peluang bisnis franchise

Saat ini, bisnis franchise sangat diminati oleh masyarakat. Selain karena modal yang dibutuhkan cukup terjangkau, juga waktu untuk balik modal terbilang cepat dan sangat menguntungkan. Tentu bagi Sedulur yang tertarik menjalankan bisnis ini, ada banyak bisnis franchise dibawah 5 juta yang bisa dicoba.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi bisnis franchise dibawah 5 juta yang bisa Sedulur coba. Mulai dari i makanan dan minuman kekinian, hingga jasa pengiriman atau ekspedisi. Dengan memanfaatkan nama brand yang sudah terkenal, Sedulur tidak perlu lagi membangun kepercayaan konsumen dari awal lagi.

Apa saja daftar bisnis franchise dibawah 5 juta yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Franchise: Bisnis Terlaris 2021, Bagaimana Skema & Cara Kelolanya

1. Es Teh Poci

bisnis franchise dibawah 5 juta
Teh Cap Poci

Bisnis franchise dibawah 5 juta pertama adalah Es Teh Poci. Modal yang dibutuhkan minimal hanya Rp5juta saja. Teh yang digemari berbagai kalangan ini bisa Sedulur jadikan ladang bisnis dengan modal kecil yang sangat menjanjikan. Dengan membeli Paket Hemat seharga Rp5 juta, Sedulur sudah bisa mendapatkan booth berukuran 105 x 65 x 200 cm. 

2. Lima Warna

Lima Warna

Selanjutnya ada franchise minuman lain, yaitu Lima Warna. Lima Warna telah memiliki 300 gerai yang tersebar di setiap daerah di Indonesia. Salah satu minuman kekinian yang berbasis boba dan dalgona. Lima Warna menawarkan paket waralaba dengan modal mulai dari Rp 5 jutaan hingga Rp 50 juta.

3. Nyoklat Super

Nyoklat Super

Masih dengan franchise minuman, ada Nyoklat Super yang bisa jadi pilihan Sedulur bagi yang memiliki modal di bawah 5 juta. brand Nyoklat Super yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Dengan modal mulai dari Rp 4 juta, Sedulur sudah bisa membeli paket usahanya. Menariknya, waralaba ini tidak mengenakan biaya royalti dengan kontrak seumur hidup.

4. Mobo Thai Tea

bisnis franchise dibawah 5 juta
Mobo Thai Tea

Mobo Thai Tea merupakan franchise minuman boba dan thai tea kekinian dengan beragam menu. Paket usaha yang ditawarkan juga beragam dan terjangkau, dengan modal mulai dari Rp4,5 juta Sedulur sudah bisa memiliki waralaba ini. Paket usaha ini juga tidak membebankan royalti kepada mitra usahanya.

5. Rokea Korean Cheese Tea

bisnis franchise dibawah 5 juta
Evermos

Minuman Korea ini bisa jadi bisnis menguntungkan bagi Sedulur. Konsep yang dibawakan juga fresh and fun sehingga cukup diminati dan tersebar di banyak kota di Indonesia. Modal yang di tawarkan cukup murah berkisar 4,9 juta dan sudah termasuk fasilitas perlengkapan seperti sealer, shaker, han mixer, banner, apron dan lainnya. Sedulur juga akan mendapatkan bahan baku awal.

Franchise ini juga tidak mempunyai royalti fee serta menyediakan bimbingan marketing sehingga Sedulur tidak perlu bingung lagi dalam urusan pemasaran.

6. Pisang Nugget Kece

Pisang Nugget Kece

Selanjutnya ke franchise camilan manis yang sempat viral pada masanya, yaitu pisang nugget. Brand Pisang Nugget Kece bisa jadi rekomendasi Sedulur. Produk ini berupa pisang di lumuri tepung roti kemudian di goreng, mirip seperti nugget.

Lalu pisang tersebut diberi anek topping manis yang menggugah selera.  Tentu saja dengan pengemasan yang sangat menarik. Franchise murah untuk pemula pisang nugget kece bisa Sedulur dapatkan mulai dari Rp 5 juta. Adapun harga tersebut sudah termasuk peralatan masak dan premium roll banner.

7. Taw Taw Tahu

bisnis franchise di bawah 5 juta
Taw Taw Tahu

Bisnis franchise dibawah 5 juta selanjutnya adalah Taw Taw Tahu yang membutuhkan modal pertama yaitu sekitar Rp4.3jt. Bisnis makanan ringan berbahan dasar tahu ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan usia.

