rekomendasi hotel di banyuwangi

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa dan menawarkan ragam tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Tempat wisata di sana memang beragam, mulai dari wisata alam yang indah seperti pantai eksotis, pegunungan hingga wisata kuliner dan budaya. Jadi tidak heran ada banyak rekomendasi hotel di Banyuwangi yang cocok jadi akomodasi wisata.

Banyuwangi saat ini sudah mulai terkenal dengan keindahan tempat-tempat wisatanya yang menarik perhatian wisatawan dari lokal maupun luar negeri. Tak cuma kaya akan pantai-pantai eksotis maupun pegunungan, ada banyak juga tempat wisata alam yang sangat instagramable dan sangat populer di media sosial.

Selain memiliki keindahan alam, Banyuwangi saat ini sudah banyak terdapat pilihan hotel hingga villa sangat cocok untuk honeymoon bersama pasangan karena desain dan suasananya yang romantis. Beragam hotel di Banyuwangi menyediakan fasilitas yang memadai untuk meningkatkan kenyamanan orang yang sedang menginap. 

Biaya menginap di hotel juga sangat bervariasi mulai dari yang murah hingga mahal bisa ditemukan. Buat Sedulur yang sedang merencanakan liburan bersama pasangan atau keluarga ke Banyuwangi, berikut rekomendasi hotel di Banyuwangi yang wajib masuk dalam daftarmu.

-->

BACA JUGA: Alun-Alun Kota Wisata Batu: Aktivitas, Pesona, dan Harga Tiket

1. Aston Hotel Banyuwangi

rekomendasi hotel di banyuwangi
Pexels/Pixabay

Hotel Aston memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Hotel Aston Banyuwangi berada di Jalan Brawijaya, Mojopanggung, Banyuwangi dan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk staycation.

Fasilitas yang disediakan pengelola hotel sangat lengkap mulai dari minibar, layanan kamar, lemari besi, WiFi dan AC. Setiap pengunjung bisa menikmati kolam renang gratis serta restoran yang ada di area hotel. Tarif Hotel Aston Banyuwangi mulai dari Rp450 ribuan hingga di atas Rp750 ribu.

2. Teras Hotel

Teras Hotel yang terletak di Dusun Krajan, Desa Banjar, Licin, Banyuwangi ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menjamin kenyamanan para tamu. Kamar dilengkapi dengan AC, furniture lengkap, pembuat kopi dan teh, saluran TV kabel, mini bar, shower berdiri, WiFi, dan banyak lainnya. Terdapat 3 tipe kamar yang disediakan yaitu Deluxe, Superior dan Junior Suite. 

Banyuwangi menghadirkan ragam destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan baik lokal hingga nasional. Untuk mendukung aktivitas pariwisata, tentu dibutuhkan fasilitas akomodasi memadai. Untungnya Teras Hotel menawarkan berbagai fasilitas dengan harga terjangkau. Tarif per kamar atau malam mulai dari Rp800 ribuan.

3. Dialoog Hotel Banyuwangi

Jika Sedulur ingin merasakan sensasi menginap di hotel mewah dekat pantai, Dialoog Banyuwangi bisa menjadi pilihan yang tepat. Hotel satu ini benar-benar berada di samping pantai sehingga para tamu bisa menginap sembari menikmati pemandangan alam pesisir pantai yang mempesona. 

Karena termasuk ke dalam hotel mewah, biaya untuk menginap di Dialoog Banyuwangi mencapai Rp1,9 jutaan per malamnya. Para tamu dapat menikmati ragam fasilitas mewah yang disediakan pengelola hotel seperti kolam renang, pantai pribadi dan restoran tepi kolam.

4. Santika Hotel Banyuwangi

Rekomendasi hotel di Banyuwangi berikutnya adalah Santika Hotel. Hotel satu ini berlokasi di Jalan Letjen S. Parman Nomor 15 dan menjadi salah satu tempat penginapan terbaik di kabupaten Banyuwangi.

Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas lengkap di dalam kamar seperti TV layar datar, WiFi gratis, AC, hingga kulkas di dalam kamar. Tamu juga bisa mendapatkan fasilitas sarapan gratis dan kolam renang. Tarif rata-rata sewa kamar di Santika Hotel berkisar antara Rp500 ribuan hingga di atas Rp650 ribuan.

