjual paket takjil atau makanan buka puasa via online

bisnis online bulan ramadhan
Pinterest

Bisnis online bulan Ramadhan yang pertama adalah menjual paket takjil atau makanan buka puasa via online. Seperti yang kita ketahui bersama, waktu berbuka puasa menjadi salah satu waktu yang ditunggu banyak orang pada bulan suci tersebut.

Akhirnya setelah seharian berpuasa menahan lapar dan dahaga, kita bisa mengembalikan tenaga dan mengisi perut dengan berbagai macam hidangan. Momen ini pas banget nih bagi Sedulur yang ingin meraup pundi-pundi berkah dengan memudahkan masyarakat Muslim untuk mendapatkan makanan berbuka.

-->

Sedulur bisa menjual paket takjil atau makanan buka puasa via online. Sistem pre-order bisa diterapkan agar Sedulur bisa menyiapkan jumlah pesanan yang sesuai. Selain itu, variasi dari paket takjil ini bisa dibuat dengan berbagai macam berdasarkan harganya. Bisa takjil minuman segar dan sedikit makanan ringan, ataupun takjil yang penuh dengan berbagai jajanan khas bulan Ramadan.

BACA JUGA: Resep Galantin Daging Sapi, Pilihan Lezat Untuk Menu Puasa

2. Menjual frozen food sebagai alternatif menu sahur

bisnis online bulan ramadhan
Kargo Murah

Frozen food bisa menjadi pilihan bisnis online bulan Ramadhan. Apalagi banyak orang yang tidak mau ribet memasak untuk masakan sahur, solusi alternatifnya ya bisa pakai frozen food. Frozen food yang Sedulur jual bisa berupa nugget, sosis, bakso atau makanan-makanan lainnya.

3. Bisnis online bulan Ramadhan, jual baju Muslim atau perlengkapan shalat via online

bisnis online bulan ramadhan
Kompas

Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang ditunggu kehadirannya setiap tahun oleh umat Muslim. Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan tersebut akan dilipat gandakan pahalanya, menjadi ajang untuk berlomba-lomba berbuat baik.

Identik dengan bulannya kaum Muslim, pasti akan sangat laku apabila Sedulur menjual baju Muslim atau perlengkapan ibadah lainnya. Hal tersebut dikarenakan banyak dari masyarakat yang ingin mengganti pakaian Muslim lamanya dengan yang baru agar semangat untuk beribadah semakin bertambah.

BACA JUGA: 10 Animasi Tentang Puasa Ramadan, Cocok Untuk Anak

4. Menjual paket kue kering atau parsel lebaran via online

bisnis online bulan ramadhan
Rukita

Lebaran nggak akan lengkap tanpa kue kering atau parsel. Yuk, coba rangkai paket kue kering dan parsel terbaik Sedulur. Coba pasarkan lewat online atau via WhatsApp, siapa tahu banyak yang suka!

5. Menjual minuman dingin sebagai teman takjil berbuka puasa

bisnis online bulan ramadhan
The Asian Parent

Nah, ini nih yang paling banyak dibeli di bulan Ramadan! Ya, minuman dingin! Setelah berjam-jam menahan lapar dan haus, paling enak ya berbuka dengan yang segar-segar. Fenomena ini bisa Sedulur manfaatkan untuk menjadi ladang rupiah dengan menjual berbagai macam minuman segar. Mulai dari menu es sop buah, es degan, es cincau, es kopyor, es campur, es lidah buaya, semuanya pasti dijamin laku, deh!

Oh, iya! Enaknya lagi, resep untuk membuat minuman es yang sudah disebutkan tadi juga relatif mudah, lho! Kapan lagi sih punya bisnis dengan prospek menjanjikan tetapi sangat mudah dilakoni? 

6. Bisnis online bulan Ramadhan, menjual berbagai macam jenis kurma

Sudah Baca

Salah satu buah yang pasti ada di bulan Ramadan adalah buah kurma. Ajaran di dalam agama Islam mensunnahkan kita untuk mengawali buka puasa dengan 3 biji kurma. Jika dilihat dari sisi kandungan nutrisi, kurma memang dapat menjadi takjil yang sempurna untuk membatalkan puasa kita.

Kandungan serat yang dimiliki kurma, dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma, dapat membuat akan lebih cepat merasa kenyang. Dan jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, maka akan baik bagi dalam mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa.