Dalam satu paket usaha Taw Taw Tahu, Sedulur akan mendapatkan peralatan masak dan bahan baku. Sedulur juga tidak perlu berpikir keras lagi, karena bisnis tahu krispi ini sudah memiliki 9 varian rasa dan 5 level pedas berbeda yang membuat konsumen tidak akan bosan. 

8. Bakso Benhil

bisnis franchise dibawah 5jt
Bakso Benhil

Selanjutnya adalah Bakso Benhil yang masuk jajaran rekomendasi bisnis franchise dibawah 5 juta dan terjangkau. Dengan modal awal Rp4 juta, Sedulur sudah akan mendapatkan produk bakso sekitar 500-600 porsi. Bakso Benhil pernah mendapatkan penghargaan Top Kuliner Indonesia pada tahun 2015 dan Franchise Startup Awards pada tahun 2018, Bakso Benhil juga telah memiliki sekitar 72 mitra di seluruh Indonesia.

9. Crispy Crab

bisnis franchise dibawah 5 juta
IDN Times

Selain daftar bisnis franchise dibawah 5 juta di atas, Sedulur juga bisa mencoba Crispy Crab. Dengan pembelian paket usaha Crispy Crab ini, Sedulur akan mendapatkan booth beserta perlengkapan lainnya. Ada roll banner, wajan, saringan, timbangan, pencapit kepiting, wadah kepiting dan minyak, 3 botol saus, 3 toples bumbu, 3 sendok bumbu, dan 2 menu print.

10. Mister R Jamur Crispy

Waralabaku

Ada juga Mistr R Jamur Crispy yang merupakan salah satu bisnis franchise dibawah 5 juta. Sedulur bisa memulai dengan memilih paket Rp5 juta yang tersedia. Dalam paket tersebut, Sedulur akan diberikan perlengkapan penjualan lengkap, yakni booth berbentuk meja lipat, pelatihan karyawan, dan bahan baku jamur.

BACA JUGA: 12 Franchise Murah Dibawah 5 Juta untuk Bisnis Modal Kecil

11. Tahu Mafia

Tahu Mafia juga bisa jadi rekomendasi bisnis franchise yang Sedulur coba. Paket usaha termurah yang bisa Sedulur pilih adalah paket gangster dengan modal awal mulai dari Rp3,9 juta. Di dalam paket tersebut, Sedulur akan mendapatkan fasilitas peralatan memasak lengkap, seperti wajan, kompor, spatula, tabung gas, toples, sarung tangan, dan beberapa perlengkapan lainnya.

12. Endogmu

Paket franchise yang diberikan oleh Endogmu ini adalah sekitar Rp3.9 juta saja. Dari modal tersebut, kamu sudah mendapat peralatan masak lengkap dan bahan baku untuk 100 porsi. Itulah deretan bisnis franchise di bawah 5 juta yang bisa cepat balik modal.

13. Yago Chicken

Modal yang dibutuhkan untuk mencoba bisnis franchise ini adalah sekitar Rp4jutaan saja. Bisnis ini juga menggunakan konsep virtual waralaba, artinya kamu dapat menjual produknya melalui platform online seperti Go Food, Grab Food, dan sebagainya tanpa perlu menyewa outlet. Menu andalannya adalah ayam geprek khas Korea!

14. Waroeng Royal Dimsum

Waoeng Royal Dimsum menawarkan peluang waralaba dengan modal senilai Rp3 jutaan. Setiap paket waralaba, kamu alan mendapatkan 30 box produk, 1 pcs spanduk, 1 box kartu nama, 1 rim brosur, 1 pcs stempel, dan promosi online.

15. Kebab Turki

Makanan khas Timur Tengah ini memang digemari masyarakat sejak lama. Untuk memulai kemitraan, Sedulur hanya perlu menyiapkan modal sekitar Rp5 jutaan saja. Tentunya dengan pangsa pasar yang luas, Sedulur bisa cepat balik modal.

16. REX Express

Selain franchise makanan dan minuman, ada juga franchise ekspedisi dengan modal di bawah 5jt. Pertama yaitu REX Express. Ada dua bentuk kerjasama yang ditawarkan, yakni Cash Sales Counter (CSC) dan Agen Mandiri REX. Dari kedua bentuk kerjasama tersebut, Sedulur akan mendapatkan pelatihan, spanduk, banner, alat promosi, diskon, penjemputan pengiriman, dan melakukan cek status pengiriman di website maupun CS.