5. Bamboo & B

Bamboo & B merupakan rekomendasi hotel romantis di Banyuwangi dengan konsep yang sangat unik. Model bangunan yang terbuat dari bambu serta dikelilingi alam Banyuwangi yang masih asri membuat hotel romantis di Banyuwangi ini jadi akomodasi yang pas untuk sejenak menghindari dari hiruk-pikuk perkotaan.

Penginapan romantis di Banyuwangi ini terletak di Desa Krajan, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Terdapat dua tipe kamar yang ditawarkannya, yakni kamar dengan view gunung serta kamar dengan view sungai yang keduanya takkan gagal hadirkan atmosfer romantis yang menyegarkan. Tarif per malam atau kamar mulai Rp320 ribuan.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pesan Hotel Terbaik dan Mudah Diakses

6. Illira Hotel Banyuwangi

Pexels/Pixabay

Illira Hotel adalah hotel yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 81 sampai 83, Banyuwangi. Di sekeliling hotel ini terdapat setidaknya 20an lebih spot destinasi wisata yang berjarak kurang dari 10 km. Banyak tamu yang menginap di hotel ini sembari mengunjungi Kampong Wisata Temenggungan yang berjarak hanya 3,1 km saja. 

Hotel bintang 4 ini memiliki berbagai fasilitas properti seperti kolam renang, parkir gratis, internet WiFi berkecepatan tinggi, gym, sarapan gratis dan lainnya. Ruangan kamar juga sudah dilengkapi dengan AC, air minum, dan kamar mandi shower. Biaya menginap di hotel ini per malamnya cukup terjangkau yakni di kisaran Rp400 ribuan saja.

7. Mirah Hotel and Resort

Tamu yang ingin menginap di hotel dengan harga terjangkau bisa memilih akomodasi Mirah Hotel and Resort. Hotel bintang 3 ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 28, Kalipuro, Banyuwangi. Lokasi hotel dekat dari Pantai Solong yakni sekitar 1,6 km sehingga cocok dipilih sebagai penginapan turis Banyuwangi. 

Meski terjangkau, namun fasilitas yang disediakan oleh pengelola hotel tidak main-main. Para pengunjung bisa menikmati fasilitas hiburan seperti sauna, karaoke, billiard, spa, kolam renang dan pusat kebugaran. Biaya untuk menginap mulai dari Rp340 ribuan saja.

8. Ketapang Indah Hotel

Kemudian ada lagi tempat penginapan recommended di Banyuwangi karena berada tepat di tepi Pantai Ketapang yang indah. Ketapang Indah Hotel termasuk ke dalam hotel bintang empat yang menyediakan ragam fasilitas mewah kepada para tamunya.

Beberapa fasilitas yang disediakan hotel meliputi restoran tepi kolam, ruang permainan, kolam renang, kedai kopi dan lainnya. Hotel ini berlokasi di Jalan Gatot Subroto KM 6. Biaya untuk menginap di hotel ini sangat terjangkau mulai dari Rp390 ribuan saja per malamnya.

9. éL Hotel

éL Hotel berlokasi di Jalan Raya Jember KM 7 Paistaji, Dusun Krajan, Dadapan, Banyuwangi. éL Hotel adalah hotel yang didesain untuk akomodasi keluarga. Pihak hotel menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan para tamu.

Fasilitas yang tersedia di dalam kamar meliputi TV layar datar, AC, layanan kamar, shower/bathtub, Wifi dan lainnya. Terdapat kolam renang, parkir gratis dan sarapan gratis yang bisa dinikmati para tamu. Tarif per kamar atau malam mulai dari Rp722 ribuan.

10. Villa Solong Banyuwangi

Villa Solong Banyuwangi merupakan tempat akomodasi yang berada di sekeliling hamparan sawah serta perkebunan kelapa yang sangat asri dan menyegarkan mata. Penginapan satu ini berada di alamat Jalan Solong, Kalipuro, Banyuwangi. Banyak tamu memilih menginap di Villa Solong Banyuwangi karena lokasinya yang dekat dengan Pantai Solong. 

Bahkan para tamu sudah dapat melihat pemandangan selat Bali dari balik jendela kamar. Meski berada di lokasi yang strategis, biaya menginap di tempat ini sangat terjangkau yakni mulai dari Rp650 ribuan saja per malamnya.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Hotel di Batu, Malang yang Wajib Kamu Coba

11. Luminor Hotel Banyuwangi

rekomendasi hotel di batu malang
Unsplash/Sasha Kaunas

Hotel Luminor di Banyuwangi berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 66, Banyuwangi. Ada banyak objek wisata populer dengan jarak kurang dari 10 km dari hotel di Banyuwangi ini. Hotel yang menghadirkan suasana seperti di rumah ini banyak dipilih tamu untuk staycation. 

