Olahan Ikan Kudu Kudu

Saat pertama kali melihat ikan Kudu Kudu, Sedulur pasti akan merasa aneh dengan bentuknya. Bahkan, sebagian orang mengatakan jika ikan ini memiliki tampang yang seram. Hal ini karena ikan berbentuk kotak tersebut memiliki mata yang menonjol dengan kulit keras dan mulut yang manyun ke depan.

Namun, siapa sangka jika ikan ini memiliki banyak penggemar? Dagingnya yang lembut tanpa duri membuatnya sangat lezat ketika dihidangkan. Bukan hanya orang Indonesia saja, orang dari luar negeri juga menyukainya. Hal ini membuat ikan Kudu Kudu menjadi komoditas yang sangat bermanfaat bagi roda perekonomian negara kita. Berikut adalah penjelasan mengenai ikan Kudu Kudu yang bisa Sedulur simak sebelum mencobanya, ya!

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Cantik yang Mudah Dirawat

Apa itu Ikan Kudu Kudu?

ikan kudu kudu
Jagad Tani

Ikan Kudu Kudu memiliki nama ilmiah Ostracion cubicus. Ikan ini tergolong dalam filum Chordata, kelas Actinopterygii, ordo Tetraodontiformes, famili Ostraciidae, dan genus Ostracion. Ikan ini juga populer dengan sebutan Box Fish, sebab bentuknya seperti kotak dengan kulit yang keras.

Secara fisik, ikan Kudu Kudu memang memiliki kulit yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. Jika ikan lain memiliki kulit yang lunak, maka ikan ini memiliki kulit yang keras. Selain itu, ikan ini juga tidak memiliki tulang belakang dan duri layaknya ikan-ikan konsumsi pada umumnya.

Bentuk dan rupa yang dimiliki oleh ikan ini merupakan model adaptasi terhadap habitat. Ikan yang banyak ditemukan di wilayah laguna dan berkeliaran di sekitar karang-karang acropora di kedalaman 1-20 meter ini bersifat omnivora dan cenderung hidup secara soliter.

Ikan ini juga biasanya tinggal jauh dari zona keramaian dan berada di tengah-tengah komunitas ikan berahang keras yang ganas dan mematikan. Selain itu, ikan ini ternyata juga bisa melakukan metamorfosis warna tubuh.

Pada saat lahir, ikan ini akan berwarna kuning. Setelah menginjak dewasa, warna kulitnya akan mulai meredup dan berubah menjadi abu-abu kebiruan. Kulit tersebut tidak dilapisi sisik dan tersusun atas lapisan-lapisan berbentuk heksagonal. 

BACA JUGA: 20 Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Mudah Dipelihara

Manfaat Ikan Kudu Kudu bagi perekonomian

kudu kudu
Kumparan

Membahas ikan Kudu Kudu tentu saja tidak akan lepas dari manfaatnya dalam bidang perekonomian. Menurut Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Makassar, pengiriman ikan ini untuk lingkup domestik selama tahun 2020 sudah mencapai 5.541,3 kilogram dengan nilai transaksi senilai Rp63,2 miliar.

Tak hanya laku di dalam negeri, pasar ekspor juga menyukai ikan bertampang aneh ini. Selama tahun 2020, ada sebanyak 1.597 kilogram ikan yang harus diekspor ke sejumlah negara dengan nilai transaksi mencapai Rp6,8 miliar.

BACA JUGA: 12 Ikan Air Payau untuk Konsumsi & Hias Serta Cara Budidaya

Masakan dari Ikan Kudu Kudu

Ikan kudu
TripAdvisor

Banyak orang mengatakan ikan ini memiliki rasa yang nikmat. Selain karena tidak memiliki duri, daging ikan ini juga sangat lembut. Apalagi dengan aneka olahan yang dilakukan, menu dari ikan ini tentu saja menjadi favorit banyak orang. 

Ikan ini biasanya dimasak dengan bumbu. Sedulur bisa menggorengnya dengan tepung, membuatnya menjadi rica-cica, membakarnya dengan madu, atau membumbuinya dengan saus telur asin.

Sebagai contoh, berikut adalah cara membuat masakan ikan Kudu Kudu saus telur asin yang nikmat.

  1. Potong ikan dan ambil dagingnya.
  2. Cuci bersih daging ikan dan potong menjadi bagian-bagian kecil.
  3. Baluri ikan dengan telur ayam dan tepung.
  4. Goreng hingga renyah.
  5. Sajikan ikan di dalam cangkang ikan yang sudah digoreng.
  6. Siram dengan saus telur asin saat masih panas.

Meskipun sudah digoreng, cangkang ikan ini tidak bisa dimakan ya, Sedulur. Cukup dagingnya saja yang harus Sedulur nikmati. Apalagi dengan nasi hangat, dijamin akan menaikkan selera makan Sedulur!

Nah, itulah informasi mengenai ikan Kudu Kudu yang bertampang seram namun memiliki rasa yang nikmat dan manfaat bagi perekonomian yang besar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.