alun-alun kota wisata batu

Alun-Alun Kota Wisata Batu telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat. Terlebih lagi ketika memasuki musim liburan, Alun-Alun yang satu ini semakin sering dipadati oleh para pengunjung dari dalam dan luar daerah.

Salah satu alasan kenapa Alun-Alun Kota Wisata Batu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yakni karena adanya banyak jajanan yang lezat dan juga menggugah selera. Maka dari itu, tidak heran jika Alun-Alun Kota Batu selalu ramai di akhir pekan.

Nah, bagi Sedulur yang memiliki rencana untuk menghabiskan liburan di Kota Batu, jangan sampai melewatkan objek wisata yang satu ini, ya! Namun sebelum itu, simak dulu informasi penting berikut!

BACA JUGA: Wisata Bukit Kuneer Malang: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Pesona Alun-Alun Kota Wisata Batu

alun-alun kota wisata batu
Unsplash/Umanuel Reza

Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang menghadirkan pemandangan khas ala pegunungan. Jadi tidak heran jika Kota Batu selalu ramai pengunjung, terutama ketika musim liburan atau akhir pekan datang.

Namun di antara sekian banyak destinasi wisata yang ada, Alun-Alun Kota Wisata Batu tetap menjadi primadona yang tidak boleh dilewatkan. Memang tempat ini tidak terlalu luas, namun ada beberapa aktivitas seru yang dapat Sedulur lakukan di tempat ini.

Terlebih lagi, Alun-Alun Kota Batu ini juga memiliki daya tarik yang berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan Alun-Alun yang ada di kota lain.

Lokasi Alun-Alun Kota Wisata Batu

Seperti halnya Alun-Alun di kota lain, Alun-Alun Kota Wisata Batu juga terletak di tengah kota. Letak pasti alamat dari objek wisata ini ada di Jalan Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Ya, karena merupakan sebuah Alun-Alun, tentu saja lokasinya cukup mudah untuk dijangkau.

Rute Menuju Lokasi

Sedulur tidak perlu bingung ketika ingin berkunjung ke objek wisata tengah kota ini. Jika berangkat dari arah Kota Malang, maka jaraknya hanya sekitar 20 km atau sekitar 50 sampai 60 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Sementara jika Sedulur berangkat dari arah Kota Surabaya, maka jarak tempuhnya sekitar 105 km atau 2,5 jam perjalanan berkendara dengan menaiki mobil.

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Hal Menarik yang Bisa Ditemui

rute malang
Unsplash/Aldrin Rachman

Penasaran apa saja hal menarik yang dapat ditemukan dan dilakukan di Alun-Alun Kota Wisata Batu ini? Langsung saja, berikut ini penjelasannya!

1. Wahana permainan

Ciri khas utama Alun-Alun ini, yakni keberadaan bianglala permanen yang juga berfungsi sebagai wahana permainan. Jika Sedulur menaikinya, maka bisa melihat dengan jelas pemandangan dari kota Batu yang sangat indah dan keren.

Selain itu, ada pula wahana lain seperti komidi putar yang tersedia bagi anak-anak. Dengan berbagai wahana tersebut, maka para pengunjung dapat dengan berwisata dengan murah dan puas.

2. Taman bermain anak-anak

Tidak hanya wahana yang seru, objek wisata ini juga menghadirkan taman bermain khusus untuk anak-anak. Mereka dapat bermain ayunan, jungkat-jungkit, dan berbagai permainan lain.

Ya, area ini juga merupakan tempat yang nyaman dan aman untuk anak-anak. Sehingga orang tua bisa mengawasi anak-anak mereka saat bermain dengan tenang. Patung dan miniatur yang ada di sekitar taman bermain juga dapat menjadi tempat bermain bagi mereka.

3. Berfoto bersama bangunan buah dan cosplayer

Keistimewaan lain dari Alun-Alun ini yakni keberadaan dari bangunan yang berbentuk layaknya apel dan stroberi. Bangunan tersebut sebenarnya beroperasi sebagai toilet dan pusat informasi bagi para wisatawan yang ingin berkunjung.