Kamar selalu dalam keadaan bersih dengan staf hotel yang sangat ramah. Setiap kamar hotel sudah disediakan AC, bathtub dan shower, perlengkapan mandi gratis dan layanan kamar. Biaya menginap di hotel ini sangat terjangkau sehingga cocok untuk mereka yang memiliki budget terbatas. Tarif per kamar mulai dari Rp500 ribuan.

12. Hotel Selamet

Hotel Selamet berlokasi di Jalan MT Haryono, Banyuwangi yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap kepada para tamunya. Fasilitas yang disediakan meliputi koneksi internet gratis, AC, restoran dan juga playground untuk anak-anak bermain. 

Hotel Selamet adalah pilihan hotel di Banyuwangi yang berlokasi dekat dengan beberapa destinasi wisata seperti Kampung Lukis, Kaempuan, Taman Sritanjung, Pantai Boom dan sebagainya. Tarif untuk menginap di Hotel Selamet cukup terjangkau yakni mulai dari Rp250 ribuan per malamnya.

BACA JUGA: Wisata Bukit Kuneer Malang: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Tips Memilih Hotel di Banyuwangi

rekomendasi hotel di banyuwangi
Pexels/Elina Sazonova

Agar liburan makin menyenangkan, Sedulur harus memilih hotel yang tepat. Paling penting Sedulur harus sesuaikan lokasi dengan tujuan liburan. Misalnya pilih yang dekat dengan transportasi untuk memudahkan mobilitas.

Di Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang yang merupakan penghubung utama antara Pulau Jawa dan Pulau Bali lewat jalur laut.  Oleh karena itu, beberapa turis datang ke Banyuwangi hanya untuk menginap sementara waktu saja alias transit.

Jika Sedulur berniat untuk istirahat sementara di Banyuwangi sebelum menyeberang ke Bali, pilihlah hotel yang jaraknya dekat pelabuhan. Selain itu lokasi, perhatikan juga beberapa hal di bawah ini:

1. Pilih hotel yang dekat dengan tempat wisata

Hal ini cocok untuk Sedulur yang gemar eksplorasi. Pasalnya, Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata yang bisa di-explore, seperti pantai, gunung, taman nasional, dan lain-lain. Beberapa contoh tempat wisata yang terkenal meliputi Gunung Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Boom, dan masih banyak lagi.

2. Utamakan hotel di pusat kota

Apakah tujuan Sedulur berkunjung ke Banyuwangi adalah untuk wisata kuliner? Jika benar, carilah hotel yang ada di pusat kota. Dengan demikian, Sedulur akan lebih mudah untuk mencari tempat wisata kuliner. Jangan ragu, Banyuwangi juga memiliki berbagai kuliner yang wajib Sedulur coba selama menginap.

Selain untuk wisata kuliner, menginap di pusat kota akan memudahkan Sedulur jika ingin mencari fasilitas umum. Beberapa contohnya meliputi supermarket, pusat oleh-oleh, mal, dan lain-lain. Dengan menginap di dekat fasilitas umum, tentunya akan lebih mudah untuk membeli aneka keperluan.

3. Cari tahu fasilitas yang disediakan hotel

Hal lain yang perlu Sedulur pertimbangkan saat memilih hotel adalah fasilitasnya. Pilihlah hotel yang fasilitasnya beragam jika Sedulur akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk bersantai di hotel. Beberapa fasilitas yang biasanya disediakan di dalam hotel, yaitu:

  • Kolam renang, gym, dan fasilitas olahraga, untuk rekreasi dan menjaga tubuh tetap bugar selama liburan.
  • Spa, untuk memanjakan tubuh yang kelelahan.
  • Restoran, supaya Sedulur tidak repot mencari makan di luar, terutama saat pagi hari. Sedulur bisa memesan kamar yang sudah termasuk sarapan jika ingin makan pagi di hotel.
  • Event venue, untuk mengadakan acara pribadi atau kantor.

