ide jualan minuman bulan puasa

Bisnis minuman merupakan bisnis menarik yang bisa Sedulur jalankan selama bulan Ramadhan. Setelah seharian puasa, tentu dahaga yang dirasakan tidak tertahankan. Banyak orang butuh minuman menarik yang menyegarkan untuk menyegarkan tenggorokan dan mengisi perut. Hal tersebut membuat ide jualan minuman bulan puasa merupakan bisnis yang sangat potensial dan menguntungkan.

Nah, bagi Sedulur yang memang tertarik dan berniat berjualan, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas beberapa rekomendasi ide jualan minuman bulan puasa yang bisa dijalankan. Seperti apa saja rekomendasi ide jualan minuman bulan puasa yang bisa jadi referensi Sedulur? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Ide Nama Usaha Makanan yang Unik dan Anti-Mainstream

1. Thai tea

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Viral dari tahun 2018-2019, thai tea hingga saat ini masih jadi minuman kekinan yang jadi pilihan untuk melepaskan dahaga. Ide jualan minuman bulan puasa pertama yang bisa Sedulur jalankan yaitu dengan menjual thai tea, dengan dipadukan berbagai topping menarik.

-->

Thai tea merupakan salah satu minuman yang tidak akan sepi pembeli, terutama jika dipadukan dengan berbagai topping menarik seperti oreo, boba dan aneka topping lainnya. Thai tea juga sangat mudah dikonsumsi dan dapat melepaskan dahaga dengan cepat, hal tersebut yang menjadi pertimbangan kenapa thai menjadi ide bisnis minuman pertama yang direkomendasikan.

2. Es susu biskuit

Depositphotos

Rekoemndasi ide jualan minuman bulan puasa yang kedua yaitu dengan membuat es susu biskuit. Minuman ini dijamin bisa memberikan kesegaran dan menghilangkan dagaha seharian berpuasa dengan sekejap. Akibat viral di media sosial, minuman ini banyak dicari oleh masyarakat.

Sedulur dapat dengan mudah membuat minuman ini. Beberapa bahan dasar yang dibutuhkan adalah susu segar, air, es, gula, serta remahan biskuit saja. Remahan biskuit tersebut dapat ditambahkan di atas minuman ketika sudah jadi, agar menambah estetika dan penampilannya.

3. Es kopi susu

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Ide jualan minuman bulan puasa selanjutnya yaitu es kopi susu. Sejak dulu, kreasi kopi merupakan salah satu ide bisnis minuman yang menarik dijalankan. Ditambah Indonesia sebagai produse kopi membuat masyarakatnya menyukai kopi.

Salah satu yang menarik untuk dijalankan selama bulan puasa yaitu es kopi susu, dijamin dapat membuat segar dan menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Salah satu ide bisnis minuman yang bisa Sedulur teruskan ketika bulan puasa telah berakhir jika memang memberikan keuntungan.

4. Aneka es buah

iStock

Rekomendasi ide jualan minuman untuk bulan puasa selanjutnya yaitu dengan menawarkan aneka es buah. Kesegaran es dan khasiat dari buah yang terdapat di dalamnya dijamin dapat membuat tubuh tetap segar kendati pun seharian berpuasa.

Selain itu, penampilan es buah yang menarik dijamin membuat konsumen sulit menolak untuk membeli es buah yang Sedulur tawarkan. Seharian berpuasa, haus yang tidak tertahankan dan rasa lapar yang sudah sulit ditahan, ketika melihat es buah seakan menemukan jawaban yang tepat untuk berbuka puasa.

Selain sebagai minuman yang dijamin laris, bahan-bahan untuk membuat es buah juga tidak sulit didapatkan terlebih juga harganya yang sangat murah. Dengan modal kecil Sedulur bisa mendapatkan untung yang melimpah.

5. Susu murni

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Indonesia banyak menghasilkan susu dari setiap peternakan yang ada. Kualitas susu murni yang ada di Indonesia juga sangat terjamin. Menjual susu murni sebagai salah satu ide bisnis minuman dan juga sebagai sebuah bisnis minuman kekinian patut sekali dicoba.