17. Lion Parcel

Lion Parcel juga menawarkan bisnis franchise dibawah 5 juta bagi Sedulur yang tertarik. Sedulur bisa memulai bisnis ini dengan modal awal mulai dari Rp2,5 juta. Dengan menekuni bisnis ini, Sedulur bisa mendapatkan beberapa keuntungan.

Keuntungan yang dimaksud seperti mendapatkan komisi dari biaya pengiriman minimal 20% atau 5% dari penjemputan barang dari tempat customer, mendapat bonus jika memenuhi target pengiriman, dan berpotensi mendapatkan uang hingga ratusan juta per bulan.

18. Shipper

Shipper masuk jajaran bisnis franchise dibawah 5 juta yang wajib Sedulur coba. penerimaan paket dari pelanggan untuk jasa ekspedisi atau logistik apapun. Modal awalnya juga tidak terlalu besar, yakni mulai dari Rp5 juta saja. Selain itu, pihak Shipper juga tidak menuntut spesifikasi tempat usaha yang rumit. Sedulur cukup menyediakan tempat usaha, kendaraan, komputer, dan satu alat komunikasi.

19. JNE

JNE juga memberikan tawaran bisnis franchise yang terjangkau. Untuk memulai usaha franchise ini sebenarnya bukan bisnis franchise di bawah 5 juta, melainkan 7 juta saja dengan prasyarat harus mempunyai kendaraan bermotor atau mobil dan tempat usaha. Meski begitu benefit yang ditawarkan juga menggiurkan sebesar 27% dari omset usaha.

20. JET Express

Selain JNE ada juga JET Express. Terdapat 2 pilihan paket yang bisa Sedulur coba, namun yang murah adalah Market Entry Package yang hanya bermodalkan 5 juta saja sudah bisa membuka usaha ini.  

Fasilitas yang Sedulur dapatkan sudah termasuk dengan timbangan digital, JET net system, dan flyers. Sedulur akan mendapatkan keuntungan 20 % dari total omset mingguan. Untuk syaratnya hanya perlu mengisi formulir pendaftaran serta menyiapkan KTP, Pas Foto, NPWP, Surat Keterangan Domisili, dan foto denah usaha.

BACA JUGA: Biaya Franchise Teh Poci Beserta Syarat dan Cara Daftarnya

21. Anteraja

Bagi Sedulur yang tertarik untuk mencoba membuka Anteraja, Sedulur harus mengeluarkan modal biaya waralaba sekitar Rp 5 juta. Dari biaya awal tersebut, Sedulur akan mendapatkan neon box, timbangan, seragam, banner hingga sistem kerja Anteraja. 

22. SiCepat

Ada juga SiCepat, yang menjadikan kecepatan sebagai kelebihan dan keunggulan pelayanannya. Di Indonesia sendiri SiCepat merupakan sebuah brand yang telah dikenal cukup luas. Meskipun dibanding ekspedisi lain SiCepat masih terhitung baru, namun dari tahuun 2014-2016 SiCepat mengalami peningkatan.

23. Ninja Express

Ninja Express merupakan rekomendasi selanjutnya. Ninja express hadir untuk mengakomodir kebutuhan jasa pengiriman barang yang cepat khususnya di era bisnis online saat ini. Sebagai salah satu jasa pengiriman yang menyediakan bisnis waralaba kurir, Ninja Express menjadi jasa pengiriman yang paling besar dan tercepat.

24. Kim Boba

Modal yang dibutuhkan hanya Rp3.8juta saja. Dengan modal awal Rp3,8 juta saja, Sedulur sudah bisa menjalankan bisnis menjanjikan yang satu ini. Selain menawarkan konsep minuman cepat saji dengan bahan berkualitas, Kim Boba juga memiliki cup printing dan outlet minimalis yang unik. 

25. Aku Cendol Kamu

Aku Cendol Kamu membuka franchise dengan modal Rp3.9juta.  Dengan modal Rp3,9 juta, Sedulur akan mendapatkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk berjualan. Mulai dari alat cetak cendol, saringan, sendok, centong, toples, gelas takar, termos es batu, dan gelas stainless. 

Nah itulah daftar bisnis franchise dibawah 5 juta yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur coba. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur akan usaha-usaha yang memiliki keuntungan menjanjikan. Selamat mencoba dan tetap semangat pantang menyerah!