Townhall meeting adalah salah satu jenis rapat atau pertemuan yang biasa dilakukan oleh suatu perusahaan. Terlebih lagi bagi perusahaan yang berkecimpung di bidang yang sangat cepat berkembang, pertemuan rutin sejenis townhall meeting sangatlah penting untuk diadakan.

Secara garis besar, townhall meeting adalah pertemuan seluruh staf dan jajaran petinggi perusahaan dalam suatu kesempatan, guna memberikan update informasi terpenting dan sifatnya mendesak. Karena setiap orang dari berbagai level diharapkan hadir dalam pertemuan tersebut, maka townhall meeting dapat menjadi waktu yang tepat untuk menyelaraskan visi misi perusahaan.

Masih belum terlalu paham dengan konsep townhall meeting ini? Jangan khawatir, pada pembahasan berikut Sedulur akan diajak untuk mengulik sedikit lebih dalam mengenai pengertian townhall meeting adalah dan juga cara pelaksanaannya. Yuk, langsung simak beberapa informasi singkat di bawah ini!

BACA JUGA: Planet Terpanas di Tata Surya Beserta Fakta-Fakta Menariknya!

Townhall meeting, apa itu?

 

townhall meeting adalah
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan di atas, salah satu jenis rapat atau pertemuan yang rutin dilakukan dalam lingkup perusahaan adalah townhall meeting. Pertemuan tersebut biasanya diadakan secara rutin di waktu-waktu tertentu, atau dapat dilakukan secara mendesak ketika ada informasi yang harus segera disampaikan.

Biasanya, seluruh elemen perusahaan hadir di dalam townhall meeting tersebut. Pertemuan akan dimulai dengan pembukaan, kata sambutan, lalu penyampaian berita atau informasi penting, kemudian ditutup dengan sesi tanya-jawab atau kritik dan saran. Rapat sejenis ini menjadi signifikan untuk dilakukan perusahaan agar tetap menjaga komunikasi, baik itu antar sesama karyawan atau dari petinggi perusahaan ke karyawan. 

Secara sederhana, townhall meeting adalah sebuah rapat yang dilakukan untuk memberi tahu informasi terbaru secara rutin pada suatu perusahaan. Di dalam pertemuan tersebut, umumnya perusahaan akan menyampaikan kembali visi dan juga misinya kepada semua karyawan yang hadir.

BACA JUGA: 8 Fakta Menarik Mengenai Pulau Buru, Bekas Pengasingan!

Pentingnya mengadakan townhall meeting adalah

townhall meeting adalah
Depositphotos

Townhall meeting menjadi salah pertemuan akbar yang wajib dilaksanakan oleh suatu perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut berkecimpung di industri yang sangat cepat berkembang, seperti kebanyakan perusahaan kategori startup

Mengapa demikian? Berikut ini merupakan lima alasan pentingnya rapat tersebut bagi keberlangsungan operasional perusahaan.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Bahaya dari Kol Goreng Bagi Kesehatanmu

1. Memberitahukan pengumuman penting secara langsung

Untuk menjawab kenapa townhall meeting penting untuk dilakukan, maka Sedulur dapat melihatnya dari sudut pandang substansi yang ada di dalam pertemuan itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, rapat townhall biasanya diadakan untuk memaparkan sebuah informasi yang sifatnya mendesak dan penting.

Nah, dari situ saja sudah terlihat betapa signifikannya sebuah townhall meeting. Dengan memanfaatkan pertemuan tersebut, Sedulur dapat memberitahukan berbagai macam kabar dan informasi penting secara langsung kepada seluruh elemen perusahaan. 

Pertemuan besar tersebut dapat meminimalisir kesalahan penyampaian dan pemahaman informasi, sehingga operasional perusahaan akan tetap berjalan dengan maksimal.

2. Memberikan contoh kepemimpinan yang baik

Alasan selanjutnya mengapa perusahaan mengadakan townhall meeting adalah untuk memberikan contoh kepemimpinan yang baik. Pertemuan tersebut akan dihadiri seluruh jajaran petinggi perusahaan. 

Kehadiran mereka secara tidak langsung menandakan bahwa petinggi perusahaan peduli dan tidak sungkan turun tangan langsung bertemu dengan bawahannya. Dengan begitu, tidak ada pembatas relasi yang menghambat operasional perusahaan dan sifat kepemimpinan yang baik dapat ditunjukkan oleh para eksekutif.