Karena susu murni sangat potensial untuk dikreasikan menjadi sebuah minuman baru. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam susu murni sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menjadikan susu murni sebagai bisnis juga sangat potensial.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang mengemas susu murni sebagai salah satu produk unggulannya. Kondisi ini bisa Sedulur jadikan sebagai peluang dan ide jualan minuman bulan puasa. Sedulur bisa menawarkan susu murni secara dingin.

Agar lebih menyegarkan, Sedulur bisa memberikan variasi rasa dengan menggunakan sirup. Mulai dari rasa jeruk, melon, strawberry hingga berbagai rasa lainnya. Untuk lebih menarik perhatian pembeli, Sedulur bisa menawarkan susu murni dengan aneka topping yang sedang viral saat ini.

6. Es jeruk peras

iStock

Es jeruk peras bisa jadi ide jualan minuman bulan puasa untuk dijalankan. Kesegaran dari es jeruk peras dijamin bisa menghilangkan dahaga, bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat jeruk peras pun sangat mudah didapat dengan harga murah. Modal yang Sedulur butuhkan pun tidak begitu besar.

Sedulur juga bisa menambahkan topping dengan serutan daging kelapa atau nata decoco dan jelly, untuk menambah variasi rasa minuman jeruk peras. Dijamin dengan berbisnis jeruk peras selama bulan puasa bisa memberikan keuntungan untuk Sedulur. Jangan lupa menaburkan jeruk peras dengan biji selasih agar semakin menarik perhatian dan membuat minuman terlihat lebih menyegarkan lagi.

7. Yoghurt

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Ide bisnis minuman kekinian selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt merupakan susu yang difermentasikan, saat ini, jika diperhatikan yoghurt merupakan bisnis yang semakin lama semakin berkembang dan menjadi bisnis yang menjanjikan.

Yoghurt ada yang dikemas dalam plastik, gelas kemasan, kemasan kotak, dan lain sebagainya. Yoghurt awalnya dianggap sangat tidak potensial dijadikan sebagai bisnis minuman, selain karena rasanya yang asam dan aneh, juga karena bentuknya yang menggumpal saat diminum.

Selain itu, saat itu yoghurt juga belum begitu dikenal oleh masyarakat sehingga sulit sekali mejual yoghut sebagai minuman dan menjadikannya sebagai bisnis yang potensial. Namun kini, yoghurt telah dikenal luas masyarakat karena khasiat dan manfaatnya.

Tentu yoghurt bisa Sedulur jadikan sebagai salah satu ide jualan minuman bulan puasa. Selain menawarkan kesegaran, kesehatan tubuh terutama pencernaan pun akan terjaga dengan menawarkan yoghurt sebagai takjil buka puasa.

8.  Es pisang ijo

iStock

Es pisang ijo juga bisa menjadi salah satu ide jualan minuman bulan puasa. Meskipun es pisang ijo merupakan minuman yang tetap laris dijual di luar bulan puasa, namun momentum bulan puasa bisa membuat es pisang ijo yang dijual semakin laris lagi.

Es pisang ijo merupakan minuman khas Sulawesi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk jualan es ini juga sangat sederhana, yaitu pisang dan adonan tepung hijau.

Banyak referensi yang bisa Sedulur pelajari untuk membuat adonan tepung hijau dan cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Selain mudah, banyak masyarakat yang menyukai es pisang ijo, hal tersebut merupakan peluang yang penting untuk dimanfaatkan.

9. Aneka sirup

ide jualan minuman bulan puasa
Depositphotos

Sirup menjadi salah satu olahan minuman yang banyak dibeli oleh masyarakat. Begitu disukainya oleh masyarakat , sirup sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam parcel yang diberikan setiap hari raya atau hari besar di Indonesia.

Ketersediaan berbagai rasa sirup dan berbagai macam sirup, membuat siapapun bisa berkreasi dan menemukan berbagai produk sirup yang menarik untuk dijual. Sirup sendiri sangat cocok diminum di siang hari. Karena dapat melepaskan dahaga.

