madu manuka adalah

Madu manuka adalah madu yang berasal dari Selandia Baru dan juga Australia. Madu ini dihasilkan oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, yang juga dikenal dengan sebutan semak manuka. Madu manuka juga disebut juga sebagai madu unik karena memiliki kandungan zat yang tidak dimiliki oleh madu lainnya. 

Tak hanya itu,  madu manuka juga merupakan satu-satunya madu yang mengandung senyawa antibakteri peroksida dan non peroksida atau methylglyoxal (MGO). Madu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho Sedulur. Penasaran dengan apa saja manfaat dari madu manuka? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Madu manuka adalah

madu manuka adalah
Freepik

Madu manuka merupakan madu yang dihasilkan lebah dari mengambil sari dari pohon manuka yang memang khas Selandia Baru. Perbedaan madu manuka dengan madu biasa yaitu, madu manuka dipercaya mempunyai tekstur serta aroma yang tidak dimiliki oleh madu biasa. Madu ini juga mempunyai aktivitas antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya.

Tak hanya itu, Madu Manuka mengandung 190 jenis nutrisi seperti vitamin dan mineral. Tidak heran bila di daerah asalnya, New Zealand, madu Manuka sangat disukai karena memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Madu New Zealand ini juga hanya dapat dipanen setahun sekali dalam jangka waktu yang cepat. Oleh sebab itu, harga madu Manuka tergolong cukup mahal.

Manfaat madu Manuka

Penasaran dengan apa saja manfaat madu manuka? Yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Mengobati jerawat

madu manuka adalah
Freepik

Manfaat pertama dari madu manuka adalah dapat mengobati jerawat. Jerawat yang muncul pada muka dan bagian tubuh lainnya, biasanya terjadi karena adanya  perubahan hormon. Akan tetapi, jerawat juga bisa menjadi indikasi dari pola makan yang buruk, stres atau adanya bakteri yang tumbuh di pori-pori tersumbat. Aktivitas antimikroba dari madu manuka, jika dikonsumsi bersamaan dengan penggunaan produk  dengan pH rendah, dianggap sangat ampuh melawan jerawat. Bakteri yang sering menyebabkan jerawat muncul di wajah, dapat dilawan dengan madu manuka. Penyembuhan jerawat pun menjadi lebih cepat.

2. Mengatasi fibrosis kistik

Fibrosis kistik merupakan kelainan bawaan yang merusak paru-paru, memengaruhi sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya. Kondisi ini akan berdampak pada sel penghasil lendir. Akibatnya, lendir yang berlebihan, menyumbat saluran udara, sehingga menghambat pernapasan. Kondisi medis ini seringkali dikaitkan dengan adanya infeksi pada saluran pernapasan atas, yang dapat disembuhkan dengan madu manuka. Ada bukti yang menunjukkan kemampuan madu manuka dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.

3. Mempercepat penyembuhan luka

madu manuka adalah
Dreepik

Beberapa penelitian menyebutkan, madu manuka mampu mempercepat penyembuhan luka. Penelitian tersebut juga menunjukkan, madu manuka dapat melawan infeksi pada luka. Selain itu, madu manuka dipercaya mempercepat proses penyembuhan pada luka bakar. Meski begitu, studi lebih lanjut, masih perlu untuk dilakukan.

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

4. Mencegah penyakit pencernaan

Para peneliti menemukan, madu manuka mempunyai manfaat untuk menghindari penyakit pada sistem pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS). Penyakit diare, sembelit, sakit perut, hingga buang air besar tak teratur menjadi gejalanya. Bahkan, madu manuka terbukti telah meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi peradangan pada tikus yang mengidap IBS.

5. Mencegah asam lambung

Mengonsumi madu manuka juga dapat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung dan menyeimbangkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan small intestine bacterial overgrowth (SIBO), acid reflux, dan asam lambung dapat berhubungan satu dengan yang lain. Madu manuka diketahui juga mempunyai  kandungan antibiotik yang berkhasiat sebagai obat untuk penyakit akibat bakteri.