BACA JUGA: Ikan Kudu Kudu, Seram tapi Nikmat dan Punya Banyak Manfaat

3. Menanamkan kembali nilai dan budaya perusahaan

Townhall meeting adalah waktu yang pas untuk menanamkan kembali nilai dan budaya perusahaan. Hal tersebut dikarenakan setiap orang akan menghadiri acara ini. Dengan begitu, menyegarkan kembali ingatan setiap orang mengenai nilai dan budaya perusahaan dapat dilakukan pada kesempatan tersebut.

4. Meningkatkan kerja sama

Selain dapat menjadi sarana untuk menanamkan kembali nilai dan budaya perusahaan, townhall meeting dapat meningkatkan kerja sama di dalam perusahaan tersebut. Kerja sama yang ditingkatkan pun tidak terbatas pada individu dari tim yang sama, akan tetapi dapat dari antar departemen karena townhall meeting mempertemukan mereka dalam satu kesempatan.

Apabila kerja sama tersebut sudah dapat terlaksana, maka performa dan operasional bisnis akan menjadi lebih lancar.

BACA JUGA: 30 Caption Bahasa Inggris Beserta Artinya yang Simple & Keren

5. Sarana memberikan masukan kepada perusahaan

Alasan pentingnya diadakan pertemuan ini yang terakhir adalah karena ia menjadi kesempatan yang bagus untuk memberikan masukan kepada perusahaan. Ya, biasanya setelah informasi dipaparkan oleh moderator, terdapat sesi tanya-jawab atau kritik. Nah, pada waktu itulah Sedulur bisa mengutarakan masukan kepada perusahaan.

Masukan tersebut pun akan langsung didengar oleh petinggi perusahaan yang hadir di situ. Tidak perlu lagi harus melayangkan kritik dan saran melalui birokrasi perusahaan yang lama, Sedulur dapat dengan mudah menyampaikannya dan didengar oleh banyak pihak sekaligus pada townhall meeting.

Manfaat dari townhall meeting adalah

Depositphotos

Dari beberapa poin di atas, dapat kita rangkum bahwa setidaknya ada lima manfaat dari sebuah pertemuan townhall. Berikut ini merupakan daftar manfaatnya.

  • Berbagai informasi terbaru tentang perusahaan dapat disampaikan secara langsung, meminimalisir kesalahpahaman.
  • Cara kepimpinan dari pihak eksekutif di perusahaan akan terlihat di dalam pertemuan ini.
  • Memperkuat kembali visi, misi, budaya, serta nilai-nilai perusahaan.
  • Memperkuat kerja sama dan mempererat hubungan tiap-tiap individu dari departemen yang berbeda di dalam perusahaan.
  • Menjadi media untuk bertukar pendapat, saran, serta kritik antara karyawan dan petinggi perusahaan.

Kekurangan dari townhall meeting adalah

townhall meeting adalah
Depositphotos

Walaupun terdapat banyak manfaat dari adanya townhall meeting, akan tetapi ada juga beberapa aspek kekurangan dari pertemuan tersebut. Salah satu yang paling kentara adalah persoalan kompleksitas.

Ya, kompleksitas dari mengumpulkan semua orang di perusahaan dalam suatu waktu itu bukanlah perkara yang mudah. Terlebih lagi jika skala perusahaan tersebut sudah besar, maka akan lebih sulit untuk mengurusnya.

Cara melaksanakan townhall meeting

Depositphotos

Membuat townhall meeting ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Langkah yang pertama adalah menentukan tujuan pertemuan tersebut. Ketahui dulu apa yang menjadi tujuan utama dan hasil keluaran yang hendak dicapai. Setelah itu, Sedulur bisa menetapkan waktu dan tempat townhall meeting.

Jika Sudah menemukan waktu yang tepat, persiapkan seseorang untuk menjadi moderator yang akan memandu jalannya acara. Moderator tersebut juga harus pandai untuk menyaring pertanyaan atau masukan yang paling penting terlebih dahulu dan membuat suasana meeting kondusif.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat dari pengertian townhall meeting adalah. Pembahasan sebelumnya juga mencakup beberapa ulasan mengenai alasan pentingnya pertemuan tersebut serta cara pelaksanaan rapat townhall. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.