Nah karena saat bulan puasa banyak yang menahan haus dan dahaga, tidak ada bisa menolak sirup untuk buka puasa. Terutama jika dipadukan dengan topping lain seperti nata decoco, biji selasih hingga serutan blewah atau daging buah kelapa.

Berbagai kreasi sirup tersebut membuat aneka sirup bisa menjadi salah satu ide jualan minuman bulan puasa yang menarik.

10. Es cincau

iStock

Jika Sedulur perhatikan, cincau merupakan salah satu bahan yang akan dengan mudah Sedulur temui saat bulan puasa. Karena cincau merupakan bahan penting untuk membuat minuman manis sebagai takjil. Kondisi ini bisa Sedulur manfaatkan sebagai ide jualan minuman bulan puasa.

Es cincau bisa menjadi ide jualan yang lari selama bulan puasa, selain karena dapat melepaskan dahaga, kesegaran es cincau sangat pas untuk membuat tubuh tetap segar setelah seharian berpuasa.

Ada dua jenis cincau yang bisa Sedulur jadikan ide jualan, yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Sedulur bisa memilih kedua jenis cincau tersebut dengan berbagai variasi rasa yang disukai masyarakat.

11. Aneka jus buah

ide jualan minuman bulan puasa
Depositphotos

Tidak ada yang meragukan manfaat dari jus buah untuk kesehatan tubuh. Buah yang mengandung banyak serat dan manfaatnya yang dibutuhkan oleh tubuh karena kandungan gizi dan nutrisi dari buah, hal tersebut yang menjadikan jus buah sangat cocok dijadikan sebagai bisnis minuman.

Belakangan ini jus buah juga telah banyak yang menjual secara franchise atau waralaba sehingga memudahkan kita untuk berjualan dan menjadikan jus buah sebagai ide bisnis minuman. Karena, baik itu musim dingin atau panas, jus buah sudah pasti dijamin laris.

Kondisi tersebut juga yang membuat aneka jus buah sangat menarik menjadi ide jualan minuman bulan puasa. Sedulur juga bisa berkreasi dengan aneka topping yang dipadukan dengan aneka jus buah.

12. Es kolang kaling

iStock

Bukan hanya cincau yang sering Sedulur temui selama bulan puasa, namun kolang kaling juga akan sering Sedulur temui selama bulan puasa. Ide jualan minuman bulan puasa dengan menjual kolang kaling bisa memberikan keuntungan selama bulan puasa.

Kolang kaling juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan sangat berkhasiat untuk kesehatan tenggorokan. Maka dari itu es kolang kaling sangat cock untuk menjadi ide usaha.

Agar lebih laris dan menarik untuk dibeli, Sedulur bisa mencampurkan kolang kaling yang sudah direbus dengan aneka sirup berbagai rasa dengan ditambah selasih. Dijamin sangat menggiurkan dan minuman akan laris dibeli.

13. Es air kelapa

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Kelapa merupakan buah yang tumbuh di setiap daerah di Indonesia, hal tersebut membuat minuman es air kelapa merupakan salah satu minuman segar khas di Indonesia. Sedulur juga bisa menjadikan es air kelapa sebagai ide jualan minuman bulan puasa.

Kesegaran yang diberikan air kelapa dapat membuat dahaga seharian puasa menghilang. Bukan hanya menyegarkan, air kelapa juga sangat menyehatkan. Karena bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa.

Agar lebih menarik dan bervariasi, Sedulur bisa mencampur es kelapa dengan berbagai rasa dan varian tooping, seperti jeruk, madu dan alpukat.

14. Es sari tebu

iStock

Butuh ide jualan minuman bulan puasa sederhana yang mengguntungkan? Es sari tebu jawabannya! Es sari tebu merupakan pilihan pas pengganti air putih saat berbuka puasa. Tak heran, es ini tak pernah sepi peminat. Rasa manisnya yang alami dan segar juga sangat baik untuk mengganti cairan tubuh.

Selain banyak peminat, jualan es sari tebu juga gampang karena penyajiannya sangat mudah. Namun, kamu harus punya alat pemeras tebu agar bisa jualan es ini. Jadi, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu jika modalmu minim.

