Sudahkah Sedulur memahami pengertian dari recycle adalah dan contohnya? Istilah ini mulai sering digunakan seiring mulai semakin pedulinya masyarakat terhadap kondisi lingkungan sekitarnya.

Jika Sedulur belum memahami istilah recycle, yuk intip apa yang dimaksud dengan istilah tersebut beserta 10 contoh recycle, reuse, serta reduce. Simak terus ulasannya sampai selesai, ya Sedulur!

BACA JUGA: Bachelor Degree & Perbedaannya dengan Sarjana di Indonesia

Pengertian recycle adalah

recycle adalah
Depositphotos

Recycle adalah salah satu kata yang berasal dari bahasa Inggris. Menurut kamus Merriam-Webster, recycle berarti kegiatan memproses sesuatu (limbah cair, gelas, kaleng, dll.) agar dapat digunakan kembali oleh manusia. Kamus tersebut juga menambahkan definisi lain dari recycle, yaitu untuk menggunakan kembali atau membuat (zat) supaya dapat digunakan kembali untuk aktivitas biologis melalui proses alami degradasi atau modifikasi biokimia.

Pengertian lain kemudian datang dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Mengutip dari KBBI, daur ulang atau recycle adalah proses peredaran kembali suatu masa. KBBI juga menyelipkan definisi daur ulang jika ditinjau dari beberapa sudut pandang. 

Dari sudut pandang kimia, recycle merupakan pemrosesan kembali bahan yang pernah dipakai, misalnya serat, kertas, dan air untuk mendapatkan produk baru. Sedangkan dari sudut pandang dunia musik, daur ulang merupakan rekaman atau penampilan versi baru sebuah lagu yang pernah dirilis atau dibawakan oleh orang lain.

Nah, dari beberapa pengertian di atas, pada artikel ini kita akan berfokus pada daur ulang dari sudut pandang kimia yang telah dijabarkan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

BACA JUGA: Desain adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Metodenya

Reduce, reuse, dan recycle adalah

recycle adalah
Depositphotos

Recycle merupakan satu dari tiga rangkaian metode dalam mengelola serta menangani limbah-limbah yang mengotori bumi, seperti sampah, plastik, dan berbagai barang lainnya. Metode yang dimaksud adalah 3R – reduce, reuse, dan recycle.

Dilansir dari salah satu sumber terpercaya, reduce, reuse, recycle adalah salah satu sistem pengelolaan limbah yang telah terbukti efektif. Selain karena prosesnya yang tergolong mudah, bermacam-macam limbah yang diproses kembali melalui metode 3R juga dapat menghasilkan nilai ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Telah dibahas secara singkat sebelumnya definisi dari recycle. Lantas, apa yang dimaksud dengan reduce serta reuse? Berikut ini merupakan penjelasannya untuk Sedulur.

BACA JUGA: Sosialisasi: Pengertian, Fungsi, Proses, Tujuan & Tahapannya

1. Reduce

Reduce sendiri memiliki maksud mengurangi sampah dan limbah. Wujud utama dari langkah ini yaitu mengurangi penggunaan produk yang nantinya berpotensi berakhir di pembuangan dan hanya mengotori lingkungan.

Langkah ini bisa dilakukan dan diterapkan untuk sampah atau produk sekali pakai, seperti kantong plastik belanja, sedotan, dan lain sebagainya. Di Indonesia, sudah banyak beberapa daerah provinsi yang melarang penggunaan kantong plastik belanja, seperti DKI Jakarta dan Bali. Berbagai macam restoran, kafe, dan industri food and beverage lain sudah tidak menyediakan sedotan bagi para pelanggannya.

Tahap reduce juga menjadi prioritas dalam metode 3R karena jika masyarakat berhasil mengurangi penggunaan produk sekali pakai, maka tidak perlu ke tahap berikutnya yaitu reuse dan recycle. Contoh reduce, reuse, recycle adalah membawa botol minum atau alat makan sendiri pada saat bepergian, alhasil kita tidak perlu menggunakan berbagai alat makan dan minum sekali pakai yang hanya akan berakhir di tempat sampah.

2. Reuse

Langkah kedua dalam metode 3R adalah reuse, yang berarti menggunakan kembali. Langkah ini mengajak kita untuk menggunakan kembali produk atau barang yang sudah terpakai. Dengan menggunakannya kembali, maka sampah yang dapat timbul dari produk atau barang tersebut dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Salah satu contoh dari reuse adalah menggunakan botol sabun mandi atau shampoo dan mengisinya kembali dengan menggunakan produk isi ulang. Metode ini tentunya akan mencegah penyebaran produk atau barang calon sampah yang sudah dibeli, mereka dapat dikurangi dan dimanfaatkan kembali seperti fungsi awalnya.