4. Pilih tipe kamar yang ingin dipesan

Selanjutnya, Sedulur juga perlu mempertimbangkan tipe kamar yang ingin dipesan. Tipe kamar berkaitan dengan luas, fasilitas, dan kapasitas orang yang bisa menginap di dalamnya. Ada beberapa tipe kamar yang biasanya disediakan di hotel. Simak penjelasannya di bawah ini:

  • Room: Kamar hotel yang hanya menyediakan fasilitas standar seperti tempat tidur, kamar mandi, televisi, dan lain-lain. Ada beberapa istilah tipe kamar yang sering digunakan seperti standard, superior, deluxe, dan family. Tipe kamar standard atau superior adalah yang terendah. Sementara itu, family room adalah kamar untuk keluarga.
  • Suite: Lebih luas dan menyediakan fasilitas yang jauh lebih mewah atau variatif. Biasanya, tipe kamar suite juga dilengkapi ruang tamu meskipun tanpa sekat. Kapasitasnya tetap sama yaitu untuk dua orang, tetapi secara harga lebih tinggi.
  • Bungalow atau Cottage: Terpisah dari gedung utama dan memiliki teras pribadi. Biasanya, kedua tipe kamar ini juga menghadap langsung ke taman sehingga memudahkan Sedulur untuk mendapatkan udara segar.
  • Villa: Tipe kamar yang paling mahal dan luas. Biasanya, villa memiliki kamar tidur yang terpisah dari ruangan lainnya seperti ruang tamu dan dapur. Beberapa villa memiliki lebih dari satu kamar tidur. Kapasitasnya bisa berbeda-beda. Tidak ketinggalan, beberapa villa juga menyediakan private pool.

Rekomendasi Wisata Banyuwangi

Unsplash/Holly Mandarich

Banyuwangi adalah daerah yang letaknya di paling timur Pulau Jawa sehingga sering disebut sebagai The Sunrise of Java. Banyuwangi merupakan pintu masuk wisatawan dari Bali atau yang ingin menuju ke Bali lewat jalur darat.

Tidak hanya itu saja, Banyuwangi juga memiliki beberapa daya tarik wisata dan aktivitas menarik untuk dilakukan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mendaki Gunung Ijen dan melihat blue fire

Gunung Ijen adalah gunung berapi yang terkenal dengan kawah belerangnya. Warnanya biru sehingga terlihat fotogenik. Saat hari gelap, Sedulur bisa melihat Blue Fire.

  • Eksplorasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah tempat wisata yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Taman ini dikenal dengan sabananya yang mirip seperti di Afrika sehingga disebut sebagai Africa van Java. Tidak hanya itu saja, di Taman Nasional Baluran Sedulur juga bisa melihat aneka satwa.

  • Menikmati keindahan beberapa pantai yang eksotis

Terletak di pesisir timur, tentu saja Banyuwangi memiliki beberapa pantai yang menarik. Beberapa contohnya meliputi Pantai Sukamade, Watudodol, Teluk Hijau, Boom, Wedi Ireng, Pulau Merah, dan lain-lain. Selain menikmati keindahannya, beberapa pantai juga cocok untuk water sports.

  • Berfoto di Hutan De Djawatan

De Djawatan adalah sebuah hutan yang mirip latar di film Lord of The Rings. Hutan ini sangat fotogenik dan bisa menjadi pilihan tempat berfoto baru di Banyuwangi.

  • Bersantai dan bermain air di beberapa air terjun

Tidak hanya pantai dan gunung, Banyuwangi juga memiliki beberapa air terjun yang indah. Sedulur bisa berendam sambil menikmati suasana air terjun. Beberapa contohnya meliputi Air Terjun Jagir, Lider, Kembar Arum, Telunjuk Raung, dan lain-lain.

  • Belajar mengolah kakao di Dusun Kakao

Dusun Kakao adalah salah satu destinasi wisata edukasi di Banyuwangi. Di tempat ini, Sedulur bisa melihat proses budidaya kakao secara langsung, bahkan sampai menjadi produk siap saji.

  • Melihat kehidupan dari Suku Asli Osing di Desa Kemiren

Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi yang memiliki budayanya sendiri. Jika Sedulur tertarik untuk melihat kehidupan dari suku Osing, berkunjung ke Desa Wisata Kemiren merupakan ide yang bagus.

Itulah tadi beberapa rekomendasi hotel di Banyuwangi sekaligus dengan beberapa aktivitas yang bisa menjadi pilihan terbaik. Sejak beberapa tahun terakhir, Banyuwangi mulai terkenal di kalangan wisatawan.

Ada banyak pilihan tempat wisata yang tidak kalah bagus, bahkan terkenal sampai kalangan wisatawan mancanegara. Hotel-hotel pun mulai dibangun untuk mengakomodasi wisatawan. Jadi, semua ini akan memudahkan agenda liburan kamu. Selamat berwisata ya!