15. Minuman boba

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Tentu Sedulur sudah tidak asing lagi dengan boba, minuman yang viral di tahun 2021-2022 yang lalu. Banyak nama untuk minuman ini, mulai dari pearl milk tea, bubble milk tea, tapioca milk tea, buble tea hingga berbagai sebutan lainnya.

Apakah Sedulur tahu jika boba merupakan minuman yang berasal dari Taiwan? Boba muncul pertama kali di Taiwan pada tahun 1980-an. Pada umumnya, minuman ini terdiri dari teh, kemudian dicampur dengan susu. Lalu, sebagai pelengkap minuman kekinian tersebut adalah tambahan bola-bola kenyal berwarna hitam yang terbuat dari tepung tapioka.

Minuman ini sangat disukai oleh anak-anak muda. Semakin berkembangnya tren membuat minuman boba juga mengalami berbagai inovasi untuk selalu menyesuaikan selera pelanggan. Inovasi tersebut terutama berasal dari topping boba yang saat ini sudah tersedia bermacam-macam.

Jika Sedulur melihat ke pasaran, topping minuman boba dapat berupa agar-agar, aloe vera, atau bahkan kacang merah. Beragamnya topping boba dan berbagai variasi minuman ini, membuat boba menjadi salah satu ide jualan minuman bulan puasa yang menarik untuk Sedulur jalankan.

Jangan ditanya lagi perihal mengusir dahaga, boba dijamin ampuh untuk membuat tubuh kembali segar. Ditambah kenyalnya boba yang terbuat dari tepung tapioka dapat mengganjal perut yang lapar sebelum kemudian makan.

16. Es semangka

iStock

Sedulur juga bisa menjual es semangka sebagai ide jualan minuman sederhana selama bulan puasa. Modal yang Sedulur butuhkan pun tidak begitu besar serta cara membuatnya yang sederhana dijamin bisa memberikan Sedulur keuntungan.

Ditambah lagi belum lama ini viral es semangka India yang bisa Sedulur manfaatkan sebagai momentum untuk berjualan minuman ini. Makanan atau minuman yang sedang viral bisa meningkatkan keuntungan dan memudahkan Sedulur saat menjual makanan.

17. Alpukat kocok

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Alpukat merupakan buah yang mengandung kalori sangat tinggi, cocok untuk mengembalikan tenaga yang terkuras selama berpuasa seharian. Bukan hanya menyegarkan, alpukat juga mengenyangkan. Minuman ini bisa jadi rekomendasi untuk menu buka puasa yang simpel.

Ditambah jika dikombinasikan dengan berbagai topping menarik seperti cokelat, milo, susu dan aneka topping lainnya. Membuat minuman ini dijamin laris dibeli oleh masyarakat. Membuat minuman ini dijamin mudah dan tidak membutuhkan bahan yang sulit didapat.

Sedulur hanya membutuhkan es serut, alpukat, susu dan krimer serta aneka topping yang ingin ditawarkan. Bisa menyediakan cokelat meses, oreo, milu, boba atau regal. Dijamin sangat cocok untuk menghilangkan dahaga selama seharian berpuasa.

18. Es blewah

Depositphotos

Takjil yang banyak dibuat masyarakat selama bulan puasa yaitu blewah, hal ini juga bisa Sedulur jadikan sebagai peluang untuk menghasilkan untung selama bulan puasa. Selain identik dengan bulan puasa, blewah juga mudah sekali Sedulur dapatkan.

Untuk membuat es blewah pun bahan yang Sedulur butuhkan tidak sulit didapatkan, Sedulur hanya membutuhkan  blewah, air, es, gula / sirup atau pemanis. Meskipun sederhana, rasanya khas berupa manis dan segar, pas sekali jadi penyegar setelah seharian puasa.

19. Dalgona coffee

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Dalgona coffee merupakan minuman yang viral di awal pandemi tahun 2020-2021, meskipun dalgona coffee sudah ada sejak tahun 2004 di Korea Selatan, Makau dan India. Meskipun kini sudah lewat masa viralnya, namun bukan berarti minuman ini tidak menguntungkan untuk dijual.