Jenis-jenis recycle

Recycle adalah
Bob Vila

Aktivitas recycle tidak terbatas hanya pada pemrosesan kembali barang atau produk yang pernah dipakai. Terdapat tiga jenis utama dari aktivitas tersebut. Berikut merupakan penjelasan singkatnya.

BACA JUGA: Propaganda adalah Komunikasi dengan Tujuan Tertentu

1. Recycle primer

Recycle primer merupakan proses mendaur ulang barang atau material dengan tujuan memulihkan kembali fungsinya atau menggunakan kembali tanpa mengubah kondisi asli barang atau material tersebut. Berbagai macam barang yang melalui recycle primer akan digunakan kembali untuk digunakan seperti tujuan awal barang tersebut dibuat. 

Daur ulang primer tidak dapat diubah dengan cara apa pun. Sebagian orang mungkin menganggap jenis barang daur ulang ini sebagai barang bekas. Tetapi, sejatinya barang-barang yang sudah didaur ulang primer dapat digunakan dengan baik oleh semua orang, disumbangkan atau bahkan dijual kembali. Berikut adalah beberapa contoh recycle primer.

  • Peralatan gelas, seperti alat makan, toples, dan lain-lain.
  • Mainan, dapat didonasikan ke tempat-tempat yang membutuhkan.
  • Elektronik, digunakan kembali dalam industri-industri tertentu atau dijual kembali.

2. Recycle sekunder

Recycle sekunder merupakan kegiatan daur ulang dimana seseorang menggunakan barang tersebut kembali tanpa harus memproses ulang. Dengan kata lain, barang-barang yang didaur ulang sekunder merupakan mereka yang dapat digunakan kembali dengan cara dan tujuan yang berbeda daripada awalnya.

Recycle sekunder sering dilakukan oleh orang-orang yang menyukai kerajinan tangan DIY (do it yourself). Mereka akan membuat perubahan besar dari fungsi barang yang didaur ulang dan dapat memastikan bahwa tempat pembuangan tidak penuh dengan berbagai macam sampah yang sejatinya masih dapat digunakan kembali. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari recycle sekunder.

  • Memotong karton wadah telur menjadi dua bagian dan menggunakannya untuk menanam bibit tanaman.
  • Memotong bagian atas atau bawah botol dan menggunakannya sebagai pot tanaman.
  • Menggunakan plastik, kertas, kayu yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan berbagai macam kerajinan tangan.

3. Recycle tersier

Recycle tersier adalah daur ulang yang melibatkan unsur perubahan senyawa kimia produk atau bahan agar dapat digunakan kembali. Daur ulang jenis ini dapat dilakukan secara internal atau eksternal. 

Jika dari eksternal, barang atau sampah yang dapat didaur ulang kemudian diambil untuk selanjutnya diproses kembali melalui fasilitas umum. Kegiatan ini akan melibatkan pemilahan barang atau sampah dan menempatkannya di tempat pembuangan untuk diangkut oleh fasilitas pemrosesan daur ulang. 

Sedangkan recycle tersier internal akan terjadi ketika tidak ada layanan masyarakat yang terlibat. Beberapa pabrik atau organisasi lain lazim melakukan daur ulang tersier internalnya sendiri.

Contoh recycle adalah

Contoh recycle sampah
Instalasi seni dari sampah plastik di London Zoo – CGTN

Setelah mengetahui jenis-jenis dari recycle adalah primer, sekunder, dan tersier, di bawah ini terdapat beberapa contoh sederhana dari kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Cara Membuat Latar Belakang Makalah Beserta Contohnya

1. Membuat barang bekas menjadi media tanam

Recycle contoh pertama adalah membuat barang bekas menjadi media tanam. Barang bekas yang sulit terurai oleh tanah bisa dimanfaatkan untuk dijadikan wadah media tanam. Misalnya seperti galon atau ember bekas. Anda bisa mengubahnya menjadi pot tanaman.

2. Membuat mainan

Banyak sekali limbah-limbah rumah tangga di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai mainan. Dengan sedikit kreativitas, barang tersebut dapat diubah menjadi produk yang mengandung nilai estetik dan dapat dimainkan oleh si kecil.

3. Mengubah sampah plastik menjadi tas belanja

Limbah plastik menjadi salah satu sumber sampah terbesar yang berasal dari lingkungan rumah tangga. Salah satu solusinya adalah menggunakan kembali plastik tersebut sebagai tas belanja, atau merangkai bekas-bekas plastik kemasan ulang dan dijahit menjadi tas belanja cantik.

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai pengertian recycle adalah, beserta metode 3R, jenis-jenis recycle, dan juga beberapa contoh singkatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan memotivasi untuk selalu mengurangi limbah sampah sehari-hari, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.