alternatif setrika

Melakukan perjalanan jauh seperti pergi dinas maupun travelling tentu membutuhkan persedian baju yang cukup. Sayangnya, pakaian yang dibawa akan mudah kusut, karena harus dilipat dan masuk dalam tas untuk jangka waktu lama. Masalah ini akan bisa diatasi jika Sedulur tinggal di tempat singgah yang memiliki setrika, namun jika tidak, mengetahui benda pengganti alternatif setrika mungkin jadi solusi lainnya.

Ada cukup banyak benda yang bisa dijadikan setrika darurat ketika Sedulur sedang bepergian jauh. Penasaran apa saja benda-benda tersebut? Coba simak beberapa benda alternatif setrika yang dapat Sedulur gunakan berikut ini. 

BACA JUGA : 10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

1. Hair Dryer

alternatif setrika
iStock

Benda alternatif setrika pertama yang dapat Sedulur manfaatkan adalah hair dryer atau pengering rambut. Menyulap alat ini menjadi setrika cukup mudah, caranya dengan membasahi permukaan baju yang kusut dengan sedikit air. Setelah itu, keringkan dengan hair dryer. Uap air yang dikeluarkan oleh pengering rambut tersebut akan membuat pakaian yang kusut menjadi lebih rapi. Selama proses tersebut, Sedulur juga harus menggosok bagian baju dengan buku atau benda yang memiliki permukaan halus.

2. Catokan rambut

iStock

Catok rambut tidak hanya berguna untuk meluruskan rambut saja Sedulur. Siapa sangka, ternyata alat ini bisa dimanfaatkan untuk merapikan pakaian yang kusut. Namun memang, cara ini cukup rumit dan bikin pegal karena tiap bagian baju, seperti lengan, badan, dan kerah, harus satu-persatu ditempel dengan catokan. Prosesnya pun cukup mirip saat Sedulur ingin meluruskan rambut dengan catokan. 

3. Air dan cuka

cara menghilangkan karat
RoomMe

Alternatif setrika selanjutnya adalah Sedulur dapat memanfaatkan air dan cuka. Caranya cukup mudah yaitu tinggal mencampurkan cuka wine natural dan air dengan perbandingan 1:3. Setelah itu masukkan campuran tersebut dalam alat semprot dan kocok hingga kedua bahan tersebut tercampur. Kemudian semprotkan pada bagian-bagian baju yang kusut dan haluskan dengan baju atau benda dengan permukaan halus.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Alat Pengusir Nyamuk Terbaik yang Ampuh

4. Ceret dan uap air

alternatif setrika
iStock

Sedulur tentu tidak menyangka jika ternyata ceret dapat dimanfaatkan sebagai pengganti setrika lho. Caranya juga cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu. Sedulur hanya perlu memanaskan ceret di atas kompor dan ketika air mulai mendidih, ambil baju yang kusut dan letakkan di depan cerek yang beruap panas dengan jarak 20 cm. Tunggulah hingga beberapa saat dan pakaian Sedulur akan terlihat rapi. 

5. Handuk basah

iStock

Handuk basah juga dapat Sedulur manfaatkan untuk merapikan baju yang kusut. Caranya letakkan pakaian Sedulur pada bidang yang datar seperti meja. Tutup bagian yang kusut dengan handuk basah, tekan dengan tangan yang kuat. Setelah itu, biarkan pakaian mengering. Jika sudah kering, Sedulur akan melihat pakaian akan terlihat rapi seperti disetrika.

6. Uap shower

iStock

Alternatif setrika yang selanjutnya adalah uap shower. Cukup nyalakan air panas dan letakkan pakaian kusut sedekat mungkin dengan kepala shower. Pastikan tetesan air tidak akan mengenai pakaian ya Sedulur. Kemudian tutup semua jendela dan pintu, tunggu beberapa menit. Sembari menunggu pakaian terkena uap shower, Sedulur dapat mandi terlebih dahulu.

BACA JUGA : 30 Tips Beri Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri

7. Es balok

Detik

Siapa sangka ternyata es balok juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif setrika lho Sedulur. Caranya yaitu nyalakan bagian pengering pada mesin cuci dan masukkan pakaian yang kusut, maksimal 5 potong. Kemudian tambahkan 2-3 balok es dan nyalakan mesin cuci. Setelah 10 menit, Sedulur akan meilihat pakaian yang rapi tanpa kusut. Es yang meleleh akan menciptakan uap yang nantinya membantu menyingkirkan kusut dari pakaian.

8. Pengering mesin cuci

alternatif setrika
iStock

Trik yang satu ini sangat cocok untuk jenis pakaian berbahan dasar kain katun. Letakkan pakaian dalam pengering, sebaiknya dengan handuk basah, namun tidak basah kuyup. Melansir Real Simple, Sedulur dapat  meletakkan pengering pada pengaturan tinggi selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Setelah itu angkat dan gantunglah pakaian yang sudah dikeringkan.

9. Kasur atau matras

iStock

Untuk menyetrika baju tanpa menggunakan setrika, Sedulur dapat menggunakan alternatif yang satu ini. Caranya yaitu sebelum tidur, hamparkan baju di antara dua buah koran lalu letakkan di antara dua matras atau kasur. Keesokan harinya, Sedulur akan melihat pakaian yang kusut akan terlihat rapi seperti disetrika. 

Demikianlah beberapa benda alternatif setrika yang dapat Sedulur manfaatkan ketika pakaian kusut dan tidak ada setrika. Agar baju tidak mudah kusut, Sedulur dapat menambahkan pelembut ketika mencucinya. 

Nah, Sedulur dapat membeli deterjen, pelembut dan pewangi pakaian di Aplikasi Super. Ada banyak pilihan produk yang berkualitas dan aman untuk pakaian. Yuk belanja di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak cashback dan gratis ongkir setiap hari lho. Jangan sampai ketinggalan promo menarik lainnya ya Sedulur!