Dari sini, Sedulur dapat memanfaatkan permintaan kurma yang sedang melonjak dengan menjajakan kurma sebagai bisnis online bulan Ramadhan. Kurma tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari rasa yang manis hingga sedikit asam. Kesemuanya sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai takjil. Jadi, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk menjual kurma secara online ataupun di lokasi-lokasi tertentu.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Spesial Dengan Resep Ayam Panggang Oven

7. Menjual ketupat ketika sudah mendekati hari raya

Detik

Setiap lebaran tiba, pasti kita tidak akan pernah lepas dari mengkonsumsi hidangan ketupat. Ketupat, atau yang di daerah tertentu biasa disebut dengan kupat, merupakan sebuah makanan dari bahan utama beras yang dibungkus anyaman daun kelapa muda/palma.

Beras yang ada di dalam bungkus anyaman tersebut kemudian dikukus sehingga menghasilkan makanan yang mirip seperti lontong, namun berbentuk sudut tujuh.

Hidangan utama ini memang hampir wajib ada di meja makan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Nah, ketika menjelang hari raya tersebut, tidak ada salahnya Sedulur menyiapkan beberapa ketupat untuk dijual. Banyak di antara kita yang terkadang tidak sempat membuat ketupat sendiri di rumah karena saking sibuknya mempersiapkan lebaran. Kesempatan tersebut bisa Sedulur manfaatkan untuk meraup untung, nih.

8. Menjual sembako dan keperluan rumah tangga lainnya

Pinterest

Menjual sembako memang bisa jadi ide bisnis yang tepat waktu bulan puasa, ya? Oh, iya jelas dong! Kebutuhan akan barang-barang sembako biasanya akan naik drastis pada bulan Ramadan.

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang pada akhirnya memutuskan untuk memasak makanan berbuka puasa sendiri agar puasanya dengan keluarga semakin terasa spesial. Selain itu, tidak sedikit juga yang mulai membuat kue-kue lebaran sendiri di rumah agar hari raya menjadi lebih berkesan.

Kalau sudah begini, pastinya akan banyak orang yang membutuhkan sembako dan keperluan rumah tangga lain. Pasar pun semakin ramai, begitu pula supermarket. Dari fenomena tersebut, Sedulur boleh banget lho untuk jualan sembako di rumah. Selain memudahkan konsumen biar mereka nggak perlu jauh-jauh belanja ke supermarket, Sedulur juga bisa menjalankan ide bisnis ini dari rumah tanpa mengganggu jadwal ibadah Sedulur di bulan puasa.

Biar makin mudah, kulakannya pakai Aplikasi Super! Mau belanja kulakan kebutuhan sembako apa saja pasti ada, lho! Yuk, coba unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store sekarang!

9. Bisnis online bulan Ramadhan, berjualan paket minuman soda

Pinterest

Minuman soda menjadi salah satu jenis minuman favorit di bulan Ramadan. Penyajiannya sederhana, rasanya pun sangat menyegarkan. Coba cari supplier minuman soda favorit Sedulur dan jual kembali lewat platform online!

BACA JUGA: 22 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa 2023, Dijamin Laris Manis!

10. Bisnis amplop THR lucu

Indozone

Siapa nih di antara Sedulur yang selalu memberikan THR kepada keponakan atau saudara di kampung halaman? Kebanyakan orang memanfaatkan momen lebaran ini sebagai ajang untuk berbagi kepada sesama. Biasanya, amplop THR akan sangat laku keras di bulan Ramadan hingga menjelang hari raya.

Kesempatan tersebut bisa Sedulur manfaatkan untuk membuat amplop THR lucu yang unik. Dengan begitu, konsumen akan tertarik membeli amplop THR Sedulur. Sedulur bisa menjajakannya secara online. Akan lebih baik lagi jika Sedulur menerima pesanan custom agar semakin sesuai dengan selera para pembeli.

Sedulur, demikian ulasan mengenai 10 ide bisnis online saat bulan puasa 2023 yang bisa Sedulur coba. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur, ya!

Sebelum masuk ke bulan puasa tahun ini, nggak ada salahnya nih buat mulai belanja-belanja kebutuhan sembako. Daripada belanja pas bulan Ramadhan di pasar, harga sembako bisa-bisa jadi naik semua, lho!

Yuk, langsung penuhi semua keperluan dapur Sedulur melalui Aplikasi Super! Setiap hari pasti ada promo dan voucher baru yang bikin belanja makin murah! Ada gratis ongkir juga yang bikin belanjaan Sedulur sampai di depan rumah tanpa bayar biaya pengiriman. Unduh Aplikasi Super sekarang melalui Google Play Store!