Namun karena bentuknya yang unik, tidak jarang para pengunjung memanfaatkannya sebagai objek berfoto. Selain itu, para pengunjung juga bisa menemukan para cosplayer yang lucu dan unik, lho!

4. Sepeda dan mobil dekoratif

Pada malam hari, kendaraan seperti mobil hias dan juga sepeda hias dapat menjadi pilihan yang sangat pas bagi para wisatawan untuk berkeliling. Lampu pada mobil yang lebih terang dan gemerlap, serta alunan musik yang Sedulur dengar di sepanjang perjalanan akan membuat wisata semakin menarik.

Wahana ini bisa dinikmati baik itu siang hari, sore, hingga malam hari. Namun memang disarankan untuk mencobanya saat malam hari ini, karena akan terasa lebih indah.

5. Wisata kuliner

Alun-Alun Kota Wisata Batu juga menjadi tempat yang sangat bagus untuk wisata kuliner. Terdapat banyak restoran, kios, dan juga kafe di sekitar Alun-Alun.

Sedulur dapat dengan mudah menemukan berbagai macam jajanan khas Indonesia. Misalnya seperti sate, soto, dan bakso malang. Jika Sedulur ingin menikmati tidak hanya pemandangan namun juga makanan, maka kafe dan restoran di sekitar Alun-Alun sangat cocok untuk dipilih.

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

Jam Buka dan Jam Tutup

alun-alun kota wisata batu
Unsplash/Frenjamin Benklin

Nah, sama halnya seperti Alun-Alun yang lainnya, untuk jam operasional dari Alun-Alun Kota Wisata Batu ini juga dibuka selama 24 jam setiap harinya untuk umum. Dengan begitu, maka Sedulur berkunjung ke destinasi wisata satu ini kapan saja.

Akan tetapi, disarankan untuk berkunjung pada pukul 17.00 ke atas. Hal ini karena ada beberapa wahana yang hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada malam hari. Takutnya jika Sedulur datang saat pagi atau siang, tidak bisa menikmati wahana menarik yang diinginkan.

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang jika Alun-Alun Kota Wisata Batu sendiri menjadi salah satu taman kota yang tentu saja dikelola oleh Pemerintah Kota Batu. Jadi tidak ada biaya atau tiket masuk untuk bisa memasuki area ini alias gratis.

Namun jika Sedulur datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk menyiapkan uang membayar parkir saja. Uang parkir tersebut yakni sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor, dan juga Rp5.000 untuk mobil.

Selain itu, jangan lupa siapkan uang jika nantinya ingin berwisata kuliner di foodcourt yang telah disediakan ataupun ketika ingin mencoba berbagai macam wahana menarik yang ada. Namun menurut informasi terakhir, wahana yang ada di tempat ini dibanderol Rp5.000 saja, kok.

Fasilitas yang Tersedia

Karena Alun-Alun Kota Wisata Batu merupakan taman kota, tentu saja fasilitas umum yang tersedia di tempat ini juga terbilang cukup lengkap. Dengan beberapa fasilitas seperti berikut, para pengunjung tidak perlu khawatir lagi ketika berada di dalamnya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa fasilitas umum yang bisa ditemukan di Alun-Alun Kota Batu.

  • ATM Center
  • Masjid
  • Mini market
  • Smoking area
  • Tempat parkir
  • Toilet

Nah, itu dia beberapa informasi tentang Alun-Alun Kota Wisata Batu yang wajib Sedulur ketahui sebelum berkunjung. Yang paling penting, jangan lupa memasukkan objek wisata ini ke dalam daftar objek wisata yang wajib dikunjungi di liburan mendatang.

Oia, Sedulur jangan lupa juga untuk mempersiapkan perbekalan air minum dan snack selama liburan ke Kota Batu. Dimana Air Minum Pirlo cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke dan menikmati setiap wahana yang ada di sana.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!