Selain bahan dasarnya yang mudah didapat, dalgona juga masih menjadi pilihan banyak orang untuk minum dan melepaskan dahaga. Dalgona juga telah dikenal karena viral, maka tidak begitu sulit untuk dijual. Bulan puasa nanti bisa jadi momentum untuk menjual minuman ini.

20. Kefir

iStock

Memiliki bentuk dan tekstur seperti yoghurt, kefir bisa menjadi salah satu ide jualan minuman bulan puasa karena khasiat yang terdapat dalam kandungan kefir itu sendiri bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dan membuat kecantikan tubuh tetap terjaga.

Bukan hanya diminum, kefir juga banyak digunakan sebagai masker wajah. Kefir bersaing dengan yoghurt, sebagai minuman fermentasi susu yang banyak dibeli oleh masyarakat. Kefir sendiri dibuat dari bakteri sehat yang berbeda dengan yoghurt.

BACA JUGA: Cara Mudah Menjalankan Bisnis Kebab, Sedulur Wajib Simak!

21. Jamu kekinian

ide jualan minuman bulan puasa
iStock

Agar tetap sehat selama bulan puasa, Sedulur bisa menawarkan sesuatu yang baru kenapa konsumen. Yaitu jamu yang diraci dan disajikan secara kekinian. Meskipun jamu identik dengan minuman orang tua, namun pada dasarnya jamu merupakan minuman herbal untuk menyehatkan tubuh.

Selama bulan puasa, tubuh kekurangan asupan makanan dan minuman, untuk itu penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan diracik serta disajikan secara kekinian, minuman jamu bisa Sedulur jadikan sebagai salah satu minuman menarik selama bulan puasa.

Ditambah lagi, segmentasi pasar untuk jamu ternyata sangat luas, hal tersebut disebabkan karena khasiat yang terdapat dalam jamu itu sendiri. Tentu hal ini bisa Sedulur manfaatkan menjadi peluang.

22. Cheese tea

iStock

Ide jualan minuman bulan puasa terakhir yaitu chees tea. Minuman ini memiliki keunikan, karena memadukan keju dan teh dalam satu minuman. Minuman ini merupakan vairasi minuman kekinian yang memiliki tekstur kental dan manis.

Keju yang biasa digunakan untuk membuat minuman ini yaitu keju foam atau krim, sementara untuk teh bisa menggunakan jenis teh apapun. Sebelum menikmati minuman ini, wajib dikocok atau diaduk terlebih dahulu agar busa atau foamnya tercampur secara merata ke seluruh minuman.

Cheese tea sebagai sebuah bisnis minuman sangat simpel dan tidak ribet dibuat, bahan dasar yang dibutuhkan sama seperti bahan membuat milk tea ditambah krim keju. Sebagai takjil bulan puasa, minuman ini sangat menyegarkan untuk melepaskan dahaga bulan puasa.

Nah itulah rekomendasi ide jualan minuman bulan puasa yang bisa jadi referensi Sedulur yang berniat menjalankan usaha selama bulan puasa. Bulan puasa merupakan bulan yang berkah yang bisa Sedulur manfaatkan untuk menjalankan bisnis.

Banyak bisnis-bisnis baru bermunculan selama bulan puasa, salah satunya bisnis minuman. Sedulur bisa memanfaatkan momen bulan puasa untuk menjalankan bisnis. Agar bisnis Sedulur semakin lancar, Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan usaha di Aplikasi Super.

Belanja di Aplikasi Super bukan hanya murah, namun barang pesanan Sedulur akan diantar langsung sampai rumah. Tentu Sedulur bisa lebih fokus mengurus bisnis agar sukses mendulang keuntungan. Dijamin menggunakan Aplikasi Super bisa membuat setiap kegiatan harian Sedulur lebih mudah, deh!

Makanya, rajin-rajin menggunakan Aplikasi Super, ya! Bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa segera download di Playstore. Jangan sampai ketinggalan memanfaatkan setiap kemudahan dan keuntungan dari Aplikasi Super.