6. Perawatan kecantikan dan meningkatkan kecantikan

Freepik

Mengonsumsi madu manuka secara rutin dapat meningkatkan energi dan kualitas kesehatan. Nutrisi di dalamnya dapat meningkatkan vitalitas, energi, juga tekstur dan warna kulit. Kombinasikan madu manuka dengan sabun cuci muka untuk mengelupas sel kulit mati dan melawan efek radikal bebas pada kulit. Tambahkan madu Manuka di shampo atau masker rambut untuk membuat rambut lebih berkilau.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat madu manuka adalah dapat membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Madu ini mengeluarkan glikogen secara perlahan yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh ketika tidur. Menambahkan madu Manuka ke dalam susu sebelum tidur bisa membantu tubuh mengeluarkan melatonin yang bermanfaat untuk membantu otak membuat tidur lebih nyenyak.

8. Alternatif penyakit pernapasan

Secara uji klinis madu manuka telah dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis. Ini adalah suatu infeksi pernapasan yang disebabkan bakteri yang cukup mematikan. Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, madu manuka mengandung hidrogen peroksida yang cukup efektif untuk menangani infeksi saluran pernapasan atas (URTI).

BACA JUGA : Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil

Efek samping madu manuka

Selain memiliki banyak manfaat, madu manuka ternyata juga memiliki efek samoing jika dikonsumsi oleh beberapa orang dengan kondisi tertentu. Maka dari itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ketika ingin mengonsumsi madu manuka.

1. Orang dengan diabetes

Freepik

Segala jenis madu asli, mengandung gula alami yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi madu manuka, sebaiknya, orang yang menderita diabetes berkonsultasi dulu dengan dokter. Sebab, kemungkinan adanya risiko peningkatan kadar gula darah.

2. Alergi madu

Tentu saja, orang-orang dengan alergi madu dan lebah, berisiko mengalami gangguan kesehatan ketika mengonsumsi madu manuka. Mereka harus berkonsultasi dulu dengan dokter, sebelum mengonsumsinya.

3. Botulisme pada bayi

Bayi di bawah satu tahun, disarankan tidak mengonsumsi madu manuka. Hal ini dikarenakan ada risiko keracunan dan terkena penyakit botulisme, jika mengonsumsi madu.

4. Berpotensi sebabkan keracunan

Freepik

Madu dihasilkan dari lebah dengan cara mengambil sari yang terdapat di sekitar sarang. Beberapa sari yang diambil terkadang mempunyai elemen racun yang dapat menyebabkan seseorang jadi lemas atau seperti memiliki efek mabuk.

5. Kerusakan pada saraf

Madu yang masih mentah dan belum mendapatkan proses pasteurisasi, tak jarang masih mengandung komponen kimia bernama grayanotoxins. Komponen ini dapat bersifat racun pada sistem saraf dan memicu munculnya aktivitas abnormal pada saraf.

6. Kenaikan berat badan dan obesitas

Freepik

 Madu kerap disamakan dengan gula meski dianggap lebih bergizi dan mengandung antioksidan. Perlu Sedulur waspadai, mengonsumsi madu dalam jumlah yang banyak setiap hari dapat menyebabkan tubuh mengalami surplus kalori karena kadar gula yang terlalu tinggi.

BACA JUGA : 15 Jenis-Jenis Ras Kucing Tergarang, Harus Hati-Hati!

7. Pengeroposan gigi

Madu memang dianggap lebih baik daripada gula yang berasal dari tebu. Akan tetapi, Sedulur tidak boleh mengabaikan fakta jika madu mengandung 82% gula. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, efek samping madu pada gigi dapat menyebabkan pengeroposan pada gigi.

8. Kemungkinan menyebabkan perdarahan internal

Madu tidak disarankan untuk dikonsumsi apabila kita sedang mengalami perdarahan pada tubuh. Kondisi ini akan lebih parah jika madu dikonsumsi dengan beberapa herba seperti Gingko Biloba dan bawang putih.

9. Bereaksi dengan obat tertentu

 Jika Sedulur sedang mengonsumsi obat yang digunakan untuk mengatasi inflamasi dan juga obat jenis antibiotik, tidak disarankan untuk mengonsumsi madu. Selain bahan dari madu, madu yang dikonsumsi alami dan diambil dari alam terkadang masih memiliki partikel dari rumah lebah, kaki lebah, sayap, dan kotoran lain yang bisa memicu keracunan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan manfaat dari madu manuka. Meski memiliki segudang manfaat, madu manuka juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan beberapa kondisi. Untuk itu, sebaiknya Sedulur berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.